10 Sungai Terpanjang di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Sungai Mahakam
Share ke teman kamu

Karena Indonesia adalah negara kepulauan, tak heran jika di dalam negara yang indah ini terdapat banyak sungai. Negara yang dijuluki zamrud khatulistiwa ini memiliki lebih dari seratus sungai, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar. Di antara sungai-sungai itu, terdapat beberapa sungai yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Sebagian besar dari mereka terletak di pulau Kalimantan, Sumatera dan Papua.

Pada pulau-pulau tersebut, sungai memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan penduduk. Beberapa mafaat sungai di sana adalah untuk sarana transportasi, pembangkit listrik, pengairan sawah dan tempat budidaya perikanan. Tanpa disadari, sungai telah memberikan banyak manfaat tidak hanya pada penduduk area sekitar tapi juga untuk seluruh penduduk Indonesia.

Di antara sungai-sungai yang terdapat di Indonesia, terdapat sungai yang paling panjang yaitu Sungai Kapuas yang terletak di Pulau Kalimantan. Panjang sungai ini mencapai 1.143 km, mengalir dari Pegunungan Muller menuju Selat Karimata. Sungai ini melewati berbagai wilayah di Provinsi Kalimantan Barat dan menjadi salah satu jalur transportasi utama bagi penduduk di sana. Selain Kapuas, ada juga beberapa nama sungai yang tercatat ke dalam daftar 10 sungai terpanjang di Indonesia. Kira-kira apa saja sungai tersebut? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km. Sungai ini terletak di Pulau Kalimantan, bermata air di Pegunungan Muller dan berhilir di Selat Karimata. Sungai ini memiliki peranan yang sangat penting terutama bagi para penduduk wilayah yang dilewatinya. Manfaat utamanya adalah sebagai sarana transportasi terutama bagi penduduk yang tinggal di wilayah-wilayah sekitarnya.

2. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam

Sungai Mahakam

Setelah Sungai Kapuas, terdapat Sungai Mahakam yang menempati urutan kedua daftar sungai terpanjang di Indonesia. Sungai ini juga terletak di Pulau Kalimantan, lebih tepatnya di Kalimantan Timur. Panjang dari sungai ini mencapai 909 km. Hilirnya terletak pada Selat Makassar. Sama dengan Sungai Kapuas, sungai ini juga menajdi tempat bergantung banyak penduduk di sekitarnya.

3. Sungai Barito

Sungai Barito

Sungai Barito

Sungai Barito juga merupakan sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Kalimantan. Sungai ini memiliki panjang 909 km. Mata air sungai ini sama dengan mata air sungai panjang di Kalimantan lainnya, yaitu pegunungan Muller. Hilirnya terletak di Laut Jawa. Sungai terpanjang ketiga di Kalimantan ini melewati Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan. Banyaknya sungai besar di Pulau Kalimantan memberikan keuntungan tersendiri bagi penduduknya.

4. Sungai Seruyan

Sungai Seruyan

Sungai Seruyan

Selain Kapuas, Mahakam dan Barito, terdapat juga Sungai Seruyan yang menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Sungai ini terletak di Kalimantan Tengah dan memiliki panjang 350 km. Air pada aliran sungai ini berasal dari mata air di bagian utara Provinsi Kalimantan Tengah. Hilirnya berada pada Laut Jawa. Dengan adanya sungai ini, sudah tercatat empat sungai besar dari Kalimantan yang menjadi anggota sungai-sungai terpanjang milik Indonesia.



5. Sungai Batanghari

Sungai Batanghari

Sungai Batanghari

Dari Kalimantan, kini kita beralih ke Sumatera. Sungai Batanghari adalah salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di pulau tersebut. Sungai ini memiliki panjang 800 km, bermata air di Gunung Rasan dan berhilir di Muara Sabak, yaitu bagian timur Pulau Sumatera. Sungai Batanghari menjadi sungai paling panjang di Pulau Sumatera.

6. Sungai Musi

Sungai Musi

Sungai Musi

Sungai Musi memiliki panjang 750 km dan terletak di Pulau Sumatera, lebih tepatnya Sumatera Selatan, dan merupakan sungai terpanjang kedua di sana setelah Sungai Batanghari. Mata airnya terletak di daerah Kepahiang, Bengkulu. Sedangkan hilirnya terdapat di Daerah Sungsang, yaitu bagian Timur Pulau Sumatera.

7. Sungai Indragiri

Sungai Indragiri

Sungai Indragiri

Sungai di Sumatera yang juga termasuk ke dalam daftar sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Indragiri yang terletak di Provinsi Riau. Sungai ini memiliki panjang 500 km. Aliran sungai ini berasal dari dua sungai yang bernama Sungai Ombilin dan Sungai Sinamar. Hilirnya terletak di Selat Malaka. Kini sudah tercatat bahwa Pulau Sumatera telah menyumbangkan tiga sungai besarnya sebagai bagian dari sungai-sungai terpanjang di Indonesia.

8. Sungai Bengawan Solo

Sungai Bengawan Solo

Sungai Bengawan Solo

Mungkin kamu sudah cukup familiar dengan Sungai Bengawan Solo. Sungai yang namanya dijadikan judul sebuah lagu ini ternyata termasuk ke dalam jajaran sungai-sungai terpanjang di Indonesia. Letaknya di Pulau Jawa, melewati Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Aliran sungai ini berasal dari mata air Gunung lawu menuju Laut Jawa. Sungai ini adalah satu-satunya sungai di Jawa yang menjadi anggota 10 sungai terpanjang di Indonesia.

9. Sungai Mamberamo

Sungai Mamberamo

Sungai Mamberamo

Setalah menyusuri sungai terpanjang milik Indonesia yang terletak di Kalimantan, Sumatera dan Jawa, kini kita beralih ke sungai-sungai panjang di Indonesia bagian timur, yaitu Papua. Salah satu sungai terpanjang yang terletak di Papua yaitu Sungai Mamberamo. Panjang sungai ini mencapai 670 km. Mata airnya berasal dari Pertemuan beberapa anak sungai yaitu Sungai Tariku, Sungai Taritatu dan Sungai Daalen. Sedangkan hilir dari sungai ini berada pada Samudera Pasifik.

10. Sungai Digul

Sungai Digul

Sungai Digul

Sungai lain yang terletak di Papua dan menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Digul. Panjang dari sungai ini mencapai 525 km dengan mata air dari pegunungan Maoke dan berhilir di laut Arafuru. Dengan demikian, tercatat bahwa Pulau Papua telah menyumbangkan dua sungai besar ke dalam asset Indonesia.







Baca Juga

Share ke teman kamu

4 thoughts on “10 Sungai Terpanjang di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *