10 Makanan Tinggi Kalsium yang Penting Untuk Kesehatan

Almond
Share ke teman kamu

Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan dan kekuatan gigi, tulang saraf dan otot. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan kesemutan pada jari-jari tangan dan kaki, kram otot, hilangnya nafsu makan, dan detak jantung yang tidak beraturan. Sebaliknya, kelebihan kalsium, yang biasanya disebabkan oleh konsumsi suplemen yang terlalu banyak, dapat memicu terjadinya batu ginjal serta meningkatkan risiko terjadinya stroke dan serangan jantung.

Manfaat lain dari salah satu jenis mineral ini adalah membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, menyeimbangkan tekanan darah dan mencegah diabetes. Orang dewasa disarankan untuk mengkonsumsi kurang lebih 1000 mg kalsium setiap harinya. Jumlah tersebut sama dengan satu gelas susu skim, selembar tipis keju cheddar atau satu cangkir plain yogurt.

Kalsium dapat ditemukan dalam sayuran berwarna hijau dan produk olahan susu. Sebenarnya telah ditemukan bukti bahwa beberapa kandungan di dalamnya dapat menghalangi penyerapan kalsium, namun makanan-makanan tersebut ternyata masih menjadi sumber kalsium yang sangat baik. Beberapa makanan yang mengandung kalsium adalah sayuran hijau, keju, susu rendah lemak dan yogurt, kacang almond dan lain-lain.

Ingin tahu apa saja makanan yang mengandung kalsium dan baik untuk tubuh kamu? Yuk simak ulasan tentang 10 makanan tinggi kalsium yang baik untuk kesehatan ini!

1. Salmon

Salmon

Salmon

Mengonsumsi salmon segar tentu memberi banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Namun sudah merupakan rahasia umum bahwa harga ikan tersebut kurang terjangkau. Untuk tetap bisa mendapatkan kebaikan ikan salmon tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu banyak, kamu bisa mengonsumsi ikan salmon kalengan.

Bagian ikan salmon yang mengandung kalsium adalah tulangnya. Jadi, sebelum mengkonsumsinya, hancurkan tulang ikan salmon hingga tercampur dengan dagingnya. Jangan khawatir, tulang-tulang ikan tersebut telah menjadi lunak dan mudah hancur dikarenakan proses pengalengan.

2. Sawi putih

Sawi putih

Sawi putih

Sayuran yang satu ini banyak mengandung vitamin, serat dan juga kalsium. Masaklah sawi putih dengan bawang putih dan minyak zaitun kemudian jadikan sebagai menu pelengkap. Di dalam 100 gram sawi putih terkandung 105 mg kalsium, jumlah yang memenuhi kurang lebih 11% kebutuhan tubuh orang dewasa.

3. Almond

Almond

Almond

Jenis kacang yang satu ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Selain tinggi akan asam folat, almond juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Dapat dikatakan, almond adalah kacang yang paling banyak mengandung nutrisi, di dalamnya juga ditemukan potassium, Vitamin E dan juga zat besi. Kamu bisa mendapatkan manfaat dan kebaikan dari kacang almond dengan menaburkannya di atas salad atau menjadikannya camilan.

4. Jeruk

Jeruk

Jeruk

Daripada ngemil makanan yang bisa menambah berat badan, lebih baik ganti camilan kamu dengan buah yang baik untuk diet. Salah satu buah yang disarankan untuk menjadi teman kamu beraktivitas adalah jeruk. Hal ini karena buah berwarna oranye ini kaya akan Vitamin C dan kalsium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kekuatan gigi, tulang dan otot.



5. Wijen

Wijen

Wijen

Tahukah kamu bahwa biji yang seringkali ditaburkan di atas burger ini ternyata sangat tinggi kalsium? Tidak hanya itu, wijen juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan dan juga bisa melawan sel kanker. Mulai sekarang, kamu bisa menambahkannya ke dalam salad kesukaanmu untuk bisa mengambil manfaatnya.

6. Rumput laut

Rumput laut

Rumput laut

Tidak hanya ikan-ikan di laut yang mengandung banyak kalsium, rumput laut ternyata juga memilikinya. Selain itu, rumput laut juga mengandung serat dan yodium yang mampu menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Konsumsilah makanan-makanan yang menggunakan bahan rumput laut untuk memenuhi kebutuhan kalsiummu.

7. Brokoli

Brokoli

Brokoli

Sayur yang unik dengan bentuk menyerupai bintik-bintik kecil ini ternyata kaya sekali akan manfaat untuk kesehatan. Di dalam 100 gram brokoli terkandung 47 mg kalsium. Jumlah tersebut sudah memenuhi kurang lebih 5% kebutuhan tubuh kamu akan kalsium. Dengan mengetahui hal ini, bisa nih mulai sekarang menambahkan sayuran berbentuk unik ini ke dalam menu harian kamu.

8. Sarden

Sarden

Sarden

Kalsium di dalam ikan sarden terbilang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi 100 mg ikan sarden, kamu telah memasukkan kurang lebih 383 mg kalsium ke dalam tubuhmu. Jumlah ini telah memenuhi sekitar 38% kebutuhan kalsium kamu. Kalsium yang tinggi pada ikan sarden sebenarnya terdapat pada tulang-tulang ikan tersebut. Maka dari itu, kamu disarankan untuk memakan ikan sarden bersama dengan tulangnya.

Tidak perlu takut untuk memakannya, tulang-tulang ikan sarden sudah menjadi lunak karena proses pengalengan, sehingga dapat dihancurkan, dicampur rata dan dikonsumsi bersama daging ikan. Selain ikan kalengan, kamu juga bisa mengonsumsi udang kalengan.

9. Susu dan yogurt rendah lemak

Susu dan yogurt rendah lemak

Susu dan yogurt rendah lemak

Olahan susu memang sangat terkenal dengan kandungan kalsiumnya. Untuk menunjang pertumbuhan, anak-anak sangat disarankan untuk minum susu dan beberapa macam olahannya yang lain seperti keju dan yogurt. Di dalam 100 gram susu atau yogurt rendah lemak terdapat 125 mg kalsium yang mampu memenuhi 13% kebutuhan kalsium tubuh kamu.

10. Olahan kedelai

Olahan kedelai

Olahan kedelai

Tahukah kamu apa saja olahan kedelai? Olahan kedelai meliputi tahu, tempe dan susu kedelai. Makanan dan minuman dengan bahan dasar kacang kedelai ini ternyata juga sangat kaya akan kalsium. Di dalam 100 gram kedelai mentah, terdapat hingga 350 mg kalsium yang mampu memenuhi kurang lebih 35% kebutuhan kalsium tubuh orang dewasa. Susu kedelai yang disarankan untuk kamu konsumsi adalah susu kedelai tanpa lemak yang dilengkapi dengan Vitamin A dan D, serta susu kedelai tanpa pemanis yang dilengkapi kalsium dan vitamin.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *