Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Masker Alami Untuk Mengatasi Rambut Kering

Bagikan

Rambut kering dan mengembang memang membutuhkan banyak perawatan. Rambut kering ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya faktor genetis atau kebiasaan sehari-hari, proses styling yang meliputi blow-dryer, catok, dan curly. Selain itu melakukan pewarnaan atau pelurusan rambut juga berkontribusi menyebabkan rambut jadi kering.

Merawat rambut, menjaga pola makan, cukup konsumsi air putih, olahraga, dan menggunakan produk rambut khusus rambut kering dapat membantu mengatasi problem rambut kering kamu. Plus, ada banyak pengobatan alami sederhana yang dapat membantu merawat rambut kering dan mengembalikan kilau rambut kamu. Pengobatan alami sederhana tersebut dapat kamu coba dengan 10 masker alami untuk mengatasi rambut kering ini.

1. Masker alpukat

Masker alpukat
Masker alpukat

Alpukat adalah buah yang sangat bagus untuk kulit kering ataupun rambut kering. Stephen Sanna, ahli pewarnaan rambut Salon Pierre Michel di New York City menyarankan, untuk menggunakan masker alpukat setidaknya satu kali dalam satu minggu.

Iklan

Kamu bisa membuat masker alpukat sendiri di rumah. Caranya dengan menyiapkan 1 buah alpukat matang dan sebutir telur. Kupas kulit alpukat terlebih dulu, kemudian buang bijinya. Hancurkan alpukat sampai halus kemudian campur dengan

telur. Aplikasikan masker ini saat rambut basah setelah keramas kemudian diamkan setidaknya selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan konditioner. Alpukat kaya akan vitamin, asam lemak esensial, dan mineral yang akan membantu mengembalikan kilau rambut kamu.

2. Apple cider vinegar

Apple cider vinegar
Apple cider vinegar

Apple cider vinegar atau biasa disingkat sebagai ACV adalah sebuah bahan dapur yang ternyata memiliki khasiat super untuk rambut kering, yaitu melembabkan rambut dan juga membuat rambut menjadi lebih berkilau. Kamu hanya perlu menyiapkan 2 sendok ACV, 3 butir putih telur, dan 2 sendok olive oil.

Campurkan semua bahan menajadi satu, kemudian oleskan keseluruh bagian rambut sambil dipijat-pijat. Bungkus rambut dengan shower cap dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan shampoo dan air dingin.

Iklan

3. Masker telur dan yogurt

Masker telur dan yogurt
Masker telur dan yogurt

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah 2 butir telur dan 2 sendok yogurt. Campurkan kedua bahan tersebut dalam sebuah mangkuk, hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan di seluruh rambut dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Protein yang terdapat dalam telur dan yogurt akan membantu memperkuat akar rambut, dan membuat rambut lebih berkilau tanpa harus mengurangi kelembapannya.

4. Hot oil treatment

Hot oil treatment
Hot oil treatment

Hot oil treatment ini adalah perawatan yang sudah terkenal untuk mengatasi rambut kering. Perawatan ini sangat baik untuk meperbaiki rambut kering dan rapuh. Hot oil treatment merupakan perawatan yang menggunakan campuran beberapa jenis minyak. Minyak yang harus kamu siapkan adalah minyak almond, minyak zaitun, jojoba oil, dan minyak kelapa murni. Masing-masing minyak ambil sebanyak dua sendok kemudian masukkan dalam cangkir.

Iklan

Rendam cangkir tersebut dalam air panas sampai minyak dalam cangkir menjadi hangat. Usapkan secara merata pada rambut sambil memijatnya perlahan. Bungkus dengan handuk dan diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas dengan shampo dan air dingin. Menggunakan perawatan ini selama 7 hari dalam 1 minggu bisa membuat rambut kamu menjadi lebih lembut, berkilau dan sehat.

5. Santan

Santan
Santan

Santan di sini difungsikan sebagai deep conditioner. Deep conditioner adalah salah satu perawatan wajib bagi rambut kering. Perawatan ini membantu melembabkan rambut kering dan kusam. Kalau biasanya kamu hanya menggunakan kondisioner dari shampoo, kini saatnya kamu mencoba membuat sendiri kondisioner di rumah.

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan adalah 1/4 cup santan, 2 sendok teh madu, 1 buah kapsul vitamin E, 2 tetes air mawar dan glycerine. Opsi tambahan bisa dengan menambahkan 1 sendok teh conditioner rambut yang biasa kamu gunakan. Campurkan semua bahan yang ada dalam 1 wadah, kemudian oleskan pada seluruh bagian rambut secara merata. Bungkus dengan shower cap. Setelah 15 sampai 20 menit bilas dengan air hangat.

6. Putih telur

Iklan
Putih telur
Putih telur

Siapa sangka kalau ternyata makanan berprotein tinggi ini memiliki khasiat untuk mengatasi rambut kering. Putih telur bisa membantu mengembalikan kelembapan rambut kamu dan membuat rambut lebih mudah diatur. Pertama-tama pisahkan 1 buah putih telur dan kuning telur, lalu letakkan dalam mangkuk kecil. Tambahkan 3 sendok air, aduk hingga merata. Oleskan pada seluruh bagian rambut hingga rata dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan shampo.

7. Madu dan minyak sayur

Madu dan minyak sayur
Madu dan minyak sayur

Masker madu dan minyak sayur ini akan membantu menutrisi kembali rambut kering kamu. Cara membuatnya dengan mencampurkan 2 sendok madu dan 2 sendok minyak sayur. Aduk hingga berbentuk seperti pasta yang lengket. Gunakan untuk masker rambut, kemudian bungkus dengan shower cap. Diamkan selama 15 menit setelah itu bilas dengan shampo. Madu akan membuat rambut kamu menjadi lembut dan super mulus.

8. Masker mayones

Iklan
Masker mayones
Masker mayones

Kalau kamu ingin masker yang nggak butuh banyak persiapan dan simple, menggunakan mayones adalah jawabannya. Masker mayones ini sangat direkomendasikan oleh para hair stylist dan dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan 1 sendok full fat mayones. Oleskan pada rambut sambil dipijat-pijat secara merata. Kemudian bungkus rambut dengan shower cap. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan shampo.

9. Lidah buaya

Lidah buaya
Lidah buaya

Lidah buaya terkenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wanita. Bukan hanya untuk kulit, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat bagi rambut. Salah satunya membuat rambut lebih bersinar dan berkilau. Siapkan 3 sendok teh yogurt, 4 sendok teh lidah buaya, dan 1 sendok teh minyak rambut. Campurkan seluruh bahan, kemudian aduk secara merata. Setelah itu oleskan pada seluruh bagian rambut. Setelah 20 menit bilas dengan shampo.

10. Rice milk

Rice milk
Rice milk

Rice milk adalah susu gandum yang terbuat dari beras. Sebagain besar susu ini terbuat dari beras merah dan umumnya tidak memiliki kandungan gula. Siapkan 1 cangkir rice milk dan dua sendok madu, kemudian aduk kedua bahan tersebut hingga menyatu. Oleskan ke seluruh bagian rambut hingga rata. Setelah 10 – 15 menit bilas dengan shampo. Masker ini sangat mudah dibuat, dan akan membuat rambut kering dan kusam kamu menjadi lebih berkilau.

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan