10 Makanan Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Omelet
Share ke teman kamu

Perut yang rata tidak hanya menunjukkan bahwa kamu sehat, tetapi juga bisa menunjang penampilan menjadi jauh lebih menarik. Saat ini, nggak cuma cewek aja kok yang terobsesi dengan perut rata. Cowok juga lebih suka punya perut rata, karena membuat mereka terlihat lebih muda. Banyak cara ditempuh untuk membuat perut jadi rata. Mulai dari membeli beragam alat olahraga yang memiliki khasiat untuk membuat perut rata dengan cepat sampai mengkonsumsi pil-pil diet yang bisa membahayakan tubuh.

Cara paling cepat untuk menghasilkan ilusi perut rata dalah dengan menggunakan korset, tetapi itu hanya bersifat sementara. Bahkan beberapa ahli percaya bahwa memakai korset dengan intensitas yang sering bisa berbahaya untuk kesehatan kamu.

Satu-satunya cara supaya kamu bisa memiliki perut yang rata adalah dengan melakukan diet dan olahraga secara disiplin. Stop buang-buang duit untuk membeli pil penurun berat badan secara instant, sebaiknya investasikan uang kamu untuk membeli 10 jenis makanan untuk mengecilkan perut buncit ini. Kenapa 10 makanan ini? Karena 10 jenis makanan ini bisa membantu membuat perut buncit kamu menjadi rata dengan cepat. Eits… tapi tetap harus diimbangi dengan olahraga ya!

1. Green tea

Green tea

Green tea

Green tea sudah terkenal dengan kandungan anti oksidannya yang tinggi, dan diyakini mampu mempercepat metabolisme tubuh, sehingga juga dapat membantu membakar lemak di perut buncit kamu. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Swiss, meminum teh hijau dapat membakar 266 kalori lebih banyak dibanding mengkonsumsi teh biasa.

Juga, dalam sebuah laporan yang ditulis oleh American Journal of Clinical Nutrition, mereka menemukan bahwa ekstrak teh hijau dapat meningkatkan metabolisme saat siang hari. Saat membeli teh hijau, hindari membeli teh hijau dalam kemasan botol, karena telah mengalami banyak proses yang mengurangi kandungan nutrisinya, sehingga beragam manfaat teh hijau yang penting untuk tubuh kamu hilang.

2. Kacang-kacangan

Aneka kacang

Aneka kacang

Biji rami, pistachio, walnut, biji bunga matahari, almond, biji labu dan kacang-kacangan lain adalah makanan yang akan menjaga perut kamu tetap langsing dan kenyang. Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan yang penuh minyak sehat dan mineral.

Menurut hasil studi dari Purdue University, orang yang makan kacang akan merasa kenyang lebih lama daripada mereka yang makan kue beras. Para ahli merekomendasikan bahwa setidaknya makanlah 24 almond dalam satu hari untuk memuaskan rasa lapar kamu. Mengkonsumsi almond tidak akan membebani kalori yang masuk dalam tubuh kamu. Selain itu, hindari jenis kacang asin yang tinggi akan natrium dan tidak bagus untuk tekanan darah kamu.

3. Sayuran hijau

Aneka sayuran hijau

Aneka sayuran hijau

Brokoli, bayam, arugula, dan romaine semua dikemas dengan banyak kandungan vitamin dan meneral, dengan kandungan lemak yang kecil. Brokoli dan bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan serat dan membantu memperlancar metabolisme serta mengatasi sembelit.

Sebelum mengkonsumsi nasi, cobalah untuk mengkonsumsi salad, sehingga kamu bisa mengontrol asupan karbohidrat lebih sedikit yang masuk ke tubuh. Oh ya, perlu diingat bahwa selada adalah sayuran yang tidak memiliki kandungan serat shingga bukan pilihat tepat untuk mengkonsumsi selada saat kamu ingin membakar lemak.

4. Bubuk protein

Bubuk protein

Bubuk protein

Bubuk protein tidak hanya dikonsumsi untuk orang-orang yang ingin membentuk otot di gym. Kamu juga bisa mengkonsumsi bubuk protein ini untuk membantu membuat perut tetap langsing. Bubuk protein mengandung asam amino yang akan membangun otot dan membakar lemak.

Kamu bisa menambahkan dua sendok bubuk protein untuk smoothie, mengkonsumsi makanan ini bisa membakar lemak yang ada dalam perut kamu. Oh ya, pastikan smoothie yang kamu konsumsi adalah smoothie yang sehat, bukan smoothie coklat yang kaya akan gula. Kamu bisa membuat smoothie yang kebih sehat sendiri di rumah, dengan bahan dasar yogurt tanpa gula, buah-buahan dan susu rendah lemak.



5. Minyak

Minyak kelapa

Minyak kelapa

Minyak di sini adalah minyak yang mengandung kalori bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah minyak kelapa, minyak canola, dan minyak zaitun yang benar-benar bisa membantu tubuh kamu membakar lemak. Minyak-minyak jenis ini membantu tubuh kamu untuk menjaga kadar kolesterol minimal dan menjaga hasrat untuk makan, sehingga kamu tidak perlu mengkonsumsi makanan berkalori yang tidak diperlukan oleh tubuh.

6. Omelet

Omelet

Omelet

Telur yang kaya akan protein memiliki kandungan asam lemak omega 3, zinc, fosfor, zat besi, kalsium, kolin, asam folat, dan vitamin yang penting bagi tubuh. Telur dicerna dengan proses yang lebih lama oleh tubuh, sehingga kamu akan merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.

Louisiana State University melakukan penelitian mereka sendiri, dan menemukan bahwa orang yang memiliki telur untuk sarapan kehilangan berat badan lebih dari mereka yang tidak memakan telur dan memilih untuk sarapan dengan menu lain. Telur ayam kampung bahkan memiliki tingkat nutrisi yang lebih tinggi.

7. Legumes

Legumes

Legumes

Legumes adalah jenis kacang-kacangan lain seperti kacang lima, kacang navy dan kacang hitam kaya serat yang akan membantu mendetox tubuh kamu. Selain itu, mereka juga rendah kalori, dan dikemas dengan protein yang akan membantu menurunkan berat badan kamu dan membuat tubuh kamu lebih berotot.

Cobalah untuk membuat hidangan dengan bahan dasar kacang, dan sadarilah bahwa proses metabolisme kamu akan meningkat. Dari pada makan sembarang daging, cobalah dalam satu minggu sekali mengkonsumsi kacang burrito atau kacang hitam yang tinggi akan kandungan lemak jenuh.

8. Daging

Daging putih tanpa lemak

Daging putih tanpa lemak

Daging di sini bukan sembarang jenis daging, tetapi daging putih atau daging tanpa lemak yang bisa menjaga perut kamu tetap langsing. Daging dari ayam buras, ikan dan sapi yang diberi makan rumput terbukti mampu membakar lemak. Bahkan, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sapi yang diberi makan rumput mengandung CLA (conjugated linoleic acid) alami, sehingga kamu tidak perlu repot-repot mengkonsumsi suplemen CLA. Makan makanan yang mengandung protein akan membantu membakar 30% kalori dalam tubuh.

9. Selai kacang

Selai kacang

Selai kacang

Selai kacang dipercaya untuk mencegah perut buncit dan menjaga sistem pencernaan tetap baik karena memiliki kandungan niasin. Sama seperti kacang-kacangan, selai kacang juga akan membantu perut kamu terasa penuh lebih lama, sehingga kamu tidak perlu memikirkan camilan pada saat jeda sarapan dan makan siang.

Namun, karena selai kacang memiliki banyak lemak, kamu harus membatasi ukuran porsinya. Makan terlalu banyak selai kacang dapat meningkatkan tingkat kolesterol dalam tubuh kamu. Untuk hasil terbaik, dalam satu hari maksimal makan dua sendok selai kacang. Penting untuk memilih selai kacang alami yang tidak memiliki kandungan gula.

10. Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang tepat untuk kamu konsumsi di pagi hari, agar kamu menghindari ngemil pagi. Ngemil pagi adalah salah satu penyebab perut kamu menjadi buncit, karena banyaknya asupan gula yang tidak sehat.

Oatmeal adalah makanan yang kaya akan serat dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna, sehingga waktu kenyang kamu akan menjadi lebih lama dan hilang sudah keinginan untuk ngemil donat atau cemilan apapun di pagi hari. Pilihlah oatmeal tanpa rasa, jangan memilih yang manis. Kamu bisa menambahkan irisan buah atau pisang saat mengkonsumsinya agar tidak terasa hambar.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *