10 Manfaat Lemon Untuk Kecantikan Wanita

6. Memutihkan gigi kuning
Share ke teman kamu

Lemon adalah salah satu bahan dapur yang selalu ada di kulkas kita. Entah itu untuk kebutuhan memasak ataupun treatment kecantikan. Lemon juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya melancarkan pencernaan, menyeimbangkan kadar pH, melawan infeksi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak lainnya.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata buah kecil berwarna kuning ini juga memiliki banyak manfaat untuk mengatasi masalah kulit dan rambut kita. Lemon mengandung banyak vitamin C, kalsium, magnesium, dan kalium. Ia juga memiliki anti oksidan, anti bakteri, anti jamur, dan sifat zat lain yang membantu memperbaiki kondisi rambut, kulit, dan kuku kita. Mau tau apa aja manfaat lemon untuk kecantikan wanita? Ini dia 10 manfaat lemon untuk kecantikan kamu:

1. Meremajakan kulit

1. Meremajakan kulit

1. Meremajakan kulit

Vitamin C dalam lemon akan meningkatkan produksi kolagen, yang mengembalikan elastisitas kulit untuk membantu menjaga penampilan tetap awet muda. Zat ini juga bersifat membantu mengencangkan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus.

Caranya: letakkan 1 sendok teh madu pada sepotong lemon dan gosokkan dengan lembut pada wajah, leher, tangan dan kaki. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan treatment ini 2 kali dalam 1 minggu untuk hasil yang maksimal. Kamu juga bisa mengkonsumsi 2 gelas air lemon dalam sehari untuk membantu meremajakan kulit dari dalam.

2. Menghilangkan jerawat

2. Menghilangkan jerawat

2. Menghilangkan jerawat

Lemon mengandung asam askorbat yang merupakan sebuah zat alami yang dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Selain itu, vitamin C dalam lemon akan merangsang pertumbuhan jaringan kulit yang sehat serta meminimalkan munculnya bekas luka dan bintik-bintik jerawat. Lemon juga mempu membunuh bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat.

Caranya: kamu cukup menggosok sepotong lemon di daerah yang terkena jerawat. Diamkan selama 5 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini dua kali dalam satu hari. Atau, kamu bisa menyiapkan ½ sendok teh jus lemon dan air mawar. Rendam kapas dalam campuran bahan tersebut, aplikasikan pada bagian yang berjerawat. Tunggu selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

3. Menghilangkan ketombe

3. Menghilangkan ketombe

3. Menghilangkan ketombe

Jus lemon dapat membantu menghilangkan ketombe dan menghilangkan gatal-gatal akibat kulit berminyak. Lemon membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala kamu dan mengurangi minyak berlebih, yang merupakan dua faktor utama munculnya ketombe. Selain itu, anti jamur dan anti bakteri yang terkandung dalam lemon dapay membantu mengurangi infeksi pada kepala.

Caranya: siapkan 2 buah lemon, kemudian peras airnya dalam 1 gelas. Setelah keramas gunakan air jeruk lemon ini sebagai masker. Diamkan selama 5 sampai 10 menit sebelum dibilas. Lakukan perawatan ini satu kali dalam seminggu. Hindari berada di bawah matahari saat melakukan perawatan ini karena air lemon bisa memudarkan warna rambut kamu.

4. Mengurangi stretch marks

4. Mengurangi stretch marks

4. Mengurangi stretch marks

Stretch marks adalah gangguan yang sering membuat wanita nggak pede. Kandungan asam ringan dalam lemon dapat membantu kulit dalam peleburan sel kulit mati dan mengembangkan sel-sel kulit baru. Selain itu, vitamin C di dalam lemon sangat efektif untuk membuat kulit lebih sehat.

Caranya: belah lemon menjadi 2 bagian, kemudian gosokkan pada bagian yang terkena stretch mark dalam gerakan melingkar selama 5 menit. Diamkan hingga air lemon tersebut mengering. Sekitar 10 sampai 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Treatment ini juga bisa diterapkan untuk mencerahkan siku dan lutut yang gelap.

5. Menyamarkan flek hitam

5. Menyamarkan flek hitam

5. Menyamarkan flek hitam

Flek hitam adalah tanda rusaknya kulit karena sinar UV. Wajah yang memiliki flek hitam adalah wajah dengan jenis kulit kering dan cenderung kusam. Untuk menyamarkan flek hitam dan membuat wajah menjadi lebih cerah, kamu bisa menggunakan manfaat lemon yang dapat membantu menghilangkan flek hitem di wajah kamu.

Caranya: siapkan separuh buah lemon, peras airnya hingga habis. Oleskan pada wajah menggunakan jari atau kuas, kemudian pijat secara perlahan selama 5 menit. Selesai memijat, diamkan selama 10 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan treatment ini sebanyak 2 kali dalam 1 minggu.

6. Memutihkan gigi kuning

6. Memutihkan gigi kuning

6. Memutihkan gigi kuning

Pengen punya gigi putih bersih dan mengkilap? Nggak perlu bleaching mahal-mahal. Kamu bisa memutihkan gigi dengan menggunakan lemon.

Caranya: siapkan jus lemon dan 1/4 sendok teh baking soda secukupnya, aduk secara merata sampai berbentuk pasta. Oleskan pada gigi, kemudian sikat menggunakan sikat gigi seperti kamu menggosok gigi pada umumnya, Diamkan selama 1 menit, kumur dengan air hangat. Lakukan treatment ini sebanyak 1 kali dalam seminggu.

7. Memperkuat kuku rapuh

7. Memperkuat kuku rapuh

7. Memperkuat kuku rapuh

Banyak cewek mengeluh tentang kuku kusam dan rapuh yang rawan patah. Jus lemon adalah pilihan yang tepat sebagai treatment untuk memperkuat kuku rapuh. Vitamin C dan asam folat di dalamnya akan membantu mendorong pertumbuhan kuku. Selain itu, lemon juga mengandung bleaching alami yang akan membantu memutihkan dan mencerahkan kuku kamu.

Caranya: sebelum tidur, rendam kuku kamu dalam jus lemon segar selama 5 sampai 10 menit. Bilas dengan air hangat, keringkan kuku dengan handuk lembut. Setelah itu oleskan minyak zaitun atau minyak kelapa pada kuku sambil dipijat secara perlahan. Gunakan sarung tangan selama semalam.

8. Mencerahkan bibir gelap

8. Mencerahkan bibir gelap

8. Mencerahkan bibir gelap

Salah satu manfaat lemon adalah untuk mencerahkan bibir gelap. Bibir gelap disebabkan karena paparan sinar matahari, penggunaan kosmetik berkualitas rendah, dan asupan kafein yang tinggi. Jus lemon mengandung bleaching alami yang dapat membantu mencerahkan warna bibir kembali seperti semula. Tapi, yang namanya treatment alami akan membutuhkan proses yang lama, jadi kamu harus tekun dan sabar melakukan perawatan ini secara rutin.

Caranya: peras jus dari 1 jeruk lemon dan gosokkan dengan lembut pada bibir kamu sebelum tidur. Kamu juga bisa menambahkan madu jika bibir kamu kering. Lakukan treatment ini setiap hari setidaknya 1 sampai 2 bulan.

9. Mengobati bibir pecah-pecah

9. Mengobati bibir pecah-pecah

9. Mengobati bibir pecah-pecah

Saat pergantian musim atau cuaca sangat dingin, kita sering mengalami bibir pecah-pecah. Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan bantuan lemon karena lemon dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati yang ada pada bibir.

Caranya: buat scrub alami untuk bibir kering dengan bahan 1 sendok teh jus lemon segar, 1 sendok teh minyak kelapa, dan 2 sendok teh gula pasir. Gosokkan secara perlahan dengan gerakan memutar pada bibir. Bilas dengan air hangat, setelah itu oleskan minyak kelapa dan biarkan hingga mengering. Kamu bisa menyimpan scrub ini dalam kulkas dan lakukan perawatan ini 2 sampai 4 kali dalam seminggu.

10. Mengobati tumit pecah-pecah

10. Mengobati tumit pecah-pecah

10. Mengobati tumit pecah-pecah

Punya kaki pecah-pecah suka bikin nggak pede kalau mau pake sandal. Bahkan banyak yang bilang kaki pecah-pecah tuh sama seperti kakinya tukang sayur di pasar. Untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengatasi kulit kering pada kaki, kamu bisa menggunakan lemon.

Caranya: tambahkan 1/2 cangkir jus lemon pada bak yang sudah diisi dengan air hangat. Rendam kaki dalam bak tersebut selama 10 sampai 15 menit sambil pijat dan gosok secara perlahan. Setelah itu keringkan dengan handuk, dan oleskan pelembab khusus kaki. Lakukan treatment ini 2 atau 3 kali dalam seminggu.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *