10 Sungai Terpanjang di Dunia yang Wajib Kamu Ketahui

Sungai Yangtze
Share ke teman kamu

Sungai merupakan jalur aliran air yang akan membawa air tersebut menuju laut, teluk, ataupun muara yang lain. Air yang mengalir di sungai sendiri bisa berasal dari hujan, mata air, maupun lelehan salju dan es. Air sungai yang mengalir menuju laut ini kemudian menjadi sumber air yang berguna dan penting untuk mendukung keberlangsungan kehidupan semua makhluk hidup sehingga banyak dimanfaatkan oleh penduduk yang tinggal di sekitar sungai untuk mendukung sektor ekonomi, transportasi, ataupun sektor yang lainnya sejak dahulu kala.

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Tanpa air yang cukup, manusia, hewan, dan tumbuhan tidak mungkin bisa bertahan hidup karena semua unsur kehidupan membutuhkan air baik untuk diminum ataupun digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti mandi, memasak, dan mencuci. Karena itu, sungai berperan sangat penting dalam mencukupi kebutuhan air makhluk hidup yang tinggal di sekitarnya. Sungai juga merupakan tempat yang tepat untuk mencari sumber makanan. Selain itu, keindahan sungai dan alam yang ada di sekitarnya bisa menjadi daya tarik wisata tersendiri terutama bagi wisatawan yang suka merasakan ketenangan alam.

Sungai bisa ditemukan di berbagai belahan dunia dalam jumlah yang sangat banyak. Namun, tidak semua sungai memiliki panjang yang luar biasa sampai bisa melewati beberapa negara sekaligus. Sungai yang terkenal paling panjang di dunia saat ini adalah Sungai Nil. Sungai terpanjang di dunia ini diberi penghargaan sebagai sungai terpanjang di dunia karena panjangnya mencapai 6.650 km, dan melewati sepuluh negara bagian. Sungai yang berada di urutan selanjutnya adalah Sungai Amazon dan Yangtze.

Selain ketiga sungai terpanjang di dunia tersebut, masih ada banyak lagi sungai panjang lainnya yang tidak kalah menakjubkan. Mau tau apa aja sungai terpanjang di dunia tersebut? Berikut daftar 10 sungai terpanjang di dunia yang harus kamu tahu.

1. Sungai Nil

Sungai Nil

Sungai Nil

Sungai terpanjang di dunia urutan pertama adalah Sungai Nil yang mempunyai total panjang 6.650 km atau sekitar 4.180 mil. Sungai yang yang merupakan sungai terpanjang di dunia ini mengalir dari hulu Danau Victoria dan Danau Tana serta melewati beberapa Negara yang ada di benua Afrika hingga Laut Mediterania. Beberapa negara yang dilewati sungai ini antara lain: Kongo, Kenya, Uganda, Tanzania, Ethiopia, Zaire, Burundi, Rwanda, Mesir, dan Sudan.

Sungai terpanjang di dunia ini mempunyai dua anak sungai utama yaitu Nil Putih dan Nil Biru. Perbedaan dari dua anak sungai utama tersebut terletak pada hulu sungai, di mana Nil Putih berasal dari hulu Danau Victoria, sedangkan Nil Biru berasal dari hulu Danau Tana. Kedua anak sungai dari dua danau berbeda ini kemudian bergabung menjadi satu di Sudan dan mengarah ke utara menuju Laut Mediterania.

Banyaknya air yang mengalir di Sungai Nil terkadang menimbulkan banjir yang kemudian diatasi dengan pembangunan Bendungan Aswan. Bendungan Aswan dibangun oleh pemerintah Mesir untuk menanggulangi masalah banjir yang berasal dari luapan air Sungai Nil. Walaupun sering menimbulkan banjir, Sungai Nil adalah sumber air yang sangat penting bagi warga di sekitar sungai tersebut.

2. Sungai Amazon

Sungai Amazon

Sungai Amazon

Sungai terpanjang di dunia yang kedua adalah Sungai Amazon di Benua Amerika. Sungai Amazon mempunyai panjang keseluruhan 6.400 km atau sekitar 3.912 mil yang membentang dari Pegunungan Andes sampai Samudra Atlantik.

Selain termasuk salah satu sungai terpanjang di dunia, sungai ini juga merupakan sungai terbesar di dunia. Aliran air dari Sungai Amazon yang dialirkan dan dilepaskan ke Samudra Atlantik mencapai 184.000 hingga 300.000 meter kubik setiap detiknya. Jumlah tersebut adalah yang paling besar di dunia, bahkan mengalahkan jumlah aliran air Sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia.

Sungai yang menjadi sungai penyumbang seperlima air tawar ke laut lepas di seluruh dunia ini dimulai dari Pegunungan Andes yang terletak di Peru kemudian mengalir melintasi beberapa Negara di Amerika yang meliputi Kolombia, Equador, Brasil, dan kemudian bermuara di Samudra Atlantik.

3. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze

Sungai Yangtze

Sungai Yangtze yang berada di China merupakan sungai terpanjang di dunia urutan ketiga dengan total panjang mencapai 3.602 mil atau sekitar 6.300 km. Aliran sungai ini berasal dari Dataran Tinggi Tibetan dan berakhir di Laut China. Sungai yang mendapatkan gelar sebagai sungai terpanjang di Asia ini mengalir melewati beberapa kota penting di Negara China.

Sungai Yangtze adalah sungai yang berpengaruh dan berperan penting terutama pada sektor ekonomi serta kelangsungan hidup penduduk China. Karenanya, sungai ini dijaga dengan baik terutama dari berbagai polusi air yang bisa merusak serta mencemari sungai. Namun, beberapa waktu yang lalu Sungai Yangtze sempat berubah warna menjadi merah seperti warna darah. Perubahan warna air sungai Yangtze dari hijau menjadi merah tersebut belum diketahui secara pasti apa penyebabnya.

4. Sungai Mississippi

Sungai Mississippi

Sungai Mississippi

Sungai terpanjang di dunia selanjutnya yang menempati peringkat keempat adalah Sungai Mississippi. Sungai ini menjadi sungai paling panjang keempat di dunia karena panjang sungainya mencapai 6.275 km. Sungai yang satu ini terletak di Benua Amerika dan menjadi sungai terpanjang kedua di benua tersebut.

Sungai Mississippi berasal dari Danau Itasca yang berada di Minnesota dan melewati beberapa Negara di Amerika Serikat seperti Lowa, Tenesse, Arkansas, Winsconsin, Illionis, Missouri, dan Kentucky. Muara Sungai Mississippi adalah di Teluk Meksiko yang berada di Negara Bagian Louisiana.



Mississippi mempunyai beberapa anak sungai, di antaranya Sungai Missouri, Sungai Illionis, Sungai Wisconsin, Sungai St. Croix, Sungai Minnesota, Sungai Ohio, dan Sungai Arkansas. Nama Mississippi sendiri berasal dari bahasa penduduk asli Amerika yang memiliki makna sebagai bapak air. Dengan panjang yang luar biasa dan banyaknya anak sungai, membuat sungai ini pantas disebut sebagai bapak air atau Mississippi.

5. Sungai Yenisei

Sungai Yenisei

Sungai Yenisei

Sungai Yenisei merupakan sungai kelima dari daftar sungai terpanjang di dunia dengan panjang mencapai 5.539 km. Sungai yang sebagian besar terletak di Rusia ini dimulai dari hulu Gunung Tannu Ola yang berada di daerah Tuva Barat dan berakhir di Samudera Arktik yang aliran sungainya akan terlebih dahulu melewati kawasan Mongolia. Anak sungai utama yang dialiri air Sungai Yenisei adalah Sungai Anggara dan Sungai Selenga. Panjang sungai yang melewati Rusia dan Mongolia ini membuatnya pantas menduduki peringkat kelima sungai terpanjang di dunia.

6. Sungai Huang Ho

Sungai Huang Ho

Sungai Huang Ho

Sungai Huang Ho atau sering disebut juga sebagai Sungai Kuning berlokasi di China dan termasuk dalam daftar 10 sungai terpanjang di dunia. Sungai dengan panjang total 5.646 km ini berasal dari hulu sisi Timur Gunung Kuanlan dan bermuara di Teluk Vhihli. Teluk Vhihli merupakan salah satu teluk yang ada di China bagian barat.

Panjang aliran Sungai Huang Ho menjadikan sungai ini sebagai salah satu sumber air yang sangat berpengaruh terutama di bidang ekonomi dan sejarah. Sayangnya, sungai ini juga pernah menimbulkan bencana, yaitu banjir yang menewaskan banyak orang. Karena seringnya terjadi banjir dari luapan Sungai Huang Ho, sungai ini mendapatkan julukan sebagai China’s Sorrow. Meskipun menyebabkan bencana banjir, Sungai Huang Ho tetap berperan penting sebagai pendukung perkembangan agrikultur China karena bisa menyuburkan tanah dan meningkatkan ketersediaan gizi pada peradaban Tiongkok.

7. Sungai Ob

Sungai Ob

Sungai Ob

Sungai terpanjang di dunia yang berada di urutan ketujuh adalah Sungai Ob di Siberia. Sungai Ob menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia karena memiliki panjang 5.410 km. Aliran sungai ini dimulai dari Sungai Katun yang berada di Gunung Belukha Republik Altai. Sedangkan akhir dari aliran Sungai Ob adalah di Teluk Ob setelah melewati beberapa negara di Asia dan Eropa. Beberapa Negara yang dilewati sungai ini antara lain: Mongolia, Kazakhstan, dan Rusia. Sungai ini juga telah menjadi salah satu sumber air yang penting dan dimanfaatkan untuk pembangkit energi, irigasi, sumber air bersih, dan perikanan penduduk yang tinggal di sekitar sungai.

8. Sungai Parana

Sungai Parana

Sungai Parana

Sungai terpanjang di dunia lainnya adalah Sungai Parana atau sering disebut juga Rio de La Plata. Sungai yang berada di Benua Amerika Selatan ini mempunyai panjang kurang lebih 4.880 km. Sungai Parana dimulai dari hulu Sungai Panariba yang ada di Brasil dan mengalir menuju Samudera Atlantik sebagai muaranya.

Beberapa Negara di Amerika Selatan yang dilalui sungai panjang ini antara lain: Brazil, Argentina, Paraguay, Bolivia, dan Urugay. Aliran sungai ini terbentuk dari dua hulu sungai yaitu Sungai Paranaiba dan Sungai Grande yang kemudian mengalir ke wilayah Rio de La Plata. Seperti halnya sungai panjang lainnya, Sungai Parana juga dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk sarana transportasi, tenaga pembangkit listrik, dan kegiatan perikanan.

9. Sungai Kongo

Sungai Kongo

Sungai Kongo

Sungai Kongo mempunyai panjang sekitar 4.700 km dan merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia. Sungai Kongo terletak di benua Afrika dan mendapatkan gelar sungai terpanjang kedua di Afrika. Sungai yang sudah dimanfaatkan sebagai jalur transportasi sejak ribuan tahun lalu ini berasal dari Sungai Lualap dan Sungai Luapula. Aliran Sungai Kongo yang sering juga disebut sebagai Sungai Zaire ini bermuara di Samedera Atlantik.

Aliran Sungai Kongo mengalir melewati sepuluh negara di benua Afrika, di antaranya Angola, Kamerun, Burundi, Republik Afrika Tengah, Rwanda, Republik Kongo, Tanzania, Zambia, Gabon, dan Republik Demokratik Kongo. Selain termasuk salah satu sungai terpanjang di dunia, Sungai Kongo juga termasuk dalam daftar sungai terdalam di dunia. Kedalaman Sungai Kongo mencapai 220 meter. Kedalaman tersebut mengalahkan kedalaman sungai manapun di dunia.

10. Sungai Amur

Sungai Amur

Sungai Amur

Sungai terakhir yang masuk daftar 10 sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Amur yang mempunyai panjang kurang lebih 4.400 km dan melewati beberapa negara di benua Asia. Beberapa Negara yang dilewati aliran Sungai Amur sebelum berakhir di Laut Okhotsk di antaranya: China, Rusia, dan Monggolia.

Empat anak sungai utama dari Sungai Amur meliputi Sungai Shilka, Sungai Zeya, Sungai Huma, dan Sungai Ergune. Sungai Amur merupakan simbol geopolitik yang sangat berpengaruh dan penting pada hubungan Tiongkok dan Rusia. Sungai Amur juga menjadi saksi bisu perpecahan Sino Soviet pada tahun 1940 dan memiliki peran penting pada masa itu. Sungai Amur menjadi sungai terakhir dan penutup daftar 10 sungai terpanjang di dunia yang harus kamu ketahui ini.

Nah, itulah daftar 10 sungai terpanjang di dunia yang harus kamu ketahui dari AnekaTop10.com. Apakah kamu ingin berkunjung ke salah satu dari sungai tersebut? Atau ada sungai lain yang ingin kamu lihat? Share yuk!







Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Sungai Terpanjang di Dunia yang Wajib Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *