Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Pohon Terbesar, Tertinggi, dan Tertua di Dunia

Bagikan

Disadari atau tidak, keberadaan pohon sangatlah penting untuk kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya yang ada di bumi. Pohon memiliki satu manfaat penting yaitu sebagai penghasil oksigen. Namun sayang sekali, seiring dengan semakin modern-nya jaman, manusia semakin melupakan pentingnya pohon di lingkungan sekitarnya. Banyak yang menebang pohon secara sadar dan sengaja atau illegal hanya untuk kepentingan komersil. Padahal, sebagai satu-satunya makhluk berakal seharusnya kita menjaga kelangsungan hidup pohon juga.

Nah, tidak lengkap rasanya kalau kita mengetahui salah satu fakta unik dari pohon. Penasaran nggak sih dengan apa saja dan seperti apa pohon terbesar, tertinggi, dan tertua di dunia? Mari kita bahas lebih jauh tentang 10 pohon terbesar, tertinggi, dan tertua di dunia, di Indonesia ada nggak ya?

10. Gothmog

Gothmog
Gothmog

Ini merupakan pohon ek atau Eucalyptus Obliqua terbesar yang ada di Australia. Dengan tinggi 90 meter, Gothmog memiliki batang dengan diameter yang besar yaitu selebar 3 meter.

Iklan

Pohon ini identik dengan kulit kayu yang tebal, kasar dan berserabut, serta daun dengan warna hijau mengkilap. Daunnya sendiri bisa selebar 1,5 hingga 7 cm dengan panjang 6 hingga 22 cm. Hingga saat ini, pohon ini menempati daftar top 10 pohon terbesar di dunia dengan urutan 10 berkat volume 337 meter kubiknya.

9. Queets Spruce

Queets Spruce
Queets Spruce

Dengan volume 337 meter kubik, Queets Spruce adalah pohon cemara jenis Sitka yang paling besar. Tingginya bisa mencapai 75,6 meter. Memiliki nama latin Pice Sitchensis, pohon ini adalah spesies conifer nomor tiga tertinggi di dunia setelah Coast Redwoon dan Coas Douglas-fir. Pohon yang mendapatkan namanya dari penduduk Sitka, Alaska ini bahkan memiliki batang dengan diameter selebar 5 meter, lho.

8. Red Creek Fir

Red Creek Fir
Red Creek Fir
Iklan

Pohon ini merupakan jenis cemara conifer asli dari bagian barat Amerika Utara yang dapat ditemukan di British Columbia, selatan Kanada hingga California, Amerika Serikat. Dengan volume 349 meter kubik atau sekitar 12.320 kaki kubik, pohon ini menjadi pohon terbesar di dunia nomor 8. Red Creek Fir sendiri bisa mencapai tinggi maksimal hingga 100 – 120 meter lho. Tinggi banget ya!

7. Strong Girl

Strong Girl
Strong Girl

Nama pohon kok Strong Girl (cewek kuat)? Ternyata nama tersebut adalah nama lain yang diberikan untuk pohon besar Rullah Longatyle di kawasan Tasmania, Australia. Entah mengapa pohon ini diberi nama panggilan Strong Girl. Pohon ini adalah pohon ek terbesar dan juga jenis Blue Gum Tasmania terbesar di dunia. Jenis pohon terbesar di dunia ini termasuk pohon yang paling banyak dibudidayakan di Australia. Dengan volume sekitar 368 meter kubik, pohon ini bisa memiliki tinggi hingga lebih dari 90 meter lho.

6. Eucalyptus Regnans

Eucalyptus Regnans
Eucalyptus Regnans
Iklan

Pohon yang juga dikenal dengan nama Giant Ash, Mountain Ash, dan Victorian Ash ini adalah spesies Eucalyptus yang asli dari Australia Tenggara dan banyak ditemukan di daerah Tasmania dan Victoria. Menurut sejarah, pohon ini tercatat memiliki ketinggian lebih dari 114 meter sehingga membuatnya menjadi pohon tertinggi di dunia. Ingin tahu berapa volume pohon ini? 391 meter kubik. Wow!

5. Quinault Lake Red Cedar

Quinault Lake Red Cedar
Quinault Lake Red Cedar

Spesies ini merupakan pohon Red Cedar kawasan Barat yang paling besar di dunia. Volume kayunya saja bisa mencapai 500 meter kubik. Dan siapa sangka kalau pohon besar ini letaknya di barat laut pesisir dari Danau Quinalt bagian utara Aberdeen, Washington, atau sekitar 34 kilometer dari Samudra Pasifik? Pohon ini memiliki tinggi sekitar 180 kaki atau 55 meter dengan diameter batang 6 meter.

4. Tane Mahuta

Tane Mahuta
Tane Mahuta
Iklan

Dengan volume 516 meter kubik, Tane Mahuta adalah pohon terbesar di dunia urutan nomor 4. Pohon ini adalah jenis kauri raksasa atau Agathis Australis yang ada di Waipoua Forest, Selandia Baru. Tidak hanya dinobatkan sebagai pohon terbesar di dunia urutan ke 4, pohon ini juga dinobatkan sebagai salah satu pohon tertua di dunia dengan umur antara 1250 sampai 2500 tahun. Dalam bahasa Māori, nama pohon ini berarti Lord of the Forest (penguasa hutan) yang diambil dari jajaran dewa yang dipercaya oleh masyarakat Māori.

3. Arbol del Tule

Arbol del Tule
Arbol del Tule

El Arbol del Tule adalah bahasa Spanyol untuk The Tree of Tule, pohon cemara yang letaknya di pusat kota Santa Maria del Tule, negara bagian Meksiko, Oaxaca. Uniknya, nama kota tersebut didapatkan karena adanya pohon terbesar di Meksiko ini, lho. Diperkirakan usianya sudah mencapai 1.400 tahun dan dengan diameter 11,62 meter, pohon Arbol del Tule ini adalah salah satu pohon dengan volume terbesar di dunia yaitu 750 meter kubik dan juga merupakan salah satu pohon tertua di dunia.

2. Lost Monarch

Lost Monarch
Lost Monarch
Iklan

Pohon dengan volume 1.203 meter kubik ini adalah jenis Coast Redwood yang ada di California Utara. Diameter dari pohon ini adalah sekitar 26 kaki atau 7,9 meter dan juga memiliki tinggi 98 meter. Tidak heran jika kemudian pohon ini juga mendapatkan gelar sebagai pohon Coast Redwood terbesar di dunia.

1. General Sherman

General Sherman
General Sherman

Pohon ini adalah jenis pohon Sequoia raksasa yang ditemukan di California Giant Forest of Sequoia National Park. Bagaimana pohon ini bisa menjadi pohon paling besar di dunia? Ini karena General Sherman memiliki volume sekitar 1.487 meter kubik dengan perkiraan usia 2300 hingga 2700 tahun.

Yang tidak kalah hebat dari pohon terbesar dan tertua di dunia ini adalah, tercatat pohon General Sherman ini sudah pernah melewati banyak sekali masa sulit dan tetap bertahan. Insiden seperti kebakaran, perubahan iklim, dan kemodernan manusia tidak membuat pohon ini mati.

Adalah memang tugas manusia untuk menjaga apa yang ada di alam semesta ini. Globalisasi, teknologi yang makin canggih, dan segala hal modern memang boleh saja berkembang, namun juga harus diiringi dengan pelestarian dan perlindungan lingkungan yang sepadan. Seperti kata pepatah: “Take good care of the earth, because we only have one earth”.

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan