10 Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Kebal Pilek

Daging
Share ke teman kamu

Pilek, meski dianggap sebagai penyakit ringan, bisa jadi hal yang mengganggu dalam beraktivitas. Pilek sudah menjadi penyakit tahunan bagi sebagian orang. Ada banyak faktor yang menentukan mudah tidaknya kamu terkena atau kebal pilek. Mulai dari stamina, kondisi lingkungan, dan masih banyak lagi. Jika faktor-faktor ini bisa diidentifikasi dari awal, kamu bisa meminimalisir resiko terserang pilek. Tentu ini amat menguntungkan bukan?

Namun tahukah kamu bahwa kita bisa rentan terserang pilek karena makanan yang kita konsumsi? Ya. Ada beberapa kandungan zat di dalam makanan yang bisa membuat kekebalan tubuhmu menurun dan berpeluang lebih besar terkena penyakit.

Lantas bagaimana mengatasinya? Tentu dengan menambah asupan makanan yang membawa dampak positif terhadap sistem kekebalan dan stamina tubuh. Berikut daftar 10 makanan yang patut dikonsumi jika kamu merupakan orang yang gampang terkena pilek.

1. Teh Hijau

Teh Hijau

Teh Hijau

Ketika kamu sakit, amat penting untuk menjaga jumlah cairan di dalam tubuh. Namun bahkan jika kamu tengah merasa sehat, teh hijau tetap baik dikonsumsi karena mengandung polypenol dan catechin yang tinggi. Dua zat tersebut dikenal sebagai anti oksidan yang amat bagus dan efektif dalam mencegah infeksi virus serta meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, rutin mengonsumsi teh hijau juga akan membuat pencernaanmu lebih lancar.

2. Jahe

jahe

jahe

Jahe sudah menjadi bagian dari resep pengobatan tradisional di Indonesia selama berpuluh-puluh tahun. Tak terhitung berapa banyak resep jamu yang menggunakan jahe sebagai bahan dasarnya. Hal ini tak mengejutkan, mengingat jahe mampu memberikan efek melegakan ketika kita terkena penyakit ringan seperti batuk, flu, maupun pilek.

Mengonsumsi jahe akan membuat hidung yang sebelumnya tersumbat merasa lega. Selain itu, kamu yang tengah mengalami sakit tenggorokan juga disarankan memanfaatkan tanaman ini. Cobalah meminum air jahe atau campurkan dalam teh selama dua kali sehari, untuk menjaga kondisi badan dan menghindari resiko terkena pilek.

3. Pepaya

Pepaya

Pepaya

Jika selama ini pepaya dikenal sebagai buah yang memiliki khasiat melancarkan pencernaan, maka kini kita harus memberi penghargaan lebih pada buah tropis ini. Pepaya mengandung vitamin A dan vitamin C, serta anti-oksidan yang amat berguna dalam mengatasi kondisi merugikan yang muncul akibat pilek.

Selain itu, pepaya juga amat bagus untuk mencegah pilek. Jika kamu sudah mulai merasakan gejala-gejala sakit, segera perbanyak konsumsi pepaya, guna memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Bawang putih

Bawang putih

Bawang putih

Jangan remehkan bawang putih. Bahan yang biasanya hanya jadi pelengkap masakan ini ternyata punya kemampuan menangkal penyakit yang bisa menginfeksi tubuh. Pilek termasuk salah satu penyakit yang bisa dicegah dengan mengonsumsi bawang putih.

Kandungan allicin yang ada di dalam bawang putih merupakan sumber yang kaya antioksidan. Perbanyak konsumsi bawang putih jika cuaca sedang tidak menentu atau orang-orang di sekitar kamu sudah mulai terjangkit pilek. Bawang putih lebih baik jika dikonsumsi mentah. Namun jika kamu merasa tidak nyaman dengan metode itu, bisa mencampurkannya ke dalam masakan.

5. Ikan

Ikan

Ikan

Kamu yang tidak suka ikan mungkin akan sedikit menyesal jika mengetahui kandungan positif yang terdapat dalam tubuh hewan perairan ini. Menurut penelitian, dalam setiap ekor ikan terdapat omega 3 yang amat berguna bagi sistem pencernaan dan kekebalan tubuh.



Zat ini terdapat dalam beberapa jenis ikan yang mudah didapat di pasar atau supermarket, seperti makarel, tuna, sarden, dan salmon. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Omega 3 berguna untuk mengurangi dan meredakan gejala pilek.

6. Kuaci labu

kuaci labu

kuaci labu

Kuaci atau biji labu ternyata juga memiliki manfaat yang luar biasa dalam menangkal penyakit. Biji yang terdapat di dalamnya mengandung banyak zat besi sama halnya seperti yang terkandung di dalam sari laut.

Semakin banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat tersebut, tubuhmu bakal memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat dan tentunya tak lagi rentan terkena pilek.

7. Yoghurt

Yoghurt

Yoghurt

Yoghurt bisa menjadi makanan yang mencegah kamu terkena pilek, lantaran memiliki manfaat yang amat besar dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Bukan tanpa sebab, yoghurt mengandung zat probiotik atau bakteri yang berguna bagi manusia.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bakteri ini berfungsi memperkuat sistem kekebalan, yang pada gilirannya nanti akan membuat kamu terhindar dari pilek. Jadi tunggu apa lagi? Perbanyak persediaan yoghurt di rumah, terutama di musim hujan atau cuaca yang tidak menentu. Untu kamu yang suka yoghurt dengan berperasa, sebaiknya kamu jangan terlalu banyak mengkonsumsinya pada malam hari karena mengandung gula yang bisa bikin perut kamu buncit!

8. Susu

susu

susu

Susu tidak hanya berguna bagi mereka yang masih di usia muda atau pertumbuhan. Salah satu produk bermanfaat dari sapi ini juga memiliki kandungan vitamin D yang kaya. Zat tersebut memang tidak langsung menghindarkan kamu dari flu, namun kekurangan vitamin D otomatis akan membuat daya tahan tubuh berkurang dan rentan terhadap penyakit.

Meminum susu secara teratur akan membuat benteng pertahanan tubuhmu lebih kuat dan otomatis kamu punya kesempatan lebih besar menghindar dari penyakit flu tahunan.

9. Daging

Daging

Daging

Zinc yang terkandung di dalam daging bisa mendukung kemampuan tubuh untuk menghasilkan sel darah putih, sel yang berperan sebagai petarung dalam sistem kekebalan tubuh. Jumlah Zinc di dalam tubuh juga bisa mempengaruhi seberapa cepat kamu mendeteksi gejala penyakit yang sedang kamu derita.

Selain daging, makanan lain yang mengandung zinc antara lain ayam, daging domba, bayam, dan biji wijen. Ada banyak pilihan dan semuanya bisa didapat dengan mudah.

10. Buah Sitrus

buah sitrus

buah sitrus

Buah sitrus atau buah yang mengandung vitamin C amat bagus dalam usaha menangkal pilek. Vitamin C bisa memberikan antioksidan yang amat efektif dalam menangkan radikal bebas di dalam tubuh.

Memang masih belum ada penelitian yang mengkonfirmasi bahwa vitamin C benar-benar memainkan peran signifikan dalam menghindari flu, namun konsumsi buah-buahan seperti strawberry, nanas, serta jeruk jelas amat bagus bagi tubuh. Namun untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar, kamu juga disarankan mengimbanginya dengan olahraga secara teratur.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *