10 Manfaat Tomat Untuk Kecantikan dan Kesehatan

tomat
Share ke teman kamu

Tomat sering disebut sebagai sayuran, meskipun sebenarnya mereka diklasifikasikan sebagai buah. Ini dapat dimengerti karena tomat lebih sering diletakkan pada bagian sayur dibandingkan di bagian buah. Buah berwarna merah ini pertama kali ditemukan di Amerika Selatan.

Saat ini tomat semakin populer karena selain harganya yang relatif murah, tomat juga memiliki banyak sekali manfaat. Vitamin A, B6, C dan K, magnesium, niacin, thiamin, fosfor, kalium, dan folat terkandung dalam buah kecil berwarna merah ini. Mereka juga mengandung sangat sedikit kalori, yang menjadikan tomat sering digunakan sebagai salah satu menu diet.

Mau tau apa aja manfaat tomat? Berikut 10 manfaat tomat untuk kecantikan dan kesehatan.

1. Mencerahkan kulit

Mencerahkan kulit

Mencerahkan kulit

Salah satu manfaat tomat adalah sebagai bahan alami untuk memutihkan kulit dan meningkatkan tone warna kulit. Kamu bisa menjadikan tomat sebagai masker wajah di rumah. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok teh oatmeal, 1 sendok teh yogurt dan 2 sendok teh bubur tomat (tomat yang sudah dihaluskan). Aduk bahan secara merata kemudian oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Oatmeal yang lembut dapat membantu mengelupas kulit, sementara yogurt dan tomat berperan untuk membersihkan noda pada wajah.

2. Membantu mencegah kanker

Membantu mencegah kanker

Membantu mencegah kanker

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa tomat memiliki kandungan lycopene yang juga berfungsi untuk mengurangi resiko rostat, kolorektal dan kanker perut. Lycopene adalah antioksidan alami yang bekerja secara efektif untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker. Itulah mengapa banyak penderita kanker yang diterapi dengan jus tomat.

3. Mengurangi kadar lemak

Mengurangi kadar lemak

Mengurangi kadar lemak

Lemak adalah pemicu dari penyakit darah tinggi dan pemicu meningkatnya berat badan. Dibutuhkan usaha ekstra untuk menurunkan berat badan, untungnya buah kecil berwarna merah ini bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Kandungan lycopene dalam tomat mampu melepaskan hormon 13-okso-ODA yang akan membantu mempercepat proses metabolisme tubuh. Tomat juga kaya akan serat yang akan membantu kamu kenyang lebih lama. Konsumsilah tomat saat malam hari untuk mengganti makan malam berkalori tinggi kamu.

4. Membantu pembentukan otot

Membantu pembentukan otot

Membantu pembentukan otot

Pembentukan otot dalam tubuh dapat dilakukan melalui olahraga, tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus ditunjang dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Olahraga untuk pembentukan otot dapat dilakukan saat malam hari. Setelah olahraga, kamu harus tidur karena saat tidur otot yang rusak disusun kembali dengan bentuk yang lebih sempurna. Selain itu, pembentukan otot yang sempurna juga ditunjang oleh makanan yang baik. Tomat adalah salah buah yang memiliki kadar protein tinggi, sehingga kamu bisa mencoba mengkonsumsi tomat sebelum dan sesudah olahraga.

5. Mengurangi resiko jantung

Mengurangi resiko jantung

Mengurangi resiko jantung

Tomat kaya akan vitamin C dan lycopene, yang mampu mengurangi resiko penyakit jantung. Sebagian besar vitamin C terkonsentrasi dalam substansi seperti jelly yang menyelubungi biji-biji tomat. Tomat juga tinggi salisilat, yang memiliki fungsi anti-pembekuan darah yang dapat melindungi tubuh dari resiko penyakit jantung. Banyak yang menyarankan untuk menghilangkan biji tomat untuk mengurangi rasa asam, tetapi cara mengkonsumsi tomat yang baik justru dengan bijinya ini.

6. Menjaga kesehatan tulang

Menjaga kesehatan tulang

Menjaga kesehatan tulang

Manfaat tomat yang lain adalah untuk membantu menjaga kesehatan tulang kamu dengan kandungan antionsidannya. Dalam penelitian terbaru, selama empat minggu para wanita pascamenopouse menghilangkan tomat dan makanan pengandung lycopene lainnya dalam daftar menu diet mereka. Hasilnya, setelah empat minggu muncul tanda-tanda kerusakan jaringan pada tulang mereka.

7. Menyehatkan mata

Menyehatkan mata

Menyehatkan mata

Selama ini kita tahu bahwa wortel adalah satu-satunya sayuran yang mampu memulihkan kesehatan mata. Ternyata selain wortel, tomat juga memiliki khasiat yang sama untuk kesehatan mata kita. Tomat merupakan salah satu makanan tinggi kandungan vitamin A, niacin, thiamine, dan asam folat yang saling bekerja sama untuk mengatasi gangguan pada mata.

8. Membantu mengatasi kulit berminyak

Membantu mengatasi kulit berminyak

Membantu mengatasi kulit berminyak

Kulit wajah yang berminyak memang mengganggu, nggak heran kalau cewek suka bela-belain beli skin care dengan harga mahal untuk mengatasi problem ini. Eits, dari pada keluar duit banyak untuk skin care mahal, nggak ada salahnya kamu mencoba menggunakan manfaat tomat sebagai perawatan alami untuk kulit berminyak di rumah.

Buah ini dipercaya mampu mengatasi jerawat, flek hitam, wajah berminyak, dan juga komedo. Campurkan 1 buah tomat dan 3 irisan mentimun. Jus hingga rata, kemudian oleskan pada wajah dengan kuas. Diamkan selama 15 sampai 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali dalam satu minggu.

9. Membuat awet muda

Membuat awet muda

Membuat awet muda

Kandungan lycopene pada tomat telah terbukti dapat mengurangi kerutan pada wajah dan menetralisir radikal bebas yang dapat membuat kulit mengalami penuaan. Lycopene merupakan antioksidan kuat yang dapat mengurangi respon inflamasi terhadap kerusakan sinar UV dengan menetralkan molekul berbahaya yang diproduksi di kulit. Mengkonsumsi tomat setiap hari mampu meningkatkan perlindungan kulit dari paparan sinar UV. Setidaknya konsumsilah 2 buah tomat setiap harinya.

10. Mencegah diabetes secara alami

Mencegah diabetes secara alami

Mencegah diabetes secara alami

Tomat memiliki kandungan kromium yang mampu membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Apabila kadar gula dalam darah seimbang, maka risiko terserang penyakit diabetes juga semakin kecil. Selain itu, tomat juga mengandung flavonoid dan karotenoid, yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan antioksidan, sehingga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kronis lainnya selain diabetes. Tomat adalah buah yang sangat baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Saat kamu membeli tomat pilihlah tomat yang baik, yaitu yang berwarna merah dengan kulit mulus tanpa kerutan supaya kamu mendapatkan manfaat tomat secara penuh. Jangan memilih tomat dengan kerutan atau yang memiliki bintik hitam ya!





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *