10 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Menjaga kesehatan tulang dan darah
Share ke teman kamu

Buah Naga, namanya memang seperti buah mistis yang ada dalam cerita mitos tentang kesatria yang menyelamatkan putri di atas pohon ajaib yang dihuni seekor naga. Tapi keberadaan buah naga bukanlah mistis belaka. Buah ini tumbuh di tempat beriklim tropis dan sub tropis di Amerika dan Asia. Dengan kulit menyerupai sisik naga, daging buahnya justru lembut dan dingin.

Buah naga kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin C, B1, B2, B3, zat besi, forsor, dan kalsium. Dari banyaknya kandungan yang dimiliki buah naga, ia juga menjadi salah satu “super fruit” selain alpukat. Buah ini juga kaya akan serat dan rendah kalori yang dapat membantu program diet kamu. Ia mampu membuat kamu kenyang dua kali lebih lama dan meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Mau tau apa saja manfaat buah naga bagi kesehatan dan kecantikan? Baca ulasannya di bawah ini.

1. Membantu menurunkan dan menjaga berat badan

Membantu menurunkan dan menjaga berat badan

Membantu menurunkan dan menjaga berat badan

Cewek hobinya makan, tapi cita-citanya kurus, itulah mengapa mereka sering banget berhadapan dengan masalah berat badan. Terus gimana cara nyiasatin banyak ngemil tapi berat badan tetap terjaga?

Konsumsi buah naga jawabannya. Buah ini mengandung kalori yang kecil tetapi bisa membuat kamu dua kali lipat lebih kenyang dibandingkan mengkonsumsi buah-buahan lainnya. Manfaat buah naga lainnya yaitu membantu proses metabolisme, sehingga mampu menjaga berat badan kamu tetap seimbang. Dalam satu buah naga hanya terkandung 60 kalori dengan jumlah serat yang tinggi.

2. Mencegah darah tinggi dan penyakit jantung

Mencegah darah tinggi dan penyakit jantung

Mencegah darah tinggi dan penyakit jantung

Ada dua faktor utama yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular, yaitu stress dan stiffened arteries. Buah naga memiliki sifat membersihkan, buah ini akan membersihkan bagian dalam tubuh kamu, sehingga membantu menjaga jaringan di dalam dan sekitar jantung tetap sehat. Buah naga juga dikenal mampu menurunkan tingkat stres oksidatif yang merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit kardiovaskular.

3. Mencegah diabetes

Mencegah diabetes

Mencegah diabetes

Manfaat buah naga lainnya adalah membantu mengatur diabetes karena buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Buah naga kaya akan kandungan vitamin B3 yang dipercaya mampu mengurangi lonjakan kadar gula dalam tubuh.

Untuk kamu yang memiliki gen diabetes, mengkonsumsi buah naga dapat bermanfaat mengurangi kemungkinan kamu terserang penyakit diabetes. Buah ini juga mampu membunuh sel-sel jahat yang dapat memicu penyakit diabetes. Selain mengkonsumsi buah ini, kamu juga harus menjaga pola makan yang baik.

4. Memerangi penuaan dini

Memerangi penuaan dini

Memerangi penuaan dini

Buat cewek-cewek yang pengen awet muda, buah ini bisa jadi salah satu penyelamat kulit kamu dari proses penuaan. Buah naga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh kamu, dan memperlambat proses penuaan setelah radikal bebas dalam tubuh kamu berkurang. Hasilnya, kulitmu akan terlihat lebih muda, kenyal, dan kencang.

Selain mengkonsumsi buah ini secara rutin, kamu bisa menggunakan buah naga sebagai masker seminggu sekali. Cukup mencampurkan buah naga dan yogurt, aduk hingga membentuk pasta kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

5. Mengobati jerawat

Mengobati jerawat

Mengobati jerawat

Manfaat buah naga yang kaya akan vitamin C adalah sebagai obat ampuh untuk mengatasi jerawat. Caranya dengan mengambil sedikit saja potongan buah naga, kemudian haluskan hingga membentuk pasta. Aplikasikan pada bagian wajah yang terserang jerawat. Diamkan hingga mengering, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan treatment ini dua kali sehari secara teratur sampai jerawat menghilang.

6. Menjaga kesehatan rambut yang diwarna

Menjaga kesehatan rambut yang diwarna

Menjaga kesehatan rambut yang diwarna

Hari gini pasti jarang banget nemuin cewek yang punya warna rambut alami. Yah, emang coloring rambut itu adalah salah satu cara membuat penampilan jadi lebih fashionable. Tetapi dampak dari pewarnaan rambut ini sesungguhnya nggak bagus buat rambut kamu. Saat kamu memutuskan untuk mewarnai rambut, kamu juga harus bersedia melakukan perawatan rutin agar rambut kamu tetap sehat.

Buah naga adalah buah yang sangat baik untuk membantu merawat rambut bewarna kamu. Kamu bisa membuat jus buah naga sebagai kondisioner rambut untuk menjaga folikel rambut terbuka sehingga rambut tetap bisa bernafas dan sehat.

7. Melindungi wajah dari sengatan matahari

Melindungi wajah dari sengatan matahari

Melindungi wajah dari sengatan matahari

Buah naga kaya akan vitamin B3 yang akan membantu menenangkan dan melembabkan kulit kering akibat sengatan matahari. Untuk melindungi wajah dari sinar UV, kamu bisa mencoba menerapkan cara ini: sebelum keluar beraktivitas, rendam beberapa helai kapas dalam jus buah naga, kemudian oleskan ke seluruh wajah. Biarkan hingga kulit jus tersebut terserap sebelum kamu bilas dengan air dingin.

Sedangkan untuk mengobati kulit yang sudah terlanjur terbakar matahari, kamu bisa membuat masker dari 1 sendok makan jus buah naga, timun dan madu. Oleskan pada kulit yang terbakar matahari. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat dilanjutkan dengan dibilas air dingin.

8. Melawan artritis

Melawan artritis

Melawan artritis

Artritis sendiri adalah sebuah penyakit dimana terjadi peradangan pada sendi yang disertai dengan rasa sakit, bengkak, dan keterbatasan gerak. Penyakit ini mempengaruhi sendi dan menyebabkan iritasi parah. Dengan menambahkan buah naga dalam menu harian kamu, dapat membantu memerangi artritis karena sifatnya sebagai buah anti-inflamasi.

9. Meredakan batuk dan asma

Meredakan batuk dan asma

Meredakan batuk dan asma

Gangguan pernapasan pada umumnya disebabkan oleh flu atau udara dingin, dan akan semakin buruk setiap harinya, Meskipun buah naga bukan sebagai obat tetapi dengan mengkonsumsi buah ini, dapat meredakan batuk atau asma yang disebabkan oleh gangguan pernapasan. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah ini akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih kuat dan dapat melawan infeksi dengan lebih efisien.

10. Menjaga kesehatan tulang dan darah

Menjaga kesehatan tulang dan darah

Menjaga kesehatan tulang dan darah

Buah naga memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang tinggi. Kedua zat ini sama baiknya untuk kenjaga kesehatan tulang dan darah dalam tubuh. Menurut para ahli, buah naga termasuk buah yang bernilai gizi tinggi. Satu buah naga dapat memenuhi 1 persen kebutuhan kalsium dan 8% kebutuhan zat besi dari nilai harian yang dianjurkan.

Kesepuluh manfaat buah naga ini bisa kamu rasakan dalam tubuh kalau kamu bisa memilih buah naga yang baik. Saat membeli buah naga, pastikan untuk menghindari membeli buah naga yang terlalu matang. Buah naga yang terlalu matang memiliki banyak bercak di kulitnya. Buah naga yang baik memiliki kulit mulus dan berwarna cerah. Saat ini buah naga juga disediakan dalam bentuk selai dan pasta yang bisa langsung kamu konsumsi tanpa harus mengurangi kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *