10 Peluang Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Online shop
Share ke teman kamu

Postingan di PathBeberapa waktu lalu sosial media Path sempat ramai gara-gara postingan di atas. Well, bisa dibilang postingan tersebut ada benarnya. Di jaman modern ini nggak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan wanita tetap memilih untuk bekerja dengan beragam alasan, mulai dari untuk beli make up sendiri sampai keinginan untuk membantu keuangan rumah tangga.

Sayangnya tidak semua suami mengijinkan istrinya untuk bekerja kantoran. Hal ini sebagai pertimbangan agar istri fokus untuk mengasuh anak. Lantas bagaimana dengan kamu yang ingin tetap mendapat penghasilan tambahan tetapi tidak ingin bekerja kantoran? Berikut kita akan membahas peluang usaha sampingan untuk ibu rumah tangga di rumah.

Baca juga: 10 Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan Bermodal Kecil

1. Katering

Katering

Katering

Bisnis makanan adalah bisnis yang nggak akan pernah mati sampai kapanpun karena tujuan orang bekerja mencari uang adalah untuk makan. Bisnis katering adalah bisnis yang cocok bagi kamu yang suka kuliner atau punya hobi memasak. Terlebih saat jumlah orang yang bekerja jauh lebih besar dan mereka tidak suka repot-repot memasak untuk makan.

Pasaran bisnis katering ini adalah para pegawai kantoran dan bisa juga mahasiswa. Umumnya mereka bosan dengan makanan yang mereka beli sehari-hari saat bekerja. Sehingga merindukan rasa masakan rumahan seperti sayur bayam, sayur asam, sambal goreng, dan lain-lain. Selain keahlian memasak, kamu juga membutuhkan pengetahuan tentang gizi, produk-produk yang sehat, dan penanganan makanan baik itu dari segi packaging atau pendistribusian. Sebagai permulaan, berinvestasi pada peralatan memasak adalah langkah yang tepat.

2. Penitipan anak / day care

Penitipan anak / day care

Penitipan anak / day care

Banyaknya orang tua yang bekerja tetapi memutuskan untuk tidak menggunakan baby sitter membuat mereka memilih penitipan anak sebagai sarana yang tepat untuk working parents. Bisnis ini memang sedang berkembang saat ini. Para orang tua lebih memilih day care karena selain diasuh, anak-anak akan mendapat pelajaran kepribadian dasar seperti cara menyikat gigi, makan yang benar, dan lain-lain.

Bisnis ini memiliki jangka waktu yang panjang karena sekali kamu mendapat kepercayaan dari orang tua sang anak, mereka akan memutuskan untuk menitipkan anaknya lebih lama pada kamu. Dalam bisnis ini kamu membutuhkan tenaga yang kompeten, bukan hanya tenaga yang memahami tentang kebutuhan anak tetapi juga yang mampu memberikan pendidikan pada anak. Alangkah lebih baik jika space yang kamu miliki cukup luas.

3. Membuka laundry

Membuka laundry

Membuka laundry

Bisnis Laundry bisa dibilang merupakan bisnis yang membutuhkan modal relatif kecil dan sangat menjanjikan, Terlebih jika rumah kamu dekat dengan area kos, perkantoran atau kampus. Karena di lingkungan tersebut banyak sekali mahasiswa dan pegawai kantoran yang tidak memiliki waktu untuk mencuci dan menyetrika baju.

Saat ini bisnis laundry sangat banyak sekali, terutama di kota-kota besar. Kalau kamu benar-benar ingin membuka bisnis ini, pastikan terlebih dahulu target konsumen, apakah itu pegawai, mahasiswa, atau rumah tangga. Setelah menentukan target konsumen, survey terlebih dahulu apakah ada saingan di lokasi kamu sehingga kamu bisa menentukan harga dan kualitas hasil laundry dengan tepat. Atau sebagai permulaan kamu bisa mencoba bisnis laundry waralaba dimana kamu hanya perlu menyediakan tempat dan modal awal.

4. Membuka butik

Membuka butik

Membuka butik

Wanita mana yang tidak mencintai fashion? Baju adalah salah satu barang yang sangat digemari wanita karena wanita suka sekali gonta-ganti gaya berpakaian sesuai dengan trend fashion yang ada. Dengan membuka bisnis butik kamu bisa mendesain baju sesuai yang kamu inginkan. Untuk bisa mendesain baju sendiri kamu harus memiliki keahlian menjahit. Saat ini banyak sekali kursus menjahit yang dapat kamu ikuti sebagai investasi.

Kalau kamu nggak pengen desain sendiri, kamu bisa menggunakan sistem suplai dari berbagai toko baju terpercaya. Di Jakarta atau Surabaya banyak sekali mall yang khusus melayani penjualan baju-baju dengan harga grosir. Kamu bisa mensuplai barang dari toko-toko ini kemudian menjual kembali di butik kamu dengan harga yang berbeda. Dalam bisnis butik ini kamu harus rajin berpromosi dan memiliki sasaran yang jelas, misal anak muda atau wanita khusus berhijab.

5. Desain grafis

Desain grafis

Desain grafis

Mendesain adalah kegiatan yang dapat dilakukan di mana saja, selama ada komputer atau laptop yang memadai. Tugas dari seorang desain grafis ini antara lain merancang brosur, pamflet informasi, katalog produk, iklan, outline website, dan juga logo perusahaan. Desain grafis juga harus memiliki pemahaman tentang printer, pilihan kertas, dan juga proses percetakan.

Kamu yang memiliki latar belakang desain grafis bisa menggunakan keahlian kamu untuk berbisnis. Beberapa pangsa pasar yang bisa kamu jamah adalah agen iklan, perusahaan penerbitan, produsen produk, dan pengusaha individu. Kamu bisa memberikan pelayanan desain produk, desain packaging untuk produk, dan lain-lain. Keterampilan mendengarkan sangat penting dalam bisnis ini, karena untuk menghasilkan rancangan yang sukses kamu harus benar-benar memahami keinginan klien.

6. MUA (Make Up Artist)

MUA (Make Up Artist)

MUA (Make Up Artist)

Suka bereksperimen dengan make up dan kosmetik serta punya keahlian dalam melukis wajah supaya terlihat lebih cantik kalau difoto? Nggak ada salahnya kamu mencoba peluang bisnis menjadi make up artist. Kamu hanya perlu modal peralatan make up yang sudah kamu miliki dan ilmu make up yang saat ini bisa kamu dapatkan di berbagai media online.

Untuk mempromosikan hasil make up kamu, gunakan media sosial seperti instagram atau Youtube. Selain itu kamu juga bisa mencoba untuk berkolaborasi dengan fotografer atau teman yang sedang membuat video musik, foto prewedding, dan lain-lain. Jangan lupa untuk sering bereksperimen dan mengabadikannya dalam foto sebagai bahan portofolio kamu.

7. Bisnis menjahit

Bisnis menjahit

Bisnis menjahit

Bisnis ini sangat digemari karena banyak orang menyukai hal-hal kustom yang tidak dijual di pasaran pada umumnya, contohnya bisnis membuat tirai kustom, selimut bayi, selimut kustom, sarung bantal, gaun boneka, aksesoris, dan lain-lain. Untuk berkecimpung dalam bisnis ini kamu harus memiliki keterampilan menjahit. Kalau kamu tidak memiliki keterampilan menjahit tetapi memiliki ide-ide barang-barang homemade, kamu bisa merekrut penjahit yang bisa kamu bayar per item atau secara rutin setiap bulannya.

8. Blogger

Blogger

Blogger

Yup, sekarang ini kamu bisa mendapatkan uang hanya dengan ngeblog. Di luar negeri banyak sekali ibu rumah tangga yang menjadi fashion blogger, food blogger, ataupun home idea blogger. Menjadi blogger bisa dimulai dengan memahami hobi dan minat yang kamu inginkan. Misalkan kamu hobi kuliner, maka sebaiknya mulailah untuk menulis topik tentang review makanan, cara memasak makanan, dan lain-lain.

Sedangkan bagi kamu yang hobi fashion bisa memulai membuat blog yang bertema fashion. Pendapatan dari blogging ini kamu peroleh dalam bentuk afiliasi pemasaran dan iklan di situs kamu. Atau bisa juga dari perusahaan yang ingin produknya kamu tulis. Agar jumlah visitor kamu terus meningkat, gunakan jejaring sosial dan juga sering-seringlah update isi blog kamu.

9. Freelance

Freelance

Freelance

Freelance, adalah salah satu pekerjaan yang saat ini banyak sekali digeluti oleh para pemuda ataupun ibu rumah tangga. Karena menjadi freelancer memungkinkan kamu untuk memiliki waktu yang lebih fleksibel dan bebas. Beberapa pekerjaan freelance yang banyak diminati adalah penulis lepas, penerjemah, dan programmer. Kamu hanya perlu koneksi internet dan laptop untuk menjadi seorang freelancer.

Kebanyakan freelancer memperoleh proyek dari mantan bosnya, atau mantan pelanggan yang membutuhkan layanan mereka. Meskipun pekerjaan ini terkesan santai tetapi sebagai freelancer kamu tetap harus memiliki disiplin yang tinggi dalam pekerjaan yang kamu lakukan sehingga pekerjaan bisa selesai sebelum deadline dan sesuai dengan jam kerja kamu.

10. Online shop

Online shop

Online shop

Online shop adalah bisnis rumahan yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan nggak perlu modal besar. Cukup punya smartphone, koneksi internet, dan koneksi supplier. Sebelum memutuskan untuk membuka online shop, terlebih dahulu tentukan jenis barang yang ingin kamu jual dan sasaran pasar yang kamu inginkan. Apakah itu kalangan menengah ke bawah atau menengah ke atas dan tentukan juga media sosial yang ingin kamu gunakan sebagai alat berjualan.

Umumnya kalau kamu menggunakan Facebook, sasaran konsumen yang akan kamu capai adalah kalangan menengah ke bawah, sedangkan untuk instagram rata-rata kalangan menengah ke atas. Kalau kamu nggak punya cukup modal untuk mensuplai barang dalam jumlah besar, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan sistem dropship atau reseller.





Baca Juga

Share ke teman kamu

2 thoughts on “10 Peluang Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

  1. makasih mas untuk idenya, masuk akal sekali, sebenarnya
    peluang bisnis semacam yang anda bahas yg dibutuhkan sampai kapanpun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *