10 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Paling Ampuh

Marigolds
Share ke teman kamu

Nyamuk, hewan kecil penghisap darah ini sering banget jadi musuh kita. Apalagi kalau lagi enak-enak tidur terus tiba-tiba dia hinggap di tubuh kita, menghisap darah dan meninggalkan rasa gatal-gatal yang mengganggu.

Selain gatal-gatal, beberapa jenis nyamuk dapat menyebabkan penyakit yang berujung dengan kematian, seperti penyakit demam berdarah dan penyakit malaria tropika. Belum lagi buat cewek-cewek yang punya kulit sensitif, biasanya di bagian gatal yang sudah digaruk-garuk dapat meninggalkan bekas pada kulit, bikin kulit jadi nggak mulus lagi.

Umumnya, di rumah kita sudah sedia obat pengusir nyamuk yang mengandung bahan kimia. Nah, dibanding menggunakan bahan dengan kandungan obat kimia ini, bukankah lebih baik kalau kita menggunakan pengusir nyamuk alami? Mau tau gimana caranya? Pakai salah satu dari 10 tanaman pengusir nyamuk yang paling ampuh di bawah ini:

1. Citronella

Citronella

Citronella

Kalau kamu melihat daftar bahan yang digunakan di dalam obat nyamuk, pasti kamu akan menemukan citronella. Nggak banyak orang yang tahu kalau citronella adalah nama salah satu tanaman pengusir nyamuk yang paling ampuh. Citronella sendiri masuk dalam rumpun rumput-rumputan indah yang memancarkan aroma kuat.

Aroma dari citronella dapat menyamarkan aroma lainnya, sehingga menjaga nyamuk untuk tidak tertarik pada hal-hal di sekitar aroma tersebut. Citronella sangat mudah perawatannya dan dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 150 – 180 cm. Kamu bisa menaman citronella di dalam pot kemudian meletakkannya di depan jendela kamar tidur sebagai tanaman pengusir nyamuk.

2. Lemon balm

Lemon Balm

Lemon Balm

Lemon balm adalah tanaman dalam rumpun mint yang juga dikenal sebagai horsemint. Lemon balm merupakan tanaman yang sangat kuat, tanaman ini tidak mudah kering, perawatannya mudah, dan dapat tumbuh dengan baik di daerah teduh.

Lemon balm merupakan jenis tanaman yang dapat berkembang dengan cepat, sehingga jika kamu menanamnya dalam pot dalam jangka waktu tertentu, kamu harus memindahnya ke tempat lain yang lebih luas. Selain dapat digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk, daun dari lemon balm dapat dikeringkan kemudian digunakan sebagai teh herbal yang lezat.

3. Catnip

Catnip

Catnip

Catnip adalah tanaman pengusir nyamuk yang paling ampuh. Pada penelitian di tahun 2010, didapat fakta bahwa catnip 10 kali lebih efektif dalam mengusir serangga dibandingkan DEET yang merupakan salah satu bahan dalam obat serangga.

Catnip adalah tanaman yang sangat mudah pemeliharannya dan pertumbuhannya tidak membutuhkan perawatan yang ribet. Catnip juga merupakan tanaman yang disukai oleh kucing, jadi saat kamu memutuskan untuk menanam tanaman ini, sebaiknya jangan digabung dengan tanaman lain, karena bisa jadi si kucing akan berguling-guling di sekitar catnip dan menghancurkan tanaman lainnya.

4. Marigolds

Marigolds

Marigolds

Marigolds adalah tanaman dengan bunga cerah berwarna orange. Tanaman ini juga diduga ampuh untuk mengusir nyamuk. Marigolds mengandung pyrethrum, bahan yang ditemukan dalam berbagai ramuan pengusir serangga karena memiliki aroma yang dibenci oleh serangga. Dengan bunga berwarna orange cerah, tanaman ini cocok untuk ditanam di halaman kamu, sebagai tanaman pengusir nyamuk ataupun serangga lainnya.

5. Daun basil

Daun Basil

Daun Basil

Siapa sangka kalau ternyata daun basil yang sering digunakan dalam bahan pasta ini dapat digunakan sebagai pengusir serangga, terutama nyamuk. Untuk mengusir gangguan nyamuk, kamu dapat menanam beberapa basil di beberapa pot yang dapat kamu letakkan di halaman rumah.

Selain sebagai tanaman pengusir nyamuk, kamu juga bisa memasukan tanaman ini dalam banyak resep favorit kamu. Basil memiliki beberapa varietas yang berbeda, beberapa yang disarankan untuk mengusir nyamuk adalah lemon basil atau cinnamon basil.

6. Lavender

Lavender

Lavender

Lavender adalah tanaman berbunga ungu dengan aroma yang menenangkan. Tapi, tahukan kamu kalau ternyata tanaman cantik ini memiliki kemampuan alami untuk mengusir nyamuk? Kamu bisa menanam lavender di dekat jendela kamar, di kebun depan, atau dalam pot kecil kemudian letakkan di meja kamar sebagai hiasan sekaligus sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Memiliki tanaman pengusir nyamuk ini di rumah, kamu bisa membuat teh herbal yang lezat, lavender juga bisa menebarkan aroma yang menenangkan di rumah kamu.

7. Rosemary

Rosemary

Rosemary

Rosemary adalah tanaman pengusir nyamuk yang direkomendasikan oleh New York Botanical Garden dan Plant Shed Botanical Garden. Rosemary memiliki aroma sejenis kayu yang tidak hanya bisa digunakan untuk mengusir nyamuk tetapi juga ngengat dan lalat. Tanaman ini dapat tumbuh dengan sangat baik di iklim panas dan kering, tetapi juga sangat ideal ditanam di wilayah bermusim dingin. Rosemary mudah untuk dirawat dan dapat ditanam dalam pot.

Tanaman ini dapat tumbuh cukup tinggi, sehingga dapat dipangkas sedemikian rupa untuk dekorasi dan pagar pembatas. Selain untuk mengusir nyamuk, kamu juga dapat menggunakan tanaman ini untuk memasak dan pengharum herbal alami di lingkungan rumah.

8. Geraniums

Geraniums

Geraniums

Geraniums yang digunakan di sini adalah geranium beraroma. Tanaman ini adalah salah satu tanaman pengursir nyamuk yang paling ampuh dan direkomendasikan oleh PlantShed, BBG, and NYBG. Salah satu geranium beraroma yang disukai adalah yang beraroma lemon. Geranium akan mekar dengan indah dengan aroma kuat yang dapat mengusir nyamuk dan beberapa jenis hama lainnya.

Tanaman ini cepat tumbuh di iklim panas, hangat, cerah, dan kering. Untuk kamu yang tinggal di wilayah bersuhu dingin, tanaman ini dapat tumbuh dengan pemangkasan secara konstan.

9. Pennyroyal

Pennyroyal

Pennyroyal

Pennyroyal memiliki bunga berwarna ungu muda yang menggemaskan tetapi sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Pastikan untuk menanam tanaman pengusir nyamuk ini dekat dengan jendela kamarmu, sebagai benteng pertahanan dari serangan nyamuk. Saat tumbuh, sebagian besar Pennyroyal akan menutup tanah, dan menjadi incaran para kupu-kupu yang indah. Beberapa orang bahkan menggunakan pennyroyal sebagai campuran hidangan ikan untuk memperkuat rasa dan penghilang bau amis.

10. Peppermint

Peppermint

Peppermint

Kebanyakan nyamuk membenci bau dan rasa peppermint, sehingga sangat tepat bagi kamu untuk mulai membudidayakan peppermint di halaman rumah. Memiliki peppermint di halaman rumah dapat mengusir nyamuk. Plus, saat kamu digigit nyamuk dapat menggosokkan daun peppermint langsung ke kulit untuk mengobati gatal tak tertahankan. Bonusnya, kamu dapat menggunakan daun ini sebagai salah satu campuran infuse water untuk menurunkan berat badan bersama dengan lemon dan mentimun.





Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Paling Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *