10 Manfaat Kiwi Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Meningkatkan fungsi usus
Share ke teman kamu

Buah-buahan tropis adalah salah satu buah favorit yang digemari banyak orang di berbagai belahan dunia. Salah satu buah tropis yang digemari selain buah naga dan nanas adalah buah kiwi. Buah satu ini mulanya dikenal sebagai gooseberry Cina, yang berasal dari Lembah Chang Kiang di Cina. Kiwi juga diakui sebagai buah nasional Cina, tetapi kemudian Selandia Baru mengakui potensi besar buah ini, sehingga mereka menanam kiwi untuk tujuan komersil, dan mengganti istilah “gooseberry Cina” menjadi nama yang lebih simple yaitu “Kiwi”.

Selain enak dan mengeyangkan perut, manfaat kiwi yang lain adalah untuk kecantikan dan kesehatan, seperti misalnya membuat kulit jadi lebih cerah, rambut jadi lebih berkilau dan beberapa manfaat kesehatan yang sudah kami rangkum sebagai berikut.

1. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung

Buah kecil dengan warna kulit seperti sawo dan daging buah berwarna hijau terang ini memiliki kemampuan untuk mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular dan menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh. Sebuah studi yang telah dilakukan oleh University of Oslo menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi 2 sampai 3 buah kiwi sehari, dapat memberikan hasil yang signifikan terhadap pencegahan penyakit kardiovaskular dan penurunan kadar trigliserida dalam tubuh.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Meningkatkan kualitas tidur

Meningkatkan kualitas tidur

Tidur adalah suatu kegiatan yang penting untuk mengembalikan stamina tubuh. Tidur juga membantu memulihkan kesehatan tubuh kamu. Setidaknya dalam satu hari waktu tidur yang cukup bagi manusia adalah antara 7 sampai 9 jam. Tidur kurang dari waktu tersebut dapat menyababkan berbagai masalah kesehatan dan kulit bagi tubuh.

Sayangnya saat ini banyak orang yang tidak mendapatkan tidur secara berkualitas karena berbagai kesibukan dan pola hidup tidak sehat. bagi kamu yang ingin memiliki tidur berkualitas, disarankan untuk mengkonsumsi buah kiwi. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Taipei Medical University dimana manfaat kiwi adalah untuk meningkatkan kualitas tidur.

3. Memperkuat sistem imun untuk pasien kanker

Memperkuat sistem imun untuk pasien kanker

Memperkuat sistem imun untuk pasien kanker

Dalam pengobatan tradisional di Cina, buah kiwi sejak dulu sudah digunakan sebagai pengobatan untuk pasien kanker. Buah kiwi yang dikonsumsi oleh para penderita kanker ini ternyata berkhasiat untuk mengurangi anoreksia, muntah-muntah, berkeringat, dan juga mengurangi rasa sakit pada pasien yang menerima kemoterapi dan radioterapi.

4. Memperbaiki mood

Memperbaiki mood

Memperbaiki mood

Lagi depresi nih, butuh vitamin sea!

Kalimat ini sering terdengar dari orang yang lagi bad mood atau depresi. Sebenarnya, kamu nggak perlu jauh-jauh ke laut cuma buat ngilangin bad mood atau perasaan deperesi. Kamu cuma butuh ke swalayan terus beli buah kiwi. Buah Kiwi mengandung vitamin C, E, dan karotenoid yang tinggi. Vitamin dan mineral ini merupakan nutrisi penting dalam menjaga kesehatan psikologis kamu.

Dengan mengkonsumsi dua buah kiwi sehari, kamu dapat menurunkan kecenderungan depresi, mengurangi perasaan lelah, dan meningkatkan energi. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh University of Otago di Selandia Baru dimana manfaat kiwi adalah untuk memperbaiki mood.



5. Menurunkan tekanan darah

Menurunkan tekanan darah

Menurunkan tekanan darah

Salah satu penyebab utama penyakit kardiovaskular adalah masalah kesehatan yang paling umum, tekanan darah tinggi. Sebuah studi yang terdapat dalam Journal of Hypertension menggambarkan bagaimana buah kiwi sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah pada kelompok perokok aktif. Manfaat buah kiwi dalam penurunan tekanan darah tinggi adalah karena buah kiwi kaya akan kandungan kalium yang berperan dalam penurunan tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium juga berperan dalam menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

6. Meningkatkan proses metabolisme

Meningkatkan proses metabolisme

Meningkatkan proses metabolisme

Kiwi memiliki kandungan actinidin. Zat yang telah ditemukan dalam buah kiwi ini terbukti bermanfaat dalam proses pencernaan, terutama pencernaan protein (vegetarian dan protein non-vegetarian) dalam tubuh. Kiwi juga merupakan buah yang kaya akan serat sehingga dapat membantu dalam memperlancar proses metabolisme tubuh serta mengatasi masalah sembelit.

7. Menjaga keremajaan kulit

Menjaga keremajaan kulit

Menjaga keremajaan kulit

Manfaat kiwi selanjutnya adalah untuk menjaga keremajaan kulit kamu. Buah kiwi mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini bermanfaat untuk menjaga keremajaan dan kekenyalan kulit. Vitamin C juga merupakan unsur yang sangat penting dalam proses produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein yang berperan penting dalam menjaga keremajaan dan kekenyalan kulit. Kolagen juga membantu dalam penyembuhan abrasi, luka serta mencegah kulit menjadi kasar dan kering.

8. Meningkatkan fungsi usus

Meningkatkan fungsi usus

Meningkatkan fungsi usus

Menurut studi kesehatan, mengkonsumsi buah kiwi dapat bermanfaat bagi usus, dan dapat membantu meredakan iritasi pada usus akibat sembelit. Hal ini karena buah kiwi memiliki kandungan serat dan air yang tinggi. Selain itu, kiwi memiliki nutrisi yang mampu berperan sebagai prebiotik yang baik untuk pencernaan. Prebiotik ini akan memberi makan bakteri baik, sehingga jumlah bakteri baik jauh lebih banyak dibanding bakteri jahat. Hasilnya, kesehatan usus jauh lebih terjaga.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat kiwi yang lain adalah untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh kamu. Sistem kekebalan tubuh memiliki peranan penting dalam memastikan kesehatan tubuh kamu, terutama dalam mencegah datangnya penyakit. Kekebalan tubuh berperan memerangi segala macam penyakit yang masuk ke tubuh kita. Buah kiwi dikenal memiliki kemampuan untuk mendukung kekebalan tubuh kerena kandungan vitaminnya yang tinggi, terutama vitamin C dan antioksidan.

10. Menyehatkan mata

Menyehatkan mata

Menyehatkan mata

Kiwi mengandung dua karotenoid yaitu, lutein dan zeaxanthin yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, dan mencegah degenerasi makula saat kamu beranjak tua. Degenerasi makula sendiri adalah penyebab utama orang tua kehilangan kemampuan pengelihatan. Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi buah kiwi secara rutin setiap hari, mampu menurunkan resiko terserang degenerasi makula sebanyak 36% karena manfaat kiwi yang baik untuk kesehatan mata.

Untuk kamu yang awam tentang buah kiwi, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memilih buah kiwi yang baik. Pilih buah kiwi yang lembut saat ditekan, serta mempunyai tekstur kulit halus dan kencang. Warna buah kiwi yang sudah matang biasanya hijau-coklat. Hindari buah kiwi dengan kulit keriput, memar, berjamur atau lembab karena biasanya buah kiwi dengan kondisi kulit seperti ini sudah hampir membusuk.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *