10 Kenangan Tak Terlupakan dari Ragnarok Online Ini Bakal Bikin Kamu Pengen Main Lagi

Ragnarok Online Wedding
Share ke teman kamu

Siapa sih generasi tahun 90an yang enggak tahu Ragnarok Online (RO)? Game online yang berasal dari Korea ini adalah game MMORPG yang paling populer pada jamannya, bahkan masih eksis sampai hari ini lho.

Sejak pertama kali dirilis di Korea pada tahun 2002, game yang dibuat berdasarkan komik Korea berjudul “Ragnarok” ini langsung mendapat perhatian dunia dan tidak lama kemudian dibuat versi lokalnya di beberapa negara, termasuk Indonesia yang kita sebut idRO.

Nah, pernah enggak kamu berpikiran untuk memainkan game ini lagi setelah sekian tahun lamanya kamu tinggalkan? Baca 10 hal tak terlupakan yang dulu pernah kamu nikmati saat bermain RO di bawah ini, kamu pasti pengen main lagi!

1. Job system

Ragnarok Online job 1

Ragnarok Online job 1

Setelah kamu buat karakter baru, pilih gaya rambut, pilih warna rambut, dan memilih nama, apa yang kamu lakukan selanjutnya? Ya, selanjutnya kamu harus menentukan jalan hidupmu di RO dengan cara memilih job apa yang ingin kamu mainkan.

Masih ingat ada job apa saja? Setelah novice kamu punya job level 10, kamu bisa berubah menjadi salah satu dari 6 job berikut ini dengan cara mengikuti quest-nya: swordman, mage, archer, thief, acolyte, dan merchant. Untuk kamu yang memainkan RO episode yang lebih baru, kamu juga mempunyai pilihan lain seperti: super novice, ninja, taekwon kid, dan gunslinger.

Nah saat pertama kali berubah job, banyak pemain pemula yang “salah status” dan “salah skill” atau kadang disebut “karakter cacat”. Biasanya ini terjadi pada pemain yang baru pertama kali main RO dan kurang paham status dan skill apa aja yang harus dinaikan untuk tipe job tertentu.

Kesalahan yang paling sering terjadi pada pemain newbie adalah menaikan semua status secara merata. Biasanya tipe karakter yang seperti ini akan segera ditinggalkan setelah pemiliknya menyadari betapa beratnya hunting dengan karakter salah status dan salah skill. Membuat karakter baru adalah solusi yang terbaik karena kamu tidak bisa me-reset status dan skill di server resmi idRO.

2. Community

Komunitas Ragnarok Online

Komunitas Ragnarok Online

Komunitas adalah hal yang paling penting dari setiap game online. Dengan komunitas yang memadai, pemain akan merasa nyaman ketika online di game karena bisa menambah teman, berkumpul dengan orang baru, atau bahkan mendapatkan pacar pertama secara online! Saking ramahnya komunitas ini, di hari-hari tertentu seperti hari Valentine kamu bisa mendapatkan hadiah dari pemain lain berupa coklat atau bunga.

Dengan jumlah pemain aktif yang sangat banyak dan berasal dari beragam jenis kalangan, tidak diragukan lagi bahwa RO adalah game online dengan komunitas pemain terbaik sepanjang sejarah game online Indonesia. Hal ini dibuktikan dari banyaknya pemain yang online hanya untuk duduk-duduk dan ngobrol-ngobrol dengan teman dan ramainya ucapan selamat yang diteriakan saat pergantian tahun tiba. Selain itu, banyak juga pemain yang bertemu di RO, kemudian melanjutkan hubungan pertemanan atau percintaannya sampai ke dunia nyata.

Namun sayang, terkadang ada hal-hal yang bikin kita kesal di komunitas ini. Misalnya, pemain yang mencoba menipu kamu dengan berpura-pura menjadi teman kamu melalui nickname yang mirip, pemain yang awalnya baik sama kamu namun kemudian berubah menusuk kamu dari belakang, dan masih banyak tipe pemain menyebalkan lainnya. Biasanya kondisi paling menyebalkan dalam komunitas ini adalah saat kamu login dan mendapati karaktermu sudah jatuh miskin tanpa equipment apapun, atau orang yang berusaha mencemari nama baik kamu dalam game dengan cara menyebarkan gosip yang tidak benar.

3. Hunting

Hunting

Hunting

Kegiatan yang satu ini adalah kegiatan wajib bagi semua pemain RO, kecuali kalau kamu hanya mau bermain sebagai novice. Untuk dapat menikmati RO secara maksimal kamu harus hunt monster untuk menaikan level kamu, sehingga kamu bisa menjelajah tempat-tempat baru, berpartisipasi dalam PvP, WoE, dan MVP.

Yang paling asik saat hunting adalah saat kita hunt bersama-sama dengan teman dalam sebuah grup. Tentu lebih seru hunt ke tempat yang lebih sulit bersama dengan teman dari pada berpetualang seorang diri kan?

Saat hunt ini, kamu juga pasti pernah dikejutkan oleh beberapa hal, misalnya tiba-tiba kamu ketemu monster bos yang meratakan grup kamu sehingga kamu harus kembali ke kafra tempat kamu simpan posisi terakhir. Selain itu, terkadang kamu juga tanpa diduga akan mendapatkan barang langka dari monster yang kamu kalahkan saat hunt, misalnya saat lagi iseng memukul Pupa di jalan, tiba-tiba dia menjatuhkan Pupa Card! Kartu ini dulu punya harga jual mahal karena efek HP +700 yang sangat berguna untuk karakter dengan HP yang rendah seperti misalnya mage dan acolyte.

4. PvP

Ragnarok PvP

Ragnarok PvP

Ini dia saat pembuktian apakah karakter buatanmu adalah karakter gagal atau karakter hebat. Dalam mode PvP, kamu akan masuk ke ruangan khusus PvP yang merupakan replika dari kota-kota besar di Rune Midgard seperti Prontera, Izlude, Morroc, Geffen, Payon, dan Alberta. Biasanya para pemain akan berkumpul di tengah kota untuk saling bunuh, namun ada juga yang hanya ingin duduk-duduk damai sambil menonton.

Hal paling nyebelin yang sering terjadi di dunia PvP adalah saat kita lagi damai-damainya, tiba-tiba datang ada grup rusuh yang mengacaukan suasana. Biasanya grup ini akan patroli keliling semua kota di ruang PvP no limit sehingga kamu akan kehilangan ketenangan bermainmu. Hal menyebalkan lainnya adalah saat ada pemain yang membunuh kamu dan berlaku sombong, nyebelin banget kan? Bawaannya pengen balas tapi apa daya level masih rendah dan equipment masih bolong-bolong.

5. WoE

Ragnarok WoE

Ragnarok WoE

Selain PvP, mode lain yang menjadi favorit para pemain adalah WoE. Dalam mode ini, kamu akan bertarung bersama guild kamu untuk merebut dan mempertahankan kastil yang kamu kuasai.

Biasanya sebelum dimulai, pemain akan berkumpul di markas masing-masing yang biasanya di sebelah kafra dalam kota karena kemudahan mengakses storage. Di sini, pemimpin guild besar biasanya akan bagi-bagi ransum berupa potion kepada anggotanya supaya bisa berangkat perang dengan lebih percaya diri. Namun sayang, terkadang ada oknum yang hanya berusaha mendapatkan ransum tanpa ikut WoE.



Nah saat WoE dimulai, kamu akan mempunyai banyak pilihan kastil untuk diserang. Kamu harus berkoordinasi dengan seluruh anggota guild supaya dapat menyerang secara efektif karena ada banyak sekali kastil yang bisa kamu serang. Di dalam kastil pun, kamu akan dihadapi dengan tata letak ruangan yang membingungkan, ditambah pertahanan yang telah disiapkan oleh guild pemilik kastil. Untuk dapat menguasai kastil tersebut, kamu harus menghancurkan emperium yang berada di lokasi terdalam sebuah kastil, biasanya karakter terbaik untuk hal ini adalah assasin dan knight.

6. MVP

Ragnarok Online MVP

Ragnarok Online MVP

Pernah ketemu monster yang sangat kuat dan dikawal oleh beberapa monster di sekitarnya saat hunting? Monster ini adalah monster bos yang biasa kita sebut sebagai monster MVP.

Karena monster tipe ini jauh lebih kuat dari monster pada umumnya, kemungkinan besar kamu akan bermain dalam grup untuk dapat mengalahkan mereka. Nah, semua orang yang ikut menyerang monster MVP akan tercatat dalam sistem dan saat monster MVP berhasil dikalahkan, sistem akan menghitung dan memilih siapa pemain yang berkontribusi terbanyak dalam sesi MVP tersebut. Pemain tersebut akan mendapatkan hadiah berupa experience point dan barang extra yang langsung masuk ke inventory-nya tanpa jatuh ke tanah terlebih dahulu.

Yang paling menyenangkan dari kegiatan ini adalah kepuasan mengalahkan bos yang sulit, kegembiraan dalam kebersamaan, dan kemungkinan mendapatkan barang langka yang bisa kamu jual di dunia nyata, seperti misalnya Golden Thief Bug Card yang dulu harganya lebih mahal dari sebuah motor.

7. Voucher & merchandise RO

Voucher Ragnarok Online

Voucher Ragnarok Online

Dulu, untuk dapat bermain RO kamu harus membeli voucher yang kemudian kamu gosok untuk mendapatkan sebuah kode. Kode ini kemudian kamu masukan dalam website dan kamu akan mendapatkan sejumlah waktu untuk login ke dalam game.

Sistem pembayaran seperti ini dulunya mendapatkan banyak kritik karena kamu harus membayar terlebih dahulu untuk dapat bermain. Setelah sekian lama, akhirnya voucher RO berfungsi untuk membeli berbagai barang langka di item mall dalam game dan bukan untuk login lagi. Sampai sekarang masih banyak pemain RO yang menyimpan voucher RO bekas untuk kenang-kenangan lho. Masih ingat enggak perasaan senang dan tak sabar saat dulu kamu pulang sekolah mampir ke warnet untuk beli voucher RO?

Selain voucher RO, banyak juga barang-barang lain yang dibeli oleh pemain RO karena kecintaannya pada game yang satu ini. Barang tersebut di antaranya: guide book yang berisi daftar monster, daftar skill, peta RO, dan lain-lain, kaos bergambar monster lucu, topi, stiker, dan masih banyak barang lainnya.

8. Wedding system

Ragnarok Online Wedding

Ragnarok Online Wedding

Sistem ini adalah sistem yang paling ditunggu-tunggu pemain yang punya pasangan dalam game ini. Dengan banyaknya jumlah pemain wanita dalam game online ini, kamu tidak akan kesulitan bertemu dengan pemain wanita asli (atau wanita palsu yang biasa kita sebut “hode”). Bila kamu menggunakan sistem pernikahan ini, kamu dapat meresmikan hubungan kamu di gereja Prontera dengan cara membayar iuran dan membawa perlengkapan pernikahan seperti cincin dan gaun pengantin.

Proses pernikahan di RO sangat menarik, karena sangat mirip dengan kondisi sebenarnya. Kamu harus mendaftar terlebih dahulu, lalu kamu harus mengutarakan janji pernikahan dengan menyebutkan nama karakter pasangan kamu. Setelah resmi menikah, penampilan karakter kamu akan berubah menjadi seperti pengantin, dengan baju tuxedo dan gaun pengantin. Kecepatan jalanmu juga akan melambat saat menggunakan pakaian pengantin ini.

Lalu apa gunanya sistem pernikahan ini? Ada beberapa keuntungan lho! Misalnya kamu dapat memanggil suami / istri kamu dari mana saja ke sebelahmu dengan sebuah skill yang akan muncul di skill window kamu. Selain itu kamu juga akan mendapatkan skill berbagi HP dan SP kepada pasanganmu dengan cara mengorbankan HP / SP kamu sendiri.

Selain keuntungan berupa skill baru, kamu juga akan mendapatkan akses ke kota khusus pasangan yang bernama Jawaii. Kota ini sering kali dijadikan kota berbulan madu para pasangan baru di RO karena hanya bisa didatangi oleh mereka yang sudah menikah.

Setelah selesai berbulan madu, kamu bisa mengadopsi anak juga lho! Caranya adalah dengan membuat grup bertiga, kemudian kamu harus meminta calon anak kamu untuk diadopsi. Bila disetujui, karakter yang kamu adopsi kemudian akan berubah menjadi lebih kecil dan imut.

Uniknya, kalau kamu sudah tidak mau berstatus sebagai suami-istri lagi di RO, kamu bisa mengajukan cerai dengan membayar sejumlah zeny pada Deviruchi di Niffleheim.

9. Musik / BGM

Ragnarok Online

Ragnarok Online

Background music atau sering kali disingkat sebagai BGM adalah unsur penting dalam semua game, tidak terkecuali pada game online tercinta kita ini. Dengan BGM yang tepat, kamu bisi bermain dengan lebih nyaman karena suasananya akan sesuai dengan tempat kamu hunt, misalnya saat kamu hunt poring di map bawah Prontera, kamu akan diberikan BGM yang tenang bagai sedang berada di hutan yang penuh kedamaian, dan saat kamu hunt ke Spinx kamu akan disuguhi BGM yang seperti berada di Mesir. BGM yang dibuat dengan cantik ini dipastikan akan ikut menambah keseruan bermain kamu karena ada beberapa BGM yang bertema horor juga.

Kadang, ada beberapa acara TV yang menggunakan BGM Ragnarok untuk lagu acara mereka lho! Dengan mendengar BGM-nya saja kamu akan langsung ingat lagu tersebut adalah lagu untuk map apa, monster apa saja yang ada di sana, dan bagaimana pengalaman seru kamu hunt di sana.

10. Sistem perekonomian

Ragnarok Online Vending

Ragnarok Online Vending

Seperti game online pada umumnya, RO juga punya perekonomiannya sendiri. Hal ini menyebabkan banyak orang berusaha mencari zeny dengan cara selain hunting, misalnya kalau kamu punya job merchant, kamu bisa berjualan barang yang kamu beli lebih murah di NPC dan kemudian menjualnya kembali ke pemain lain dengan harga lebih mahal.

Untuk mereka yang suka ketegangan, banyak juga yang berusaha mencari rejeki dengan cara menempa equipment hingga level tinggi melewati batas tempa aman. Cara ini sering kali menghasilkan pemain kaya mendadak, atau bisa juga menyebabkan seorang pemain pensiun mendadak karena barang yang ia tempat pecah semua!

Kalau kamu pemain lama, kamu pasti ingat BGM dengan iringan gitar di Morroc yang merupakan kota pusat perdagangan RO.

Apakah kamu pernah menikmati 10 hal di atas ketika bermain RO bertahun-tahun lalu? Atau ada hal lain yang kamu suka seperti misalnya cute pet, episode baru, job baru, quest yang menantang, headger lucu, film animasi Ragnarok, dan event oleh GM?

Kalau iya, berarti masa kecilmu sangat bahagia! Tidak ada salahnya kembali mengenang masa lalu dengan cara memainkan RO lagi, ada banyak private server yang punya banyak pemain lho!







Baca Juga

Share ke teman kamu

12 thoughts on “10 Kenangan Tak Terlupakan dari Ragnarok Online Ini Bakal Bikin Kamu Pengen Main Lagi

  1. waduh kangen masa2 RO nih :'(
    dimana klo pergi ke morroc Lag nya ampun dehh hhaaa

    biasanya RO tidak lepas dari gunbound
    kalo lagi vending atau habis voucher baisanya maen gunbound sebagai selingan

    😀

  2. Itu High Priest saya saat bunuh monster MVP Pharaoh. Hahaha kok bisa ada disini ya ? Ngomong-ngomong artikelnya keren, mengenang sekali memang. Apalagi kalau WOE. Bisa bantai banyak player 😀

  3. Sekarang ro udah ga kaya dulu, dengan adanya job 3 segala mvp bisa di solo kadang mvp sulit pun juga disolo

  4. Iya betul dulu saya main sampai priest lv 73….kangen jadinya mau main lagi. tapi ga mau versi yg sekarang, enak yg dulu.. oo iya dulu saya mainnya di server chaos hehehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *