10 Mall di Jakarta yang Harus Kamu Kunjungi

Central Park Mall
Share ke teman kamu

Kalau kamu tinggal di Jakarta, tentu tak asing lagi dengan banyaknya jumlah mall di Jakarta yang bisa dikunjungi. Mall-mall di Jakarta ini telah menjadi salah satu tempat wisata favorit setiap akhir pekan karena menawarkan berbagai macam hiburan menarik, mulai dari wisata belanja, tempat bermain anak, sampai dengan wisata kuliner.

Nah, untuk kamu yang bosan ke mall yang itu-itu aja atau baru pertama kali datang ke Jakarta dan ingin mencoba berkunjung ke salah satu pusat perbelanjaan di kota Jakarta, AnekaTop10.com telah merangkum daftar rekomendasi mall di Jakarta yang harus dikunjungi. Mau tau apa aja? Baca selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Jakarta Selain Mall yang Harus Kamu Kunjungi

1. Grand Indonesia Shopping Town

Grand Indonesia Shopping Town

Grand Indonesia Shopping Town

Mall di Jakarta yang dibuka untuk umum sejak tahun 2008 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mempunyai luas pertokoan sebesar 250.000 meter persegi yang terbagi menjadi 3 bagian, yaitu West Mall, East Mall, dan sebuah jembatan penghubung yang disebut Sky Bridge.

Dulunya, pusat perbelanjaan yang beralamat di Jalan M.H. Thamrin Nomor 1 ini adalah bagian dari kawasan Hotel Indonesia yang direnovasi pada tahun 2007. Setelah renovasi selesai, hotel di Jakarta ini berganti nama menjadi Hotel Indonesia Kempinski karena dikelola oleh grup Kempinski. Area di sekitar hotel ini kemudian juga dikembangkan lebih dalam menjadi area multi guna yang mencakup gedung perkantoran, apartemen, dan pusat perbelanjaan Grand Indonesia Shopping Town.

2. Central Park Mall Jakarta

Central Park Mall

Central Park Mall

Central Park yang berlokasi di Jalan S. Parman Kav. 28 ini adalah sebuah komplek serba guna yang mempunyai area untuk perkantoran, beberapa tower apartemen, hotel bintang 5, kompleks ruko, taman indah, dan tentu saja sebuah pusat perbelanjaan yang merupakan salah satu mall di Jakarta yang harus kamu kunjungi. Mall dan taman Central Park saat ini telah berhasil menjadi salah satu tempat nongkrong di Jakarta Barat yang paling terkenal di kalangan anak muda.

Dengan total luas kawasan sebesar 655.000 meter persegi, mall di Jakarta yang dibangun oleh Agung Podomoro Group ini adalah bangunan terbesar di dunia urutan ke 8. Uniknya, asal muasal nama Mall Central Park adalah dari sebuah taman di New York yang bernama Central Park. Keunikan lain dari Mall Central Park adalah fakta bahwa mall ini berlokasi persis di sebelah mall di Jakarta yang wajib dikunjungi lainnya, yaitu Mall Taman Anggrek, sehingga jika kamu sudah puas jalan-jalan di mall ini, kamu bisa langsung melanjutkan petualanganmu ke Mall Taman Anggrek.

3. Gandaria City

Gandaria City

Gandaria City

Mall Gandaria City adalah mall di Jakarta berikutnya yang harus kamu kunjungi. Berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan, mall 7 lantai dengan luas lebih dari 300.000 meter persegi ini tak pernah sepi pengunjung, terurama pada akhir pekan dan hari libur.

Daya tarik utama dari mall yang dibuka untuk umum sejak tahun 2010 ini adalah Gandaria Main Street. Di area ini kamu akan menemukan banyak sekali restoran, lounge, dan cafe yang sangat cocok untuk tempat nongkrong anak muda di Jakarta Selatan. Selain cocok untuk anak muda, area yang mempunyai desain bergaya khas Kota Tua Jakarta dan New York Times Square ini juga cocok untuk acara kumpul keluarga lho.

Keunikan lain dari Gandaria City adalah Skenoo Hall yang merupakan convention hall dan exhibition center yang memiliki luas lebih dari 6.000 meter persegi. Skenoo Hall tercatat pernah menjadi tempat berlangsungnya beberapa acara dan konser besar seperti Konser Pitbull dan Disney Live.

4. Pondok Indah Mall 1 & 2

Pondok Indah Mall

Pondok Indah Mall

Satu lagi mall di Jakarta Selatan yang wajib dikunjungi selain Gandaria City adalah Pondok Indah Mall. Mall yang berlokasi di kawasan perumahan elit Pondok Indah ini merupakan salah satu mall pertama dan tertua di Jakarta karena sudah dibuka sejak tahun 1991 dan menjadi awal tren pembangunan mall di Jakarta. Namun walau begitu, mall yang berlokasi di Jalan Metro Pondok Indah ini tetap terawat dan menarik untuk dikunjungi lho.

Karena tak cukup menampung banyaknya pengunjung, mall di Jakarta yang menyasar segmen menengah ke atas ini akhirnya membangun Pondok Indah Mall 2 yang mulai beroperasi sejak tahun 2005. Pondok Indah Mall 2 berlokasi tepat di seberang Pondok Indah Mall 1 dan terhubung dengan jembatan yang bertingkat 2. Selain dilengkapi dengan AC dan pusat perbelanjaan, jembatan ini juga tersambung dengan halte bus Trans Jakarta atau sering disebut Busway sehingga bisa dibilang mirip dengan konsep pusat perbelanjaan di Singapore yang kebanyakan tersambung dengan MRT.

5. Mall Taman Anggrek

Mall Taman Anggrek

Mall Taman Anggrek

Berlokasi di Jalan S. Parman, Tanjung Duren, mall di Jakarta yang satu ini merupakan salah satu mall terbesar di Asia Tenggara dan telah buka sejak tahun 1996. Keunikan utama dari Mall Taman Anggrek yang letaknya bersebelahan dengan Mall Central Park Jakarta adalah adanya sebuah tempat bermain ice skating yang cukup besar, Wi-Fi gratis, dan layar LED terbesar di dunia. Selain itu, di atas mall ini juga terdapat beberapa tower apartemen.

Untuk kamu yang ingin mencoba belajar bermain ice skating, Mall Taman Anggrek adalah tempat yang tepat karena selain menyediakan tempat bermain yang cukup luas, Mall Taman Anggrek juga menawarkan kelas belajar ice skating untuk pemula dan professional. Bila kamu tidak punya perlengkapan ice skating, tak perlu kuatir karena di sini kamu bisa meminjam peralatan dengan standar kualitas yang cukup baik.

6. Senayan City

Senayan City

Senayan City

Mall Senayan City adalah salah satu mall di Jakarta Selatan yang terbesar. Mall yang dikembangkan oleh Agung Podomoro Land ini telah dibuka untuk umum sejak tahun 2006 dan telah berhasil menarik banyak pengunjung setiap harinya. Menariknya, mall di Jakarta yang satu ini ternyata pernah dikunjungi oleh Miss Indonesia 2006 dan Miss Universe 2006 lho.

Selain pusat perbelanjaan, di kawasan Senayan City yang terletak bersebrangan dengan Plaza Senayan, STC Senayan, dan Universitas Binus ini juga terdapat 2 menara perkantoran, yaitu SCTV Tower dan Panin Tower. Untuk kamu yang ingin datang berkunjung ke Senayan City, ada baiknya untuk berangkat lebih awal karena daerah di sekitar Senayan City lumayan sering terjadi kemacetan akibat populernya kawasan Senayan.

7. Mall Kelapa Gading

Mall Kelapa Gading

Mall Kelapa Gading

Dengan luas kurang lebih 150 ribu meter persegi, Mall Kelapa Gading yang berlokasi dekat dengan apartemen The Summit, La Piazza Lifestyle Center, dan Gading Food City ini adalah salah satu mall di Jakarta Utara yang terbesar.

Mall yang dibangun dan dioperasikan oleh PT Summarecon Agung ini dulunya dikenal dengan nama Plaza Kelapa Gading dan telah berdiri sejak tahun 1990. Pada saat itu, luas awal mall di Jakarta ini hanyalah sekitar 30 ribu meter persegi. Karena tingginya permintaan pasar, pada tahun 1995 dan 2003 mall mewah ini diperluas hingga akhirnya mempunyai luas lebih dari 150 ribu meter persegi.

8. Emporium Pluit

Emporium Pluit

Emporium Pluit

Berlokasi di kawasan Pluit, Jakarta Utara, mall Emporium yang dikembangkan oleh PT Pluit Propertindo yang merupakan anak perusahaan Agung Podomoro Land adalah bagian dari superblok CBD Pluit yang memiliki luas kurang lebih 10 hektar. Superblok ini terdiri dari mall, apartemen, perumahan, perkantoran, dan hotel.

Mall yang dibuka sejak tahun 2009 ini memiliki luas lebih dari 60 ribu meter persegi dan terletak berseberangan dengan Pluit Junction. Dulunya, di lokasi berdirinya Mall Emporium terdapat sebuah kompleks Gelanggang Olahraga Sasana Krida.

Rencana besar mall di Jakarta yang satu ini adalah pembangunan sebuah jembatan yang melintasi Jalan Pluit Selatan Raya, menghubungkan Pluit Junction dengan Emporium Pluit. Menurut rencana, jembatan ini akan menjadi bagian dari sistem stasiun kereta api Bandar Udara Soekarno Hatta dan akan menghubungkan Stasiun Manggarai dengan Bandara Soekarno Hatta.

9. Lotte Shopping Avenue / Ciputra World Jakarta

Lotte Shopping Avenue

Lotte Shopping Avenue

Berlokasi di kawasan Jalan Doktor Satrio, Kuningan, Ciputra World adalah sebuah kawasan superblok yang dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Ciputra World 1, Ciputra World 2, dan Ciputra World 3. Selain hotel, gedung perkantoran, apartemen, gedung pertunjukan, teater, dan museum, megasuperblok yang dikembangkan oleh PT Ciputra Property ini mempunyai sebuah pusat perbelanjaan yang disebut Lotte Shopping Avenue.

Pengoperasioan mall Lotte Shopping Avenue atau sering kali disingkat menjadi ‘LOVE’ dilakukan oleh Lotte group yang merupakan department store nomor 1 di Korea, sehingga secara otomatis di mall ini banyak terdapat hal-hal yang berbau Korea, seperti misalnya makanan khas Korea, dekorasi khas Korea, hingga pertunjukan oleh beragam artis Korea. Kalau kamu suka menonton drama Korea atau hal-hal lain yang berbau Korea, mall di Jakarta yang buka sejak tahun 2013 ini adalah tempat tujuan yang tepat untuk kamu.

10. Plaza Senayan

Plaza Senayan

Plaza Senayan

Berlokasi di Jalan Asia Afrika Nomor 8 yang merupakan kawasan elit Senayan, Jakarta Selatan, Plaza Senayan menawarkan banyak toko mewah dan tempat hangout yang cocok untuk anak muda. Jangan heran bila kamu melihat banyak orang asing di sini karena Plaza Senayan menawarkan fasilitas yang baik dan berlokasi di tengah kota yang mana banyak terdapat ekspatriat.

Hal menarik yang ada dalam mall di Jakarta Selatan yang telah berdiri sejak tahun 1996 ini adalah sebuah jam musikal raksasa yang dibuat oleh Seiko, sebuah merek jam asal Jepang. Jam ini bisa mengeluarkan 6 patung pemusik, yang mana setiap patung memainkan alat musik berbeda. Setiap jam, pemusik-pemusik ini akan memainkan alat musiknya diiringi dengan musik yang menyenangkan dan menenangkan hati. Walaupun saat ini mungkin sudah ada beberapa jam serupa, jam musikal yang satu ini adalah jam musikal raksasa yang paling pertama dan paling unik di Jakarta dan Indonesia.

Nah, itulah daftar 10 mall di Jakarta yang harus kamu kunjungi versi AnekaTop10.com. Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke 10 mall di Jakarta tersebut? Atau kamu punya mall di Jakarta favorit lainnya? Share yuk!





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *