10 Manfaat Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Anti kanker
Share ke teman kamu

An apple a day keeps the doctor away!

Quote ini nggak main-main loh! Apel termasuk salah satu super fruit yang mendatangkan sejuta manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuhmu. Apel adalah buah yang kaya akan nutrisi dan vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat menangkal berbagai macam penyakit. Itu berarti frekuensi kunjungan kamu ke dokter akan menurun drastis bila kamu mendapatkan manfaat apel secara optimal. Apel punya banyak varian, tetapi yang umum adalah Granny Smith, Red Delicious, Golden Delicious, Fuji. dan McIntosh Apple.

Apel memiliki banyak kandungan antioksidan seperti flavonoid dan polifenol, yang menjaga tubuh dari berbagai jenis zat beracun dan kuman penyebab penyakit. Apel juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, kalsium, dan fosfor. Vitamin B dan C juga banyak terkandung dalam buah kecil ini. Keseluruhan zat yang ada dalam apel ini membuatnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Inilah 10 manfaat apel untuk kesehatan tubuh kamu.

1. Anti kanker

Anti kanker

Anti kanker

Mengkonsumsi satu atau dua buah apel setiap hari dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker. Serat makanan dalam apel ditemukan mampu melindungi selaput lendir yang melapisi usus dari paparan racun dan bahan kimia beracun.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa utama yang ditemukan dalam kulit apel merah mampu memerangi sel-sel kanker pada kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker payudara. Jadi, lain kali kalau kamu makan apel sebaiknya makanlah bersama kulitnya sekaligus, jangan malah buang.

2. Mencegah kolesterol

Mencegah kolesterol

Mencegah kolesterol

Apel tinggi akan kandungan serat larut yang disebut pektin, serat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Pektin bertugas untuk mencegah penyerapan kolesterol LDL yang dikenal sebagai Low-Density Lipoprotein. LDL sendiri merupakan jenis kolesterol jahat yang dapat menyumbat arteri dan menyebakan penyakit kardiovaskular.

Buah Apel memiliki kemampuan HDL (High-Density Lipoprotein) yang menelan LDL kemudian mengangkutnya ke hati untuk dihancurkan. Makan apel berkontribusi untuk menghancurkan kolesterol jahat, dan menciptakan kolesterol baik dalam aliran darah.

3. Meningkat kekebalan tubuh

Meningkat kekebalan tubuh

Meningkat kekebalan tubuh

Apel adalah buah yang memiliki peranan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Apel kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan betakarotin. Vitamin C sangat penting dalam tubuh untuk membangun pertahanan alami tubuh terhadap zat berbahaya seperti germs.

Serat larut dalam apel juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, karena memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengubah pro-inflamasi radikal bebas menjadi sel penyembuh anti-inflamasi, sel-sel ini membantu melawan penyakit jantung dan diabetes.

4. Meningkatkan daya kerja otak

Meningkatkan daya kerja otak

Meningkatkan daya kerja otak

Apel memiliki kandungan Boron, merupakan mineral kuat yang ditemukan dalam buah-buahan dan kacang-kacangan. Boron ini dikenal sebagai salah satu asupan penting untuk meningkatkan kekuatan otak. Apel dapat merangsang sel-sel otak agar bekerja dengan baik dan tetap sehat. Apel juga memiliki kemampuan untuk mencegah Alzheimer. Sebuah flavonoid penting yang ditemukan dalam apel dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas.

5. Mencegah asma

Mencegah asma

Mencegah asma

Apel mengandung fitokimia dan polifenol yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan, penyembuh sakit asma, mengatasi masalah pernapasan, dan paru-paru. Mereka juga dapat membantu meringankan radang saluran napas. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi jus apel secara teratur memiliki risiko lebih kecil menderita serangan asma dibandingkan yang tidak memakan apel.

6. Menyehatkan jantung

Menyehatkan jantung

Menyehatkan jantung

Apel adalah buah yang sangat baik untuk kesehatan jantung karena mengandung anti inflamasi yang bermanfaat membantu menyembuhkan peradangan pada dinding arteri.

Quercetin yang terkandung dalam apel juga membantu mencegah pembekuan darah. Manfaat apel lainnya adalah sifat anti kolesterol yang membantu menghilangkan plak lemak kuning yang menyumbat arteri dan melawan kolesterol jahat yang menempel pada arteri, serta melancarkan peredaran darah yang mengalir tepat ke jantung.

7. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan

Untuk kamu yang sedang diet, apel adalah buah yang paling tepat sebagai makanan harian kamu. Apel adalah buah rendah kalori tanpa kandungan lemak sedikitpun dan kaya akan serat. Apel yang kaya akan serat membantu mencegah kelebihan berat badan. Manfaat apel yang satu ini akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menjauhkan kamu dari kegiatan ngemil. Apel juga mengandung sodium yang rendah untuk membantu mengontrol berat badan.

8. Menurunkan risiko stroke

Menurunkan risiko stroke

Menurunkan risiko stroke

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Belanda, orang yang mengkonsumsi 171 gram apel dalam sehari memiliki kemungkinan 52% lebih besar tidak terserang stroke dibandingkan yang tidak mengkonsumsi apel sama sekali. Apel adalah jenis buah dengan daging berwarna putih yang memang sudah dikenal mampu melindungi tubuh dari serangan stroke. Apel juga memiliki kandungan senyawa quercetin yang berperan untuk melawan penyakit stroke.

9. Melancarkan pencernaan

Melancarkan pencernaan

Melancarkan pencernaan

Serat dalam buah apel juga dapat meredakan sindrom iritasi usus besar. Gejala umum dari sindrom Irritable Bowel atau iritasi usus besar adalah diare, kembung, dan sembelit. Sindrom ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Apel adalah buah yang kaya akan serat sehingga dapat membantu mencegah sembelit, dengan melunakkan tinja dan menambah air dari usus sehingga mengurangi gerakan usus.

10. Membantu memutihkan gigi

Membantu memutihkan gigi

Membantu memutihkan gigi

Pengen punya gigi putih tanpa harus whitening atau bleaching ke dokter? Apel adalah solusi yang tepat untuk kamu. Gigi putih bersih tanpa noda bisa kamu dapatkan dengan menjaga kebersihan mulut dan menambahkan apel sebagai buah wajib dalam menu kamu setiap harinya, Apel mengandung kualitas abrasif yang membantu mencegah noda dalam gigi. Sehingga gigi akan tampak lebih putih dan bersih.





Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Manfaat Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *