10 Manfaat Rahasia Green Tea yang Tidak Kamu Ketahui

Mengempeskan mata bengkak
Share ke teman kamu

Green tea atau teh hijau memang sudah lama dikenal di dunia kuliner. Bahkan hampir kebanyakan olahan makanan mengandung green tea. Rasanya nggak kekinian banget deh kalo belum rasain green tea.

Green Tea ini memang terkenal karena memiliki khasiat sebagai bahan makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Selain membantu menurunkan berat badan, ternyata teh hijau ini juga masih memiliki banyak khasiat lain yang nggak kita tahu. Lantas, apa saja manfaat jika kita mengonsumsi teh hijau secara teratur? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Membantu mencegah berbagai macam kanker

Membantu mencegah berbagai macam kanker

Membantu mencegah berbagai macam kanker

Walaupun studi tentang bagaimana teh hijau bisa mencegah kanker masih dalam tahap awal, namun ternyata hasilnya cukup menjanjikan. Peneliti meyakini bahwa polifenol dalam teh hijau membantu tubuh memerangi sel-sel kanker dan menghentikan perkembangannya.

Setidaknya 472 wanita dengan kanker payudara stadium awal mengalami penurunan penyebaran kanker dengan minum 5 cangkir teh hijau setiap hari. Dipercaya juga, teh hijau berpengaruh pada kanker usus besar, kanker prostat dan juga kanker kulit.

2. Membuat jantung lebih sehat

Membuat jantung lebih sehat

Membuat jantung lebih sehat

Teh hijau mengandung flavonoid, sebuah antioksidan yang bagus untuk melindungi jantung dari penyakit. Jika kamu minum satu atau dua cangkir teh hijau, maka resiko penyempitan arteri akan menurun sekitar 46 persen. Bahkan jika kamu minum 3 cangkir sehari, kamu bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung sebesar 43 persen dan juga mengurangi resiko kematian sebanyak 70 persen.

3. Meningkatkan kinerja otak

Meningkatkan kinerja otak

Meningkatkan kinerja otak

Peneliti dari Belanda menyebutkan bahwa L-theanine dan kafein pada teh hijau bisa secara signifikan meningkatkan tingkat perhatian dan kewaspadaan pada otak. Nilai lebihnya adalah, kafein dalam teh hijau tidak setinggi minuman peningkat energi lainnya sehingga kamu tidak akan merasa cemas dan gelisah.

Bahkan, menurut American Journal of Clinical Nutrition, mereka yang berusia 55 tahun atau lebih tua dan minum teh hijau satu cangkir sehari memiliki resiko lebih kecil untuk mengalami penurunan kemampuan mental.

4. Membersihkan jerawat

Membersihkan jerawat

Membersihkan jerawat

Studi dari University of Miami menyebutkan bahwa senyawa antimikroba dan antioksidan pada teh hijau bisa membersihkan jerawat jika digunakan 2 kali sehari secara berturut-turut selama enam minggu. Caranya, kamu cukup mengompreskan kantung teh yang sudah diseduh dan didinginkan terlebih dahulu pada area yang berjerawat.

Untuk kamu yang memiliki tipe kulit berminyak, campurkan teh peppermint dan teh hijau untuk menghancurkan minyak berlebih. Atau bisa gunakan juga teh chamomile untuk membuat kulit lebih rileks.



5. Membersihkan saluran kemih

Membersihkan saluran kemih

Membersihkan saluran kemih

Minum 2 hingga 3 cangkir teh hijau bisa membantu kamu membersihkan saluran kemih lho. Bahkan juga bisa untuk melawan infeksi saluran kemih. Antioksidan pada teh ini bisa mengurangi peradangan yang terjadi di kandung kemih. Penelitian lain menyebutkan, mereka yang minum teh hijau punya resiko 40 persen lebih rendah tidak terkena infeksi saluran kemih dibanding mereka yang tidak minum teh hijau.

6. Meringankan alergi

Meringankan alergi

Meringankan alergi

Flavonoid pada teh hijau ternyata memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah meringankan alergi. Bahan kimia dari tanaman ini ternyata bisa melindungi tubuh dari peradangan. Jika kamu memiliki gangguan sinus, kamu bisa minum beberapa cangkir teh hijau dalam sehari secara rutin. Lalu lihat perubahan yang terjadi.

7. Mengempeskan mata bengkak

Mengempeskan mata bengkak

Mengempeskan mata bengkak

Dengan menggunakan kantung teh hijau sebagai kompres pada mata, kamu bisa menghilangkan mata panda dan juga mata bengkak. Ahli herbal menyebutkan bahwa teh hijau bisa menenangkan jaringan yang bengkak. Kamu cukup menempatkan dua kantung teh basah pada mata dan berbaringlah selama 15 hingga 20 menit.

8. Mengurangi gejala asma

Mengurangi gejala asma

Mengurangi gejala asma

Antioksidan quercetin yang ada di dalam teh hijau berfungsi juga untuk menghambat lepasnya zat inflamasi dari sel mast, sel yang berhubungan dengan respon alergi. Jika kamu memiliki asma, cobalah untuk minum setidaknya dua cangkir teh hijau setiap hari.

9. Mengatasi stres

Mengatasi stres

Mengatasi stres

Kandungan kafein pada teh hijau ternyata lebih rendah dibandingkan jenis teh lainnya sehingga kamu bisa mengkonsumsinya lebih dari 5 cangkir dalam 1 hari untuk membantu mengurangi stress. Studi ini sebelumnya sudah pernah dilakukan di sebuah grup besar orang Jepang yang dilakukan di Tohoku University Graduate School of Medicine, Sendai, Jepang.

10. Menyediakan antioksidan

Menyediakan antioksidan

Menyediakan antioksidan

Pada penelitian yang dilakukan di Tufts University, ditemukan bahwa teh hijau memiliki antioksidan paling tinggi dibandingkan teh hitam dan 22 jenis buah serta sayur. Bahkan, EGCC, sebuah catechin juga ditemukan di teh ini yang ternyata melindungi DNA di dalam sel dari rangsangan kanker.

Antioksidan juga penting untuk menetralkan dan menghilangkan radikal bebas di aliran darah yang berbahaya dan bisa menimbulkan penyakit. Karena itu juga, antioksidan di dalam teh hijau diyakini berperan penting memerangi dan mencegah kanker.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *