10 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan yang Tidak Kamu Ketahui

Menurunkan tingkat kolesterol
Share ke teman kamu

Selama ribuan tahun, minyak zaitun telah menjadi bagian penting dari diet Mediterania. Pohon zaitun banyak ditemukan di wilayah Mediterania, tetapi dengan meningkatnya kesadaran manfaat kesehatan, popularitas minyak ini semakin melonjak di seluruh dunia.

Minyak Zaitun adalah minyak yang kaya akan kandungan polifenol yang berbeda, seperti fenol sederhana, terpen, flavon, asam hydroxycinnamic, anthocyanin, flavonol, glikosida flavonoid, lignan dan asam hidroksibenzoat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mau tau apa aja manfaat minyak zaitun untuk kesehatan? Inilah 10 manfaat tersembunyi dari minyak zaitun yang sangat baik untuk kesehatan kita.

1. Menurunkan tingkat kolesterol

Menurunkan tingkat kolesterol

Menurunkan tingkat kolesterol

Minyak zaitun memiliki khasiat untuk membantu menurunkan LDL (low-density lipoprotein) kolesterol yang dipercaya dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Minyak zaitun memiliki kandungan oleocanthal serta oleuropein yang memiliki kemampuan untuk melindungi molekul LDL dari kerusakan oksidatif. Kerusakan oksidatif ini nantinya dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk meningkatkan HDL (high-density lipoprotein) kolesterol dalam tubuh yang berperan untuk melindungi dan membantu mencegah pembekuan darah yang tidak diinginkan. Pembekuan darah inilah yang menyebabkan terjadinya serangan jantung dan stroke.

2. Mengurangi tekanan darah tinggi

Mengurangi tekanan darah tinggi

Mengurangi tekanan darah tinggi

Menurut sebuah studi pada tahun 2000 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, orang-orang yang menderita tekanan darah dapat mengurangi konsumsi obat mereka dengan mencoba menggunakan extra virgin olive oil dalam menu diet mereka.

Para peneliti percaya bahwa asam oleat dalam minyak zaitun mudah diserap dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Minyak ini juga dapat memperlambat penuaan hati karena kandungan lemak tak jenuhnya yang sehat. Kamu bisa menggunakan extra virgin olive oil untuk memasak dan untuk membuat salad dressing.

3. Mengatasi peradangan

Mengatasi peradangan

Mengatasi peradangan

Minyak zaitun bekerja sebagai agen anti-inflamasi yang kuat, sehingga dapat membantu mengurangi peradangan kronis yang menyebabkan banyak penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, diabetes, Alzheimer, dan arthritis.

Menurut sebuah studi tahun 2005 oleh Monell Chemical Senses Center, minyak zaitun mengandung zat non-steroid anti-inflamasi yang menghambat aktivitas enzim siklooksigenase (COX). Enzim inilah yang menyebabkan peradangan di dalam tubuh.

4. Mencegah kanker

Mencegah kanker

Mencegah kanker

Minyak zaitun memiliki khasiat untuk menurunkan resiko kanker jenis tertentu. Polifenol dalam minyak zaitun bertindak baik sebagai antioksidan dan senyawa anti-inflamasi sehingga mampu melindungi sel dari dari stres oksidatif dan inflamasi. Selain itu, antioksidan dalam minyak zaitun juga melindungi DNA (asam deoksiribonukleat) dari kerusakan oksidatif. Ini berarti kondisi sel dalam tubuh jauh lebih baik

Sebuah studi 2008 yang diterbitkan dalam Cancer BMC mengungkapkan bahwa minyak zaitun memiliki komponen anti-kanker yang secara perlahan dapat mematikan sel kanker. Minyak zaitun juga dapat membantu mengurangi resiko kanker payudara.

5. Memerangi diabetes

Memerangi diabetes

Memerangi diabetes

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk mengobati diabetes bahkan memerangi dan menunda timbulnya penyakit diabetes. Minyak ini mampu mengontrol gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Plus, lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun membantu menjaga kadar trigliserida.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Diabetes Care menunjukkan bahwa diet Mediterania yang kaya minyak zaitun dapat mengurangi 50% risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 dibandingkan diet rendah lemak biasa.

6. Melindungi tulang

Melindungi tulang

Melindungi tulang

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan belakangan ini, terbukti bahwa orang yang mengkonsumai minyak zaitun memiliki tingkat protein osteocalcin yang lebih tinggi.

Osteocalcin sendiri merupakan protein yang dikeluarkan oleh sel-sel dalam tubuh untuk membentuk tulang. Semakin tinggi tingkat protein ini dalam tubuh, maka tulang kita akan semakin kuat. Osteocalcin juga memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit resistensi imun yang berkaitan dengan tulang rapuh.

7. Meningkatkan fungsi otak

Meningkatkan fungsi otak

Meningkatkan fungsi otak

Minyak zaitun juga memiliki manfaat menguntungkan pada fungsi otak serta mampu mengurangi resiko penurunan kognitif. Sebuah studi di Perancis pada tahun 2013 menunjukkan bahwa, pada orang tua memori visual dan kefasian lisan meningkat setelah mereka mengkonsumsi secara intensif minyak zaitun.

Di tahun yang sama, sebuah studi yang dipublikasikan dalam The American Chemical Society, menemukan bahwa komponen fenolik yang disebut oleocanthal dalam minyak zaitun membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dalam minyak zaitun bahkan dapat memperlambat penurunan kognitif yang terkait dengan penyakit seperti demensia dan Alzheimer.

8. Membantu menurunkan berat badan

Membantu menurunkan berat badan

Membantu menurunkan berat badan

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan kamu. Sebuah studi di tahun 2013 oleh Pusat Penelitian Jerman untuk Food Chemistry menemukan bahwa, dengan mengkonsumsi minyak zaitun dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga mengurangi rasa lapar dalam waktu yang lebih lama. Nah, kalau kamu kenyang dalam waktu lebih lama berarti kemungkinan untuk ngemil sangat kecil. Minyak ini juga dipercaya mampu mengurangi ketagihan akan gula.

9. Meremajakan kulit

Meremajakan kulit

Meremajakan kulit

Hai ladies, kamu perlu tahu kalau ternyata minyak zaitun berkhasiat sebagai pelembab yang sempurna untuk kulit kering. Minyak ini kaya akan vitamin A dan E, mineral, dan asam lemak yang membuat kulit menjadi lebih lembut dan menstimulasi proses penyembuhan kulit. Selain itu, minyak zaitun juga berkhasiat untuk mencegah penuaan pada kulit, mencegah munculnya keriput, garis-garis halus, dan melindungi kulit akibat kerusakan radikal bebas.

Kamu bisa mencoba melakukan treatment ini di rumah:

  • Pijat tubuh dengan minyak zaitun sebelum mandi untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga keremajaan kulit.
  • Bermasalah dengan bibir kering? Oleskan saja minyak zaitun sebagai lip balm.

10. Meningkatkan kesehatan rambut

Meningkatkan kesehatan rambut

Meningkatkan kesehatan rambut

Dengan kandungan asam lemak, anti oksidan, dan vitamin E, minyak zaitun mampu bekerja sebagai pelembab alami untuk rambut. Apalagi jika rambut kamu tergolong rambut yang rusak dan kering. MInyak zaitun akan menjaga kutikula dan lapisan luar rambut tetap lembab.

Cara tepat menggunakan minyak zaitun sebagai treatment rambut adalah dengan mengoleskan minyak zaitun hangat pada seluruh bagian kepala. Setelah itu, pijat kepala dengan ujung jari selama 5 menit, tutup rambut dengan handuk hangat selama 30 menit. Terakhir bilas dengan shampo dan kondisioner. Lakukan treatment ini 1 minggu sekali.

Untuk memperoleh manfaat minyak zaitun untuk kesehatan di atas, konsumsilah 1 sampai 2 sendok minyak zaitun setiap harinya. Entah itu untuk masakan atau salad dressing. Pastikan kamu memilih minyak zaitun berkualitas baik, yaitu Extra Virgin Olive Oil yang bisa kamu temukan di berbagai swalayan modern.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *