10 Makanan yang Mengandung Vitamin E Paling Tinggi

Almond
Share ke teman kamu

Apa itu vitamin E? Vitamin E adalah antioksidan kuat yang berfungsi mencegah berbagai macam penyakit. Vitamin E juga dianggap penting dalam menjaga kulit agar tetap sehat dan awet muda. Recommended Daily Allowance (RDA) menyarankan, setiap hari kita harus memenuhi kebutuhan vitamin E dalam tubuh sebanyak 15 miligram. Tetapi sayangnya, kebanyakan dari kita malah kurang meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin E karena gaya hidup yang serba cepat dan tidak sehat.

Banyak pula dari kita yang belum paham betul apa saja makanan yang mengandung vitamin E tinggi. Berikut daftar 10 makanan yang mengandung vitamin E paling tinggi:

1. Almond

Almond

Almond

Almond adalah salah satu jenis kacang terbaik dan merupakan makanan yang mengandung vitamin E paling tinggi. Satu ons almond menawarkan 7,4 miligram vitamin E. Sedangkan dalam 100 gram almond terkandung 26,2 miligram vitamin E yang sudah menyediakan 127% lebih banyak dari vitamin E minimum yang direkomendasikan.

Kalau kamu membutuhkan energi lebih saat bekerja, ngemil kacang almond bisa membantu meningkatkan energi dalam tubuh kamu. Kalau kamu bukan termasuk penggemar almond mentah, kamu bisa menggantinya dengan susu almond, mentega almond, atau minyak almond.

2. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari

Jika semasa kecil kamu suka makan biji bunga matahari atau kuaci, sekarang saatnya kamu bangkitkan kembali kegemaran itu. Ternyata, biji bunga matahari memiliki kandungan viamin E dan mineral yang tinggi bagi tubuh.

Setengah cangkir biji bunga matahari mampu mencukupi kebutuhan vitamin E lebih dari yang direkomendasikan. Di dalam satu cangkir biji bunga matahari, terkandung 46,52 miligram vitamin E (225% lebih banyak dari rekomendasi vitamin E minimal).

3. Swiss chard

Swiss chard

Swiss chard

Swiss chard adalah salah satu sayuran berdaun hijau yang banyak digunakan sebagai bahan masakan mediterania. Selain berciri warna daun hijau, Swiss chard memiliki warna tangkai yang bervariasi, mulai dari putih, kuning, atau merah. Swiss chard adalah sayuran sehat yang tinggi akan vitamin K, vitamin A, vitamin C, dan Vitamin E. Kamu hanya perlu satu cangkir rebusan Swiss chard untuk mendapatkan 17% vitamin E lebih banyak dari nilai harian yang direkomendasikan.

4. Sawi hijau

Sawi hijau

Sawi hijau

Serupa dengan swiss chard, sawi adalah sayuran hijau yang kaya akan gizi, tinggi vitamin K, vitamin A, folat, dan vitamin C. Satu cangkir sawi hijau cincang mengandung sekitar 14% vitamin E lebih banyak dari nilai harian yang direkomendasikan.

Kandungan kalori yang rendah membuat sayuran ini aman untuk dikonsumsi dengan protein dan beras merah. Selain itu, dalam 1 cangkir air rebusan sawi terkandung 1,13 miligram vitamin E (5% dari jumlah yang direkomendasikan). Sangat disarankan bagi kamu untuk memilih sawi organik.

5. Bayam

Bayam

Bayam

Bayam hampir selalu ada dalam daftar super food, karena bayam adalah salah satu makanan dengan kandungan vitamin terbaik. Sayangnya, bayam juga menjadi salah satu sayuran yang tidak disukai oleh sebagian orang.



Bayam adalah salah satu sayuran yang baik untuk program dietmu karena tinggi akan kandungan folat alami dan kalsium. Beberapa vitamin yang terkandung dalam bayam yaitu vitamin A, dan vitamin E. Setengah cangkir porsi bayam rebus menyediakan 3,36 miligram vitamin E yang akan memenuhi 16% kebutuhan vitamin E harian kamu.

6. Alpukat

Alpukat

Alpukat

Alpukat bisa dikatakan sebagai satu-satunya makanan yang mengandung vitamin E tinggi dengan rasa sangat lezat dan digemari banyak orang. Alpukat juga merupakan buah kaya lemak sehat yang bagus untuk mengatasi kulit atau rambut kering. Setengah buah alpukat memiliki kandungan vitamin E sekitar 2 miligram. Alpukat juga merupakan buah yang direkomendasikan selama kamu menjalani diet. Cara menikmati alpukat juga beragam, mulai dari menjadikannya bahan campuran salad, sandwich, sampai ditumbuk sebagai guacamole.

7. Minyak dari tumbuhan

Minyak dari tumbuhan

Minyak dari tumbuhan

Sebagian besar dari minyak yang berasal dari tumbuhan adalah sumber vitamin E yang baik. Salah satu jenis minyak dengan kandungan vitamin E terbaik adalah Wheat Germ Oil (minyak gandum). Bahkan minyak ini memiliki kandungan vitamin E tertinggi dibanding jenis makanan lainnya. Sebagai salah satu jenis minyak, minyak ini memiliki harga yang cukup mahal. Satu sendok makan minyak gandum bisa memenuhi 100% dari kebutuhan harian vitamin E kamu.

Selain minyak gandum, minyak bunga matahari juga tergolong pilihan yang baik, mereka menyediakan 5 miligram vitamin E dan mudah untuk digunakan dalam memasak. Selain kedua minyak tersebut, minyak kaya vitamin E lain adalah minyak kelapa, minyak zaitun, minyak biji kapas, dan minyak biji rami.

8. Brokoli

Brokoli

Brokoli

Untuk generasi sekarang ini, brokoli dianggap sebagai salah satu makanan terbaik. Ini karena brokoli merupakan makanan berserat tinggi dan kaya akan vitamin. Ia mampu memenuhi 7% kebutuhan harian vitamin E kamu. Satu potong brokoli yang sudah dimasak hanya mengandung 54 kalori, yang juga baik untuk makanan diet kamu. Cara terbaik untuk memasak brokoli adalah dengan mengkukus, meskipun rasanya lebih hambar tetapi nutrisi yang ada di dalamnya masih dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

9. Buah zaitun

Buah zaitun

Buah zaitun

Kalau di point 7 sebelumnya kita sudah membahas tentang minyak zaitun, kali ini yang sedikit kita ulas adalah buah zaitun. Pasti nggak banyak dari kamu yang tahu kalau ternyata buah dari zaitun ini bisa dimakan. Dengan mengkonsumsi buah zaitun sebanyak satu cangkir setiap harinya, kamu sudah memenuhi 20% dari kebutuhan vitamin E harian yang direkomendasikan.

10. Ikan (Rainbow Trout)

Ikan (Rainbow Trout)

Ikan (Rainbow Trout)

Rainbow trout adalah salah satu jenis ikan spesies salmon asli dari sungai berair dingin di Samudera Pasifik Asia dan Amerika Utara. Rainbow trout sangat populer dalam berbagai menu masakan barat karena memiliki daging lembut yang ringan.

Di Asia Timur, ikan ini disajikan sebagai ikan panggang yang lezat bersama salad wrap. Dibandingkan ikan salmon, rainbow trout memiliki kandungan vitamin E yang jauh lebih tinggi. Dalam 100 gram rainbow trout terkandung 2,8 miligram vitamin E, atau menyediakan 13% dari kebutuhan vitamin E yang direkomendasikan setiap harinya.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *