Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Bagikan

Suhu udara yang makin panas setiap harinya bikin tubuh cepat haus dan ingin minum yang segar-segar. Eits, jangan buru-buru minum soda dingin untuk melegakan dahaga kamu. Sebaiknya kamu minum air kelapa muda, sudah alami, segar lagi diminum di iklim tropis begini. Air kelapa ini juga punya segudang manfaat untuk tubuhmu.

Air kelapa juga dikenal sebagai ‘Nariyal Pani’, dalam bahasa Hindi memiliki arti minuman yang sangat populer dan dikonsumsi oleh orang-orang dari berbagai usia di seluruh penjuru dunia. Air kelapa juga disebut-sebut sebagai air penyembuh dan memiliki sifat mengobati. Air kelapa dapat ditemukan di berbagai belahan dunia dengan harga yang sangat terjangkau. Bisa dikatakan, air kelapa muda adalah hadiah alam yang sangat menguntungkan untuk manusia.

Berbicara tentang khasiat air kelapa muda, inilah ulasan 10 manfaat air kelapa muda untuk kesehatan tubuh dan kulit.

1. Meredakan dehidrasi

1. Meredakan dehidrasi
1. Meredakan dehidrasi
Iklan

Air kelapa muda adalah minuman yang paling baik untuk meredakan dehidrasi di iklim tropis yang cenderung berudara panas. Kandungan elektrolit yang ada pada air kelapa muda dapat mengatasi masalah dehidrasi, juga kehilangan cairan karena diare, muntah, dan keringat berlebih. Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa muda dapat digunakan untuk re-hydrate tubuh setelah kita berolahraga. Pada tahun 2012, Journal of the International Society of Sports Nutrition menemukan bahwa air kelapa muda memiliki manfaat positif yang sama seperti minuman khusus olahraga.

2. Menurunkan Tekanan Darah

2. Menurunkan Tekanan Darah
2. Menurunkan Tekanan Darah

Air kelapa muda dipercaya sepenuhnya untuk mengontrol tekanan darah tinggi karena kandungan vitamin C, kalium dan magnesium yang ada di dalamnya. Kalium yang terkandung dalam air kelapa muda membantu menyeimbangkan efek negatif dari natrium. Sebuah studi yang diterbitkan di West Indian Medical Journal pada tahun 2005 juga menemukan bahwa air kelapa muda dapat membantu mengontrol hipertensi. Untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi, minum secangkir air kelapa segar dua kali sehari.

3. Pereda mabuk

3. Pereda mabuk
3. Pereda mabuk
Iklan

Air kelapa muda juga merupakan obat alami bagi kamu yang sedang mabuk. Mabuk di sini adalah mabuk karena konsumsi alkohol. Alkohol membuat tubuh kamu dehidrasi, dan saat bangun pagi keesokan harinya pasti bikin tubuh nggak nyaman. Air kelapa muda berperan mengisi ulang elektrolit dalam tubuh dan mengatasi dehidrasi akibat alkohol. Antioksidan dalam air kelapa membantu merevitalisasi kesehatan dan melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi alkohol.

4. Menurunkan berat badan

4. Menurunkan berat badan
4. Menurunkan berat badan

Air kelapa muda adalah minuman ideal untuk membantu menurunkan berat badan. Air kelapa muda merupakan minuman rendah kalori yang juga mudah dicerna oleh perut. Minuman ini adalah minuman menyegarkan yang kaya akan enzim bioaktif yang akan membantu meningkatkan metabolisme lemak. Kamu dapat memperoleh manfaat ini dengan meminum air kelapa muda sebanyak satu gelas, 3 sampai 4 kali dalam 1 minggu.

5. Meredakan sakit kepala

5. Meredakan sakit kepala
5. Meredakan sakit kepala
Iklan

Kebanyakan penyebab sakit kepala dan migrain adalah dehidrasi dan kurang minum air putih. Dalam kasus ini, air kelapa muda bisa membantu memasok kurangnya elektrolit ke dalam tubuh dan meredakan dehidrasi. Air kelapa muda juga kaya akan magnesium, kebanyakan orang yang mengalami migraine, tingkat magnesium dalam tubuhnya rendah sehingga air kelapa muda dapat membantu mengurangi frekuensi migrain yang menyerang.

6. Menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh

6. Menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh
6. Menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh

Stress, racun, dan juga makanan berasam tinggi seperti seperti makanan cepat saji yang dikonsumsi kita sehari-hari menyebabkan kadar pH asam tinggi, sehingga menyebabkan energi rendah, dan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral. Kadar pH asam yang tinggi dalam tubuh juga berperan dalam timbulnya rheumatoid arthritis, osteoporosis, diabetes, tekanan darah tinggi dan defisiensi sistem imun tubuh. Air kelapa muda memiliki efek alkalizing yang membantu mengembalikan pH yang sehat dalam tubuh.

7. Mengatur gula darah

7. Mengatur gula darah
7. Mengatur gula darah
Iklan

Air kelapa muda mengandung asam amino dan serat makanan yang membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Air kelapa muda juga membantu para penderita diabetes untuk mengontrol berat badan mereka, meningkatkan sirkulasi darah, dan juga mengurangi gejala mati rasa di kaki yang dapat memicu aterosklerosis. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Food and Function, terapi air kelapa muda dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah dan stres oksidatif.

8. Memiliki Diuretik alami

8. Memiliki Diuretik alami
8. Memiliki Diuretik alami

Air kelapa berperan sebagai diuretik alami yang steril, sehingga mampu mempromosikan produksi urin serta membersihkan saluran kencing dari racun. Karena kandungan kaliumnya yang tinggi, air kelapa muda dapat membantu melarutkan beberapa jenis batu ginjal dan membuangnya bersama dengan urin. Selain sifat diuretik yang dimilikinya, air kelapa memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan infeksi kandung kemih.

9. Menghambat penuaan

9. Menghambat penuaan
9. Menghambat penuaan

Air kelapa muda mengandung sitokinin yang memiliki efek anti penuaan pada sel-sel dan jaringan kulit. Hal ini akan mengurangi risiko pengembangan penyakit degeneratif dan yang berkaitan dengan usia. Air kelapa segar juga mampu menjaga kelembapan alami kulit. Kamu dapat menggunakan air kelapa muda sebagai masker, dengan mencampurkan air kelapa muda dan 2 sendok teh bubuk cendana hingga berbentuk pasta. Setelah itu oleskan secara merata pada tubuh dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air.

10. Antioksidan

10. Antioksidan
10. Antioksidan

Air kelapa muda kaya akan antioksidan yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas perusak kulit. Ternyata radikal bebas berasal dari dalam tubuh kita sendiri loh, pemicunya adalah stress. Stress emosional mengurangi aliran darah ke kulit kita dan berkontribusi terhadap proses penuaan. Mengkonsumsi air kelapa muda secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit, mengencangkan kulit, dan menghilangkan radikal bebas yang merusak tubuh.

Itu tadi 10 manfaat air kelapa muda untuk kesehatan tubuh dan kulit kamu. Oh ya, air kelapa muda yang kita bicarakan di sini adalah air kelapa muda yang fresh. Air yang berasal dari dalam kelapa muda, bukan air kelapa muda yang sudah diolah ataupun ditambah gula dan air. So, pastikan kalau kamu ingin mendapatkan khasiat air ini, carilah pedagang yang menjual kelapa muda beserta airnya.

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan