10 Makanan Ini Bisa Bikin Tidur Kamu Lebih Nyenyak

Sereal
Share ke teman kamu

Tidur berkualitas merupakan satu kemewahan yang susah didapat pada zaman modern yang menuntut semua serba cepat seperti saat ini. Rutinitas kerja atau sekolah yang begitu padat membuat kita sering nggak punya kesempatan untuk tidur nyenyak.

Banyak cara lantas ditempuh untuk memastikan agar seseorang bisa mendapat tidur yang nyenyak dan berkualitas. Mulai dari menggunakan aroma terapi, mempraktekkan metode yoga, mengganti bantal dan kasur dengan jenis baru yang berteknologi tinggi, dan masih banyak lagi. Kebanyakan cara tersebut menuntut kita menghabiskan dana dan usaha yang tidak sedikit.

Namun jika kamu mencari alternatif yang lebih praktis, cobalah memakan makanan tertentu sebelum tidur. Ya, jika diperhatikan dengan seksama, di sekitar kita ada banyak makanan yang mengandung zat yang bisa menambah kenyamanan tidur. Penasaran apa saja? Ini dia 10 makanan yang bisa membuat tidur lebih nyenyak.

1. Kacang walnut

Kacang walnut

Kacang walnut

Walnut merupakan makanan yang kaya akan tryptophan, sebuah asam amino yang bisa membuat tidur semakin nyenyak, karena bisa membantu produksi serotonin dan melatonin, hormon di dalam tubuh yang berfungsi mengatur siklus tidur setiap orang.

Sebagai tambahan, penelitian di University of Texas mengungkap bahwa walnut juga mengandung melatonin lebih banyak dari makanan lain sejenis, dan itu bisa membuatmu terlelap lebih cepat.

2. Almond

Almond

Almond

Almond merupakan jenis kacang yang kaya akan magnesium, mineral yang dibutuhkan untuk mendapat waktu tidur berkualitas. Sebuah studi yang dimuat dalam ‘Journal of Orthomolecular Medicine’ menemukan bahwa ketika kadar magnesium di dalam tubuh terlalu rendah, seseorang akan lebih sulit tidur. Kacang almond memang bukan kacang yang mudah ditemukan di dalam kehidupan sehari-hari, namun kamu bisa mendapatkannya di supermarket atau toko bahan makanan impor.

3. Keju dan biskuit

Keju dan biskuit

Keju dan biskuit

Orang tua kita biasa mengajarkan bahwa segelas susu hangat bisa membuat seseorang merasa lebih ngantuk dan terlelap lebih cepat. Namun pada kenyataannya, semua jenis produk olahan susu bisa memberikan efek yang sama. Kalsium (yang terdapat di dalam keju, yoghurt, dan susu) membantu otak menggunakan trytophan yang terkandung di dalam makanan untuk memproduksi hormon melatonin. Sebagai tambahan, kalsium juga membantu melancarkan pergerakan otot kita.

4. Selada

Selada

Selada

Salad sebagai menu makan malam bisa membuat kamu tidur lebih cepat, mengingat selada mengandung lactucarium, yang memberikan efek menenangkan dan mempengaruhi otak dengan cara yang hampir mirip dengan opium. Kamu bisa mencoba resep khusus memasak selada untuk membuat tidur lebih nyenyak. Didihkan tiga atau empat lembar selada ukuran besar di dalam air selama 15 menit. Angkat, tambahkan dua buah daun mint, dan minum sebelum tidur.

5. Tuna

Tuna

Tuna

Berbagai macam jenis ikan, seperti tuna dan salmon, mengandung Vitamin B6, yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat melatonin dan serotonin. Makanan lain yang juga punya kadar vitamin B6 cukup tinggi adalah bawang putih mentah dan kacang-kacangan.

Ada banyak cara yang mudah dan menyenangkan untuk mengkonsumsi tuna sebelum tidur. Jika ingin sederhana, kamu hanya perlu menggorengnya selama kurang lebih 10 menit. Namun jika ingin sedikit rumit, tuna juga bisa digunakan sebagai isian untuk roti sandwich, yang tentunya bakal lebih mengenyangkan.

6. Nasi

Nasi

Nasi

Nasi putih mengandung kadar gula yang cukup tinggi, jadi memakan nasi akan dengan efektif memotong waktu yang dibutuhkan bagi tubuh hingga mencapai kondisi terlelap, menurut sebuah studi yang digelar di Australia. Sebagai tambahan, beras melati juga bisa membuat matamu terpejam lebih cepat.

Studi yang dimuat dalam ‘American Journal of Clinical Nutrition’ menemukan bahwa orang-orang yang memakan makanan, yang juga terdiri dari beras melati, bisa tertidur lebih cepat dari orang yang memakan jenis beras berbeda.

Namun ingat, jangan memakan terlalu banyak nasi sebelum tidur. Karena selain membantu kamu tidur lebih nyenyak, kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam nasi juga bisa meningkatkan berat badan dengan lebih cepat.

7. Sereal

Sereal

Sereal

Semangkuk sereal favorit sebelum tidur bisa membuat kamu beristirahat dengan lebih nyaman dan berkualitas, menurut klaim yang dikeluarkan oleh National Sleep Foundation. Makanan yang biasanya dikonsumsi untuk sarapan ini mengandung dua unsur yang bisa membuat kamu mengantuk lebih cepat, yakni karbohidrat (dari sereal) dan kalsium (yang terkandung di dalam susu).

8. Teh chamomile

Teh chamomile

Teh chamomile

Meminum satu cangkir teh chamomile akan membantumu tidur lebih nyenyak. Menurut para peneliti, meminum secangkir teh bakal meningkatkan kadar glisin di dalam tubuh. Itu merupakan senyawa yang berfungsi membuat syaraf dan otot menjadi lebih tenang. Secara umum, teh memiliki sifat yang kurang lebih sama dengan obat penenang berdosis rendah.

9. Madu

Madu

Madu

Kandungan gula alami yang ada di dalam madu akan meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh dan membuat tryptophan dengan mudah masuk ke dalam otak. Hal tersebut didasarkan pada pendapat yang dikemukakan oleh seorang ahli nutrisi bernama Lindsey Duncan. Satu sendok madu sebelum tidur atau bisa juga digabungkan dengan secangkir teh chamomile, akan membuat kamu mendapatkan istirahat yang lebih berkualitas.

10. Jus ceri

Jus ceri

Jus ceri

Segelas jus ceri bisa membuat kamu terlelap lebih cepat, menurut penelitian yang dilakukan di Universities of Pennsylvania and Rochester. Buah ceri, terutama ceri yang biasa digunakan untuk hiasan kue tart, secara alami mampu meningkatkan kadar melatonin yang ada di dalam tubuh.

Dalam studi yang dilakukan terkait hal ini, subjek yang meminum jus ceri mengalami perubahan yang lebih positif terkait gejala insomnia yang dialami, dibandingkan mereka yang sekedar mengonsumsi minuman yang hanya menimbulkan sugesti tidur lebih nyenyak.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *