Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Orang Terkaya Di Dunia Ini Tidak Lulus Kuliah

Bagikan

Pendidikan dan penghasilan dari pekerjaan kadang menjadi dua hal yang selalu dikaitkan. Apalagi orang tua kita sering bilang kalau mau punya banyak uang, ya harus punya pendidikan yang tinggi.

Tetapi pada kenyataannya tidak semua berjalan sesuai dengan omongan orang tua tadi. Buktinya 10 orang yang dinyatakan paling kaya di dunia ini malah tidak pernah lulus kuliah, bahkan ada yang sampai drop out (DO) loh. Siapa saja mereka, simak 10 orang terkaya di dunia tanpa lulus kuliah berikut ini.

10. Gabe Newell

Gabe Newell
Gabe Newell

Namanya mungkin hanya dikenal oleh para gamers, karena Gabe adalah co-founder dari perusahaan pengembang video game dan distribusi digital, Valve Corporation. Perusahaan ini adalah perusahaan yang mengembangkan banyak sekali game populer sepanjang masa, termasuk Half-Life.

Iklan

Gabe adalah mahasiswa dari Harvard University, tapi dia mengaku tidak mendapatkan apa-apa saat kuliah di sana. Bahkan dia lebih memilih untuk ‘nongkrong’ di tempat kakaknya bekerja, yaitu di Microsoft. Di sana dia belajar banyak tentang mengembangkan sebuah software. Kini Gabe yang dulu pernah bekerja di Microsoft merintis perusahaannya sendiri, Valve. Dan kini kekayaan sekitar 1,26 miliar Dollar.

9. Jack Dorsey

Jack Dorsey
Jack Dorsey

Nama Jack sudah terkenal di kalangan programmer sekarang ini. Dia juga menjadi salah satu co-founder dari Twitter, sebuah platform social media yang dimiliki hampir semua orang di dunia. Bahkan sejak muda dia sudah memiliki minat dalam bidang teknologi digital. Jack memiliki beberapa software sejak usianya masih muda, bahkan software miliknya masih digunakan oleh beberapa perusahaan sampai saat ini.

Jack pernah berkuliah di Missouri University of Science and Technology sebelum akhirnya pindah ke New York University. Lalu dia menemukan ide untuk mengembangkan Twitter hingga dia di-DO karena fokus pada idenya tersebut. Namun ini semua terbayar, kini Jack memiliki kekayaan sekitar 2,5 miliar dollar.

8. Sean Parker

Iklan
Sean Parker
Sean Parker

Nama Sean terkenal karena dia menjadi co-founder dari Napster, sebuah layanan sharing file melalui internet. Dia juga merupakan presiden pertama dari social media, Facebook. Kembali ke masa kecilnya dahulu, Sean sudah tertarik dengan dunia programming dan hacking. Dia bahkan pernah berurusan dengan FBI karena pernah meng-hack sebuah perusahaan.

Saat SMA, dia direkrut oleh banyak sekali perusahaan dan berpenghasilan sekitar 80.000 dollar per tahun. Dia dianggap jenius oleh banyak orang, bahkan menjadi salah satu pengusaha paling sukses sepanjang waktu. Kini kekayaannya senilai 2,7 juta dollar.

7. Steven Spielberg

Steven Spielberg
Steven Spielberg

Siapa yang tidak kenal dengan pembuat film handal, Steven Spielberg? Salah satu atau bahkan banyak filmnya mungkin sudah kamu lihat di bioskop. Steven adalah pria di balik terkenalnya film seperti Jaws, Jurassic Park dan E.T the Extra-Terrestrial.

Iklan

Steven sudah tertarik dengan dunia film sejak kecil. Saat remaja, dia sudah membuat banyak film amatir bersama dengan teman-temannya. Saat usia 16, dia sudah membuat film indie dengan uang yang diberikan oleh ayahnya, film ini berjudul Fireflight dan ditayangkan di bioskop lokal. Dia pernah kuliah di California State University namun kemudian dia mendapatkan tawaran 7 tahun kontrak dengan Universal Studio sebagai sutradara film profesional. Kemudian dia di-DO dan bekerja di Universal. Sekarang kekayaannya sudah mencapai 3,6 miliar Dollar.

6. Ralph Lauren

Ralph Lauren
Ralph Lauren

Ralph Lauren adalah salah satu desainer ternama yang juga merupakan CEO dari Ralph Lauren Corporation. Sejak kecil cita-citanya memang ingin menjadi milyuner. Dia kemudian mulai mencari uang sejak SMA dengan menjual dasi. Saat lulus SMA, dia menjadi mahasiswa di Baruch College, di mana dia mengambil jurusan bisnis. Namun dia mengalami DO 2 tahun kemudian karena ingin bergabung menjadi tentara.

Setelahnya, dia mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan dasi yang mana dia tidak bertahan lama karena ide-idenya ditolak. Lalu, dia membuat desain dasi dan menciptakan merk Polo dengan modal 50.000 dollar. Sekarang kekayaannya mencapai 7,1 miliar Dollar

5. Michael Dell

Iklan
Michael Dell
Michael Dell

Coba hitung berapa teman kamu yang memakai produk Dell? Mari perkenalkan mereka dengan pria di balik merk Dell ini. Adalah Michael Dell, seorang pebisnis dan juga investor ternama. Sejak kecil, bisnis memang sudah menjadi minat Michael. Bahkan saat remaja, Michael sudah menghasilkan uang dari kerja sampingannya dan melakukan investasi saham dan logam.

Saat dia mendapatkan komputer pertamanya, dia tertarik dengan mesin. 4 tahun kemudian dia membuat perusahaan bernama Dell dengan modal 1.000 Dollar. Saat itu dia merupakan mahasiswa dari University of Texas. Saat bisnisnya mulai berkembang, dia memutuskan untuk keluar dan fokus bekerja. Kini dia menjadi pria terkaya di dunia dengan urutan 60 karena memiliki kekayaan 18.7 Miliar.

4. Sheldon Adelson

Sheldon Adelson
Sheldon Adelson

Kini Sheldon terkenal karena sifat dermawannya, selain karena bisnisnya sebagai pengusaha. Dia adalah CEO dari Las Vegas Sands. Karena lahir dalam kemiskinan, Sheldon merasa perlu menghasilkan banyak uang. Saat umur 12 tahun, dia mulai menjual koran sebagai pekerjaannya.

Iklan

Dia kemudian terdaftar di City College of New York namun hanya bertahan selama 2 tahun saja. Kemudian menghabiskan 2 tahun menjadi tentara. Namun setelah itu, dia mulai memiliki 50 bisnis lain karena ambisi bisnisnya yang sangat kuat. Kini kekayaan miliknya sekitar 28,7 miliar Dollar.

3. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg

Pengguna Facebook pasti tahu siapa pria di balik social media paling laris saat ini. Mark adalah pengusaha dalam bidang Internet yang diklaim memiliki kekayaan sekitar 34,8 miliar Dollar. Seperti yang pernah dikisahkan dalam film tentangnya, Mark tidak lulus dari kuliahnya di Harvard University karena mengembangkan website yang kini digunakan banyak orang, Facebook.

Sejak kecil Mark memang sudah menunjukkan minatnya dalam bidang software dan game komputer.

2. Larry Ellison

Iklan
Larry Ellison
Larry Ellison

Saat masih remaja, Larry sangat jago di bidang sains dan juga matematika. Bahkan setelah lulus SMA, Larry berkuliah di University of Illinois, dimana hanya bertahan 2 tahun saja. Kemudian dia DO setelah ibu angkatnya meninggal. Setahun selanjutnya, Larry berkuliah di University of Chicago, namun hanya bertahan satu semester saja. Dia kemudian pindah ke California dan mulai bekerja di beberapa perusahaan.

Tahun 1977, dia menciptakan Oracle Corporation yang menspesialisasi bidang hardware komputer dan juga produk software. Larry menjadi orang paling kaya nomor 5 di dunia dengan kekayaan 54.9 miliar Dollar.

1. Bill Gates

Bill Gates
Bill Gates

Bahkan pria paling kaya nomor satu di dunia juga tidak pernah lulus kuliah! Bill Gates adalah pria di balik mahakarya Microsoft. Dia adalah programmer, pebisnis terkemuka, inventor dan juga dermawa. Sejak remaja, bidang programming sudah menjadi minatnya. Kemudian dia bertemu dengan Paul Allen yang memiliki ketertarikan yang sama.

Setelah lulus SMA, Paul berkuliah di Washington State University sedangkan Bill terdaftar di Harvard University. Walau begitu, keduanya kemudian DO karena keinginannya yang sangat besar untuk membuat perusahaan software. Dan kini berkat Microsoft, Bill Gates memiliki kekayaan sekitar 80.4 miliar Dollar.

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan