10 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Orang

Kopi
Share ke teman kamu

Yah, memang tak bisa dipungkiri bahwa kopi telah menjadi salah satu minuman adiktif yang dicintai banyak orang, tapi sayangnya, kebanyakan ahli medis mendorong orang agar tidak mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Kafein yang ditemukan dalam kopi bisa menjadi zat adiktif negatif yang dapat mempengaruhi kondisi hati kamu. Selain itu, dengan mencampurkan gula dan creamer dalam kopi, minuman ini bisa menjadi minuman tinggi kalori yang berbahaya untuk kesehatan tubuh kamu.

Selain efek samping negatif yang dimiliki oleh kopi, ternyata minuman ini juga memiliki sisi positif yang dapat bermanfaat untuk kesehatan kamu. Sah-sah aja sih minum kopi terutama bagi para coffee lover, tetapi tetap ingan pepatah “too much of anything” – bahwa terlalu banyak mengkonsumsi sesuatu tetap tak bagus untuk kesehatanmu. Penasaran apa sih sebenarnya manfaat dari secangkir kopi bagi kesehatan? Simak 10 manfaat kopi yang tidak kamu ketahui berikut ini.

Baca juga: 10 Kopi Terbaik dan Terenak di Dunia yang Wajib Kamu Coba

1. Menghilangkan sakit punggung

Menghilangkan sakit punggung

Menghilangkan sakit punggung

Sebagian aktivitas yang dilakukan orang di kantor adalah duduk menatap layar komputer dalam waktu yang lama. Ini bisa menyebabkan punggung kamu kaku dan sakit. Saat kamu mulai merasakan nyeri punggung, stand up! Lakukan stretching selama 1 sampai 2 menit kemudian berjalanlah ke pantry. Buatlah secangkir kopi segar dan segera nikmati hangat-hangat. Berdasarkan catatan penelitian BMC, minum kopi dapat membantu meredakan sakit punggung bagian bawah terutama bagi kamu yang bekerja hampir delapan jam di depan layar komputer.

2. Meningkatkan energi dan membuat lebih smart

Meningkatkan energi dan membuat lebih smart

Meningkatkan energi dan membuat lebih smart

Saat kamu merasa lelah dan kurang energi, kopi bisa membantu kamu mengatasi rasa lelah. Kopi mengandung kafein yang sesungguhnya merupakan zat-zat psikoaktif. Setelah kamu minum kopi, kafein akan diserap dalam aliran darah, kemudian dialirkan ke otak. Di dalam otak, kafein menjadi penghalang inhibitory neurotransmitter yang disebut Adenosin. Dalam kondisi ini, jumlah neurotransmiter lain seperti norepinefrin dan dopamin akan meningkat yang mengarah pada peningkatakan neuron dan kinerja otak.

3. Membantu membakar lemak

Membantu membakar lemak

Membantu membakar lemak

Tahukah kamu kalau ternyata kafein terkandung dalam sebagian besar suplemen pembakar lemak? Alasannya, kafein adalah bahan alami yang telah terbukti dapat membantu proses pembakaran lemak. Beberapa studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme antara 3 – 11%. Studi lain menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang obesitas, dan 29% pada orang kurus atau kondisi tubuh seimbang.

4. Meningkatkan kinerja fisik

Meningkatkan kinerja fisik

Meningkatkan kinerja fisik

Kafein akan merangsang sistem saraf kamu, sehingga menyebabkan dia akan mengirim sinyal ke sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Tapi kafein juga meningkatkan Epinefrin (Adrenalin) dalam darah. Ini adalah hormon “fight or flight” yang dirancang untuk membuat fisik kita lebih bertenaga.

Kafein membuat sel-sel lemak memecah lemak tubuh, melepaskan mereka ke dalam darah sebagai asam lemak bebas dan membuat mereka menjadi bahan bakar untuk tubuh. Kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11-12%. Oleh karena itu, dianjurkan bagi kamu untuk minum kopi segar setengah jam sebelum ngegym supaya dapat merasakan manfaat kopi yang sesungguhnya.

5. Mengandung nutrisi penting

Mengandung nutrisi penting

Mengandung nutrisi penting

Kopi bukan hanya minuman pahit berwarna hitam tetapi lebih dari itu, dalam biji kopi terkandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Nutrisi-nutrisi tersebut antara lain Riboflavin (Vitamin B2) sebanyak 11%, 6% Asam pantotenat (Vitamin B5), 3% Mangan dan Kalium, dan 2% Magnesium dan Niacin (B3) dari jumlah harian yang dianjurkan dikonsumsi tubuh.



6. Melindungi dari gejala Alzheimer dan Demensia

Melindungi dari gejala Alzheimer dan Demensia

Melindungi dari gejala Alzheimer dan Demensia

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan menjadi penyebab utama Demensia. Penyakit ini biasanya mempengaruhi orang di atas usia 65 tahun. Belum ada obat khusus untuk menyembuhkan penyakit ini, tetapi penelitian menunjukkan bahwa selain olahraga dan makan sehat, minum kopi adalah salah satu cara mencegah gejala Alzheimer. Mengkonsumsi kopi dapat mengurangi kemungkinan terserang gejala Alzheimer sebanyak 65% lho! Luar biasa sekali ya manfaat kopi yang satu ini.

7. Memerangi depresi

Memerangi depresi

Memerangi depresi

Depresi adalah gangguan mental serius yang secara signifikan dapat mengurangi kualitas hidup kita. Sekitar 4,1% dari orang AS mengalami depresi klinis, dan ini merupakan hal yang sudah umum terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Harvard pada tahun 2011, wanita yang minum 4 cangkir kopi dalam sehari memiliki resiko 20% lebih rendah mengalami depresi. Dalam studi lain, ditemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi 4 cangkir kopi atau lebih setiap hari memiliki kemungkinan 53% lebih kecil untuk bunuh diri.

8. Menurunkan risiko Parkinson

Menurunkan risiko Parkinson

Menurunkan risiko Parkinson

Penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum kedua di dunia, setelah Alzheimer. Hal ini disebabkan oleh kematian neuron dopamin di otak. Serupa dengan Alzheimer, penyakit ini juga belum ditemukan obatnya. Oleh karena itu, pencegahan menjadi satu-satunya cara terbaik untuk menghindarinya. Dalam sebuah studi, peminum kopi memiliki resiko 32 – 60% lebih rendah terkena penyakit Parkinson.

9. Menurunkan risiko Diabetes Tipe II

Menurunkan risiko Diabetes Tipe II

Menurunkan risiko Diabetes Tipe II

Diabetes tipe II adalah masalah kesehatan umum yang melanda sekitar 300 juta orang di seluruh dunia. Studi menunjukkan bahwa peminum kopi menunjukkan risiko 23-50% lebih rendah terserang penyakit Diabetes Tipe II. Dalam sebuah studi yang meneliti 457.922 orang, setiap cangkir kopi yang diminum sehari-hari dapat mengurangi 7% pengembangan diabetes tipe II.

10. Kopi tidak menyebabkan penyakit jantung dan menurunkan risiko stroke

Kopi tidak menyebabkan penyakit jantung dan menurunkan risiko stroke

Kopi tidak menyebabkan penyakit jantung dan menurunkan risiko stroke

Peminum kopi tidak memiliki peningkatan risiko penyakit jantung. Kalau kamu mendengar informasi tentang kopi dapat meningkatkan risiko penyait jantung, itu hanya mitos belaka karena berdasarkan hasil studi, kopi tidak berperan banyak dalam peningkatan risiko penyakit jantung. Bahkan, wanita yang minum kopi memiliki penurunan risiko penyakit jantung dan 20% kemungkinan lebih rendah berisiko terserang stroke.

Gimana? Ada banyak ya manfaat kopi yang jarang diketahui orang? Yuk kita minum kopi sekarang supaya kita bisa menikmati manfaat kopi di masa depan.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *