10 Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia?

Bendera Burundi
Share ke teman kamu

Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang harus dihadapi banyak negara saat ini, seperti halnya Indonesia. Adapun permasalahan yang bisa memicu kemiskinan suatu negara adalah masalah ketidakstabilan pemerintahan, masalah korupsi, bencana, hingga permasalahan sosial lainnya yang sulit ditanggulangi. Berdasarkan Bank Dunia, suatu negara bisa dikategorikan miskin bila pendapatan harian para penduduknya hanya US$2 atau kurang per hari.

Daftar negara yang dikategorikan paling miskin tak jauh berubah bila dibandingkan pada tahun sebelumnya. Adapun hal tersebut adalah imbas pergerakan ekonomi global yang melambat. Selain itu, negara termiskin di dunia masih didominasi oleh negara yang terletak di benua Afrika. Mereka memiliki kemampuan SDM yang masih jauh di bawah rata-rata sehingga menjadi pemicu utama sulitnya negara-negara tersebut untuk berkembang.

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui apa saja negara termiskin di dunia, berikut ulasan 10 negara termiskin di dunia yang perlu kamu ketahui.

1. Republik Afrika Tengah

Bendera Republik Afrika Tengah

Bendera Republik Afrika Tengah

Urutan pertama negara paling miskin di dunia adalah Republik Afrika Tengah. Negara ini merupakan negara kecil di pedalaman Afrika yang memiliki jumlah penduduk sekitar 4 juta jiwa saja. Negara termiskin di dunia ini mendapatkan perolehan GDP/PDB yang paling kecil di dunia, hanya sekitar US$640 saja.

Adapun pemicu sulitnya pertumbuhan perekonomian di negara ini adalah karena adanya permasalahan sektarian. Belum lagi, negara ini memiliki pengelolaan sistem pemerintah yang berantakan dengan meningkatnya masalah korupsi yang kian merajalela. Jadi tak heran jika Republik Afrika Tengah ini mengalami kemiskinan yang kian meningkat dan sulit untuk ditanggulangi.

2. Republik Demokratik Kongo

Bendera Republik Demokratik Kongo

Bendera Republik Demokratik Kongo

Urutan kedua negara termiskin di dunia diduduki Republik Demokratik Kongo, sebuah negara yang terletak di Afrika Tengah. Kongo merupakan sebuah negara yang memiliki penduduk berjumlah 67 juta jiwa dengan perolehan penghasilan GDP/PDB yang hanya US$750. Di negara ini, konflik dan permasalahan masa lalu terus terjadi sehingga akhirnya memicu ketidakstabilan pada pemerintahan. Sebagai akibatnya, perkembangan ekonomi di Republik Demokratik Kongo ini pun sulit mengalami peningkatan.

3. Malawi

Bendera Malawi

Bendera Malawi

Malawi berada di urutan ketiga negara termiskin ddi dunia. Negara ini berada di Afrika bagian selatan. Malawi termasuk negara paling miskin di dunia karena memiliki pendapatan GDP/PDB yang hanya sekitar US$820 saja. Sebenarnya, perkembangan perekonomian Malawi sendiri sudah mulai meningkat selama beberapa tahun ini, namun tingginya inflasi serta ketergantungan pembiayaan donor merupakan faktor penghambat perbaikan sistem secara lebih luas.

4. Liberia

Bendera Liberia

Bendera Liberia

Posisi keempat negara termiskin di dunia diduduki oleh Liberia. Negara yang berada di bagian pesisir barat Afrika ini memiliki jumlah penduduk sekitar 4 juta jiwa saja. Pendapatan GDP/PDB di Liberia sendiri adalah sekitar $935. Negara ini masih merasakan dampak akibat perang saudara, yang mana perang tersebut terjadi sekitar 20 tahun lamanya. Hal inilah yang mengakibatkan meluasnya kemiskinan, kasus korupsi yang kian merebak, dan banyaknya buta huruf. Karena itu, wajar jika Liberia termasuk dalam daftar salah satu negara paling miskin di dunia.

5. Burundi

Bendera Burundi

Bendera Burundi

Burundi merupakan negara paling miskin di dunia urutan kelima. Burundi juga tergolong sebagai sebuah negara kecil karena hanya memiliki jumlah penduduk 10 juta jiwa dan berada di Afrika bagian tengah. Burundi hanya mendapatkan perolehan GDP/PDB sekitar US$951 saja. Adapun faktor pemicu kemisikinan di negara ini adalah karena rendahnya pembangunan, tindakan korupsi, dan ketidakstabilan politik, sehingga membuat perekonomian di Burundi semakin terpuruk.

6. Nigeria

Bendera Nigeria

Bendera Nigeria

Negara termiskin di dunia urutan keenam adalah Nigeria. Nigeria merupakan negara yang berada di Afrika Barat dengan jumlah penduduk sekitar 173 juta jiwa. Negara yang memiliki jumlah penduduk beragama Muslim paling banyak di benua Afrika ini memperoleh pendapatan GDP/PDB hanya sekitar US$1.070. Nigeria telah melakukan beberapa upaya demi menstabilkan perekonomian negaranya, akan tetapi karena tata pengelolaan pemerintahan yang buruk, dan ketidakstabilan politik menjadikan perkembangan perekonomian sulit meningkat.

7. Mozambik

Bendera Mozambik

Bendera Mozambik

Jika Anda bertanya, negara manakah yang menduduki peringkat ketujuh negara termiskin di dunia? Maka Mozambik adalah jawabannya. Mozambik yang memiliki jumlah penduduk sekitar 25 juta jiwa ini berada di Afrika Selatan. Pendapatan GDP/PDB yang diperoleh Mozambik hanya sekitar US$ 1.100. Mozambik sendiri sudah memperlihatkan pertumbuhan ekonomi menjanjikan hingga 1 dekade terakhir ini. Akan tetapi, pertumbuhan perekonomian ini kurang bisa dirasakan penduduk Mozambik sebab kemiskinan masih saja tetap terjadi karena ketidakmerataan pembangunan serta kesempatan kerja yang kurang.

8. Eritrea

Bendera Eritrea

Bendera Eritrea

Eritrea adalah negara paling miskin di dunia urutan ke delapan. Negara kecil ini berada di Afrika Timur dan hanya mempunyai perolehan GDP/PDB sekitar US$ 1.200 saja. Walaupun mempunyai sektor pertambangan yang menjanjikan, penduduk di negara ini mengalami penderitaan akibat gaya pemerintahan represif, mengakibatkan negara ini mengalami kemiskinan dan menerima sanksi berulang kali dari PBB.

9. Guinea

Bendera Guinea

Bendera Guinea

Negara termiskin di dunia urutan ke 9 diduduki negara Guinea. Berdasarkan catatan perolehan GDP/PDB tahun 2015, negara ini mempunyai angka sebesar US$ 1.400. Negara ini mempunyai keadaan perekonomian yang semakin parah karena adanya virus ebola pada tahun 2014. Adapun faktor lain yang memperlambat sistem pertumbuhan ekonomi di negara ini yaitu karena ketidakstabilan politik.

10. Madagaskar

Bendera Madagaskar

Bendera Madagaskar

Madagaskar masuk ke dalam daftar 10 besar negara termiskin di dunia urutan 10. Negara ini hanya mempunyai nilai GPD/PDB sekitar US$ 1.500, dan berdasarkan data yang diperoleh dari Bank Dunia, sebanyak 95% penduduk Madagaskar memiliki pendapatan kurang dari US$ 2 tiap harinya.

Pemicu kemiskinan utama di Madagaskar adalah karena perselisihan politik serta tata kelola pemerintahan yang buruk. Perekonomian negara ini sangat bergantung dari sektor pertanian, produksi pakaian, dan perikanan tanpa ditopang infrastruktur yang lengkap khususnya jalan yang benar-benar memadai. Hal tersebut mengakibatkan banyak petani merasa kesulitan mendapatkan hasil pertanian yang baik.

Karena letak geografis Madagaskar terisolasi dari dunia luar, sektor perdagangan kancah internasional pun menjadi sulit untuk berkembang. Hal inilah yang membuat Madagaskar menjadi salah satu negara termiskin yang ada di dunia.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *