Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wanita

Bagikan

Daun sirih adalah tanaman yang ada di sekitar kita. Pada zaman dahulu, kebanyakan rumah di Indonesia selalu memiliki daun sirih yang tumbuh di halaman mereka. Pasalnya saat itu daun ini banyak digunakan sebagai obat herbal, atau tanaman untuk sesajen saat upacara keagamaan. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, ada sebuah tradisi dimana para orang tua mengunyah daun sirih selama beberapa waktu. Kegiatan ini dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh mereka dari serangan berbagai penyakit.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan ada banyak sekali, seperti misalnya untuk mengobati infeksi telinga, sakit kepala, sakit perut, dan juga gigitan serangga. Selain itu, manfaat daun sirih berbeda-beda tergantung dari jenis tanaman daun sirih yang digunakan, misalnya daun sirih hitam, daun sirih merah, dan juga daun sirih hijau. Berikut kami akan ulas 10 manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh secara umum.

1. Mengatasi gangguan pencernaan

1. Mengatasi gangguan pencernaan
1. Mengatasi gangguan pencernaan

Daun sirih dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan, itulah mengapa pada zaman dahulu para orang tua suka melakukan aktivitas nyirih (mengunyah daun sirih). Daun sirih kaya akan serat sehingga butuh usaha untuk mengunyahnya. Selama kamu mengunyah daun sirih, kelenjar ludah akan terangsang untuk mengeluarkan air liur yang merupakan langkah awal proses pencernaan. Di dalam air liur ini terdapat berbagai enzim yang berfungsi memecah makanan, sehingga nantinya makanan ini lebih mudah untuk dicerna oleh lambung.

Iklan

2. Mencegah karsinogenesis

2. Mencegah karsinogenesis
2. Mencegah karsinogenesis

Daun sirih bermanfaat untuk mencegah karsinogenesis di rongga mulut. Dengan mengunyah daun sirih, dipercaya dapat mencegah kanker mulut. Daun sirih memiliki kemampuan untuk menjaga kadar asam ascorbic dalam air liur. Ascorbic adalah antioksidan yang sangat baik, zat tersebut mampu membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko terserang penyakit kanker.

3. Menjaga kebersihan mulut

3. Menjaga kebersihan mulut
3. Menjaga kebersihan mulut

Daun sirih dipercaya mampu menjaga kebersihan mulut dengan baik secara alami. Bahkan hingga kini daun sirih dimanfaatkan sebagai salah satu ramuan pasta gigi. Daun sirih memiliki berbagai senyawa yang memiliki efek bakterisida, yang membantu dalam menghancurkan bakteri penyebab bau mulut. Pada zaman dahulu, para orang tua membuat freshener untuk mulut secara alami dengan ramuan cengkeh, kayu manis, dan pala yang dibungkus daun sirih kemudian dikunyah.

Iklan

Selain bermanfaat untuk kebersihan mulut, kamu yang mengalami sariawan di bibir atau di gusi dapat memanfaatkan daun sirih sebagai obat. Daun sirih memiliki kemampuan mengatasi segala penyakit mulut seperti gusi berdarah, atau sariawan. Yang perlu kamu lakukan hanya merebus 5 sampai 10 lembar daun sirih, kemudian rebus bersama air hingga mendidih. Gunakan air tersebut untuk berkumur sebelum dan sesudah gosok gigi dua kali sehari.

4. Membersihkan mata

4. Membersihkan mata
4. Membersihkan mata

Sejak dahulu, daun sirih sudah terkenal sebagai salah satu obat herbal bagi mata merah, mata bengkak, atau bintitan. Jika kamu mengalami mata lelah, kamu bisa menyegarkan mata menggunakan daun sirih. Yang perlu kamu lakukan adalah merebus enam lembar daun sirih dengan satu gelas air. Tunggu sampai air tersebut hangat, kemudian cuci mata kamu menggunakan rebusan air daun sirih tersebut.

5. Mengobati kutil

5. Mengobati kutil
5. Mengobati kutil
Iklan

Daun sirih selama ini digunakan sebagai komponen utama dalam berbagai obat-obatan Ayurvedic. Ayurvedic juga biasa dikenal sebagai Ayurveda yang merupakan pengobatan alternatif kuno sejak zaman pra sejarah yang ditemukan di India. Dalam Ayurvedic, daun sirih digunakan sebagai salah satu obat herbal untuk penyakit kutil. Pengobatan kutil dengan memanfaatkan daun sirih dikenal sebagai pengobatan alternatif yang tidak meninggalkan bekas luka apapun, setelah penyakit kutil tersebut berhasil disembuhkan.

6. Mengobati batuk dan radang tenggorokan

6. Mengobati batuk dan radang tenggorokan
6. Mengobati batuk dan radang tenggorokan

Ekstrak daun sirih dipercaya dapat meredakan sakit batuk atau radang tenggorokan. Ekstrak daun sirih ini dicampur dengan madu kemudian diminum. Ramuan ini akan membantu kamu mengurangi dahak yang ada di dada. Sedangkan untuk meredakan tenggorokan yang gatal, kamu bisa menggunakan daun sirih sebagai bahan untuk berkumur.

7. Menghilangkan bau badan

7. Menghilangkan bau badan
7. Menghilangkan bau badan
Iklan

Selain menggunakan tawas alami, problem bau badan juga bisa dihilangkan dengan menggunakan manfaat daun sirih. Caranya adalah dengan merebus 30 lembar daun sirih dengan air sampai mendidih. Kemudian masukkan dalam baskom dan tambahkan air dingin. Gunakan air hangat ini untuk mandi dan membasuh kedua ketiak secara berulang-ulang hingga bau badan menghilang.

8. Menghentikan mimisan

8. Menghentikan mimisan
8. Menghentikan mimisan

Sejak zaman dahulu, orang Jawa percaya bahwa daun sirih dapat digunakan sebagai penyumbat mimisan. Daun sirih mengandung banyak zat baik sehingga dapat menghentikan pendarahan pada mimisan. Kamu cukup menggunakan satu lembar daun sirih, kemudian gulung dan letakkan di dalam hidung yang mimisan hingga darahnya berhenti.

9. Menyembuhkan asma

9. Menyembuhkan asma
9. Menyembuhkan asma

Kamu punya penyakit asma? Daun sirih dapat membantu meredakan sesak nafas saat asma mulai menyerang. Kamu perlu menyiapkan tujuh lembar daun sirih, satu sendok teh lada, dan minyak kayu putih secukupnya. Haluskan ketiga bahan tersebut secara bersamaan kemudian oleskan pada bagian dada dan leher yang sesak sembari membaringkan tubuh di tempat tidur dengan nyaman. Rasakan khasiatnya perlahan-lahan.

10. Mengatasi haid yang tidak teratur

10. Mengatasi haid yang tidak teratur
10. Mengatasi haid yang tidak teratur

Daun sirih dapat membantu mengatasi haid yang tidak teratur. Carilah lima lembar daun sirih yang masih fresh, rebus dengan dua gelas air. Tunggu sampai mendidih dan tersisa hingga satu gelas air. Setelah itu minum air rebusan tersebut saat masih hangat. Minumlah ramuan ini secara teratur hingga masalah haid kamu mulai berkurang, dan sudah kembali menjadi teratur.

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan