10 Masker Alami Ini Efektif Mengatasi Rambut Rontok

Masker Yoghurt
Share ke teman kamu

Masalah rambut rontok adalah salah satu problem yang sering dialami wanita. Ada banyak treatment yang dianjurkan untuk mengatasi problem ini. Tetapi karena padatnya kesibukan, rasa-rasanya rutin melakukan treatment di salon adalah hal yang tidak mungkin.

Well, kalau memang kamu nggak sempat melakukan perawatan di salon. Kali ini kami akan berbagi cara yang efektif dan cerdas untuk mencegah dan menghentikan kerontokan rambut secara permanen dengan masker rambut alami buatan sendiri. Nggak perlu takut ribet, karena semua bahan masker ini tersedia di dapur kamu. Simak, yuk!

1. Masker Telur

Masker Telur

Masker Telur

Telur adalah salah satu bahan dapur yang bisa mengatasi rambut rontok. Dalam telur terkandung lysine yang membantu mengontrol rambut rontok dan pertumbuhan rambut. Bahan yang kamu butuhkan untuk membuat masker ini yaitu 1 buah telur, 1 cangkir susu, 1 sendok makan air lemon, dan minyak zaitun.

Campurkan semua bahan tersebut kemudian oleskan pada seluruh bagian kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat. Tutup kepala dengan shower cap dan tunggu hingga 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

2. Masker Yoghurt

Masker Yoghurt

Masker Yoghurt

Yogurt menawarkan deep conditioning murah dan efektif untuk rambut kamu. Untuk membuat masker yoghurt, bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah secangkir yoghurt, satu sendok makan cuka sari apel dan satu sendok makan madu. Aduk bahan-bahan ini dengan baik, dan usapkan dari akar hingga ujung rambut secara merata. Biarkan selama 15 menit, setelah itu cuci dengan air dingin.

3. Masker Green Tea

Masker Green Tea

Masker Green Tea

Ternyata teh hijau tidak hanya baik untuk kecantikan wajah tetapi juga kesehatan rambut. Teh hijau memiliki kandungan katekin yang membantu dalam menekan DHT atau dihidrotestosteron yang merupakan penyebab utama rambut rontok. Sifat anti-inflamasi dari teh hijau juga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Teh hijau juga mengandung Epigallocatechin gallate atau EGCG yang merupakan polifenol. Polifenol ini berfungsi mendorong pertumbuhan rambut dalam kultur sel, memperkuat akar dan mengaktifkan folikel rambut yang mendorong tumbuhnya rambut.

Untuk membuat masker teh hijau, siapkan satu buah kuning telur dan dua sendok teh hijau. Aduk hingga rata kemudian oleskan dengan kuas ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama 15 – 20 menit kemudian bilas dengan air dan shampo.

4. Masker Strawberry

Masker Strawberry

Masker Strawberry

Buah strawberry memiliki kandungan vitamin, mineral, protein, dan zinc yang akan menutrisi rambut rontok kamu. Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat masker strawbery ini adalah 5 buah strawberry, satu sendok teh minyak kelapa, dan madu.

Campurkan semua bahan dalam sebuah wadah, aduk secara merata. Oleskan pada bagian rambut mulai kulit kepala hingga ujung rambut. Gunakan air dingin untuk membilas setelah 20 menit.

5. Masker Pisang

Masker Pisang

Masker Pisang

Pisang, buah satu ini mengandung banyak mineral, vitamin, dan juga kaya akan zat besi yang bisa membantu menguatkan akar rambut dan mengatasi masalah rambut rontok.



Yang kamu butuhkan untuk membuat masker pisang adalah 2 buah pisang, 2 sendok teh minyak zaitun, minyak kelapa, dan juga madu. Aduk semua bahan di dalam mangkuk dengan sendok hingga merata. Oleskan pada rambut mulai kulit kepala hingga ujung. Diamkan selama 5 menit setelah itu bilas dengan air hangat.

6. Masker Daun Kari dan Kelapa

Masker Daun Kari dan Minyak Kelapa

Masker Daun Kari dan Minyak Kelapa

Masker dengan bahan daun kari dan kelapa adalah masker ajaib untuk rambut rontok kamu. Bahan-bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat masker ini adalah beberapa lembar daun kari segar dan beberapa sendok minyak kelapa. Setelah itu, rebus dengan api kecil beberapa menit. Setelah hangat, oleskan pada rambut dan pijat-pijat di bagian kulit kepala. Diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas sampai bersih. Gunakan masker ini dua kali seminggu.

7. Masker Alpukat

Masker Alpukat

Masker Alpukat

Masker alpukat tidak hanya baik untuk rambut rontok tetapi juga bisa membuat rambut kamu lebih bersinar. Untuk membuat masker ini, siapkan 1 buah alpukat kecil matang, setengah cangkir susu, satu sendok makan minyak zaitun, dan minyak almond. Campurkan mereka dalam satu wadah kemudian aduk hingga rata. Oleskan dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air dingin.

8. Masker Minyak Jarak (Castor Oil) dan Brandy

Masker Minyak Jarak

Masker Minyak Jarak

Minyak jarak dulunya adalah salah satu ramuan kecantikan yang sering digunakan. Minyak jarak mengandung asam risinoleat yang membantu merangsang tumbuhnya rambut.

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat masker ini adalah dua sendok makan minyak jarak, dua sendok makan brendi dan telur. Aduk semua bahan yang ada hingga rata. Oleskan ke seluruh rambut sambil pijat-pijat kulit kepala secara perlahan. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

9. Masker Rosemary

Masker Rosemary

Masker Rosemary

Daun yang memiliki aroma sedap untuk makanan ini ternyata mampu memperkuat folikel rambut dan membantu untuk memerangi rambut rontok. Untuk membuat masker ini, siapkan beberapa helai daun rosemary, kemudian cincang halus hingga mencapai satu sendok makan. Rebus dalam air selama beberapa menit. Tunggu hingga sari rosemary cukup hangat, setelah itu oleskan ke seluruh bagian rambut sambil memijat dibagain kulit kepala. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

10. Masker Vitamin E Kapsul

Masker Kapsul Vitamin E

Masker Kapsul Vitamin E

Kapsul vitamin E ini ternyata tidak hanya berkhasiat untuk kecantikan kulit, tetapi juga bisa membantu melindungi, memperkuat, dan juga memperbaiki kerusakan rambut. Untuk membuat masker ini, selain kapsul vitamin E kamu perlu kombinasi minyak almond, minyak jarak, minyak kelapa, dan minyak lavender. Aduk hingga rata kombinasi minyak yang ada, kemudian masukkan dalam botol kosong.

Buka kapsul vitamin E dan masukkan cairannya ke dalam botol campuran minyak tadi. Oleskan ramuan minyak dan vitamin E pada seluruh bagian rambut dari akar hingga ujung. Biarkan menginap selama semalam. Saat bangun tidur keesokan harinya bilas dengan air dingin. Lakukan rutinitas ini selama tiga kali dalam satu minggu.

Inilah sepuluh masker rambut yang efektif dan tentunya alami untuk mengatasi rambut rontok kamu. Tidak sulit bukan menemukan bahan-bahan di atas? Semua bisa kamu buat di rumah dan tentunya harga semua bahan ini sangat terjangkau. Kalau kamu punya resep lain untuk rambut rontok, share di kolom komentar ya!







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *