10 Penjara Terkejam Di Dunia

Penjara Gitarama
Share ke teman kamu

Membayangkan terkurung di penjara biasa aja pasti sudah seram ya? Apalagi penjara identik dengan kekerasan, dan hal-hal mengerikan yang kita mungkin tidak bisa bayangkan. Tapi kali ini kami akan membawa kamu ke penjara dengan kisah paling mengerikan di dunia. Penasaran di mana saja penjara terkejam di dunia? Simak berikut ini.

10. Bang Kwang

Bang Kwang

Bang Kwang

Penjara ini terletak di Bangkok, Thailand dan memiliki julukan The Bangkok Hilton. Di dalam penjara ini kabarnya sarat akan siksaan untuk pada narapidananya. Bahkan, ada kabar bahwa banyak narapidana ditempatkan di sel kecil hingga berdesak-desakan. Ngerinya lagi, di penjara ini jika narapidana akan dihukum mati, dia akan diberitahu beberapa jam sebelumnya. Nggak kebayang bagaimana rasanya. Hii…

9. Penjara di Pulau Rikers

Penjara di Pulau Rikers

Penjara di Pulau Rikers

Rikers Island atau Pulau Rikers adalah kompleks penjara utama kota New York. dengan luas sekitar 413 hektar, penjara ini menerima 100.000 narapidana baru setiap tahunnya. Pada tahun 2013, penjara ini menjadi salah satu dari 10 penjara paling buruk di Amerika Serikat. Kejahatan di dalam penjara baik antar sipir dan narapidana atau sesama narapidana sudah menjadi pemandangan yang lumrah di komplek penjara ini.

8. Penjara San Quentin

Penjara San Quentin

Penjara San Quentin

Terletak di utara San Fransisco, penjara San Quentin ini merupakan penjara negara khusus untuk pria. Awalnya dibuka pada Juli 1852, penjara yang kini menjadi penjara paling tua di California ini dulunya memberi hukuman mati di penjara ini. Walau memiliki ruangan dengan gas mematikan, ruangan tersebut tidak dipakai lagi. Hukuman mati di penjara kejam ini dilakukan dengan suntikan.

7. Penjara Pulau Alcatraz

Penjara Pulau Alcatraz

Penjara Pulau Alcatraz

Jika ditanya di mana penjara tempat pelaku kriminal paling bermasalah, maka Alcatraz Island adalah jawabannya. Penjara ini dirancang untuk para tahanan yang terlalu sering menyebabkan masalah di penjara federal lain. Beberapa nama seperti Al Capone, Robert Franklin hingga Alvin ‘Creepy’ Karpis pernah mendiami penjara paling ketat di Amerika ini. Sayangnya, penjara ini akhirnya ditutup karena biaya pemeliharaan yang terlalu tinggi dan reputasi yang buruk.

6. Penjara La Sabaneta

Penjara La Sabaneta

Penjara La Sabaneta

Penjara yang ada di Venezuela ini terkenal karena kebrutalan dan kondisi mengenaskan yang ada di dalamnya. Penjara ini didesain untuk menampung 15.000 narapidana namun kini ada kurang lebih 25.000 narapidana di dalamnya. Kejadian paling mengerikan di tempat ini adalah tewasnya 108 tahanan karena pertempuran senjata tahun 1994. Tak berhenti di sana, tahun berikutnya 196 tahanan tewas karena kekerasan di penjara ini.

5. Penjara Gitarama

Penjara Gitarama

Penjara Gitarama

Penjara ini sering disebut neraka yang ada di bumi. Ini karena penjara yang letaknya ada di kigali, Rwanda ini seharusnya hanya menampung 500 orang saja. Namun kini malah ada sekitar 7.000 tahanan di sana. Bahkan New York Times pernah menyebutkan bahwa penjara ini adalah yang terburuk karena tahanan tidak punya cukup ruang untuk duduk atau berbaring, harus menempuh jarak yang jauh hanya untuk makan dan bahkan 5 sampai 10 orang mati setiap harinya.

4. Penjara La Santé

Penjara La Santé

Penjara La Santé

Di negara yang identik dengan hal-hal manis dan romantis ternyata menyimpan penjara super mengerikan. Adalah La Santé Prison atau penjara La Santé yang letaknya di Paris. Tidak hanya mengerikan karena kekerasan dan kekejaman, penjara ini juga membagi tahanannya berdasarkan asal dan juga etnisnya yaitu Blok A untuk Eropa Barat, Blok B untuk Black Africa, Blok C untuk Afrika Utara dan Blok D untuk tahanan kategori ‘lain-lainnya’.

3. Penjara Diyarbakir

Penjara Diyarbakir

Penjara Diyarbakir

Letaknya di Diyarbakir, tenggara Turki. Penjara ini dibangun pada tahun 1980 sebagai penjara untuk Departemen Kehamilan. Tahun awal dan pertengahan 80-an adalah tahun paling mengerikan di penjara ini. Setidaknya, pada tahun-tahun tersebut 34 tahanan tewas. Di tahun 2009, penjara ini rencananya akan diubah menjadi sekolah, namun dikritik oleh aktivits Kurdi yang menginginkan bangunan ini jadi museum pelanggaran HAM saja. Sampai sekarang, bangungan ini masih berfungsi sebagai penjara.

2. Penjara Tadmor

Penjara Tadmor

Penjara Tadmor

Tempat ini terkenal menjadi tempat dengan penindasan paling kejam di dunia. Bahkan, tahun 1980, ketika Presiden Hafez Al-Assad berkunjung, beliau mendapatkan serangan yang membabi-buta. Walau begitu, para tahanan yang menyerangnya mendapatkan eksekusi di waktu berikutnya. Pada tahun 2001, bangunan ini ditutup demi mengurangi angka kekerasan. Namun tahun 2011 dibuka kembali dan kekerasan masih terjadi di sana.

1. Penjara Carandiru

Penjara Carandiru

Penjara Carandiru

Nah, ini dia penjara dengan julukan penjara terkejam di dunia, letaknya ada di Sao Paulo, Brazil. Mulai dari masalah kekerasan hingga kesehatan merupakan masalah besar di dalam penjara ini. Kekerasan hingga kematian di rutan ini sangat kejam terlebih pernah terjadi kerusuhan oleh polisi militer yang menyerbu penjara.

Setidaknya 102 tahanan tewas secara keji ditembak oleh polisi dan 9 dibunuh oleh sesama tahanan. Kejadian yang dikenal dengan Caradiru Massacre atau Pembantaian Carandiru ini dianggap sebagai pelanggaran HAM paling besar sepanjang sejarah Brasil. Namun tidak hanya itu saja, penjara ini terkenal sangat tidak bersih apalagi sehat. Satu dari lima narapidana terjangkit HIV di penjara ini.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *