10 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun salam
Share ke teman kamu

Daun salam, selama ini kita mengenalnya hanya sebagai salah satu penyedap masakan alami khas Indonesia. Di luar negeri, daun salam bukan hanya digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi juga untuk bahan parfum. Rasa dan aromanya agak mirip dengan kulit kayu manis versi ringan. Daun yang penuh manfaat ini biasanya digunakan dalam bentuk fresh, daun kering, dan bubuk. Daun salam juga bisa diekstrak untuk dijadikan minyak daun salam. Minyak daun salam inilah yang sering digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

Daun salam

Daun salam

Daun salam juga memiliki sifat sebagai pengusir serangga, lalat, ngengat, dan tikus. Daun salam memiliki sifat obat yang dikenal sebagai anti-bakteri, anti-jamur, anti-inflamasi, dan masih banyak lainnya. Mau tau apa aja manfaat daun salam? Berikut daftar 10 manfaat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan yang jarang kita ketahui.

1. Mengobati diabetes

Mengobati diabetes

Mengobati diabetes

Telah ditemukan penelitian bahwa daun jenis ini sangat ampuh untuk mengobati diabetes tipe 2. Daun salam dapat menurunkan glukosa dalam darah, kolesterol, dan trigliserida. Daun ini juga mampu mengatur kinerja jantungmu. Hal ini karena daun salam mengandung antioksidan yang berguna untuk membantu tubuh memproses insulin lebih efisien, sehingga bagus untuk dikonsumsi para penderita diabetes dan orang dengan resistensi insulin

2. Baik untuk pencernaan

Baik untuk pencernaan

Baik untuk pencernaan

Daun salam dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti perut mulas, dan perut kembung. Saat mengalami masalah perut, kamu bisa mengkonsumsi ramuan teh daun salam dengan air hangat. Ini akan meringankan gangguan pencernaan umum seperti sembelit, asam refluks, dan buang air besar tidak lancar. Manfaat daun salam yang mengandung enzim memungkinkan proses pemecahan protein, sehingga menjadikannya sebagai rempah-rempah yang sangat baik untuk diet non-vegetarian.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular

Mencegah penyakit kardiovaskular

Mencegah penyakit kardiovaskular

Fitonutrien kuat dalam daun salam memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Mereka mengandung senyawa rutin, salisilat, asam caffeic, dan fitonutrien yang mampu meningkatkan kesehatan dan fungsi jantung. Kamu bisa merebus 3 gram daun salam dengan 3 atau 4 gram bunga mawar. Rebus dengan 300 ml air hingga tersisa hanya 75 ml, kemudian minum secara rutin.

4. Mengobati batuk dan infeksi

Mengobati batuk dan infeksi

Mengobati batuk dan infeksi

Daun salam efektif dalam memerangi gejala pilek, flu dan infeksi. Saat kamu mengalami flu atau gangguan pernapasan, rebus air dengan 2 sampai 3 lembar daun salam. Setelah mendidih, rendam handuk dalam air rebusan tersebut kemudian letakkan di dada untuk meringankan gejala flu dan batuk. Manfaat daun salam juga efektif untuk menurunkan demam akibat flu. Cukup rebus daun salam dengan air sampai mendidih dan kemudian minum sebagai obat herbal.



5. Meredakan nyeri

Meredakan nyeri

Meredakan nyeri

Daun salam yang diekstrak menjadi minyak memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit akibat keseleo, strain, arthritis dan rematik. Saat rasa nyeri melanda sendi-sendi tubuh kamu, kamu bisa membuat tapal dari daun salam dan daun jarak, kemudian mengikatnya di sekitar sendi yang meradang untuk mengurangi rasa sakit atau pembengkakkan. Sedangkan untuk kamu yang terserang demam, dapat merebus daun salam sebagai minuman pereda demam.

6. Pelawanan terhadap kanker

Pelawanan terhadap kanker

Pelawanan terhadap kanker

Daun salam memiliki kandungan asam caffeic, quercetin, eugenol dan catechin yang memiliki sifat perlindungan terhadap berbagai jenis kanker. Mereka juga mengandung phytonutrient yang disebut parthenolide. Kandungan daun salam ini telah terbukti dalam penelitian khusus sebagai sesuatu yang dapat melawan sel kanker serviks.

7. Meredakan stress pada kulit

Meredakan stress pada kulit

Meredakan stress pada kulit

Daun salam dapat membantu meredakan stress pada kulit, sehingga mencegah terjadinya keriput dan masalah kulit lainnya. Kamu hanya perlu mendidihkan 5 lembar daun salam dengan 2 gelas air. Setelah mendidih, tuangkan pada wadah, steam wajah kamu pada uap air rebusan daun salam sambil menutup kepala dengan handuk (buat handuk sebagai tenda). Lakukan steam ini selama 10 sampai 15 menit dalam frekuensi 2 atau 3 kali seminggu.

8. Menyembuhkan luka pada kulit

Menyembuhkan luka pada kulit

Menyembuhkan luka pada kulit

Daun salam memiliki sifat penyembuh yang sangat baik. Manfaat daun salam ini sering digunakan oleh para praktisi herbal untuk mengobati racun ular, gigitan serangga dan juga menghilangkan luka serta memar. Minyak daun salam memiliki sifat anti jamur dan bakteri yang dapat menyembuhkan infeksi pada kulit kamu. Kamu cukup mengoleskan minyak daun salam pada bagian yang luka, memar, dan terkena gigitan serangga.

9. Menghilangkan kutu rambut

Menghilangkan kutu rambut

Menghilangkan kutu rambut

Punya masalah gatal-gatal pada rambut karena adanya kutu? Gunakan manfaat daun salam untuk mengatasi masalah ini. Siapkan 50 gram daun salam, haluskan kemudian rebus bersama 400 ml air. Biarkan hingga air berkurang hanya tinggal 100 ml. Saring daun salam, hingga tersisa airnya. Oleskan pada akar rambut, diamkan selama 3 sampai 4 jam sebelum kamu bilas dengan shampo. Ini akan menghapus kutu kepala secara efektif.

10. Membantu mengobati masalah ginjal

Mengobati masalah ginjal

Mengobati masalah ginjal

Daun salam akan bermanfaat membantu mengatasi masalah ginjal, seperti misalnya infeksi ginjal dan batu ginjal. Untuk mendapatkan manfaat daun salam ini, didihkan 5 gram daun salam dengan 200 ml air sampai tersisa 50 ml. Minum air rebusan ini dua kali sehari untuk menghentikan pembentukan batu ginjal.

Semua manfaat daun salam di atas bisa kamu dapatkan dengan menggunakan daun salam yang baik. Daun salam yang baik memiliki warna hijau gelap yang mulus, tanpa bintik-bintik atau lubang. Agar tahan lama, kamu bisa menyimpan daun salam pada wadah kedap udara kemudian simpan pada bagian tempat sayur dalam lemari es. Setiap kamu menggunakan daun salam, pastikan untuk memilah daun salam yang sudah tidak dapat digunakan, kemudian membuangnya agar tidak menular ke daun salam yang kondisinya masih fresh.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *