Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Makanan yang Mengandung Vitamin D Paling Tinggi

Bagikan

Jika berbicara tentang vitamin D, mungkin kamu akan ingat dengan manfaat sinar matahari adalah untuk kesehatan tulang. Apalagi jika digabungkan dengan asupan kalsium yang sesuai, maka kesehatan tulang dapat terjaga dengan baik. Namun, sekarang ini jarang sekali seseorang meluangkan waktu untuk membiarkan tubuh mendapatkan vitamin D melalui sinar matahari.

Hal ini juga didukung oleh tingginya tingkat polusi udara yang ada di Indonesia, sehingga banyak orang malas untuk berada di bawah sinar matahari. Belum lagi polusi dan sinar matahari juga dapat menyebabkan kerusakan kulit bagi wanita. Ditambah lagi, sepertinya kita sudah hampir nggak punya waktu buat menghangatkan tubuh di bawah sinar matahari pagi karena kesibukan yang padat.

Saat ini kamu tak perlu khawatir kekurangan vitamin D, karena selain sinar matahari, masih ada beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin D. Apa saja? Berikut daftar 10 makanan yang mengandung vitamin D paling tinggi:

1. Salmon

Salmon
Salmon
Iklan

Ikan salmon adalah makanan yang mengandung vitamin D paling tinggi di antara makanan lainnya. Hanya dengan mengkonsumsi setengah bagian fillet saja, kamu sudah bisa memenuhi 1400 IU vitamin D, alias dua kali lipat lebih banyak dari yang dibutuhkan manusia setiap harinya. Jangan lupa untuk memastikan salmon dimasak dengan cara yang benar.

2. Tuna

Tuna
Tuna

Memakan 3 ons tuna setiap hari bisa memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin D kamu. Pilih tuna yang segar dan sebisa mungkin bukan tuna kalengan. Dengan mengonsumsi ikan berminyak, bisa memberi pelumas untuk tubuh dengan lemak baik. Lemak tersebut akan menyediakan banyak manfaat sehat seperti ingatan yang lebih baik dan mengoptimalkan kinerja otak.

3. Susu

Susu
Susu
Iklan

Selain mengandung kalsium, ternyata susu juga mengandung vitamin D yang baik untuk tubuh. Susu mampu memenuhi seperlima dari kebutuhan vitamin D kamu dalam sehari. Perlu diingat, susu murni lebih baik daripada susu skim bubuk. Jadi tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi susu setiap hari agar tulang dan tubuh selalu kuat.

4. Jamur shiitake dan jamur kancing

Jamur shittake dan jamur kancing
Jamur shittake dan jamur kancing

Siapa sangka ternyata jamur shiitake memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Ini bisa jadi disebabkan karena jamur jenis ini tumbuh besar dengan menyerap banyak sekali sinar matahari. Selain sebagai makanan yang mengandung vitamin D, jamur shiitake juga mengandung vitamin B, B1, dan B2. Jika ingin mengkonsumsi jamur ini, pastikan kamu memilih jamur yang kering.

5. Sarden

Sarden
Sarden
Iklan

Sarden kalengan adalah salah satu makanan yang jadi favorit karena mudah dan cepat untuk dikonsumsi. Ternyata, sarden juga merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D di dalamnya. Satu kaleng kecil sarden bisa memenuhi setidaknya 70 persen kebutuhan harian vitamin D. Selain itu, sarden juga kaya akan vitamin B12, asam lemak omega-3 dan selenium.

6. Minyak hati ikan cod

Minyak hati ikan cod
Minyak hati ikan cod

Minyak dari hati ikan cod ini memiliki vitamin D yang sangat kaya. Jika kamu sering mengkonsumsi minyak ikan ini, maka kamu bisa memiliki tulang yang sehat dan kuat. Selain kandungan vitamin D yang tinggi, minyak ikan cod juga terbukti bisa melawan osteoporosis yang sering terjadi pada orang dewasa. Ditambah lagi, minyak ini juga baik untuk meningkatkan kinerja otak dan membuat fungsi sistem saraf lebih optimal. Tidak lupa juga, minyak ikan cod juga kaya akan omega 3.

7. Telur

Telur
Telur
Iklan

Telur adalah makanan yang mengandung vitamin D lebih sedikit bila dibanding salmon atau tuna. Namun setidaknya, jika kamu mengkonsumsi satu butir telur setiap hari maka 10 persen kebutuhan harian vitamin D kamu akan terpenuhi. Akan lebih baik lagi jika kamu mengkonsumsi telur dari ayam kampung, bukan ayam broiler.

8. Hati sapi

 Hati sapi
Hati sapi

3 ons daging dan hati sapi bisa memenuhi sekitar seperempat kebutuhan harian vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Setidaknya itulah jumlah yang ditawarkan untuk mereka yang tidak cukup terkena sinar matahari. Selain merupakan makanan yang mengandung vitamin D, hati sapi juga memiliki kandungan vitamin B12 dan zat besi. Tetapi alangkah baiknya kalau kamu juga menjaga porsi asupan hati sapi yang kamu konsumsi supaya tidak terserang asam urat.

9. Keju ricotta

Keju ricotta
Keju ricotta
Iklan

Jenis keju ini memang tidak terlalu familiar di Indonesia, namun kamu bisa menemukan keju ini di swalayan besar. Sebagai informasi, keju jenis ricotta termasuk keju paling tinggi vitamin D di antara jenis keju lainnya. Disebutkan bahwa jenis ricotta memiliki vitamin D lima kali lebih banyak dibandingkan yang terkandung di keju jenis lainnya seperti cheddar, mozzarella, gouda, atau keju lainnya.

10. Makarel

Makarel
Makarel

Hanya dengan mengkonsumsi 3,5 ons ikan ini, kamu sudah bisa memenuhi setidaknya 90 persen dari kebutuhan harian vitamin D yang disarankan. Ikan jenis ini juga direkomendasikan untuk dikonsumsi karena bisa memompa tubuh dengan berbagai vitamin dan asam lemak omega 3 yang terkandung di dalamnya. Apalagi tubuh manusia juga tidak bisa memproduksi sendiri zat-zat tersebut.

Mengapa vitamin D sangat penting untuk tubuh?
Sama seperti vitamin lainnya, vitamin D juga memiliki peran penting untuk tubuh. Jika di awal artikel ini sudah disebutkan bahwa vitamin D sangat baik untuk tulang, maka ada manfaat lain yang harus kamu ketahui seperti:

Setelah mengetahui pentingnya vitamin D untuk tubuh maka bersyukurlah jika kamu tinggal di wilayah yang masih mendapatkan sinar matahari secara intensif. Seperti di Indonesia misalnya, cahaya dan sinar matahari masih bisa dinikmati dari pagi hingga menjelang siang tidak lebih dari jam 10 pagi, itulah waktu terbaik untuk mendapatkan vitamin D yang maksimal. Jika kamu tinggal di wilayah yang kurang sinar matahari, sebaiknya mulai memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin D di atas.

Iklan

Bagikan

Terbaru

Iklan