10 Manfaat Nanas Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wanita

Kaya akan vitamin C
Share ke teman kamu

Tidak banyak orang suka makan nanas, apalagi mengingat rasa gatal di langit-langit mulut ketika selesai memakannya. Nanas termasuk buah tropis yang mudah ditemukan di Indonesia. Biasanya, nanas dikonsumsi sebagai rujak buah, campuran di kuah koloke hingga dijadikan sebagai bahan cake dengan cara mengambil sari dari buah nanas.

Buah ini biasanya banyak dihindari oleh ibu hamil karena diyakini bisa menyebabkan kematian pada janin. Tapi apakah buah nanas tidak memiliki manfaat? Sebenarnya, manfaat nanas untuk kebaikan tubuh ada banyak lho. Penasaran nggak sih dengan apa saja manfaat nanas bagi kesehatan tubuh?

Berikut ini adalah daftar 10 manfaat nanas bagi kesehatan dan kecantikan wanita:

1. Kaya akan vitamin C

Kaya akan vitamin C

Kaya akan vitamin C

Menurut para ahli gizi, satu cangkir potongan nanas mengandung 131 persen dari kebutuhan harian vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C bisa membantu melindungi tubuh kamu dari berbagai virus dan juga membangun benteng yang kuat untuk melawan infeksi pada kulit. Nanas bisa jadi alternatif jika kamu ingin variasi buah bervitamin C selain jeruk.

2. Baik untuk tulang

Baik untuk tulang

Baik untuk tulang

Tidak hanya kalsium, zat mangan juga merupakan unsur yang penting untuk menjaga kekuatan tulang. Dan beruntunglah kamu yang suka makan nanas karena nanas mengandung zat mangan yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi secangkir jus nanas, kamu sudah bisa memenuhi 76 persen nilai harian yang direkomendasikan dari mangan.

Dari penelitian disebutkan bahwa mangan juga baik untuk pencegahan osteoporosis dan osteoarthritis. Selain nanas, zat mangan juga bisa ditemukan di buah stroberi, pisang, blackberry, dan raspberry.

3. Mengurangi gangguan pencernaan

Mengurangi gangguan pencernaan

Mengurangi gangguan pencernaan

Selama berabad-abad, nanas sudah digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan dan menguragi peradangan. Dalam penggunaannya, nanas disajikan sebagai camilan. Selain itu, nanas juga mengandung enzim bromelain yang efektif untuk mengurangi peradangan, infeksi dan cedera. Walau begitu, manfaat nanas masih terus diteliti untuk mengetahui apakah benar bisa menjadi obat dari sinusitis, radang sendi, dan juga bisa meningkatkan kinerja obat kemoterapi.

4. Buah yang mengenyangkan

Buah yang mengenyangkan

Buah yang mengenyangkan

Nanas termasuk buah yang mengenyangkan walau tidak menyebabkan efek berlebihan di perut. Ditambah lagi, nanas juga memiliki rasa manis segar yang datang dari gula alami yang dimililkinya.

Jika kamu sedang ingin diet tapi ingin camilan yang manis, nanas bisa jadi pilihan yang tepat dibandingkan roti atau keripik kentang. Sebaiknya, saat mengkonsumsi nanas seimbangkan dengan pola makan rendah karbohidrat karena buah ini termasuk buah yang berkarbohidrat tinggi.

5. Baik untuk Penglihatan

Baik untuk Penglihatan

Baik untuk Penglihatan

Jika selama ini kita hanya familiar dengan wortel yang baik untuk kesehatan mata, fakta yang satu ini penting untuk diketahui. Manfaat nanas ternyata juga untuk kebaikan kesehatan mata karena menurut arsip dari Ophthalmology disebutkan bahwa jika kita mengonsumsi 3 porsi atau lebih nanas dalam sehari maka risiko terkena ARMD akan berkurang.

ARMD adalah singkatan dari Age Related Macular Degeneration atau sebuah kondisi yang bisa menyebabkan hilang atau berkurangnya pengelihatan pada orang yang lanjut usia. Menambahkan nanas di menu makan bisa menambah antioksidan yang memperlambat perkembangan ARMD tersebut.

6. Membuat kulit tampak lebih muda

Membuat kulit tampak lebih muda

Membuat kulit tampak lebih muda

Tidak perlu beli obat kimia yang mahal atau perawatan yang menyakitkan, karena buah nanas bisa juga memberi manfaat kesehatan untuk kulit, lho.

Manfaat nanas yang satu ini akan membuat kulit kamu tampak lebih muda karena ternyata nanas bisa membantu mendorong sintesis pada kolagen. Dengan semakin tingginya sintesis kolagen maka makin kencang dan kenyal pula kulit kamu. Ditambah lagi, nutrisi yang ada di dalam nanas seperti asam amino dan vitamin C juga akan menjamin bahwa sel-sel dan jaringan rusak akan diperbaiki dengan cepat.

Untuk mendapatkan kulit yang kencang dan awet muda, kamu cukup membuat masker dengan jus nanas. Oleskan pada wajah dan hindari area mata, lalu tunggu sekitar 10 menit dan bilas dengan air bersih. Kulit jadi kencang serta sel kulit mati akan mudah terangkat.

7. Mengobati bibir pecah-pecah

Mengobati bibir pecah-pecah

Mengobati bibir pecah-pecah

Punya kebiasaan buruk menggigiti bibir bisa menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah dan terlihat tidak menarik. Nah, kamu bisa mengembalikan kemulusan bibir dengan bantuan manfaat nanas. Seperti halnya minyak kelapa, nanas juga memiliki fungsi untuk memelihara dan menghidrasi kulit. Untuk menyembuhkan bibir pecah-pecah, cukup campurkan nanas dengan minyak kelapa, lalu oleskan pada bibir dan tunggu beberapa saat. Bilas dengan air bersih dan lakukan perawatan ini dengan rutin.

8. Mencegah kerontokan rambut

Mencegah Kerontokan Rambut

Mencegah Kerontokan Rambut

Tahukah kamu kalau ternyata vitamin C adalah elemen penting yang bisa membantu mencegah kerontokan rambut? Kandungan ini ternyata ada juga di buah nanas. Selain itu, buah nanas juga memiliki antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk mencegah radikal bebas. Dimakan dalam bentuk potongan atau dibuat jus, nanas tetap memiliki manfaat yang sama.

9. Memperkuat kuku

Memperkuat kuku

Memperkuat kuku

Kekurangan vitamin A bisa membuat kuku jadi kering dan terlihat kusam. Sedangkan kekurangan vitamin B bisa membuat kuku mudah patah dan rapuh. Tapi jangan khawatir atau bersiap minum pil multivitamin karena vitamin-vitamin tersebut bisa kamu dapatkan dari buah nanas. Dioles atau dimakan, nanas bisa mengurangi masalah tersebut, meringankan infeksi dan juga membuat kuku jadi lembut dan kuat.

10. Mengatasi tumit kasar

Mengatasi tumit kasar

Mengatasi tumit kasar

Terlalu sering jalan kaki tanpa alas atau sering terkena bahan kimia saat membersihkan kamar mandi bisa membuat tumit jadi kasar bahkan pacah-pecah. Tentunya hal Ini bisa mengurangi rasa percaya diri terutama bagi wanita. Kalau kamu ingin mengatasi masalah tumit pecah-pecah, nanas adalah jawabannya.

Nanas memiliki fungsi pengelupas bersamaan dengan sintesis kolagennya. Hal ini bisa membantu mengurangi tumit pecah-pecah hingga membuat kulit kaki jadi lebih lembut dan kencang. Luka atau bengkak juga bisa diredakan dengan memanfaatkan buah nanas.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *