10 Pantai Terindah di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi

Pantai Ora
Share ke teman kamu

Negara Indonesia yang berbentuk kepulauan membuatnya kaya dengan kawasan pantai. Mulai dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki beragam pantai yang tidak hanya indah namun juga menarik bagi wisatawan asing untuk dikunjungi. Bagi Indonesia sendiri, kawasan pantai telah menjadi salah satu sumber pendapatan pariwisata yang selalu menghasilkan keuntungan setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan pantai-pantai indah di Indonesia tidak pernah sepi, terutama ketika musim liburan tiba.

Setiap pantai di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri, yang biasanya dipengaruhi oleh faktor letak geografisnya. Ada pantai berombak besar yang cocok untuk olahraga selancar, dan ada pula pantai yang tenang sehingga cocok untuk berenang. Kerena itu, tidak cukup bila kamu hanya mengunjungi pantai di Bali saja untuk bisa menikmati pesona alam pantai Indonesia, namun sebisa mungkin jelajahi satu per satu pantai yang ada di seluruh nusantara ini.

Mau tau apa aja pantai terindah di Indonesia yang harus kamu kunjungi? Berikut adalah daftar rekomendasi 10 pantai terindah di Indonesia, dan mungkin saja bisa menjadi referensi tempat untuk berlibur kamu selanjutnya.

1. Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu

Mungkin banyak dari kalian yang belum mendengar tentang pantai ini, namun jangan salah, ternyata pantai yang terletak di kota Waikabubak, Sumba Barat, NTT ini termasuk dalam daftar pantai terindah di dunia. Pantai Nihiwatu memiliki perairan yang sangat jernih dengan pasir pantai yang sangat putih. Karenanya, tidak heran jka banyak wisatawan dari mancanegara yang datang untuk membuktikan keindahan pantai terindah di Indonesia ini. Terlebih, mereka juga ingin mencicipi rasanya berselancar di atas permukaan laut Nihiwatu.

Keistimewaan utama dari pantai terindah di Indonesia ini adalah privasi yang sangat terjaga. Tidak sembarangan orang bisa menikmati keindahan pantai ini, karena hanya pengunjung yang menginap di resor saja yang bisa bersantai dan bermain di Pantai Nihiwatu. Pantai Nihiwatu memang berada di bawah pengelolaan resor tersebut. Bahkan untuk peselancar pun hanya dibatasi hingga 10 orang saja, sehingga peselancar lain harus menunggu antrian jika sudah ada 10 orang yang berselancar.

2. Pantai Derawan

Pantai Derawan

Pantai Derawan

Pantai yang terletak di kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini memang sudah sangat terkenal sebagai tempat wisata yang mempesona. Tidak hanya panorama pantai yang indah, namun pantai ini juga dikenal sebagai spot yang sangat bagus untuk kegiatan menyelam. Pantai Derawan memiliki taman laut yang berisikan beragam biota laut. Keindahan bawah laut inilah yang juga menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Pantai ini juga terkenal dengan batu karangnya yang melimpah. Salah satu batu karang yang terkenal adalah Blue Trigger Wall, yang merupakan batu karang sepanjang 18 meter dengan banyak ikan trigger yang berhabitat di sekitarnya. Keindahan Pantai Derawan semakin lengkap dengan jejeran pohon nyiur serta pasir putih yang akan terasa nyaman saat digunakan untuk berjemur.

3. Pantai Pink

Pantai Pink

Pantai Pink

Pantai indah dan unik ini berada di kawasan Pulau Komodo, sehingga pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai terindah di Indonesia saja, tapi juga mengamati satwa reptil yang tergolong cukup langka yaitu komodo. Pantai unik ini disebut Pantai Pink karena dari kejauhan pasir pantainya akan terlihat mempunyai warna pink. Warna tersebut sebenarnya berasal dari biota laut yang telah mati serta pecahan karang yang terseret ke pantai dan bercampur dengan pasir. Pesona warna pantai tersebut masih ditambah dengan air lautnya yang sangat jernih.

Selain menikmati pemandangan pantai yang indah, pengunjung juga bisa melakukan berbagai olahraga air seperti diving atau snorkeling. Arus di pantai ini cukup tenang sehingga kamu bisa melakukan aktifitas tersebut dengan bebas. Selain itu, jika kamu suka mencari lokasi wisata yang tenang tanpa banyak pengunjung, pantai pink adalah pilihan yang tepat karena memang tidak banyak pengunjung serta tidak diilengkapi dengan fasilitas hiburan laninya.

4. Pantai Dreamland

Pantai Dreamland

Pantai Dreamland

Bosan tiap ke Bali pergi ke Pantai Kuta? Nah, jika pada liburan berikutnya kamu akan berlibur ke Bali, cobalah berkunjung ke pantai yang satu ini. Saat ini Pantai Dreamland sudah sepopuler pantai-pantai lainnya di Bali, bahkan banyak yang menjulukinya New Kuta Beach. Panorama pantai ini sangat indah dengan hamparan pasir yang lembut serta warna lautnya yang biru muda.

Selain dipenuhi dengan wisatawan yang berjemur, pantai ini juga menjadi favorit kalangan peselancar. Ombak lautnya besar dan kuat sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi peselancar, khususnya yang berasal dari luar negeri. Pantai Dreamland bahkan disebut-sebut sebagai salah satu spot surfing terbaik di dunia, mengingat arus ombak dan angin yang bisa memacu adrenalin. Tidak hanya olahraga air saja yang menjadi kelebihan pantai terindah di Indonesia ini, karena sama dengan pantai-pantai Bali lainnya, Pantai Dremaland pun menawarkan keindahan sunset yang sangat eksotis.

5. Pantai Ora

Pantai Ora

Pantai Ora

Indonesia ternyata juga memiliki surga yang tersembunyi, yaitu pantai Ora yang terdapat di Pulau Seram, bagian utara Maluku. Disebut surga tersembunyi karena memang lokasinya yang sangat jauh dari pusat kota, selain itu perjalanan untuk sampai di pantai terindah di Indonesia ini terbilang jauh. Namun semua lelah itu akan terbayar begitu melihat pesona Pantai Ora.



Pantai Ora memiliki perairan yang sangat jernih, begitu jernihnya hingga kapal yang berada di atasnya akan terlihat melayang. Hamparan karang di bawahnya juga akan terlihat jelas dan begitu indah. Cobalah untuk menyelam dan menikmati keindahan karang yang disebut-sebut sebagai salah satu hamparan karang terindah di dunia. Ditambah dengan keberadaan biota laut yang unik dan berwarna-warni akan semakin menambah keelokan pantai ini.

6. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira

Pantai terindah di Indonesia yang selanjutnya berlokasi di Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai cantik ini sudah begitu terkenal ke mancanegara sebagai pantai yang indah dan nyaman untuk wisata keluarga. Sebagai pantai beriklim tropis, Pantai Tanjung Bira sangatlah nyaman dan cocok untuk para wisatawan yang ingin berjemur dengan suasana pantai yang damai. Pemandangan alamnya berupa warna air yang biru kehijauan serta langit biru sangatlah menawan mata.

Hal paling populer dari pantai ini adalah tekstur pasir pantainya yang sangat lembut. Selain itu Tanjung Bira juga merupakan spot melihat keindahan sunset dan sunrise dalam satu lokasi sekaligus. Bukit-bukit karang yang berada di sekitar pantai juga semakin menambah kecantikan alam pantai Tanjung Bira.

7. Tomini Bay

Tomini Bay

Tomini Bay

Jika Pantai Ora adalah surga yang tersembunyi, maka Tomini Bay adalah surga yang tenggelam. Hal itu dikarenakan banyaknya taman laut yang berada di bawah permukaan laut Tomini Bay. Tomini Bay atau Teluk Tomini memiliki pantai yang sangat menjanjikan sebagai tempat wisata. Udaranya yang hangat cocok untuk berjemur, dan keindahan bawah lautnya menjadi surga bagi para penyelam.

Taman Laut Olele, Taman Laut Pulau Limba, dan Taman Laut Pulau Bitilia merupakan beberapa taman laut yang sangat indah dengan beragam biota serta terumbu karangnya. Menjadikan diving sebagai salah satu aktivitas favorit para wisatawan di pantai terbaik di Indonesia ini. Kalaupun kamu tidak bisa diving, kamu tetap bisa menikmati keindahan taman laut tersebut dengan berlayar menggunakan kapal yang bagian dasarnya memiliki kaca. Sehingga, bisa melihat ikan cantik dan terumbu karang yang indah, terlebih dengan air lautnya yang sangat jernih tanpa harus menyelam.

8. Pantai Peucang

Pantai Peucang

Pantai Peucang

Keberadaan pantai yang terletak di Taman Nasional Ujung Kulon ini menjadikan Pantai Peucang termasuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Keindahan yang dimiliki Pantai Peucang begitu mengagumkan hingga tidak sedikit wisatawan yang mengunjunginya. Walau begitu, jumlah pengunjung pantai terindah di Indonesia ini bisa dibilang masih di bawah pantai populer lainnya di Indonesia, namun justru itulah yang menjadi kelebihan pantai ini. Kawasan pantai indah yang tenang dan nyaman seolah sedang berlibur di pantai pribadi.

Keindahan Pantai Peucang terletak pada pasirnya yang berwarna putih dan halus. Ditambah dengan air lautnya yang hijau jernih sehingga bisa terlihat jelas ikan yang berenang di bawah sana. Arus pantai ini sangat tenang, sehingga cocok untuk aktivitas memancing, berenang, atau bahkan menyelam.

9. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

Pantai Sawarna merupakan pantai indah yang terletak di Desa Sawarna, Banten. Pantai ini terbilang cukup sepi karena akses menuju lokasi tersebut tidak begitu mudah. Namun kesulitan di perjalanan akan terbayar dengan keindahan suasana pantai terindah di Indonesia ini. Dimulai dari hamparan pasirnya yang berwarna putih dan bertemu dengan lautan berwarna biru kehijauan. Pasir pantainya sangat bersih sehingga nyaman untuk berjalan-jalan santai.

Arus pantai tersebut juga sangat bagus untuk para pecinta surfing. Meski tidak begitu populer untuk olahraga selancar air, namun ternyata pantai ini juga sudah sering mendapat kunjungan para surfer luar negeri. Suasana yang masih sepi sangat cocok untuk merilekskan pikiran sambil melarikan diri dari kejenuhan perkotaan sehari-hari.

10. Pantai Raja Ampat

Pantai Raja Ampat

Pantai Raja Ampat

Pantai yang berada di Pulau Papua ini memang sudah sangat terkenal sebagai surganya para penyelam. Bagaimana tidak, biota laut yang ada di bawah perairan Raja Ampat sangat unik dan indah. Tidak hanya dari ragamnya yang beravariasi, bentuk dan warnanya pun sangat mempesona. Spesies yang ada di peraian Raja Ampat terbilang jarang dijumpai di perairan lainnya. Raja Ampat juga terkenal dengan kekayaan biota kerangnya. Sekitar 75% dari kerang di seluruh dunia bisa ditemukan di Raja Ampat.

Raja Ampat sendiri merupakan kumpulan pulau-pulau kecil dengan pantai-pantai yang luar biasa indah. Tidak hanya kaya akan biota laut, namun hamparan pasir yang lembut dan bersih dengan air laut yang jernih kehijauan memberikan pesona tersendiri bagi pantai Raja Ampat.

Nah, itulah 10 pantai terindah di Indonesia versi AnekaTop10.com. Pantai mana yang ingin kamu kunjungi? Atau kamu punya pantai indah favorit lainnya? Share yuk!







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *