10 Kota Terbersih di Dunia Ini Bakal Bikin Kamu Pengen Pindah Rumah

Adelaide, Australia
Share ke teman kamu

Ada banyak sekali kota-kota di dunia yang menawarkan keindahan alam. Dengan semua revolusi industri yang ada di dunia, lahan hijau seperti taman semakin lama semakin berkurang, oleh karena itu tinggal di kota-kota bersih nan asri tentunya menjadi impian setiap orang. Tinggal di kota yang bersih adalah kunci dari kesehatan yang baik.

Selain itu, kota bersih juga cenderung menarik banyak kunjungan wisatawan. Tampaknya orang-orang menjadi lebih bahagia dan puas dengan kehidupan mereka yang berada di lingkungan bersih dan higienis. Mau tau apa aja kota terbersih di dunia? Berikut daftar 10 kota terbersih di dunia yang pasti bakal bikin kamu pengen hijrah ke sana.

10. Oslo, Norwegia

Oslo, Norwegia

Oslo, Norwegia

Oslo adalah ibukota Norwegia dan merupakan kota terbersih kesepuluh di dunia. Terletak di jantung Eropa, kota ini juga merupakan salah satu kota termahal di dunia. Oslo memiliki berbagai jenis lingkungan seperti situs laut, taman, dan lahan hijau yang luas sebagai kontribusi untuk kota yang bebas polusi. Pemerintah Oslo memiliki kebijakan yang ketat dalam pengelolaan sampah dan setiap penduduk harus mengikuti aturan tersebut. Menurut Readers Digest, pada tahun 2007 kota ini masuk kategori kota terhijau di dunia.

9. Stockholm, Swedia

Stockholm, Swedia

Stockholm, Swedia

Stockholm adalah kota terbersih di Swedia, dan masuk dalam salah satu kota terbersih di dunia pada tahun 2015. Alasan utama mengapa Stockholm memiliki lingkungan yang bersih disebabkan oleh sistem transportasi umum yang besar dan baik dengan jumlah industri yang lebih sedikit. Sistem transportasi untuk umum sangat efisien sehingga orang lebih memilih untuk menggunakannya, dibanding harus bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Hal ini menyebabkan konsumsi bahan bakar juga berkurang sehingga suasana kota juga jadi lebih baik dan bebas polusi. Stockholm juga memiliki sistem pengelolaan limbah terbaik di dunia. Sampah dikumpulkan dari rumah melalui jaringan terowongan bawah tanah untuk pembuangan limbah. Menurut sebuah studi, Swedia mendaur ulang 99% dari limbah dan sisanya yang hanya 1% dikubur di tempat pembuangan sampah.

8. Vienna, Austria

Vienna, Austria

Vienna, Austria

Vienna masuk dalam kategori kota terbersih di dunia karena memiliki lingkungan yang sangat bersih dan bebas dari polusi. Kota yang merupakan ibukota Austria ini memiliki sistem yang efisien untuk menghasilkan energi dari limbah. Sistem transportasi di sini juga sangat baik sehingga mampu mengurangi polusi dari jenis kendaraan pribadi. Penduduknyapun memiliki kepedulian yang tinggi akan kebersihan lingkungan, sehingga meskipun kota ini memiliki populasi lebih dari 1,8 juta jiwa, lingkungan jalan dan kota tetap bersih dan terawat.

7. Kobe, Jepang

Kobe, Jepang

Kobe, Jepang

Jepang telah berada di daftar top 10 negara terbersih di dunia selama bertahun-tahun. Kobe sendiri merupakan kota terbersih di Jepang dan menududuki peringkat ke tujuh sebagai kota terbersih di dunia. Jepang menempuh berbagi langkah setiap saat untuk melindungi lingkungan alamnya. Ada kampanye yang secara teratur dijalankan untuk menyebarkan kesadaran di antara orang-orang untuk menyelamatkan lingkungan, dan membantu mengurangi polusi. Kobe juga memiliki salah satu sistem manajemen pembuangan limbah yang paling efisien.

6. Freiburg, Jerman

Freiburg, Jerman

Freiburg, Jerman

Freiburg adalah sebuah kota di Jerman yang juga dijuluki sebagai Kota Kembang, Kota ini juga menjadi salah satu kota terhijau di dunia, karena banyak pohon dan bukit yang tersebar di seluruh kota. Selain karena kondisi alamnya, pemerintah dan juga penduduk Freiburg selalu mencoba menjaga kerapian dan kebersihan kota. Freiburg juga memiliki banyak taman dan kebun yang membuat kota ini makin indah dan asri.

5. Singapura, Republic of Singapore

Singapura, Republic of Singapore

Singapura, Republic of Singapore

Singapura dianggap sebagai kota terbersih di Asia. Republik Singapura memiliki pedoman yang ketat untuk kebersihan dan lingkungan. Tidak ada yang boleh menebang pohon atau mencabut tanaman yang ada di sana kecuali seizin pemerintah. Hukum kebersihan di Singapura begitu ketat, bahkan meludah dianggap sebagai suatu pelanggaran. Dengan penduduk dan pemerintah yang bekerja bersama-sama, tidak diragukan bahwa Singapura akan selalu menjadi salah satu kota terbersih di dunia.

4. Adelaide, Australia

Adelaide, Australia

Adelaide, Australia

Kota ini merupakan kota dengan tingkat kebersihan tinggi dalam segala hal. Kota yang terletak di Selatan Australia ini dikelilingi oleh Teluk St Vincent dan pegunungan tinggi yang menambah keindahan tersendiri bagi Adelide. Di kota ini, mobil yang memberikan asap polusi dilarang untuk digunakan.

Di sini kamu tidak perlu heran dengan banyaknya taman yang ada, karena taman memang sengaja dibangun dengan jarak yang saling berdekatan, dan tidak ada seorangpun yang boleh membuang sampah di jalan. Dengan tingkat pendidikan yang lebih maju, penduduk Adelaide memiliki kesadaran yang tinggi tentang bagaimana cara mereka menjaga kota agar tetap bersih.

3. Luxembourg, Grand Duchy of Luxembourg

Luxembourg, Grand Duchy of Luxembourg

Luxembourg, Grand Duchy of Luxembourg

Terletak di Eropa Barat, Luxembourg adalah kota terbersih ketiga di dunia pada tahun 2015. The Grand Duchy of Luxemburg juga dianggap sebagai salah satu negara terbersih di dunia. Ada berbagai istana dan hutan di kota yang juga disebut sebagai “The Green Heart of Europe” ini. Salah satu peraturan yang ditetapkan untuk menjaga kebersihan kota ini adalah bahwa pajak tahunan pada kendaraan didasarkan pada jumlah karbon dioksida yang dipancarkan dari kendaran tersebut.

2. Zurich, Swiss

Zurich, Swiss

Zurich, Swiss

Zurich adalah kota yang sangat indah dan bersih. Kota ini merupakan salah satu kota pusat pariwisata di Swiss yang berhasil menarik banyak wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Tetapi bahkan dengan begitu banyak kegiatan pariwisata dan masyarakat yang tinggal di sini, kota ini tetap menduduki urutan kedua sebagai kota terbersih di dunia. Negara Swiss tidak hanya mendidik penduduknya tentang bagaimana mendaur ulang sampah yang benar, tetapi juga mengajarkan mereka bagaimana menggunakan produk daur ulang secara efisien dan mengurangi jumlah konsumsi energi di kota.

1. Calgary, Kanada

Calgary, Kanada

Calgary, Kanada

Calgary sudah masuk dalam nominasi kota terbersih sedunia selama tujuh tahun terakhir. Kota ini juga menduduki peringkat pertama dalam daftar 10 kota terbersih di dunia pada tahun 2015. Calgary memiliki populasi lebih dari 1 juta penduduk, tetapi pemerintahan Calgary memiliki langkah-langkah yang cerdas untuk menjaga kotanya tetap bersih dan rapi.

Terletak di Alberta, Kanada, para penduduk di kota Calgary diajarkan mengenai 5 prinsip dasar untuk membuat lingkungan tetap bersih dan sehat. Kelima prinsip tersebut adalah tentang sistem limbah yang berkualitas, ketersediaan air bersih dan air minum, pembuangan limbah dan sistem daur ulang, kemacetan lalu lintas, dan polusi udara. Dengan adanya sistem yang bagus ini, Calgary mencoba menumbuhkan dan menyebarkan kesadaran akan pelestarian lingkungan.

Nah, itu tadi sepuluh kota terbersih di dunia yang tentunya bikin kamu ngiri dan berpikir “Kapan ya Indonesia bisa punya kota yang bersih seperti negara-negara tersebut?” Bagi Indonesia sendiri pasti butuh proses yang lama, tetapi kita bisa memulainya dari diri sendiri. Mulai sekarang, alangkah baiknya kalau kita mencontoh kebiasaan baik penduduk negara-negara tersebut dengan tidak membuang sampah sembarang dan tidak berkontribusi dalam pencemaran udara. Perubahan selalu dimulai dari diri sendiri bukan?





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *