10 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Pada Malam Hari

Makanan pedas
Share ke teman kamu

Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia. Tanpanya, kita tidak akan mendapatkan energi serta zat-zat lain yang dibutuhkan untuk membantu kondisi dan perkembangan tubuh.

Namun seiring bertambahnya usia, dan juga akibat pengaruh kebiasaan, seringkali kita mengonsumsi makanan dengan jumlah yang lebih banyak dari seharusnya. Alih-alih membuat tubuh menjadi sehat, hal ini justru membuka gerbang menuju kondisi yang kurang menguntungkan, seperti obesitas, diabetes, atau bahkan stroke.

Beberapa makanan yang bisa memicu penyakit juga pantang dikonsumsi di malam hari. Tentu ini merupakan peringatan keras bagi kita, yang seringkali mengisi waktu lembur atau begadang dengan ditemani camilan atau bahkan makanan berat lain.

Berikut daftar makanan yang tidak boleh dimakan pada malam hari.

1. Kafein

kafein

kafein

Kafein, seperti yang terkandung di dalam kopi, rupanya justru bisa membuat tidur kita tidak berkualitas jika dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan. Sudah bukan rahasia umum lagi jika tidur yang bagus membutuhkan beberapa formula dan kondisi yang harus dipenuhi, yang mungkin berbeda dari satu orang ke orang lain.

Namun demikian, ada beberapa makanan yang sebisa mungkin harus kamu hindari untuk mencapai batas maksimal konsumsi, seperti makanan atau minuman yang mengandung kafein.

Tubuh kita hanya boleh mendapatkan asupan kafein antara 200 hingga 300 miligram per hari dan usahakan untuk menghindar dari kafein sebelum tidur. Selain itu, kafein tidak hanya terkandung di dalam minuman, semisal kopi, namun juga ada dalam minuman berenergi, minuman soda, atau bahkan teh.

2. Sereal Kemasan

Sereal Kemasan

Sereal Kemasan

Gula merupakan zat yang bagus untuk tubuh. Namun pengaruhnya akan jadi negatif jika kita mendapatkannya dengan jumlah berlebih dan tidak tepat waktu. Oleh karena itu, kamu sebaiknya berhati-hati jika mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, seperti sereal kemasan. Hal tersebut bisa membuat tingkat gula darah dalam tubuh meningkat drastis. Sebisa mungkin jangan mengonsumsi makanan jenis ini di malam hari.

3. Makanan pedas

Makanan pedas

Makanan pedas

Mungkin ada di antara kamu yang begitu menggemari makanan dengan rasa pedas. Kamu merasa lebih asyik dan bergairah, jika mengonsumsi makanan yang bisa membuat lidahmu bergoyang dan wajah mengeluarkan keringat, efek dari rasa pedas yang terdapat dalam makanan tersebut.

Namun demikian, kebiasaan mengonsumsi makanan pedas di malam hari sebaiknya kamu tinggalkan sekarang juga. Pasalnya, hal tersebut bisa menimbulkan gangguan pencernaan dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa ada banyak makanan pedas yang sulit dicerna. Ini menjelaskan mengapa kamu bisa terus merasa sakit perut dan mulas, meski makanan pedas favoritmu sudah disantap beberapa jam sebelumnya.

4. Es krim

Es krim

Es krim

Menyantap es krim memang terasa nikmat, meskipun di malam hari, terutama jika hawa tengah dirasa cukup panas di musim kemarau. Para wanita juga kerap memakan es krim, yang dipercaya bisa mengurangi kadar stress di dalam pikiran.

Namun demikian, konsumsi es krim di malam hari bisa memberikan pengaruh buruk bagi tubuh. Pasalnya, es krim juga mengandung banyak gula. Tidak hanya meningkatkan kadar gula dalam darah, yang berpotensi menimbulkan penyakit diabetes, kamu juga memiliki peluang terkena gangguan lambung dan yang paling penting, beresiko mengalami kenaikan berat badan secara drastis.

5. Yoghurt

Yoghurt

Yoghurt

Yoghurt selama ini dikenal sebagai makanan yang sehat dan bagus untuk sistem pencernaan dan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, ada banyak orang yang sepertinya tidak merasa bersalah ketika mereka menyantap yoghurt di malam hari.

Well, anggapan ini tidak sepenuhnya salah, namun kita perlu mencermati jenis yoghurt seperti apa yang dimakan. Usahakan untuk memilih yoghurt yang tidak diberi perasa tambahan alias plain. Sebab, dalam yoghurt yang memiliki varian rasa buah, terdapat banyak kandungan gula dan zat pengawet.

6. Gorengan

Gorengan

Gorengan

Gorengan atau makanan apapun yang telah melalui proses penggorengan, amat tidak direkomendasikan untuk tubuh di malam hari. Pasalnya, makanan semacam ini mengandung banyak lemak dan jelas bakal membawa efek negatif ketika kita tidur nanti.

Seorang ahli bernama Lisa Moskovitz mengatakan, “Lemak membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna dan hal tersebut akan membuat tubuh terus terjaga, atau setidaknya tidak berisitirahat dengan maksimal, selama proses pencernaan terus berjalan.”

Jadi kini kamu harus berhati-hati kala dihadapkan dengan pilihan makanan yang sudah digoreng di malam hari.

7. Soda

Soda

Soda

Minuman soda merupakan salah satu favorit untuk menemani mereka yang gemar begadang atau lembur. Rasanya yang manis dan menyegarkan seolah bisa membuat tubuh terus bergairah dan tidak mudah menyerah terhadap rasa kantuk.

Namun tahukah kamu bahwa kandungan yang ada di dalam soda memiliki banyak efek negatif pada tubuh? Kandungan tersebut justru akan semakin berbahaya jika dikonsumsi di malam hari. Tak main-main, kamu bisa mengalami kerusakan di bagian katup dan arteri yang mengalirkan darah ke beberapa bagian penting di tubuh.

8. Keju Olahan

Keju Olahan

Keju Olahan

Beberapa di antara kamu mungkin berpikir keju olahan merupakan snack yang tepat untuk dikonsumsi di malam hari. Bahan dasarnya terbuat dari susu dan dianggap mampu mengenyangkan, lantaran mengandung cukup banyak zat yang berguna.

Namun menariknya, keju olahan justru bisa mengganggu kinerja tubuh jika dimakan di malam hari. Disebutkan bahwa makanan ini bisa merusak jalannya proses metabolisme alami. Nekat memakannya? Jangan kaget jika nantinya kamu justru mengalami gangguan pencernaan yang cukup parah!

9. Alkohol

Alkohol

Alkohol

Alkohol memang masih menjadi sesuatu yang cukup tabu di Indonesia. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada cukup banyak orang yang sudah rutin mengonsumsi alkohol di lingkungan pergaulan atau di rumah sendiri.

Nah yang perlu diperhatikan adalah seberapa banyak alkohol yang bisa kita konsumsi per hari. Satu gelas anggur di malam hari mungkin bisa membuat kamu lebih mudah tidur, namun melakukannya sebelum beristirahat justru merusak kondisi badan. Seorang pakar bernama Joe mengatakan, “Pastikan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi alkohol di malam hari. Penting bagi kita untuk membatasi satu gelas per hari untuk wanita dan dua gelas per hari untuk pria.”

10. Cokelat

Cokelat

Cokelat

Tidak hanya mengandung kalori dan gula, cokelat juga mengandung zat yang sebelumnya disebutkan, kafein. Hal tersebut justru akan membuat kamu sulit tidur di malam hari.

Cokelat juga bukan makanan yang bisa menghilangkan atau menunda lapar. Jadi jika kamu memakannya, ini bukan berarti kamu memang benar-benar sedang lapar.

Alih-alih memakan cokelat, kamu bisa menggantinya dengan segelas teh panas atau cokelat susu rendah lemak.Jika kamu ingin mencari sesuatu yang manis dan bisa menunda lapar, cobalah membuat minuman dengan campuran satu sendok makan cokelat hazelnut dan setengah gelas susu.





Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *