Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Manfaat Rahasia Bawang Putih yang Tidak Kamu Ketahui

Bagikan

Bawang putih merupakan salah satu bumbu wajib yang selalu ada di dapur. Mau bikin nasi goreng, sup atau makanan lainnya, pasti butuh bawang putih. Tahukah kamu kalau ternyata bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai salah satu bumbu penyedap untuk makanan lho, tapi juga punya banyak manfaat yang pasti kamu belum tahu. Apa saja ya?

1. Membersihkan jerawat

Membersihkan jerawat
Membersihkan jerawat

Jerawat? Oh no! Jerawat adalah masalah utama semua wanita. Rasanya kalau ada jerawat satu biji saja sudah keki setengah mati. Tapi nggak perlu sebal lagi karena kamu bisa pergi ke dapur dan mengambil bawang putih untuk membersihkan dan menghilangkan jerawat kamu.

Caranya adalah ambil satu siung bawang putih dan potong menjadi dua. Kemudian gosokkan di area yang berjerawat secara teratur maka jerawat akan berangsur menghilang.

Iklan

2. Mencegah dan mengobati pilek

Mencegah dan mengobati pilek
Mencegah dan mengobati pilek

Pilek adalah gejala flu dan rasanya sangat tidak nyaman. Biasanya pilek terjadi ketika kekebalan tubuh terganggu atau karena perubahan cuaca. Nah, untuk mencegah dan juga mengobati pilek, kamu bisa memakai bawang putih lho.

Caranya adalah dengan membuat teh bawang putih. Untuk membuatnya kamu cukup mencincang kasar bawang putih dan seduh dengan air panas beberapa menit. Saring dan kemudian minum. Kamu juga bisa menambahkan jahe atau madu jika tidak suka bau atau rasa dari bawang putih yang menyengat.

3. Mengatasi Psioriasis

Mengatasi Psioriasis
Mengatasi Psioriasis
Iklan

Psioriasis adalah sebuah kondisi dimana biasanya kulit akan bersisik. Umumnya ini disebabkan oleh gangguan sistem daya tahan tubuh. Untuk bisa mengatasinya, kamu bisa menggunakan bawang putih yaitu dengan menggosokkan minyak bawang putih di area kulit yang terkena Psioriasis. Setelahnya kamu akan mendapatkan kulit yang halus dan tidak beruam lagi.

4. Mengatasi rambut rontok

Mengatasi rambut rontok
Mengatasi rambut rontok

Punya masalah dengan rambut rontok? Kamu bisa atasi dengan bawang putih. Kandungan allicin yang tinggi pada bawang putih ternyata efektif untuk mengobati kerontokan rambut. Caranya juga mudah, kamu cukup mengiris bawang putih lalu menggosokkannya di kulit kepala beberapa saat. Memijatnya untuk beberapa menit juga akan membawa hasil yang lebih baik lho.

5. Anti nyamuk

Anti nyamuk
Anti nyamuk
Iklan

Siapa yang tidak sebal digigit nyamuk? Sebuah studi di India menemukan bahwa mereka yang menggosokkan bawang putih di lengan dan kaki mereka tidak akan diganggu lagi oleh nyamuk. Wah, menarik juga ya idenya?

Namun, jika kamu tidak suka bau dari bawang putih, kamu bisa mengakalinya dengan menyampurkan minyak bawang putih, petroleum jelly dan juga beeswax. Atau kamu cukup sebarkan saja kulit bawang putih di sekitarmu maka nyamuk akan menjauh.

6. Lem alami

Lem alami
Lem alami

Pernah merasa lengket di tangan ketika sedang mencincang bawang putih? Ini adalah karena adanya kandungan perekat alami yang dimiliki oleh bawang putih. Banyak orang yang mengaku menggunakan bawang putih untuk merekatkan retakan lho. Caranya adalah dengan menghancurkan beberapa siung bawang putih dan gosokkan cairannya ke bagian yang retak.

7. Menghilangkan es di jalanan

Iklan
Menghilangkan es di jalanan
Menghilangkan es di jalanan

Memang cara ini tidak digunakan di Indonesia, namun di sebuah kota di Iowa garam bawang putih digunakan untuk menghilangkan atau menyingkirkan salju dari jalanan lho. Nah, sepertinya cara ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan kristal es yang mengganggu ya.

8. Melindungi tanaman

Melindungi tanaman
Melindungi tanaman

Ternyata, hama tanaman tidak suka bawang putih lho. Jadi kamu yang hobi menanam atau berkebun bisa menggunakan bawang putih sebagai pestisida alami. Caranya adalah dengan mencampurkan bawang putih, oli mineral, air dan juga sabun cair. Masukkan ke dalam botol penyemprot dan semprot secara teratur.

9. Mengundang lebih banyak ikan

Mengundang lebih banyak ikan
Mengundang lebih banyak ikan

Ikan sangat tertarik dengan aroma dari bawang putih lho. Karena itu nggak heran kalau ada umpan dengan bebauan bawang putih di toko alat pancing. Kalau ingin buat sendiri juga bisa. Gunakan saja umpan biasa lalu balurkan dengan bawang putih.

10. Mengontrol berat badan

Mengontrol berat badan
Mengontrol berat badan

Menurut seorang ahli nutrisi, Cynthia Sass, pada sebuah studi menunjukkan seekor tikus yang makan bawang putih mengalami pengurangan berat badan dan juga timbunan lemak. Karena itu tidak heran jika bawang putih bisa mengontrol berat badanmu. Coba untuk selalu memasukkan bawang putih di makanan sehari-harimu. Selain menyedapkan rasa, juga bisa menjaga berat badanmu lho.

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan