Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Makanan yang Mengandung Protein Paling Tinggi

Bagikan

Protein merupakan nutrisi makro yang amat diperlukan untuk pertumbuhan dan fungsi tubuh manusia. Selain itu, ada alasan mengapa banyak orang yang melakukan hidup sehat terobsesi dengan protein. Protein merupakan makronutrien yang berperan untuk membangun dan juga memperbaiki otot yang rusak, membantu metabolisme dalam pembakaran lemak, serta memperlambat pelepasan karbohidrat ke dalam aliran darah yang dapat mencegah kenaikan gula darah secara signifikan.

Setidaknya tubuh kita menuntut konsumsi 46 gram protein per hari untuk wanita berusia 19 – 70 tahun dan 56 gram untuk pria di rentang usia yang sama. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan keranjang belanjaan kamu terisi dengan makanan yang mengandung protein tinggi, bukan makanan olahan yang justru dapat mengancam kesehatan tubuh. Berikut adalah daftar makanan yang mengandung protein tinggi yang harus ada dalam list belanja kamu.

1. Ikan Tuna

Ikan Tuna
Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan ikan yang banyak ditemukan di perairan Pasifik dan Hindia. Kandungan protein pada ikan tuna dua kali lipat kadar protein yang terkandung dalam telur ayam. Ini yang membuat ikan tuna terkenal sebagai salah satu makanan yang mengandung protein paling tinggi.

Iklan

Setiap 100 gram daging ikan tuna, terkandung 22,6 gram protein. Bagian daging ikan tuna yang berwarna putih memiliki kandungan protein yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan daging ikan tuna berwarna merah.

2. Dada Ayam

Dada Ayam
Dada Ayam

Sesungguhnya semua daging ayam memiliki kadar protein yang tinggi dan harganya juga relatif murah bila dibandingkan dengan ikan. Tetapi dada ayam adalah bagian dari daging ayam yang memiliki kandungan protein paling tinggi dengan kandungan lemak yang terhitung sedikit.

Hal ini berbeda dengan sayap, paha, dan punggung ayam yang memiliki kandungan lemak lebih tinggi. Dalam 100 gram dada ayam terkandung 26-30 gram protein. Kadar asam amino dalam dada ayam juga tergolong tinggi, jadi sangat baik untuk pembentukan otot.

3. Telur

Iklan
Telur
Telur

Telur adalah makanan yang mengandung protein sangat tinggi dan dapat kamu temukan di toko kelontong maupun supermarket terdekat dengan mudah. Karena mengandung banyak protein, telur adalah makanan yang amat baik untuk pembentukan ototmu. Telur memiliki nilai biologis yang tinggi, karena kandungan protein dalam telur dapat bersatu dengan protein yang ada dalam tubuh dengan mudah. Dibandingkan sarapan dengan nasi, sarapan dengan telur rebus dapat memberikan tenaga yang lebih besar sampai siang hari. Dalam 1 butir telur ayam berukuran besar terkandung 7 gram protein.

4. Cottage Cheese

Cottage Cheese
Cottage Cheese

Cottage cheese sering kali digunakan sebagai camilan. Keju ini mengandung kalsium yang tinggi dan rendah lemak, itulah mengapa makanan yang mengandung protein ini sering dijadikan sebagai camilan sehat. Kamu bisa mengkonsumsi keju ini dengan cara mencampurkannya dengan buah segar dan kayu manis untuk menghasilkan rasa yang lebih manis.

Dalam setengah cup cottage cheese, terkandung 14 gram protein. Kamu lapar saat malam hari? Gunakan keju ini sebagai camilan pengantar tidur kamu.

Iklan

5. Steak

Steak
Steak

Steak daging sapi merupakan makanan yang mengandung protein tertinggi. Daging sapi yang digunakan sebagai bahan steak biasanya sirloin atas atau sirloin bawah. Ukuran steak sirloin rata-rata 2,5 sampai 3,5 inci dengan ketebalan sekitar 1 inci. Dalam 8 ons daging steak terkandung 67 gram protein dan 26 gram lemak dengan kadar kalori hampir mencapai 400 kalori yang dapat menutup kebutuhan kalori dalam tubuh per hari.

Untuk membantu menurunkan kadar lemak dalam steak, biasanya steak dimasak dengan cara dipanggang atau di-oven.

6. Ikan halibut

Ikan halibut
Ikan halibut
Iklan

Ikan tuna segar, tuna kaleng, atau halbut, mereka semua memiliki kandungan 30% protein yang dibutuhkan dari asupan protein harian yang direkomendasikan. Halibut adalah ikan dengan tingkat protein tinggi dan rendah lemak. Selain itu, ikan ini juga kaya akan vitamin B-6 dan B-12, kalium dan asam lemak omega-3 yang sehat.

Tuna segar memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding tuna kaleng. Dalam 3 ons tuna terkandung 20 gram protein, sedangkan dalam tuna kaleng hanya terkandung 16,5 gram protein. Sedangkan 3 ons ikan halibut mengandung 19 gram protein yang mampu memenuhi kebutuhan protein harian kamu.

7. Sarden

Sarden
Sarden

Sarden adalah makanan yang sering disepelekan, namun ternyata makanan ini mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Satu kaleng sarden kaya akan kandungan protein, mereka juga akan memberikan lemak omega 3 dan vitamin D yang baik untuk tubuh kamu. Protein dalam ikan sarden dianggap sebagai protein yang lengkap, artinya ia menyediakan semua asam amino yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kamu. Dalam 3 ons sarden terkandung sekitar 21 gram protein.

8. Kacang almond

Iklan
Kacang almond
Kacang almond

Kacang almond adalah jenis kacang-kacangan dengan harga yang termasuk mahal. Tak mengherankan harganya sangat mahal, karena memang kacang ini memiliki banyak sekali kandungan gizi seperti serat, vitamin E, dan magnesium.
Dalam 1 biji kacang almond terkandung 0,25 gram protein. Oleh karena itu mengkonsumsi 10 biji kacang almond dapat memenuhi 2,5 gram protein. Sedangkan 1 porsi almond (sekitar 1 ons) menyediakan setidaknya 7 gram protein.

9. Tofu

Tofu
Tofu

Jangan remehkan makanan khas Asia berharga murah ini. Tofu atau lebih dikenal dengan sebutan tahu ini adalah sumber protein yang baik dan mengandung asam amino esensial yang baik untuk tubuh. Tofu juga mengandung zat besi, kalsium, mineral, mangan, selenium, dan fosfor.

Dalam 100 gram tofu terkandung 8,2 gram protein, 1,5 gram karbohidrat dan 70 kalori. Protein kedelai yang terkandung dalam tofu juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Tofu kukus bisa kamu jadikan sebagai camilan siang saat lapar.

10. Oats

Oats
Oats

Oats adalah salah satu jenis biji-bijian yang sehat, oats mengandung serat sehat, magnesium, mangan, dan vitamin B. Tak kalah penting, oats juga tinggi akan kandungan protein. Satu cangkir oats dapat menyediakan 13 gram protein dan 303 kalori. “Dietary Guidelines for Americans 2010” menyarankan bahwa setidaknya 35% kalori harian kamu harus berasal dari protein. Jadi, nggak ada salahnya mulai sekarang memasukkan oats dalam daftar belanjaan kamu setiap bulan.

Iklan

Bagikan

Terbaru

Iklan