Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Masker Alami Untuk Mengatasi Kulit Berminyak yang Bisa Kamu Buat Sendiri

Bagikan

Sebagian besar wanita menganggap kulit berminyak sebagai suatu masalah. Padahal sebenarnya, kulit dengan jumlah minyak yang tinggi dapat dikatakan sebagai sebuah anugerah. Hal ini karena minyak pada kulit tersebut memiliki kemampuan untuk menunda datangnya gejala-gejala penuaan pada kulit seperti kerutan halus atau keriput. Jenis kulit dengan jumlah minyak yang sedikit seperti kulit normal atau kering akan lebih cepat mengalami tanda-tanda penuaan.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa di samping kebaikannya tersebut, kulit yang berminyak kerap menimbulkan beberapa masalah kecil. Masalah itu seperti wajah yang terlihat mengkilap, make up yang mudah luntur dan jerawat yang sering muncul.

Jika kamu mengalami masalah-masalah di atas, jangan khawatir karena berikut ini kami akan membahas tips untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh kulit yang berminyak. Yuk, simak 10 masker alami untuk mengatasi kulit berminyak yang bisa kamu buat sendiri berikut ini!

1. Masker lidah buaya dan oat meal

Masker lidah buaya dan oat meal
Masker lidah buaya dan oat meal
Iklan

Tahukah kamu bahwa aloe vera atau lidah buaya telah digunakan untuk menjaga kesehatan kulit sejak ratusan tahun yang lalu? Hal ini karena lidah buaya memiliki kandungan yang berfungsi untuk mencegah peradangan dan pertumbuhan bakteri. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu mengontrol kulit berminyak dan mengatasi masalah yang muncul karenanya yaitu jerawat. Selain itu, properti anti peradangan di dalamnya juga sangat ampuh untuk menyembuhkan infeksi.

Pertama-tama, ambillah dua sendok makan oat meal ke dalam mangkuk. Setelah itu masukkan lidah buaya yang telah dikupas lalu aduk hingga tercampur. Kemudian aplikasikan pada wajah menggunakan jari dengan gerakan memutar searah dan berlawanan jarum jam selama 3 sampai 5 menit. Diamkan hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

2. Masker apel dan madu

Masker apel dan madu
Masker apel dan madu

Madu memiliki kemampuan untuk membuat kulit menjadi lebih halus, sedangkan apel menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan bersinar secara alami. Apel juga sangat kaya akan Vitamin A, B dan C yang berfungsi sebagai toner, pembersih dan pelembab yang alami.

Haluskan sebuah apel dan campurkan dengan 3 sdt madu kemudian aduk hingga rata. Setelah itu aplikasikan pada wajah dan diamkan hingga 20 menit lalu bersihkan dengan air. Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu dan ucapkan ‘bye-bye’ pada kulit berminyak.

Iklan

3. Masker pisang, susu dan oat

Masker pisang, susu dan oat
Masker pisang, susu dan oat

Buah yang sangat mudah didapatkan ini ternyata memiliki banyak kandungan yang dapat mengatasi masalah yang ditimbulkan kulit berminyak. Pada buah ini terdapat Vitamin A, B dan E serta potassium yang membantu melembabkan kulit tanpa membuatnya berminyak. Susu juga merupakan pelembab alami yang dapat menutrisi kulit. Tidak hanya itu, susu juga memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan komedo.

Langkah pertama, haluskan satu buah pisang dan campurkan dengan 1 sdm susu dan dua sdm oat. Aduk hingga rata kemudian aplikasikan pada wajah dengan gerakan memutar searah, dan berlawanan jarum jam secara bergantian selama kurang lebih 6 menit. Setelah itu diamkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan perawatan ini dua hingga tiga kali seminggu. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan mengaplikasikan masker ini pada area kulit yang berjerawat karena dapat menyebabkan iritasi.

4. Masker pisang, lemon dan madu

Iklan
Masker pisang, lemon dan madu
Masker pisang, lemon dan madu

Kemampuan pisang dan madu dalam memutihkan wajah dan memerangi minyak berlebih pada kulit tidak perlu diragukan lagi. Lemon pun memiliki kemampuan yang sama, ia dapat berfungsi sebagai pembersih alami yang efektif untuk mengurangi jumlah minyak pada kulit dan membuat kulit tampak lebih bersinar serta menghilangkan komedo.

Haluskan satu buah pisang lalu campurkan dengan 1 sdt madu dan 1 sdt air lemon. Setelah itu aplikasikan pada wajah dan diamkan 20 menit hingga mengering. Kemudian bersihkan masker dengan handuk hangat dan basuh menggunakan air. Lakukan perawatan ini secara teratur 2 atau 3 kali setiap minggu untuk hasil yang maksimal.

5. Masker kuning telur

Masker kuning telur
Masker kuning telur

Kuning telur terkenal dengan kemampuannya mengencangkan kulit dan mengurangi kadar minyak pada wajah. Di dalam kuning telur tekandung nutrisi yang sangat tinggi seperti protein, vitamin dan mineral yang dapat membantu merawat kesehatan dan kecantikan kulit secara alami.

Iklan

Pecahkan satu butir telur kemudian pisahkan putih dan kuningnya. Setelah itu aduk-aduk kuning telur. Menggunakan cotton ball, aplikasikan kuning telur pada area wajah dengan minyak berlebih seperti hidung, dagu, pipi dan kening. Biarkan mengering selama 10 menit dan bersihkan dengan air. Lakukan secara teratur 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

6. Masker mangga

Masker mangga
Masker mangga

Buah dengan rasa yang memikat ini ternyata juga kaya akan manfaat. Salah satu di antaranya adalah mengatasi masalah minyak berlebih pada kulit . Tidak hanya itu, kandungan di dalamnya juga dapat membantu membersihkan kotoran yang menempel di kulit. Cara membuat masker ini adalah dengan menghaluskan mangga dan mengaplikasikannya pada wajah hingga rata. Biarkan selama 10 menit kemudian bersihkan dengan air. Lakukan perawatan ini secara teratur sekali seminggu untuk hasil optimal.

7. Toner Peppermint

Toner Peppermint
Toner Peppermint
Iklan

Daun dengan rasa pedas ini ternyata memiliki kandungan yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit mulai dari jerawat, iritasi, gatal dan kulit terbakar. Daun mint juga dapat membantu mengecilkan pori-pori sehingga dapat membantu mengontrol jumlah minyak pada kulit.

Ambillah segenggam daun mint kemudian letakkan dalam wadah atau mangkuk. Setelah itu rebus air hingga mendidih dan tuangkan pada daun mint tersebut. Tunggu hingga setengah jam lalu saring airnya. Bersihkan wajahmu dan aplikasikan pada wajah dengan cotton ball. Simpan sisa toner dalam botol. Aplikasikan 2 hingga 3 kali dalam sehari.

8. Masker seledri

Masker seledri
Masker seledri

Daun beraroma khas yang sering dijadakan penyedap makanan ini ternyata juga sangat bermanfaat bagi kulit. Selain menjaga kulit awet muda dengan kandungan kolagennya, seledri juga ampuh mengatasi masalah minyak berlebih pada wajah.

Ambillah tiga batang seledri kemudian cuci hingga bersih dan potong-potong sampai halus. Setelah itu rendam dalam air hangat dan diamkan hingga 15-20 menit. Kemudian saring airnya, dan dinginkan selama kurang lebih 20-30 menit. Oleskan pada wajah dengan cotton ball dan biarkan hingga mengering. Setelah itu bersihkan dengan air. Lakukan perawatan ini secara rutin dua kali sehari.

Iklan

9. Pelembab dari putih telur

Pelembab dari putih telur
Pelembab dari putih telur

Dalam perawatan untuk mengatasi masalah minyak berlebih pada wajah, tidak hanya dibutuhkan masker dan toner, tetapi juga moisturizer atau pelembab yang tepat. Salah satu bahan makanan yang bisa kamu manfaatkan adalah putih telur. Bahan ini memiliki kemampuan untuk menjaga elastisitas kulit. Maka dari itu, tidak ada cara yang lebih ampuh dalam merawat kelembaban kulit wajah selain dengan putih telur.

Pecahkan telur lalu pisahkan antara putih dan kuningnya. Tambahkan 4 sdm minyak almond dan 1 sdm air lemon pada putih telur, lalu aduk hingga merata. Aplikasikan pada wajah dan biarkan mengering seluruhnya. Bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan perawatan 1 hingga 2 kali seminggu untuk menjaga kulit tetap lembab.

10. Masker mentimun

Masker mentimun
Masker mentimun

Jenis sayuran yang satu ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan airnya inilah yang bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi. Tidak hanya itu, kandungan Vitamin C di dalamnya juga berfungsi mengontrol jumlah minyak pada wajah kamu.

Cara membuat masker, pertama, ambil satu buah mentimun lalu belah menjadi empat bagian memanjang. Cacah bagian dalam dari mentimun dan gosokkan pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

Nah, itulah beberapa perawatan untuk kulit berminyak dengan bahan-bahan alami. Hal yang terpenting dari perawatan ini adalah konsistensi dalam melakukannya. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan