10 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Menurunkan kolesterol
Share ke teman kamu

Jeruk nipis atau juga dikenal sebagai jeruk limau ini sangat segar bila digunakan sebagai bahan dasar minuman. Tetapi siapa sangka kalau ternyata buah kecil berwarna hijau ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, maupun kecantikan. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya. Selain digunakan sebagai bahan minuman, jeruk nipis juga dipakai sebagai bahan penyedap makanan. Jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan penunjang diet.

Siapa sangka kalau ternyata di balik rasanya yang asam, jeruk nipis memiliki banyak sekali kandungan zat yang bermanfaat untuk tubuh seperti, flafonoid (hesperidine, rhoifolin, naringin, poncirin), asam sitrat, vitamin A1, vitamin B, vitamin C, zat fosfor, synephrine, dan N-methyltyramine. Jeruk nipis juga mengandung sejumlah mineral sehat seperti zat besi, tembaga, kalium, dan kalsium yang merupakan komponen penting dalam cairan tubuh. Buah kecil ini juga dipercaya ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak 10 manfaat jeruk nipis di bawah ini:

1. Jeruk nipis merupakan anti-karsinogenik

1. Jeruk nipis merupakan anti-karsinogenik.

1. Jeruk nipis merupakan anti-karsinogenik.

Senyawa limonoid pada jeruk nipis telah terbukti mampu mencegah kanker usus besar, kanker lambung, dan kanker darah. Meskipun mekanisme tepatnya belum dipahami secara detail tetapi para ilmuan telah melakukan pengamatan bahwa limonoid antioksidan dalam jeruk nipis juga dapat membunuh sel kanker secara perlahan. Limonoid dalam jeruk nipis yang masuk dalam aliran darah mampu menangkal radikal bebas jauh lebih kuat dibandingkan green tea atau dark coklat.

2. Mencegah penuaan kulit

2. Mencegah penuaan kulit

2. Mencegah penuaan kulit

Kulit jeruk nipis dipercaya dapat memerangi proses penuaan pada kulit. Kulit dari buah jeruk nipis mengandung inhibitor yang merupakan zat yang berfungsi untuk mencegah produksi melanin. Penambahan usia, paparan sinar UV, melanin, dan pigmentasi dapat menyebabkan penuaan pada kulit dan menimbulkan munculnya bintik hitam pada kulit kamu. Untuk mencegah penuaan pada kulit, kamu dapat mencoba menggunakan sari jeruk nipis dan madu sebagai masker.

3. Mencegah batu ginjal

3. Mencegah batu ginjal

3. Mencegah batu ginjal

Jeruk nipis dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Jeruk nipis yang fresh maupuan sari dari jeruk nipis sendiri mengandung sitrat yang lebih asam dibandingkan jus jeruk yang asam atau buah anggur. Asam sitrat merupakan inhibitor alami dari batu ginjal, terbuat dari kalsium yang mengkristal. Konsumsilah perasan air jeruk nipis dan air hangat setiap pagi sebelum makan untuk merasakan khasiatnya secara maksimal.

4. Menurunkan kolesterol

4. Menurunkan kolesterol

4. Menurunkan kolesterol

Jeruk nipis memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Flavonoid utama yang ditemukan dalam jeruk nipis, yang dikenal sebagai hesperidin terbukti telah menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah menjadi lebih rendah. Sehingga mengkonsumsi jeruk nipis sangat berkaitan dengan rendahnya resiko terserang penyakit jantung dan stroke.



5. Melancarkan pencernaan

5. Melancarkan pencernaan

5. Melancarkan pencernaan

Sesuai dengan saran Erikar Lebang yang merupakan ahli dalam bidang food combining, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi perasan air jeruk nipis dan air hangat sebanyak 1 gelas setiap pagi, sebelum mengkonsumsi makanan apapun. Hal ini dipercaya mampu merangsang dan mengaktifkan proses pencernaan dalam tubuh sehingga menjaga kondisi tubuh tetap fit.

6. Detoksifikasi

6. Detoksifikasi

6. Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah proses pembuangan racun dan toxin dalam tubuh. Proses ini sangat penting karena membantu tubuh melakukan pembersihan diri secara alami. Pembuangan racun dari dalam ataupun luar tubuh ini melalui keringat, urin, dan buang air besar. Proses detoksifikasi tubuh ini mencegah kita terserang berbagai penyakit seperti liver, jantung, diabetes, kanker, dan lain-lain.

Detoks dapat dialakukan selama kurang lebih 40 hari, yaitu dengan mengkonsumsi 1 gelas air putih dicampur perasan air jeruk nipis (1/2 jeruk nipis) setiap pagi sebelum mengkonsumsi makanan. Kemudian dilanjutkan dengan mengkonsumsi buah atau jus, dan asupan air putih yang cukup. Selama masa detoks ini hindari untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, nasi, makanan berminyak, dan fast food.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Banyak pelaku diet mengalami kekurangan nutrisi karena asupan makanan yang ada dalam tubuh berkurang. Kurangnya nutrisi dapat mengurangi kekebalan tubuh terhadap penyakit. Untuk membantu mengembalikan nutrisi yang berkurang tersebut, kamu bisa mengkonsumsi jeruk nipis. Vitamin C yang kaya dalam jeruk nipis berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga meskipun kamu sedang diet, kamu tidak akan mudah terserang penyakit.

8. Menurunkan berat badan

8. Menurunkan berat badan

8. Menurunkan berat badan

Para pengamat program diet sangat menganjurkan kamu yang sedang dalam program diet mengkonsumsi jeruk nipis. Setiap pagi setelah bangun tidur minumlah 1 gelas perasan air jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat. Perasan air jeruk nipis ini akan membantu kamu kenyang lebih lama. Setelah itu selama rentan waktu sampai jam 12.00 kamu hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah. Lewat dari jam 12.00 siang kamu baru diperbolehkan untuk makan nasi dalam porsi kecil.

9. Mencegah timbulnya jerawat

9. Mencegah timbulnya jerawat

9. Mencegah timbulnya jerawat

Kulit wajah berminyak cenderung lebih mudah menghasilkan jerawat. Untuk mencegah munculnya jerawat mengganggu pada wajah, kamu bisa menggunakan sari jeruk nipis sebagai masker wajah. Usapkan secara merata perasan air jeruk nipis pada wajah. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Masker alami ini dipercaya dapat membuat kulit lebih bersih, halus, putih, dan tentunya bebas dari jerawat.

10. Mengatasi ketombe

10. Mengatasi ketombe

10. Mengatasi ketombe

Kulit kepala yang berminyak membuat rambut cepat berketombe dan lepek. Jeruk nipis dipercaya mampu menghilangkan ketombe pada rambut berminyak. Caranya, cukup basuh rambut dan kulit kepala dengan perasan sari jeruk nipis kemudian pijat-pijat secara perlahan. Setelah itu, diamkan selama 20 menit, selama didiamkan kamu bisa menutup kepala dengan shower cap. Terakhir bilas dengan shampo dan kondisioner khusus rambut berketombe.







Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *