10 Tanda Kamu Sudah Kecanduan Smartphone

Pagi & malam lihat ponsel
Share ke teman kamu

Kehadiran smartphone memang amat membantu kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari membuat catatan, memeriksa dan membalas email penting, hingga browsing dan bermain game bisa dilakukan hanya dengan mengoperasikan gadget satu ini

Namun di sini lain, smartphone juga bisa memberikan dampak negatif pada diri kita. Ragam fungsi yang ada di dalamnya seringkali membuat kita lebih senang menyibukkan diri memandangi layar sentuh, ketimbang berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Jika sudah begitu, tak sedikit orang yang lantas mengatakan bahwa kita termasuk orang yang kecanduan smartphone.

Apakah kamu termasuk orang yang demikian? Sebelum mengambil keputusan, ada baiknya kamu simak terlebih dahulu daftar 10 tanda kamu sudah kecanduan smartphone.

1. Kiamat

Lupa bawa smartphone

Lupa bawa smartphone

Orang yang kecanduan smartphone sudah merasa bahwa ponsel yang ia miliki adalah bagian dari dirinya. Hampir seluruh aktivitas dalam kehidupannya tidak lengkap jika belum meng-update kabar terbaru lewat media sosial, melihat informasi anyar dengan browsing di Internet, atau memainkan game petualangan yang sedang populer.

Itulah sebabnya jika satu saat ponsel yang ia punya tertinggal atau hilang, orang tersebut akan merasa dunia sudah berakhir. Hidupnya seperti hampa dan tidak memiliki tujuan lagi.

2. Pagi & malam lihat ponsel

Pagi & malam lihat ponsel

Pagi & malam lihat ponsel

Pagi hari begitu membuka mata dan bangkit dari tempat tidur, benda yang pertama kamu cari adalah smartphone. Kamu tidak sabar lagi untuk melihat apakah ada teman atau relasi yang mencoba menghubungi ketika kamu sedang tidur atau melihat informasi terbaru mengenai peristiwa menarik yang terjadi di seluruh dunia.

Hal yang sama juga kamu lakukan malam menjelang tidur. Rasanya kurang mantap jika tidak menyempatkan diri mengutak-atik smartphone sebelum memejamkan mata. Jika memang sudah demikian, maka bisa jadi kamu memang termasuk gologan orang yang sudah ketagihan smarpthone.

3. Langganan dapat teguran

Langganan dapat teguran

Langganan dapat teguran

Saking menariknya fitur yang ada di dalam smartphone, kamu sampai tidak terlalu perhatian dengan lingkungan sekitar. Hal ini sering terjadi, bahkan di acara-acara penting seperti kumpul bersama keluarga besar atau pertemuan dengan rekan sekantor. Kamu lantas mendapatkan peringatan dari orang lain untuk mematikan atau menyimpan smartphone barang sejenak.

4. Siaga smartphone

Siaga smartphone

Siaga smartphone

Dirimu selalu siaga setiap kali ada notifikasi anyar yang masuk ke smartphone. Untuk menghindari suara bising yang menggangu orang lain, kamu lantas menggunakan mode getar, namun hal tersebut sama sekali tidak mengurangi reaksimu ketika ada pesan yang baru muncul. Bahkan saking siaganya, kamu seringkali merasa smartphone-mu baru saja berbunyi dan bergetar, sebelum akhirnya merasa kecewa usai melihat layar karena itu tak lebih dari sugestimu saja.

5. Digunakan sebagai pelarian

Digunakan sebagai pelarian

Digunakan sebagai pelarian

Smartphone ternyata juga tidak hanya memiliki fungsi yang canggih lewat hardware dan software yang ada di dalamnya. Namun dalam situasi tertentu, kamu juga bisa menggunakannya untuk membuatmu terlihat sibuk atau menghindar dari orang lain. Hal ini memang sering dilakukan oleh orang yang sudah kecanduan smartphone dan tengah berada di tempat umum. Mereka terlihat sibuk dengan layar kecil di hadapan mereka, meski sebenarnya hanya sedang memilih ringtone!



6. Beli banyak aksesoris

Beli banyak aksesoris

Beli banyak aksesoris

Kamu menghabiskan uang lebih banyak untuk membeli aksesoris ketimbang harga smartphone itu sendiri. Semuanya dimulai dengan charger mobil sederhana, namun kemudian kamu melengkapinya dengan pemancar FM, armband, casing yang berbeda setiap hari, baterai cadangan, pelindung layar, bluetooth adapter, speaker wireless, dan bahkan dock khusus untuk mendengarkan musik.

Kamu harus sadar bahwa kamu mempunyai sebuah smartphone, bukan anak, dan semua barang yang kamu beli tidak akan ada artinya ketika ponsel seri terbaru dirilis enam bulan kemudian.

7. Pasang berbagai aplikasi

Pasang berbagai aplikasi

Pasang berbagai aplikasi

Kamu meng-install lebih dari 30 aplikasi dan menggunakan semuanya. Mengunduh banyak aplikasi wajar dilakukan oleh mereka yang baru membeli smartphone anyar. Biasanya hanya berselang satu pekan, sebagian besar aplikasi tersebut langsung menghilang dari ponsel lantaran tidak banyak yang benar-benar berguna.

Namun bagi mereka yang sudah terlanjur ketagihan smartphone, memiliki lebih dari tiga aplikasi kamera merupakan sesuatu yang wajar.

8. Alarm

Alarm

Alarm

Kamu mengandalkan alarm untuk memperingatkan semua hal yang harus kamu lakukan dalam satu hari. Mulai dari pertemuan bisnis, janji dokter, dan pertemuan penting lainnya.

Semua even penting tersebut masuk dalam agenda virtual yang ada di smartphone. Namun di level yang lebih parah, seseorang bahkan membuat alarm untuk mengingatkannya membuang sampah di hari Rabu! Bisa-bisa, di masa yang akan datang orang juga akan membutuhkan alarm untuk mengingatkannya bernafas.

9. Semua demi smartphone

Semua demi smartphone

Semua demi smartphone

Pulsa dan paket Internet menjadi hal yang paling utama di dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan saking pentingnya, kamu sampai rela memilih menu makan siang yang kurang sedap, demi menyisakan budget untuk membeli pulsa Internet. Sering melakukan ini?

Maka kamu perlu sedikit berhati-hati karena kamu sudah termasuk orang yang cukup parah kecanduan smartphone-nya.

10. Indikator baterai

Indikator baterai

Indikator baterai

Usai menyikat gigi dan membasuh muka, ritual terakhir yang kamu lakukan sebelum pergi tidur adalah men-charge smartphone. Karena jika tidak, hampir mustahil gadget yang kamu punya bakal bisa bertahan dan terus menyala, usai semua aktivitas berat yang kamu lakukan dalam satu hari.

Memang daya aktif smartphone modern tidak terlalu bagus, namun jika satu kali charge full bisa kamu habiskan kurang dalam sehari, mungkin kamu perlu sedikit mengurangi penggunaan smartphone-mu.

Nah, dari kesepuluh ciri diatas apakah ada yang cocok dengan kamu? Kalau iya, berarti kamu sudah kecanduan smartphone. Sah-sah saja kecanduan smartphone, tetapi jangan sampai mengurangi produktivitas kerja dan juga kehidupan sosial di dunia nyata. Selain itu jangan lupa saat tidur jauhkan smartphone dari jangkauan kamu karena jika tidak 10 bahaya ini bisa mengintai kamu. Be smarter than your smartphone , guys!







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *