10 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan yang Tidak Kamu Ketahui

Berkalium tinggi
Share ke teman kamu

Pisang menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di planet ini dan menurut Departemen Pertanian AS merupakan salah satu buah terfavorit di Amerika. Laura Flores, ahli gizi yang berbasis di San Diego berpendapat bahwa buah kuning melengkung ini memiliki kandungan kalium dan pektin yang tinggi, selain itu juga kaya akan Vitamin C dan B6.

Menurut Laura, pisang juga kaya akan antioksidan yang dapat memberikan perlindungan dari radikal bebas yang masuk ke kulit kita. Pisang dikenal dengan manfaatnya untuk mengurangi pembengkakan, mencegah pengembangan diabetes tipe 2, membantu menurunkan berat badan, memperkuat sistem saraf, dan membantu proses produksi sel darah putih. Berikut adalah 10 manfaat pisang bagi kesehatan tubuh kita:

1. Berkalium tinggi

Berkalium tinggi

Berkalium tinggi

Pisang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Kalium sendiri merupakan mineral yang penting untuk menjaga fungsi jantung dan mengatur tekanan darah agar normal. Sejumlah penelitian sudah membuktikan bahwa makanan yang kaya akan kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan resiko stroke.

Penelitian lebih lanjut oleh New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi pisang secara teratur, dapat mengurangi risiko terserang penyakit stroke sebesar 40%. Kalium dalam pisang juga bermanfaat bagi ginjal dan tulang. Asupan kalium yang baik menekan ekskresi kalsium dalam urin yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit batu ginjal.

2. Menghasilkan lebih banyak energi

Menghasilkan lebih banyak energi

Menghasilkan lebih banyak energi

Dibandingkan dengan minuman khusus “olahraga” penambah energi dengan kandungan ‘elektrolit gel’ (sarat dengan bahan kimia yang tidak sehat dan zat pewarna), pisang mampu memberikan asupan energi lebih pada tubuh untuk melakukan aktivitas.

Pisang mengandung gula alami, serat larut, dan kalium seimbang yang mampu memberikan energi yang stabil baik ketika dimakan setengah jam sebelum gym atau lari. Mulai sekarang, kamu bisa mengganti snack di kantor dengan camilan sehat berupa buah pisang yang akan membantu kamu merasa lebih berenergi.

3. Melancarkan pencernaan

Melancarkan pencernaan

Melancarkan pencernaan

Kekurangan serat dapat menyebabkan pencernaan terganggu. Kamu bisa menemukan banyak serat dari buah pisang. Buah ini memiliki kandungan serat yang berlimpah. Pisang juga kaya akan fructo-oligosakarida (FOS), yang dikenal sebagai prebiotik karena menjadi asupan bakteri baik dalam saluran pencernaan, yang membantu kita menyerap nutrisi lebih efisien. Manfaat pisang yang kaya serat adalah membantu makanan bergerak dengan lancar melalui saluran pencernaan.

4. Melindungi tubuh dari bahaya tukak lambung

Melindungi tubuh dari bahaya tukak lambung

Melindungi tubuh dari bahaya tukak lambung

Tukak lambung merupakan luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Luka ini biasanya berpotensi muncul pada semua orang, tetapi umumnya paling banyak menyerang lansia usia 60an. Mengkonsumsi pisang secara teratur dapat melindungi lambung dari gejala tukak lambung.

Senyawa dalam pisang menciptakan sebuah dinding penghalang tebal dalam perut terhadap asam klorida. Pisang juga mengandung protease inhibitor yang berfungsi untuk menghilangkan bakteri di dalam perut yang merupakan salah satu penyebab radang perut.

5. Kaya akan Vitamin B6

Kaya akan Vitamin B6

Kaya akan Vitamin B6

Pisang kaya akan kandungan Vitamin B6 yang berperan penting dalam pembuatan hemoglobin darah yang baik dan sehat. Viatmin B6 juga memiliki peranan penting dalam menjaga kadar gula yang tepat dalam darah, mensintesis dan menghancurkan asam amino, serta memproduksi antibodi untuk merespon kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.
Dalam satu buah pisang terdapat seperlima asupan Vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Mengkonsumsi pisang justru lebih baik dibandingkan mengkonsumsi vitamin dalam bentuk pil.

6. Menyehatkan kulit

Menyehatkan kulit

Menyehatkan kulit

Bukan hanya buah pisang yang bermanfaat untuk kesehatan, kulit dari pisang juga dapat digunakan untuk megobati kondisi kulit seperti psoriasis dan jerawat. Kamu bisa mengupas pisang, kemudian gunakan bagian dalam kulit pisang untuk menggosok bagian kulit kamu yang berjerawat atau psoriasis. Pada awalnya, ada beberapa bagian kulit yang akan tampak kemerahan, tetapi setelah beberapa minggu pemakaian akan segera kembali normal. Perawatan kulit pisang juga dapat digunakan untuk menyembuhkan kutil.

7. Memerangi kanker

Memerangi kanker

Memerangi kanker

Penelitian di Jepang terkait dengan pisang yang sudah masak menunjukkan bahwa pisang memproduksi senyawa tumor necrosis factor (TNF). Senyawa ini merupakan sitokin yang dipercaya mempunyai potensi untuk meningkatkan jumlah sel darah putih, sehingga akan meningkatkan kekebalan tubuh dan memerangi pertumbuhan sel kanker. Jadi tidak ada salahnya memasukkan pisang dalam menu buah harian kamu.

8. Mengurangi stress dan meningkatkan mood

Mengurangi stress dan meningkatkan mood

Mengurangi stress dan meningkatkan mood

Pisang adalah sumber baik dari asam amino triptofan yang diubah tubuh menjadi serotonin. Tingkat serotonin yang tepat dalam tubuh dapat memperbaiki mood, memerangi stress, serta meningkatkan kebahagiaan pada diri kamu. Pisang juga membantu mengatur pola tidur jadi lebih baik.

Meskipun masih banyak makanan lain yang mengandung tryptophan, pisang adalah pilihan terbaik yang dapat kamu jadikan salah satu camilan di tempat kerja yang membantu mengurangi stress.

9. Mengatasi mabuk

Mengatasi mabuk

Mengatasi mabuk

Saat kamu mabuk gara-gara terlalu banyak minum minuman beralkohol, pada pagi hari saat kamu merasa pusing kamu bisa mengkonsumsi pisang untuk meredakan hangover kamu. Ambilah beberapa buah pisang kemudian blender dengan es, susu segar, dan sedikit santan. Setelah itu, minumlah sebagai minuman pereda mabuk. Jadi, saat kamu berniat untuk minum banyak pada malam hari, pastikan untuk memiliki beberapa buah pisang di rumah.

10. Meningkatkan daya tahan otak

Meningkatkan daya tahan otak

Meningkatkan daya tahan otak

Ada sebuah studi tentang manfaat pisang dimana 200 orang siswa diminta untuk makan satu buah pisang sebanyak tiga kali sehari, saat sarapan, istirahat makan siang, dan saat makan malam bersamaan dengan makanan normal mereka. Apa yang mereka temukan adalah bahwa kalium dalam pisang meningkatkan kekuatan otak mereka dan membuat mereka lebih waspada selama berada di dalam kelas dan saat menjalani ujian.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *