10 Tanda Hubungan Asamara Kamu Tidak Sehat

Pemerasan emosional
Share ke teman kamu

Saat kamu sedang dalam suatu hubungan, sulit rasanya melihat apakan hubungan kamu termasuk hubungan yang sehat atau tidak. Karena kalian telah menginvestasikan waktu, tenaga, dan biaya yang banyak dalam hubungan tersebut. Seringnya kalian juga enggan untuk peka terhadap tanda-tanda sepele yang bisa memicu hubungan yang nggak sehat.

Hubungan yang nggak sehat akan menguras segala aspek yang ada di hidup kamu, terutama aspek emosional dan mental. Kamu akan sulit berpikir jernih ketika berada dalam situasi hubungan yang seperti ini. Lantas yang disebut sebagai hubungan yang nggak sehat itu seperti apa sih? Ini dia, simak 10 tanda hubungan kamu dan doi nggak sehat.

10. Otoritas pada satu pihak

Otoritas pada satu pihak

Otoritas pada satu pihak

Hubungan harusnya bersifat partnership. Nggak ada satu pihak yang lebih dominan dan memiliki otoritas lebih. Kamu atau doi punya otoritas yang seimbang. Nggak ada yang lebih dominan dan nggak ada yang bisa semaunya sendiri. Semua tugas dan keputusan harus dibagi bersama.

Saat salah satu pihak mendominasi sebuah hubungan, misal dia mendominasi penentuan di mana tempat kalian menghabiskan weekend, siapa yang mengatur keuangan, bahkan sampai-sampai dia yang menentukan dengan siapa kamu boleh berteman. Itu tanda bahwa hubungan kamu nggak sehat.

9. Terlalu bergantung pada pasangan

Terlalu bergantung pada pasangan

Terlalu bergantung pada pasangan

Coba tengok kembali keseharian hidup kamu, saat doi jauh dari kamu apa kamu sering ngalamin kesulitan? Seolah kamu nggak bisa mengerjakan sesuatu tanpa dirinya. Kalau emang kamu rasain hal ini, itu tanda kamu terlalu bergantung pada dirinya.

Bener sih kalau cowok emang suka merasa dibutuhkan cewek yang dia cintai tetapi bukan berarti doi suka kamu sepenuhnya bergantung pada dirinya. Bisa-bisa kalau kamu bergantung terus, doi malah merasa terbebani. Kalau satu pihak udah ngrasa terbebani itu tanda hubungan kamu nggak sehat.

8. Saling menyerang

Saling menyerang

Saling menyerang

Pertengkaran itu wajar dalam sebuah hubungan cinta. Nggak ada hubungan yang nggak pernah ngalamin pertengkaran. Pertengkaran yang baik itu adalah pertengkaran yang berbuah dengan jalan tengah untuk kedua belah pihak. Jadi kalian berdua saling mengeluarkan uneg-uneg kemudian berusaha mencari solusi bersama.

Sedangkan pertengkaran yang buruk adalah pertengkaran di mana kalian berdua saling mencari kesalah satu sama lain dan berujung dengan menyakiti perasaan kedua belah pihak. Pertengkaran ini hanya akan berujung saling menyakiti hati masing-masing tanpa ada pemecahan masalah. Pertengkaran jenis kedua inilah yang jadi tanda kalau hubungan kalian sedang tidak sehat.

7. Terlalu banyak ekspektasi

Terlalu banyak ekspektasi

Terlalu banyak ekspektasi

Hubungan cinta yang sehat itu terdiri dari dua orang nggak sempurna dan memilih untuk saling mencintai dengan ketidaksempurnaan masing-masing. Yang perlu kamu ingat adalah, doi nggak bakal membuat keputusan yang selalu sempurna sepanjang waktu. Akan ada kondisi di mana dia akan membuat pilihan yang membuat kamu nggak nyaman tetapi baik untuk kepentingan bersama.

Di sini penting bagi kamu untuk nggak terlalu idealis dan mengharapkan apa yang kamu inginkan selalu terpenuhi. Jadi jangan membuat dia merasa bersalah hanya karena respon yang dia berikan nggak sesuai dengan yang kamu harapkan. Percayalah, kadang ekspektasi itu sendiri yang bisa menghancurkan hubungan kamu.

6. Mengungkit masa lalu

Mengungkit masa lalu

Mengungkit masa lalu

Kalau pasangan kamu atau kamu masih suka mengungkit-ungkit masa lalu, itu tanda bahwa hubungan cinta kamu nggak sehat. Karena nggak ada orang yang sempurna di dunia ini, kamu nggak seharusnya mengungkit-ungkit kesalahan masa lalu untuk memanipulasi hubungan.

Hal ini akan menimbulkan dia makin merasa bersalah. Kalau kamu emang ngerasa nggak bisa menerima dirinya dan kesalahan yang udah pernah dia buat mending kalian putus dari pada menjalani hubungan nggak sehat yang bisa merusak emosi kamu.

5. Ketidakjujuran

Ketidakjujuran

Ketidakjujuran

Suatu hubungan asmara yang sehat itu dibangun berdasarkan kejujuran. Jadi, saat dia mulai belajar berbohong dengan kamu meskipun itu dalam hal yang sepele, itu tanda bahwa hubungan kalian sedang nggak sehat.

Karena jika seseorang menciptakan satu kebohongan, ia akan melakukan kebohongan-kebohongan lainnya untuk menutupi kebohongan yang sebelumnya sudah ia lakukan. Kalau doi bohong sama kamu, itu tanda kalau dia udah nggak respect dan nggak cukup percaya sama kamu.

4. Enggan memaafkan

Enggan memaafkan

Enggan memaafkan

Penting adanya kamu menyadari bahwa kalian berdua nggak ada yang sempurna. Kalian berdua akan selalu membuat kesalahan dalam hubungan yang kalian jalani. Sehingga penting bagi kamu untuk saling memaafkan dan membangun kembali kepercayaan bersama.

Memaafkan di sini bukan hanya pada masalah-masalah besar seperti selingkuh, tapi juga memaafkan kesalahan-kesalahan kecil yang terjadi. Kalau kamu udah enggan buat maafin kesalahan sepele, meskipun doi udah berkali-kali minta maaf, ini tanda bahwa hubungan kalian nggak sehat.

3. Bersikap pasif-agresif

Bersikap pasif-agresif

Bersikap pasif-agresif

Kamu dan dia sedang bertengkar. Namun, alih-alih berbicara secara terbuka tentang masalah ini. Kalian malah memendam perasaan dan menganggap bahwa semua seolah baik-baik saja. Kemudian kalian berdua mulai untuk menghukum satu sama lain.

Misalkan kamu ngambek gara-gara doi nggak mau nepatin janji jemput on time. Bukannya malah ngomongin tapi waktu dia yang bikin janji ganti deh kamu yang sengaja nggak on time. Ini bukanlah cara yang efektif dalam menjalani sebuah hubungan. Jika kamu sering mengalami hal semacam ini, selamat! Hubungan asmara kamu bener-bener bermasalah.

2. Pemerasan emosional

Pemerasan emosional

Pemerasan emosional

Saat kamu merasa bahwa watak doi ini ada yang bisa menimbulkan masalah dalam hubungan kalian, sebaiknya bicarakan baik-baik bersama. Tapi, kalau kamu merasa bahwa membicarakan ini akan membuat dia marah, menangis, dan malah membalik seolah-olah itu semua adalah kesalahan kamu sehingga membuat kamu merasa mengalami pemerasan emosional, ini tanda bahwa hubungan kalian emang nggak sehat.

1. Nggak punya waktu satu sama lain

Nggak punya waktu satu sama lain

Nggak punya waktu satu sama lain

Tanda satu ini adalah tanda yang sering membuat hubungan bermasalah udah nggak mungkin diselamatkan lagi. Seringnya semakin lama kita berhubungan dengan seseorang, kita seolah mengesampingkan mereka karena urusan-urusan yang kita rasa lebih penting. Kita seolah menomorduakan cinta yang dulunya begitu kita puja.

Padahal quality time dengan pasangan setiap harinya itu penting. Meskipun cuma 15 menit, sediakan waktu untuk cinta dan kebersamaan kalian hanya untuk bergandengan tangan atau berpelukan sebagai ungkapan cinta satu sama lain. Hubungan cinta adalah sesuatu yang hidup, sehingga ia perlu dipupuk agar selalu tumbuh subur. Kalau kalian seolah udah nggak punya waktu satu sama lain, itu adalah salah satu tanda hubungan tidak sehat.

Nah, dari kesepuluh tanda-tanda tersebut, adakah tanda yang sedang kamu alami dalam hubungan kamu? Share di kolom komentar yuk!





Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Tanda Hubungan Asamara Kamu Tidak Sehat

  1. Semua itu udah q rasain q udah ngerasa juga smw udah gk sehat,
    Tapi mau gmna lagi coba q udah terlanjr syg bgt sama dia gk ad yg bisa gantiin dia..
    Q sllu berfikir untuk saat ini gk apa2 q sabar q ikhlas tapi q yakin suatu hari nanti dia pasti akan mengerti O:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *