10 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

3. Mengobati nyeri punggung
Share ke teman kamu

Sirsak adalah buah yang memiliki asal-usul dari hutan Amerika Selatan, Afrika dan Asia Tenggara. Buah ini sangat lezat dengan aroma tajam dan rasa manis dan asam. Biasanya sirsak sering digunakan sebagai bahan Es Manado dan makanan khas Indonesia lainnya. Tetapi siapa sangka kalau baru-baru ini sirsak menjadi sorotan dunia medis karena memiliki kemampuan alami untuk membunuh sel kanker.

Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh The National Cancer Institute telah membuktikan bahwa daun sirsak secara efektif dapat menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Selain itu, mereka juga digunakan dalam pengobatan beberapa penyakit lainnya. Selain untuk pengobatan kanker, inilah 10 manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

1. Mengobati kanker

1. Mengobati kanker

1. Mengobati kanker

Daun sirsak dapat menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker dengan lebih cepat dan efektif, daripada kemoterapi yang menghasilkan beberapa efek samping dengan biaya yang mahal pula. Penelitian membuktikan bahwa daun sirsak memiliki bahan aktif yang 10.000 kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Sehingga daun sirsak dapat dimanfaatkan sebagai penunjang pengobatan untuk penyakit kanker termasuk prostat, paru-paru, dan kanker payudara.

Sebagai pengobatan, kamu bisa merebus 10 daun sirsak dalam 3 gelas. Biarkan air rebusan menguap hingga tinggal 1 cangkir. Setelah itu saring dan minum setiap pagi selama 4 minggu untuk memperbaiki kondisi tubuh.

2. Mengobati asam urat

2. Mengobati asam urat

2. Mengobati asam urat

Mengkonsumsi daun sirsak dapat membantu dalam mengobati asam urat. Hingga saat ini, daun sirsak masih digunakan sebagai sarana pengobatan alternatif untuk penyakit asam urat. Kamu bisa merebus 6 sampai 10 lembar daun sirsak yang sudah tua dengan 2 gelas air. Rebus air hingga tinggal 1 cangkir. Minum ramuan ini dua kali sehari untuk mendapat hasil yang maksimal.

3. Mengobati nyeri punggung

3. Mengobati nyeri punggung

3. Mengobati nyeri punggung

Saat ini, nyeri punggung adalah salah satu penyakit yang dialami hampir semua orang. Hal ini dikarenakan aktivitas di depan komputer ataupun pekerjaan sehari-hari. Akhirnya banyak dari kita mengkonsumsi obat-obatan untuk menghilangkan nyeri punggung, padahal obat-obatan ini nantinya dapat memberikan efek samping yang tidak baik.

So, dari pada konsumsi obat sebaiknya mulai sekarang kamu memanfaatkan daun sirsak. Daun sirsak adalah obat herbal yang efektif untuk mengobati nyeri punggung tanpa efek negatif. Kamu bisa merebus 20 lembar daun sirsak di 5 gelas air sampai tersisa hanya 3 gelas air. Setelah itu minum 3/4 gelas setiap harinya.

4. Mengobati diabetes

4. Mengobati diabetes

4. Mengobati diabetes

Batas kadar gula yang normal dalam tubuh berkisar dari 70 mg sampai 120 mg. Nutrisi dalam daun sirsak diyakini mampu menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Daun sirsak juga mampu menetralisir kadar gula berlebih yang ada dalam darah. Selain itu, ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi alami bagi para penderita diabetes.



5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi

Kandungan gizi daun sirsak diyakini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh. Kamu bisa merebus 4 sampai 5 lembar daun sirsak dengan 4 gelas air sampai tersisa satu gelas air. Setelah itu minum ramuan ini 1 kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

6. Mengobati rematik

6. Mengobati rematik

6. Mengobati rematik

Penyakit rematik sering diderita oleh orang tua. Penyakit radang sendi ini akan terasa sangat sakit saat kambuh. Apabila ada orang-orang terdekat kamu yang mengalami sakit rematik, mengkonsumsi daun sirsak dapat dijadikan sebagai pilihan obat herbal. Caranya, dengan menumbuk beberapa daun sirsak hingga halus setelah itu oleskan pada bagian yang nyeri sebanyak dua kali sehari.

7. Mengobati wasir

7. Mengobati wasir

7. Mengobati wasir

Wasir merupakan sebuah gangguan yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di bagian poros usus. Biasanya para penderita penyakit wasir dilarang untuk mengkonsumsi makanan pedas, asam, makanan berlemak tinggi, dan minuman beralkohol. Selain itu para penderita wasir juga dianjurkan untuk mengkonsumsi obat herbal untuk penyembuhan dari dalam.

Salah satu obat herbal untuk wasir adalah daun sirsak. Kamu bisa merebus 10 lembar daun sirsak yang lebar dengan 3 gelas air. Rebus hingga airnya tersisa 1 gelas. Minum air rebusan daun sirsak tersebut 1 kali sehari.

8. Mengobati bisul

8. Mengobati bisul

8. Mengobati bisul

Siapa sangka kalau ternyata penyakit bisul bisa diobati dengan daun sirsak. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mencari 5 sampai 10 lembar daun sirsak yang ada di sekitar lingkunganmu. Kemudian tempelkan daun sirsak tersebut di bagian yang terkena bisul dan biarkan hingga bisul mengering. Kalau kamu ingin mendapatkan sari daun sirsak lebih banyak lagi, cobalah untuk menumbuk daun tersebut kemudian letakkan pada bagian tubuh yang terkena bisul tersebut dan biarkan hingga mengering. Jangan lupa untuk memilih daun sirsak yang masih muda.

9. Mengobati eksim

9. Mengobati eksim

9. Mengobati eksim

Daun sirsak dapat mengobati eksim dengan cara alami. Yang harus kamu lakukan adalah menghaluskan daun sirsak secukupnya, kemudian oleskan pada bagian kulit yang terkena eksim sebanyak dua kali sehari secara teratur. Terapi ini akan membantu kamu mengurangi rasa sakit akibat eksim.

10. Menyingkirkan kutu

10. Menyingkirkan kutu

10. Menyingkirkan kutu

Kita semua pasti pengen punya rambut yang sehat, tetapi sayangnya gaya hidup yang tidak sehat dan paparan bahan kimia berbahaya dapat menyebabkan beberapa masalah rambut mulai dari ketombe, rambut kering bahkan rambut berkutu. Selama ini, tidak banyak orang tahu bahwa daun sirsak memiiki khasiat untuk menyehatkan rambut kita. Daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan parasit pada rambut. Kamu hanya perlu mengaplikasikan rebusan daun sirsak pada rambut, untuk menyingkirkan kutu dan parasit lain di kepala.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *