10 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan kalium tinggi
Share ke teman kamu

Apa kamu suka alpukat? Buah ini adalah buah yang sangat populer sebagai “super food” karena kandungan nutrisi dan lemak baik yang ada di dalamnya. Dagingnya yang lembut dan lezat juga menjadikan buah ini primadona di dapur sebagai campuran sandwich, salad, pasta, omelet, dan berbagai resep lainnya. Bahkan kamu bisa menggunakan buah alpukat sebagai salah satu perawatan kecantikan untuk wajah atau rambut kering.

Alpukat juga merupakan salah satu jenis buah yang unik, karena jika biasanya buah banyak mengandung vitamin dan karbohidrat sehat, alpukat justru tinggi akan lemak sehat yang memiliki banyak keuntungan bagi kesehatan. Dari sekian banyak manfaat dari buah alpukat, ini dia 10 manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Menurunkan Kolesterol dan tingkat trigliserida

Menurunkan Kolesterol dan tingkat trigliserida

Menurunkan Kolesterol dan tingkat trigliserida

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah tingkat kolesterol yang tinggi. Dengan mengkonsumsi alpukat, dapat membantu menurunkan tingkat koleseterol dalam tubuh.

Sebuah studi yang membagi dua kelompok, pengkonsumsi alpukat dan tidak menunjukkan bahwa kelompok yang mengkonsumsi alpukat kadar kolesterolnya turun secara segnifikan. Hasilnya, mengurangi trigliserida darah hingga 20%, kolesterol LDL hingga 22%, dan meningkatkan HDL (“baik”) kolesterol hingga 11%.

2. Mencegah diabetes tipe 2

Mencegah diabetes tipe 2

Mencegah diabetes tipe 2

Jika selama ini alpukat diduga menyebabkan gemuk karena kandungann lemaknya, fakta itu salah. Sesungguhnya di dalam alpukat terkandung lemak tak jenuh tunggal atau bisa dikatakan lemak baik. Lemak baik ini membantu untuk menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung. Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam alpukat juga dapat membantu membalikkan resistensi insulin yang dapat mengarah pada pengembangan diabetes tipe 2.

3. Kandungan kalium tinggi

Kandungan kalium tinggi

Kandungan kalium tinggi

Kebanyakan dari kita saat ini tidak mendapat banyak asupan kalium, tetapi kamu dapat menemukannya dalam alpukat. Alpukat dapat memenuhi 14% kebutuhan kalium dalam tubuh. Jumlah ini sudah lebih dari asupan kalium yang disarankan untuk dikonsumsi. Kandungan kalium dalam alpukat jauh lebih besar dibandingkan dengan pisang. Asupan kalium yang tinggi dalam tubuh dapat membantu menjaga tekanan darah, menurunkan resiko stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal.

4. Membuat lebih cerdas

Membuat lebih cerdas

Membuat lebih cerdas

Alpukat adalah makanan yang baik untuk otak kita. Dr Daniel G. Amen berpendapat bahwa alpukat merupakan salah satu makanan terbaik untuk otak yang mampu mengurangi risiko pengembangan Alzheimer.

Kandungan Omega 3, asam lemak, serta vitamin E sudah terbukti secara klinis mampu menghentikan perkembangan penyakit Alzaimer. Kandungan senyawa tersebut juga mampu meningkatkan suplai darah ke pre-frontal cortex, bagian otak yang bertanggung jawab untuk perencanaan, pengambilan keputusan dan berpikir kritis.

5. Penyerapan nutrisi lebih baik

Penyerapan nutrisi lebih baik

Penyerapan nutrisi lebih baik

Menambahkan alpukat dalam menu makan telah terbukti dapat meningkatkan jumlah karotenoid yang diserap dari makanan 5 kali lebih banyak dari biasanya. Karotenoid termasuk beta karoten dan likopen yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tubuh.

Peningkatkan ini terjadi karena kandungan nutrisi dan enzim dalam alpukat mampu mengurangi peradangan lambung dan peradangan pada lapisan mukosa usus kecil. Jadi, kamu bukan hanya mendapatkan nutrisi dari buah alpukat saja, tetapi memperoleh tambahan nutrisi yang lebih besar dari makanan yang kamu makan.

6. Membantu menurunkan berat badan

Membantu menurunkan berat badan

Membantu menurunkan berat badan

Sedang dalam program diet atau ingin menurunkan berat badan? Mengkonsumsi alpukat dalam menu diet kamu adalah pilihan yang tepat. Jika buah pada umumnya memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, alpukat kaya akan asam lemak tunggal tak jenuh, yang berarti mereka biasanya cenderung disimpan sebagai energi dengan waktu pembakaran yang jauh lebih lambat dari pada lemak biasa. Ini artinya kamu akan merasa kenyang jauh lebih lama setelah kamu mengkonsumsi buah alpukat.

7. Baik untuk ibu hamil

Baik untuk ibu hamil

Baik untuk ibu hamil

Kalau kamu sedang hamil, disarankan untuk mengkonsumsi alpukat. Hal ini karena salah satu manfaat alpukat yang merupakan sumber alami asam folat yang penting untuk perkembangan janin yang sehat. Satu cangkir alpukat mengandung hampir 25% asam folat dari dosis yang dianjurkan untuk ibu hamil. Bukan hanya untuk ibu hamil, mengkonsumsi alpukat juga dianjurkan bagi wanita yang ingin melakukan program hamil.

8. Kaya akan serat

Kaya akan serat

Kaya akan serat

Alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan serat. Di dalam alpukat terkandung serat larut dan serat tidak larut yang akan membantu kamu mengurangi kadar kolesterol, membantu menjaga fungsi usus, dan juga membantu tubuh menghindari lonjakan gula darah setelah makan.

Dalam satu buah alpukat terkandung 7 gram serat, yang mampu memenuhi 27% dari jumlah harian serat yang disarankan. Sekitar 25% dari serat dalam alpukat larut, sementara 75% tidak larut.

9. Membantu meringankan gejala arthritis

Membantu meringankan gejala arthritis

Membantu meringankan gejala arthritis

Arthritis merupakan peradangan sendi yang dapat berdampak pada jaringan di sekitar persendian, seperti otot, ligamen, dan tendon. Peradangan ini lama-kelamaan dapat menghancurkan jaringan persendian yang dapat menyebabkan sulit berjalanan, dan kesulitan menggunakan tangan.

Alpukat mengandung Polyhydroxylated Fatty Alkohol (PFA), agen anti-inflamasi yang membantu tubuhmu untuk mengurangi peradangan yang nantinya bisa menyebabkan arthritis.

10. Melindungi mata

Melindungi mata

Melindungi mata

Selain meningkatkan penyerapan antioksidan dari makanan lain, alpukat sendiri juga tinggi antioksidan. Alpukat juga kaya akan kandungan Lutein dan Zeaxanthin, yang sangat penting untuk kesehatan mata kamu. Lutein dapat melindungi mata dari degenerasi makula dan pembentukan katarak. Jadi, kalau kamu nggak doyan makan wortel demi kesehatan mata, bisa menggantinya dengan mengkonsumsi alpukat.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *