Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Makanan Khas Indonesia yang Bakal Kamu Kangenin Saat Di Luar Negeri

Bagikan

Makanan khas Indonesia sudah terkenal kelezatannya sejak lama, namun banyak dari kita yang tidak menyadari betapa beruntungnya bisa hidup dan menikmati makanan di Indonesia.

Sekarang mungkin kamu bosen dengan makanan Indonesia, tapi kalau kamu tinggal di luar negeri, kamu pasti kangen dengan 10 makanan khas Indonesia berikut ini.

1. Indomie

indomie kuah
indomie kuah

Sudah tidak diragukan lagi, makanan yang sering dimakan penduduk Indonesia ini pasti bakal bikin kamu kangen Tanah Air. Indomie terbukti selalu menemani kamu setiap saat, di tengah malam yang dingin, saat lagi bokek, saat lapar, saat sendiri, saat bersama, dan berbagai kondisi lainnya sehingga kamu pasti tidak akan melupakan jasa Indomie padamu. Di luar negeri memang ada mie instan sejenis Indomie, tapi tidak seenak dan semurah Indomie di Indonesia.

Iklan

2. Rendang

rendang
rendang

Masakan berbahan dasar daging sapi ini mempunyai rasa yang biasanya lumayan pedas. Dimasak selama berjam-jam dengan menggunakan berbagai macam rempah-rempah menghasilkan sebuah masakan yang lezat. Saking lezatnya, rendang sampai dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia lho! Selain rendang sapi, ada juga variasi rendang lain misalnya: rendang hati sapi, rendang bebek, rendang ayam, dan rendang itik.

3. Nasi goreng

nasi goreng seafood
nasi goreng seafood

Semua orang pasti tahu apa itu nasi goreng. Masakan yang berupa nasi yang digoreng bersama berbagai bahan pelengkap seperti telur, bawang, dan lada ini sangat mudah dibuat dan dijumpai di jalanan. Dikenal sebagai makanan nasional Indonesia, nasi goreng yang biasanya disajikan bersama kerupuk sempat dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia, meskipun peringkatnya masih di bawah rendang.

Iklan

4. Bakso kuah

bakso kuah
bakso kuah

Bakso yang merupakan daging olahan berbentuk bola adalah makanan yang umum dijumpai di Indonesia. Disajikan dengan kuah kaldu, bihun, mie, dan bawang goreng selagi hangat, bakso sangatlah nikmat terutama bila dimakan di tempat dengan udara dingin. walaupun umumnya bakso berbahan dasar daging sapi, sekarang ini sudah banyak variasi bakso yang ditawarkan oleh restoran dan pedagang keliling misalnya: bakso ikan, bakso udang, bakso ayam, dan bakso kerbau.

5. Kerupuk

kerupuk
kerupuk

Kerupuk adalah pelengkap makanan yang sangat umum dijumpai di Indonesia. Beberapa orang bahkan tidak mau makan bila tidak tersedia kerupuk di sebelah piring makanannya. Selain sebagai pelengkap makanan, kerupuk juga sering kali difungsikan sebagai camilan darurat di saat lapar melanda.

Iklan

6. Sambal

sambal terasi
sambal terasi

Sambal di Indonesia bukan hanya pedas, tapi juga nikmat dan sempurna melengkapi segala jenis makanan khas Indonesia. Keragaman sambal yang ada di Indonesia dijamin akan membuat kamu kangen karena di luar negeri, sambalnya tidak semantap sambal ulek Indonesia. Beberapa sambal favorit di Indonesia di antaranya: sambal terasi, sambal ijo, sambal bawang, sambal goreng, sambal bajak, sambal udang, sambal balado, sambal tomat, sambal pecel, dan lain-lain.

7. Kerak telor

kerak telor
kerak telor

Makanan ini merupakan makanan khas Jakarta yang sesuai dengan namanya, mempunyai bahan dasar telur. Selain telur, makanan Betawi ini juga biasanya menggunakan beras ketan putih, ebi, bawang goreng, cabai, kelapa, merica, jahe, kencur, gula, dan garam. Saat ini penjual kerak telor sudah mulai sulit ditemui dalam kondisi normal, namun bisa dengan mudah ditemui saat ada perayaan, misalnya ulang tahun Jakarta atau hari kemerdekaan Indonesia.

Iklan

8. Rujak

rujak
rujak

Rujak merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang bahan utamanya adalah berbagai jenis buah dan sayur segar. Buah dan sayur ini tidak dimakan begitu saja melainkan diberi bumbu atau kuah yang biasanya pedas. Beberapa jenis rujak yang ada di antaranya: rujak buah, rujak cingur, rujak tumbuk, rujak petis, dan lain-lain.

9. Soto

soto Lamongan
soto Lamongan

Soto atau sering juga disebut dengan nama coto adalah sup khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang umum digunakan untuk memasak soto adalah daging ayam, namun tidak menutup kemungkinan soto dimasak dengan menggunakan daging sapi, babi, dan kambing. Cara penyajian soto biasanya berbeda-beda di tiap daerah, dengan nama yang berbeda-beda juga, misalnya: soto Madura, soto Lamongan, soto Kudus, soto Semarang, soto Betawi, soto Bandung, coto Makassar, soto babat, dan lain-lain.

10. Perkedel

perkedel
perkedel

Makanan yang biasanya ada di restoran Padang ini adonannya berbahan dasar kentang tumbuk yang dicampur dengan daging cincang, sayuran, dan bumbu rahasia. Sebelum dimasak, biasanya kentang tersebut akan direbus dan digoreng terlebih dahulu. Bentuk dari perkedel biasanya bulat, dan dilapisi dengan telur kocok sebelum digoreng. Selain perkedel berbahan dasar kentang, ada juga perkedel yang menggunakan ubi dan singkong sebagai bahan dasarnya.

Iklan

Bagikan

Terbaru

Iklan