10 Tempat Wisata di Bali yang Harus Kamu Kunjungi

Danau Beratan Bedugul
Share ke teman kamu

Siapa sih yang enggak kenal Bali? Pulau yang satu ini sudah dikenal luas oleh turis lokal dan turis internasional sebagai primadona wisata di Indonesia. Dengan dibekali iklim tropis, pantai yang indah, makanan yang khas, masyarakat yang ramah, kebudayaan yang menarik, dan harga yang terjangkau, Bali adalah tempat tujuan wisata yang paling pas untuk segala kalangan.

Karena banyaknya tempat menarik di Bali, banyak sekali turis asing yang menghabiskan waktu lebih dari satu bulan di Bali demi menikmati dan menjelajah seluruh penjuru Bali. Nah, kamu mungkin enggak punya waktu liburan selama itu kan? Enggak perlu kuatir, kami telah merangkum 10 tempat wisata di Bali yang harus kamu kunjungi dari sekian banyak pilihan yang ada. Mau tau apa aja tempat wisata yang paling oke dan harus kamu kunjungi? Baca daftar tempat wisata di Bali yang paling oke berikut ini:

1. Pantai Lovina

Pantai Lovina

Pantai Lovina

Mungkin banyak yang belum pernah mendengar tempat wisata di Bali yang bernama Pantai Lovina, namun percayalah, tempat ini adalah salah satu tempat wisata yang paling seru di Bali lho! Ada hal menarik apa sih di pantai yang terletak di sebelah utara Pulau Bali ini?

Begitu kamu sampai di Pantai Lovina, selain bau laut yang khas, kamu akan segera melihat sebuah landmark yang sangat menarik perhatian, yaitu sebuah tugu dengan patung lumba-lumba yang banyak dijadikan tempat foto-foto oleh para turis. Lumba-lumba? Ya, tempat wisata di Bali ini sangat khas dengan aktivitas melihat lumba-lumba. Bukan seperti melihat lumba-lumba dalam kandang lho, melainkan melihat mereka langsung di habitat aslinya. Keren banget ya!

Untuk dapat melihat lumba-lumba, kamu harus datang pada pagi hari karena lumba-lumba akan mencari makan dan bermain di pinggir Pantai Lovina pada pagi hari. Kalau kamu bangun kesiangan, kamu harus ke tengah laut untuk dapat melihat mereka dan waktu bermainmu jadi lebih sedikit juga. Untuk dapat melihat lumba-lumba dari dekat, kamu harus naik perahu nelayan yang bisa disewa dengan harga terjangkau tanpa perlu takut tenggelam.

Bila kamu ingin mengambil foto, pastikan kamera kamu anti air karena di tengah laut kamu akan terkena banyak percikan air. Selain itu, pastikan kamu memegang erat kamera kamu karena perahu akan bergoyang diterpa ombak kecil. Jangan sampai kamera kamu jatuh ke laut ya! Untuk kamu yang ingin menginap di daerah ini, jangan kuatir, ada banyak penginapan murah dan bagus di sekitar Pantai Lovina.

2. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu

Pura Uluwatu

Kebalikan dari Pantai Lovina yang berlokasi di sebelah utara Bali, Pura Uluwatu terletak di sebelah selatan Pulau Bali sehingga lebih dekat dengan Bandara Ngurah Rai bila dibandingkan dengan Pantai Lovina.

Seperti yang kamu ketahui, di Bali banyak terdapat pura, lantas apa yang unik dari Pura Uluwatu? Tempat suci yang telah menjelma menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang paling populer ini berdiri di ujung tebing yang berbatasan dengan laut! Tebingnya sendiri mempunyai ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut lho.

Pura Uluwatu disebut-sebut sebagai salah satu tempat melihat matahari terbenam (sunset) yang paling indah. Setelah puas melihat sunset, kamu bisa menikmati suguhan tari kecak khas Bali yang berlatar belakang matahari terbenam yang indah. Waah, sungguh luar biasa! Namun perlu diingat, sebaiknya kamu mendaftar dan membeli tiket pertunjukan tari kecak ini sebelumnya karena tempat duduknya terbatas.

Untuk kamu yang suka bermain selancar, di bawah Pura Uluwatu terdapat sebuah pantai bernama Pantai Pecatu. Pantai ini sudah terkenal di seluruh dunia karena ombaknya yang sangat cocok untuk bermain selancar dan telah menjadi lokasi lomba selancar kelas internasional.

3. Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang

Satu lagi tempat wisata di Bali selain Pantai Lovina yang tidak banyak diketahui orang tapi sangat indah, Pantai Padang Padang. Pantai yang berjarak hanya sekitar 4 km dari Pura Uluwatu ini tidaklah besar, bahkan bisa dibilang tersembunyi sehingga keberadaannya jarang diketahui turis. Pantai Padang Padang sendiri namanya mulai meroket setelah pemutaran film Hollywood dengan judul “Eat Pray Love” yang mengambil gambar di pantai ini.

Untuk dapat menginjakan kaki di pasir pantai ini, kamu harus melewati sebuah tebing. Enggak perlu kuatir, kamu tidak perlu memanjat tebing, melainkan melewati anak tangga yang membelah bagian dalam tebing tersebut. Saat berjalan melewati anak tangga dalam tebing ini, kamu harus berhati-hati karena ada beberapa bagian yang lumayan sempit sehingga kamu harus jalan bergantian dan batuannya cukup rendah sehingga bisa mengenai kepala bila badan kamu cukup tinggi.

4. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot adalah salah satu tempat wisata di Bali yang ramai dikunjungi saat menjelang matahari terbenam. Tempat wisata ini memang terkenal dengan keindahan pemandangan sunset-nya, terutama untuk mereka yang ingin foto-foto, namun bukan berarti kamu tidak bisa berkunjung saat siang hari lho.

Keunikan dari pura ini adalah tempat pembangunannya yang berada di atas sebuah karang yang ada di tengah laut. Kalau kamu datang pada pagi atau siang hari, kamu bisa melihat dan menyentuh ular suci yang hidup di bawah karang Pura Tanah Lot. Selain itu, pada siang hari kamu juga bisa berjalan ke arah pura karena air sedang surut. Saat matahari terbenam, air pasang akan menggenangi daerah sekitar karang Pura Tanah Lot sehingga kamu tidak akan bisa ke sana, namun keuntungan datang saat matahari terbenam adalah kamu bisa menikmati pemandangan yang tiada duanya.

5. Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran merupakan salah satu pantai di Bali yang paling terkenal. Cukup dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 10 menit dari Bandara, kamu sudah bisa menikmati Pantai Jimbaran lho.

Saat tiba di Pantai Jimbaran, jangan kaget melihat deretan meja dan kursi yang ditata rapi di atas pasir putih sepanjang garis pantai. Ya, tempat wisata di Bali ini selain terkenal dengan keindahan pantainya, juga terkenal sebagai tempat makan dan wisata kuliner pinggir pantai Bali.

Bayangkan betapa nikmatnya makan seafood di pinggir pantai sambil melihat matahari terbenam, sungguh pengalaman yang tiada duanya ya? Kalau matahari sudah terbenam, kamu tetap akan terhibur dengan alunan live music yang secara rutin manggung di pantai ini. Jika kamu baru pertama kali ke tempat wisata ini dan ragu-ragu dengan keamanan makan di pinggir pantai, tidak perlu kuatir karena ombak di pantai ini amat kecil sehingga aman bahkan untuk anak kecil bermain di pantai.

6. Tanjung Benoa

Tanjung Benoa

Tanjung Benoa

Ini dia tempat wisata di Bali yang cocok untuk kamu yang suka permainan luar ruangan. Ya, Tanjung Benoa adalah sebuah pantai yang terkenal dengan berbagai macam wahana dan olahraga air seperti misalnya snorkeling, scuba diving, jetski, flying fish, banana boat, seawalker, donut boat, parasailing, dan lain-lain.

Kalau kamu mau main di pantai yang tenang ini, kamu harus membawa baju ganti karena kamu pasti akan basah. Permainan yang ada kebanyakan bersifat individual, dengan kata lain kamu harus membayar sejumlah biaya untuk dapat bermain dan kamu hanya membayar yang ingin kamu mainkan saja.

Untuk kamu yang kurang suka aktivitas seperti ini, kamu bisa berkunjung ke Pulau Penyu yang lebih santai. Di sana, kamu bisa bermain bersama penyu raksasa dan foto-foto dengan berbagai binatang.

7. Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani adalah tempat wisata alam di Bali yang cocok untuk kamu yang ingin suasana berbeda saat liburan di Bali. Bosen juga kan kalau cuma ke pantai aja?

Danau ini terletak di lereng Gunung Batur dan merupakan danau dengan luas terbesar di Bali. Keunggulan utama tempat wisata di Bali ini adalah udaranya yang sejuk karena berada di atas gunung, serta suguhan pemandangan alamnya. Perpaduan antara langit biru, hijau pegunungan, air danau yang warnanya dapat berubah tergantung kandungan mineralnya sangatlah sayang untuk kamu lewatkan.

Bila kamu sudah puas menikmati suasana Danau Batur, kamu juga bisa melakukan beberapa jenis aktivitas wisata juga lho. Kegiatan wisata yang bisa kamu lakukan di antaranya: memancing, berendam air panas seperti di Bandung, naik perahu, dan juga trekking ke Gunung Batur.

8. Pantai Kuta

Pantai Kuta

Pantai Kuta

Rasanya tak lengkap kalau ke Bali tapi enggak berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Pantai Kuta bisa dibilang telah menjadi ikon wisata Bali, hal ini dapat dibuktikan dengan cara melihat jumlah wisatawan yang datang ke area ini. Ya, area ini sering kali dipadati oleh turis dari berbagai belahan dunia! Karena ombaknya yang terbilang kecil, Pantai Kuta sering kali digunakan sebagai tempat latihan para peselancar pemula.

Area wisata ini sudah sangat maju, berbagai fasilitas pendukung dapat kamu temukan dengan mudah di sini. Contoh sarana penunjang wisata yang bisa kamu temukan adalah: hotel, rumah makan, tempat penukaran uang, bar, pusat oleh-oleh, kios kecil, pasar, sampai dengan mall modern.

Menariknya, sebelum menjelma menjadi sebuah tempat wisata yang dikenal dunia, tempat ini dulunya adalah sebuah pelabuhan tempat penduduk lokal menjajakan berbagai jenis produk kepada para pendatang dari luar Pulau Bali.

9. Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul

Danau lain yang tak kalah indah dari Danau Batur adalah Danau Beratan. Cara paling efisien untuk berkunjung ke danau ini adalah ketika kamu kembali dari Pantai Lovina karena jalannya satu arah.

Selain menawarkan suasana pegunungan yang lumayan sejuk dan asri, tempat wisata di Bali ini juga mempunyai sebuah pura dengan nama Pura Ulun Danu yang berlokasi di pinggir danau. Untuk dapat menikmati kawasan wisata ini dengan maksimal, kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau sambil menikmati pemandangan pegunungan yang indah.

Di sini juga sering terlihat beberapa orang mencoba peruntungannya dengan memancing di pinggir danau. Kalau kamu lapar, tidak perlu kuatir karena di sini sudah banyak yang berjualan makanan. Kalau kamu merasa harga makanan dalam kawasan ini mahal, kamu bisa menyeberang ke luar tempat parkir mobil untuk mengunjungi restoran dan rumah makan yang harganya lebih murah.

10. Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park

Berlokasi di Gianyar, tempat wisata di Bali ini menempati lahan dengan luas lebih dari 40 hektar. Seperti yang bisa kamu tebak dari namanya, tempat ini adalah tempat yang bisa membawa kamu kembali ke alam bersama dengan berbagai jenis hewan, termasuk beberapa spesies yang hampir punah dan langka seperti komodo dan orang utan.

Selain menikmati dan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan darat, di sini kamu juga bisa melihat akuarium air tawar yang penuh dengan ikan lho. Kalau masih belum puas juga, enggak perlu kuatir karena di sini masih banyak kegiatan seru lainnya seperti menonton pertunjukan hewan, berkeliling area dengan menaiki gajah, sampai dengan makan mewah bersama singa!

Nah, itu dia 10 tempat wisata di Bali yang harus kamu kunjungi. Apakah ada yang sudah pernah kamu datangi sebelumnya? Atau ada tempat wisata lain yang kamu suka? Share yuk!





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *