10 Kota Paling Aman di Dunia Untuk Kamu Tinggali

Amsterdam, Belanda
Share ke teman kamu

Pada bahasan kali ini, kita akan mengulas tentang 10 kota paling aman di dunia untuk tempat tinggal. Kota ini layak disebut sebagai kota paling aman di dunia berdasarkan dari laporan Economist Intelligence Unit’s (EIU). Laporan ini mencakup 50 kota paling aman untuk tinggali, tetapi kita hanya akan membahas 10 kota yang teraman di dunia.

Disebut sebagai kota paling aman di dunia karena kota-kota ini telah memenuhi standar keamanan yang meliputi empat point, yaitu:

  • Keamaan digital seperti privasi penggunaan internet, pencurian identitas, dan lain-lain
  • Jaminan kesehatan seperti biaya layanan kesehatan, kualitas layanan kesehatan, lingkungan kesehatan, dan lain-lain
  • Infrasuktur keamanan, seperti kondisi jalan, jembatan, bangunan, dan lain-lain
  • Keselamatan pribadi seperti kejahatan, penculikan, perampokan, dan lain-lain

Nah, berikut daftar 10 kota paling aman di dunia untuk tempat tinggal.

10. New York City

New York City

New York City

New York pernah menjadi kota yang sangat buruk pada tahun 1990an, saat itu dalam satu hari di kota ini bisa terjadi 6 kali kasus pembunuhan. Saat ini New York berada dalam peringkat kedua dalam kategori jaminan kesehatan dan peringkat ketiga dalam kategori keamanan digital. New York mencetak skor 78,08 dari point sempurna 100 di EIU dalam indeks kota aman tahun 2015.

9. Melbourne, Australia

Melbourne, Australia

Melbourne, Australia

Melbourne adalah salah satu dari dua kota dari Australia yang ditampilkan dalam daftar kota paling aman di dunia. Melbourne memiliki populasi lebih dari 4 juta jiwa dan menduduki peringkat kedua dalam kategori keamanan infrastruktur, dan peringkat kedelapan dalam kategori keselamatan pribadi. Lama harapan hidup di Melbourne adalah yang tertinggi di dunia, mencapai 86 tahun! Udara dan suasana di sini juga sangat baik, sehingga menempatkan Melbourne sebagai kota teraman di dunia dan kota yang tepat sebagai tempat tinggal.

8. Toronto, Canada

Toronto, Canada

Toronto, Canada

Menurut indeks EIU, Toronto adalah salah satu kota paling aman di dunia dalam banyak aspek. Mulai dari lingkungan bisnis, demokrasi yang kuat, makanan sehat, biaya hidup yang murah, dan tingkat kejahatan yang kecil. Toronto berada dalam peringkat ke 8 dalam daftar kota paling aman di dunia. Toronto juga memiliki keamanan infrastruktur dan keamanan pribadi yang baik.

7. Zurich, Swiss

Zurich, Swiss

Zurich, Swiss

Zurich menduduki peringkat pertama dalam hal keamanan kesehatan dan keamanan infrastruktur. Kota ini juga memiliki sistem transportasi terbaik yang dirancang dengan baik. Zurich juga menyandang predikat sebagai salah satu kota dengan pendapatan perkapita tertinggi di dunia, yaitu $ 50.000. Rencana kesehatan yang ditawarkan oleh pemerintah Zurich adalah yang terbaik di dunia, ditambah dengan lingkungan yang bersih dan bebas polusi membuat Zurich masuk dalam daftar kota paling aman di dunia untuk ditinggali tahun 2015.

6. Sydney, Australia

Sydney, Australia

Sydney, Australia

Selain Melbourne, Sydney adalah kota kedua di Australia yang masuk dalam daftar kota paling aman di dunia untuk tempat hidup di tahun 2015. Sydney juga masuk dalam kategori kota yang glamour untuk gaya hidup. Dengan populasi lebih dari 4 juta jiwa, Sydney berada di peringkat teratas dalam hal keamanan infrastruktur dan keamanan pribadi. Gaya hidup khas kota besar yang menawarkan kenyamanan membuat tingkat kriminalitas juga sangat kecil.

5. Amsterdam, Belanda

Amsterdam, Belanda

Amsterdam, Belanda

Amsterdam adalah salah satu kota terhijau di dunia yang masuk dalam daftar kota paling aman di dunia, Berbeda dari kota-kota lain yang memiliki bangunan dan lalu lintas lebih padat, Amsterdam sejak dulu memiliki budaya bersepeda yang bertujuan untuk mencegah kemacetan lalu lintas, dan juga membantu lingkungan tetap bersih dari polusi. Amsterdam juga berhasil menjadi salah satu kota dengan infrastruktur terbaik di dunia.

4. Stockholm, Swedia

Stockholm, Swedia

Stockholm, Swedia

Kota yang merupakan ibu kota Swedia dan rumah bagi lebih dari 900.000 penduduk ini menduduki peringkat keempat sebagai kota paling aman di dunia tahun 2015. Stockholm berada dalam peringkat ke 7 untuk keamanan digital, dan peringkat 10 dalam keamanan kesehatan. Kualitas hidup yang baik dan pemerintahan yang juga berfungsi dengan baik membuat penduduk puas dengan kehidupan mereka. Swedia juga memiliki sistem perawatan kesehatan universal untuk rakyatnya sehingga masuk dalam daftar 5 besar kota non-Asia dengan keselamatan pribadi dan kesehatan yang terbaik.

3. Osaka, Jepang

Osaka, Jepang

Osaka, Jepang

Osaka adalah salah satu dari dua kota di Jepang yang berada dalam daftar top 10 kota paling aman di dunia pada tahun 2015. Osaka berada dalam peringkat ke 2 dalam hal keselamatan pribadi dan peringkat ke 6 dalam bidang kesehatan. Osaka adalah kota yang relatif kaya bila dibandingkan dengan kota-kota lain dalam daftar kota teraman di dunia ini. Osaka juga merupakan salah satu kota yang paling canggih di dunia dan berada dalam peringkat ke 2 pendapatan per kapita tertinggi di antara kota menengah ke atas di dunia.

2. Singapore, Singapore

Singapore, Singapore

Singapore, Singapore

Singapura saat ini berada di peringkat ke 2 kota paling aman untuk hidup di bumi. Singapura memiliki tingkat kejahatan yang rendah, hal ini dikarenakan Singapura memiliki hukum yang sangat ketat untuk pelanggaran dan tindak kejahatan. Kota ini juga menduduki peringkat kedua dengan tingkat pembunuhan terendah di dunia, dan berada dalam peringkat pertama sebagai kota dengan pendapatan perkapita tertinggi di dunia.

1. Tokyo, Jepang

Tokyo, Jepang

Tokyo, Jepang

Peringkat nomor 1 kota paling aman di dunia jatuh pada Tokyo. Dengan jumlah populasi lebih dari 13 juta jiwa, Tokyo memiliki keamanan digital dan standar hidup yang tinggi dengan ciri khas penduduknya yang pekerja keras. Kota di mana kamu bisa menemukan segala jenis teknologi terbaru ini juga memiliki pendapatan perkapita tertinggi dalam daftar kota menengah ke atas. Semua faktor ini membuat Tokyo layak menyandang peringkat pertama kota terbaik di dunia untuk tempat tinggal.

Nah, setelah membaca daftar kesepuluh kota terbaik di dunia tersebut, kota mana yang bikin kamu pengen pindah? Selain kota paling aman di dunia, kamu juga bisa mengetahui 10 kota paling bersih di dunia dan 10 kota paling tidak aman di dunia.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *