10 Taman Terindah di Dunia Ini Bakal Bikin Kamu Betah Narsis

Keukenhof Gardens, Belanda
Share ke teman kamu

Di tengah hiruk pikuk kota, taman adalah tempat yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai, penghilang stress, piknik, belajar, dan kegiatan outdoor bagi anak-anak. Taman juga berfungsi sebagai lahan hijau untuk meminimalis polusi kendaraan bermotor. Fungsi taman yang beragam ini membuat para arsitek berlomba-lomba mendesain taman seunik dan seindah mungkin.

Dari banyaknya taman yang ada di seluruh dunia, ada 10 taman dengan keindahan yang super memukau. Taman-taman ini tidak hanya memiliki varian tumbuhan yang sejuk dipandang mata, tetapi juga arsitektur yang unik. Mau tau apa saja taman terindah di dunia? Simak yuk!

10. Shalimar Garden, Pakistan

Shalimar Garden, Pakistan

Shalimar Garden, Pakistan

Shalimar Garden adalah taman Persia yang dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan di Lahore. Konstruksi taman ini dimulai pada tahun 1641 AD (1051 AH) dan selesai pada tahun berikutnya. Manajemen proyek itu dilakukan di bawah pengawasan dari Khalilullah Khan, seorang bangsawan dari pengadilan Shah Jahan, bekerja sama dengan Ali Mardan Khan dan Mulla Alaul Maulk Tuni.

Shalimar Garden, Pakistan

Shalimar Garden, Pakistan

Shalimar Garden memiliki bentuk jajar genjang yang dikelilingi oleh dinding bata tinggi berhias ukiran rumit nan indah.Terdapat tiga tingkatan teras di Taman Shalimar, di mana masing-masing teras melambangkan makna tertentu, yaitu kesenangan, kebaikan, dan kehidupan. Pada tahun 1981, Taman Shalimar dimasukkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO bersama dengan Lahore Fort, di bawah konvensi UNESCO tentang perlindungan situs warisan budaya dan alam dunia.

9. Minneapolis Sculpture Garden, USA

Minneapolis Sculpture Garden, USA

Minneapolis Sculpture Garden, USA

Minneapolis Sculpture Garden adalah bangunan yang berharga di Minnesota dan menjadi ikon dari Minnesota. Highlight dari taman ini adalah air mancur berbentuk sendok dan cherry yang unik. Air mancur ini didesain oleh pasangan suami istri Claes Oldenburg dan Coosje van Bruggen yang terkenal dengan arsitektur uniknya. Minneapolis Sculpture Garden adalah salah satu taman terbesar di negara ini, dengan 40 instalasi seni permanen dan sisanya non permanen yang telah mengalami perubahan secara berkala.

Minneapolis Sculpture Garden, USA

Minneapolis Sculpture Garden, USA

8. Yuyuan Garden, China

Yuyuan Garden, China

Yuyuan Garden, China

Taman Yuyuan dipercaya dibangun pada masa Dinasti Ming, sekitar 400 tahun yang lalu. Dibangun dengan arsitektur tradisional China, taman ini terdiri dari tiga area taman yaitu air mancur, dinding naga, dan jembatan yang menghubungkan ketiga taman tersebut. Selama 400 tahun terakhir, taman Yuyuan telah di renovasi beberapa kali.

Yuyuan Garden, China

Yuyuan Garden, China

Taman ini pernah mengalami keterpurukan setelah kematian Pan Yunduan yang merupakan keluarga Pan. Tetapi kemudian, taman ini direnovasi ulang oleh beberapa orang kaya setempat. Sampai pada akhirnya setelah pembebasan Shanghai pada tahun 1956, pemerintah membangun kembali taman indah ini menjadi cantik dan bersih. Pada tahun 1961 taman ini mulai dibuka kembali untuk umum.

7. The Kew Garden, London

The Kew Garden, London

The Kew Garden, London

The Kew Garden yang berlokasi di London ini sudah berdiri sejak tahun 1759, merupakan salah satu taman dengan koleksi tanaman hidup terbesar di dunia. Kew Gardens, bersama-sama dengan kebun raya di Wakehurst Place di Sussex, dikelola oleh Royal Botanic Gardens. Taman ini adalah salah satu tempat wisata top di London. Pada tahun 2003, The Kew Garden dimasukkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

The Kew Garden, London

The Kew Garden, London

Beberapa fitur terkenal yang ada di taman ini antara lain Treetop walkway, Sackler Crossing, Palm House, Waterlily House, dan tentunya masih banyak spot lainnya yang tidak kalah menarik.

6. Butchart Gardens, Canada

Butchart Gardens, Canada

Butchart Gardens, Canada

Butchart Garden adalah salah satu taman yang paling terkenal dan terbaik di dunia. Taman Butchart berlokasi di Britich Columbia. Siapapun yang mengunjungi Butchart untuk pertama kalinya pasti tercengang dengan keindahan yang ada di sini. Taman seluas 50 are ini memiliki banyak koleksi tanaman, burung, dan juga patung. Taman Butchart diibaratkan seperti taman yang tidak pernah tidur. Apapun musimnya, kamu bisa mengunjungi taman ini karena terdapat banyak varian tanaman dari beragam musim. Mulai dari mawar, tulip, magnolia, dahlia, acer, crocus sampai snowdrop.

Butchart Gardens, Canada

Butchart Gardens, Canada

5. Jardim Botânico de Curitiba, Brazil

Jardim Botânico de Curitiba, Brazil

Jardim Botânico de Curitiba, Brazil

Juga dikenal sebagai “Jardim Botânico Fanchette Rischbieter,” taman Curitiba berlokasi di kota Curtiba yang merupakan ibukota negara bagian Paraná. Kota ini juga merupakan kota terbesar di Brazil Selatan. Taman ini merupakan bagian dari bangunan kampus Universitas Federal Paraná dan menjadi salah satu atraksi turis terpopuler.

Jardim Botânico de Curitiba, Brazil

Jardim Botânico de Curitiba, Brazil

Dibuka sejak tahun 1991, kebun raya Curitiba dibangun dengan gaya arsitektur Perancis dimana saat pintu masuk kamu bisa menikmati indahnya taman yang luas dengan air mancur di tengah-tengahnya. Di sini juga terdapat danau, air terjun, dan rumah kaca seluas 458 meter yang dibangun dengan struktur metalik modern, menyerupai Crystal Palace London. Taman ini juga menjadi salah satu tempat penelitian para ilmuan dari seluruh dunia.

4. Suan Nong Nooch, Thailand

Suan Nong Nooch, Thailand

Suan Nong Nooch, Thailand

Taman yang luar biasa cantik ini terletak di Pattaya, dan sudah terkenal di kalangan turis mancanegara kerena keindahannya. Berkunjung ke Suan Nong Nooch kamu akan merasa seperti berada di negeri dongeng. Di dalam taman indah ini selain terdapat banyak varian tanaman yang didesain sedemikian rupa, juga terdapat rumah khas Thailand, villa, ruang perjamuan, kolan renang, dan juga restoran.

Suan Nong Nooch, Thailand

Suan Nong Nooch, Thailand

Berdiri di area seluas 600 hektar, taman indah ini setiap harinya dikunjungi lebih dari 200 orang. Di sini kamu tidak hanya akan disuguhi keindahan flora tetapi juga pertunjukan budaya khas Thailand. Saat berkunjung kemari disarankan bagi kamu untuk menikmati keindahan taman menggunakan sepeda dibanding dengan berjalan kaki.

3. Versailles, Perancis

Versailles, Perancis

Versailles, Perancis

Bisa dikatakan Versailles adalah taman yang paling terkenal di dunia. Dibangun untuk Louis XIV dan dirancang oleh Andre Le Notre, taman ini membutuhkan kerja keras yang luar biasa dalam proses pembangunannya. Sejumlah besar tanah ditata ulang menjadi tempat bunga, orangerie, air mancur dan kanal. Sebelumnya lahan ini hanya berupa hutan, padang rumput dan rawa-rawa.

Versailles, Perancis

Versailles, Perancis

Ribuan orang turut menjadi bagian dalam pembangunan taman super indah ini. Tanah-tanah diangkut dalam gerobak dan juga pohon-pohon didatangkan dari seluruh provinsi di Perancis. Ada pengorbanan yang besar dibalik keindahan Versailles.

2. The Garden of Cosmic Speculation, Skotlandia

The Garden of Cosmic Speculation, Skotlandia

The Garden of Cosmic Speculation, Skotlandia

Dari sekian banyak taman yang sudah dibahas, The Garden of Cosmic Speculation adalah taman yang memiliki desain dan bentuk yang paling unik. Siapapun yang melihat dan berkunjung ke taman ini pasti akan bertanya-tanya ‘bagaimana bisa membentuk taman serumit dan seindah ini?’

The Garden of Cosmic Speculation, Skotlandia

The Garden of Cosmic Speculation, Skotlandia

Jika taman lain identik dengan kata-kata indah atau cantik, Garden Of Cosmic Speculation cenderung memiliki desain modern, minimalis, dan sistematis karena memang taman ini mengambil konsep science dan matematika sebagai inspirasi dalam pembuatannya. Charles Jencks, bersama dengan istrinya membuat taman ini sejak tahun 1989 dengan ide-ide mereka sendiri mengenai ilmu matematika dan science.

1. Keukenhof Gardens, Belanda

Keukenhof Gardens, Belanda

Keukenhof Gardens, Belanda

Sama seperti Versailles, Keukenhof adalah salah satu taman terindah di dunia. Taman terkenal ini adalah tujuan utama terfavorit para wisatawan saat mengunjungi Belanda. Keukenhof adalah rumah bagi 7 juta tulip dengan beragam varietas yang berbeda. Beberapa tulip tersebut ada yang masih dalam masa pengembangan. Taman ini adalah maha karya seni kebangggan Belanda. Salah satu tulip kebanggaan Keukenhof adalah Baba Yaga yang merupakan tulip terkenal khas Rusia. Kalau kamu ingin menikmati keindahan bunga tulip yang bermekaran, waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah pertengahan bulan April.

Keukenhof Gardens, Belanda

Keukenhof Gardens, Belanda





Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *