Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bagikan

Seledri yang memiliki nama ilmiah Apium Graveolens merupakan sayuran sumber antioksidan, kalium, enzim baik,  folat, dan juga vitamin. Deretan vitamin yang ada di dalam seledri di antaranya adalah vitamin K, C, dan juga B6. Sejak zaman dahulu, seledri juga dikenal sebagai agen anti hipertensi di berbagai pengobatan tradisional. Bahkan di studi terkini juga disebutkan bahwa seledri bisa meningkatkan aktivitas antioksidan dan anti-imflamatori yang baik untuk tekanan darah dan juga tingkat kolesterol, yang artinya bisa mencegah penyakit jantung.

Selain itu, seledri juga merupakan sumber serat yang baik. Jika kamu mengkonsumsi seledri setiap hari, maka pencernaan kamu akan meningkat fungsinya sehingga bisa menurunkan berat badan. Kandungan air dan elektrolit yang tinggi juga bisa mencegah dehidrasi pada tubuh. Bahkan, seledri juga bermanfaat mengurangi kembung pada perut lho. Ternyata ada banyak sekali mafaat seledri ya? Ingin tahu apa saja manfaat seledri yang lain? Simak penjelasan 10 manfaat seledri untuk kesehatan dan kecantikan di bawah ini!

1. Membantu mengurangi kolesterol

Membantu mengurangi kolesterol
Membantu mengurangi kolesterol

Seledri bisa menjadi bantuan jika kamu memiliki tingkat kolesterol yang tinggi. Hal ini tentu akan berguna juga untuk mempertahankan kesehatan jantung. Manfaat seledri lainnya adalah kandungan senyawa unik yang disebut 3-n-butylphthalide (BuPh) yang diketahui bisa bertindak menurunkan lipid. Ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Farmakologi di University of Singapore, di mana seekor tikus yang diberi ekstrak seledri menunjukkan lipid yang lebih rendah dibandingkan kelompok tikus lainnya yang tidak diberikan perlakuan serupa.

Iklan

2. Mengurangi peradangan

Mengurangi peradangan
Mengurangi peradangan

Seledri mengandung antioksidan dan polisakarida yang bertindak sebagai anti-inflamasi, terutama antioksidan flavonoid dan polifenol. Manfaat seledri ini cocok untuk mereka yang berusia lanjut karena bisa memerangi kerusakan radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan. Peradangan di usia lanjut bisa menjadi sebab dari munculnya penyakit kronis seperti kanker, sakit jantung, arthritis dan lainnya.

3. Mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi

Mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi
Mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi

Ekstrak biji seledri bersifat anti-hipertensi, sehingga bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Hipertensi merupakan salah satu penyebab penyakit jantung koroner, yang menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia.

Iklan

Dengan manfaat seledri, maka kadar tekanan darah tinggi kronis lebih bisa dikontrol. Seledri dipercaya bisa bertindak sebagai relaksan otot polos, sehingga bisa menurunkan tekanan darah dan juga meningkatkan aliran kalsium dan kalium di dalam dan luar sel. Selain itu, ekstrak seledri juga akan membantu pembuluh darah untuk memperluas dan meningkatkan aliran darah yang baik untuk kesehatan jantung.

4. Mencegah bisul

Mencegah bisul
Mencegah bisul

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 menemukan bahwa seledri mengandung ekstrak etanol tipe khusus yang bisa melindungi lapisan saluran pencernaan dari bisul. Ekstrak tersebut mampu mengisi lendir lambung yang diperlukan lapisan perut untuk mencegah timbulnya lubang dan bukaan. Peneliti juga percaya bahwa manfaat seledri adalah dapat menjaga kesehatan perut dan usus karena mengandung flavonoid, tannin, minyak atsiri dan juga alkaloid yang penting untuk asam lambung.

5. Melindungi hati

Melindungi hati
Melindungi hati
Iklan

Saat peneliti dari Departemen Nutrisi dan Ilmu Pangan di Helwan University memberi seledri pada tikus, tikus tersebut mengalami pengurangan jumlah penumpukan lemak berbahaya pada hati. Saat itu, peneliti memberikan pola makan tinggi kolesterol pada tikus yaitu kombinasi seledri, sawi putih dan bubuk barley. Makin banyak diberikan, makin membaik pula kondisi hati pada tikus tersebut. Ini meyakinkan peneliti bahwa manfaat seledri adalah bisa bermanfaat bagi mereka yang memiliki penyakit hati.

6. Mengurangi berat badan

Mengurangi berat badan
Mengurangi berat badan

Manfaat yang satu ini pasti menggiurkan bagi para wanita. Tahukah kamu ternyata seledri memiliki kalori yang sangat rendah sehingga penting untuk diet dan juga memberikan nutrisi penting untuk metabolisme tubuh? Seledri memiliki banyak nutrisi seperti antioksidan, elektrolit, vitamin dan mineral seperti vitamin C, B dan kalium. Yang terpenting, seledri rendah kalori dan cocok untuk diet.

7. Mengurangi Kembung

Mengurangi Kembung
Mengurangi Kembung
Iklan

Biji seledri mengandung senyawa NBP yang memiliki efek diuretic dan bisa membantu tubuh untuk melakukan detoksifikasi. Karena efek diuretiknya, seledri sangat bagus untuk pencernaan. Hal ini mampu meningkatkan sirkulasi di dalam usus, sehingga pencernaan akan terbantu untuk mengurangi rasa kembung dan perut membesar karena asupan air.

8. Melawan infeksi

Melawan infeksi
Melawan infeksi

Biji seledri sudah lama digunakan sebagai obat herbal yang memiliki efek anti bakteri. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah laporan pada tahun 2009 dalam Journal of Pharmacy and Pharmacology yang menyebutkan bahwa seledri memiliki komponen anti-mikroba. Jika ekstrak biji seledri dikombinasikan dengan senyawa bakteri berbahaya, ekstrak tersebut bisa memurnikan dan mengurangi pertumbuhan bakteri pada tubuh mansia. Ini karena seledri juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi bakteri secara alami.

9. Mencegah infeksi saluran kemih

Mencegah infeksi saluran kemih
Mencegah infeksi saluran kemih

Manfaat seledri lainnya adalah untuk membantu mengurangi asam urat dan juga merangsang produksi urin. Seledri juga berperan untuk memerangi infeksi bakteri di saluran pencernaan dan organ reproduksi. Karena itu, seledri bisa membantu mencegah infeksi saluran kemih, gangguan kandung kemih, masalah ginjal, dan bahkan kista.

10. Melindungi dari Kanker

Melindungi dari Kanker
Melindungi dari Kanker

Seledri mengandung senyawa bernama polyacetylenes yang bisa membantu mengurangi racun dan melawan pembentukan kanker, terutama kanker payudara, kanker usus dan leukemia. Senyawa ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mampu melawan tumor.

Sudah terbukti kan kalau seledri sangat baik untuk kesehatan? Karena itu mulai sekarang saat kamu makan sup, seledrinya juga harus ikut dimakan, jangan malah dibuang. Dan jangan lupa untuk selalu memilih seledri yang masih segar, berwarna hijau tua dan juga memiliki tangkai yang segar dan mudah dipatahkan. Hindari seledri yang sudah berubah warna dan memiliki lubang di tangkainya.

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan