Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Tempat Wisata di Bandung dan Sekitarnya yang Harus Kamu Kunjungi

Bagikan

Selain Puncak, Sentul, dan Bogor, Bandung merupakan tempat tujuan wisata favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Bukan tanpa alasan, kota Bandung menawarkan banyak sekali tempat menarik yang bisa kamu kunjungi bersama pacar, teman, sendiri, maupun bersama keluarga. Bandung juga merupakan salah satu destinasi honeymoon di Indonesia yang paling populer lho.

Selain banyaknya tempat wisata di Bandung, udara yang sejuk karena berada di daerah pegunungan dan mudahnya akses menuju Bandung juga merupakan daya tarik bagi warga Jakarta yang kesehariannya dipenuhi dengan kesibukan sehari-hari, udara panas berdebu, kemacetan luar biasa yang penuh polusi udara, dan kunjungan ke mall.

Untuk kamu yang akan ke Bandung dengan kendaraan pribadi, kamu hanya perlu menggunakan ruas tol yang menuju Bandung, sedangkan untuk kamu yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan jasa travel atau shuttle yang bisa ditemukan di berbagai daerah di Jakarta. Buat kamu yang malas berhadapan dengan kemacetan Jakarta – Bandung terutama saat long weekend, kamu bisa naik kereta api menuju Bandung. Perjalanan kamu menuju Bandung tidak akan membosankan karena kamu akan melewati gunung dan lembah yang hijau.

Nah, kalau sudah sampai Bandung enaknya ke mana ya? Dari sekian banyak tempat wisata di Bandung dan sekitarnya, kami telah merangkum daftar 10 tempat wisata terbaik di Bandung. Mau tau apa aja? Berikut daftar tempat wisata di Bandung yang paling oke:

1. Gunung Tangkuban Perahu

Iklan
Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu berlokasi di sebelah utara kota Bandung. Jarak dari pusat kota Bandung ke gunung indah yang terletak di provinsi Jawa Barat ini kurang lebih sekitar 20 km.

Gunung ini masih berstatus aktif, dengan letusan terakhir tercatat pada tahun 2013. Namun untuk kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata di sekitar Bandung ini, tidak perlu kuatir karena saat ini sudah tidak ada tanda-tanda gunung ini akan meletus. Bila ada tanda-tanda awal kenaikan aktivitas Gunung Tangkuban Perahu, petugas akan segera mengumumkan di berita nasional.

Gunung Tangkuban Perahu sering kali dikait-kaitkan dengan sebuah legenda rakyat yang bernama Sangkuriang. Dalam legenda ini, dikisahkan tentang seorang pemuda yang jatuh cinta dengan ibu kandungnya sendiri. Sang ibu yang tidak ingin menikahi anak kandungnya sendiri akhirnya memberikan sebuah syarat berat untuk Sangkuriang demi menggagalkan pernikahannya.

Syarat yang diberikan untuk melangsungkan pernikahan adalah bahwa Sangkuriang harus membuatkannya sebuah telaga dan sebuah perahu dalam jangka waktu satu malam saja. Sangkuriang kemudian gagal menyelesaikan tugasnya sehingga kesal dan menendang perahu yang dibuatnya. Perahu ini kemudian mendarat dalam keadaan terbalik dan lambat laun berubah menjadi Gunung Tangkuban Perahu. Kalau kamu lihat bentuk gunungnya dari kejauhan, bentuknya memang seperti perahu terbalik lho!

2. Trans Studio Bandung

Iklan
Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung adalah kawasan wisata terpadu yang sangat cocok untuk wisata keluarga di Bandung. Dengan luas area lebih dari 4 hektar, Trans Studio Bandung adalah salah satu pusat rekreasi dalam ruangan yang terbesar di dunia. Tidak hanya luas, Trans Studio Bandung juga menawarkan fasilitas dengan kualitas internasional lho.

Fasilitas dalam kawasan ini di antaranya: Trans Studio Theme Park, Trans Studio Mall, Mega Tower, The Trans Luxury Bandung, dan Hotel ibis Bandung. Dengan melihat daftar fasilitas tersebut, kamu akan langsung tahu kalau tempat wisata di Bandung ini adalah sebuah one stop entertainment untuk kamu karena ada tempat bermain dengan banyak pilihan wahana seru, mall besar untuk belanja dan wisata kuliner, dan juga hotel untuk tempat kamu bermalam.

Untuk kamu yang ingin bermain di Trans Studio Theme Park, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp170.000 pada hari Senin – Jumat, dan Rp270.000 pada hari Sabtu – Minggu dan hari libur nasional. Bila kamu tidak ingin berlama-lama antri untuk menaiki semua wahana yang ada, kamu bisa membeli VIP access seharga Rp250.000 yang akan memberikan kamu hak untuk menggunakan pintu masuk dan jalur antrian khusus.

3. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey
Iklan

Berlokasi di Ciwidey, sekitar 50 km arah selatan dari pusat kota Bandung, Kawah Putih Ciwidey adalah salah satu tempat wisata di Bandung dan sekitarnya yang paling terkenal, tidak hanya untuk orang Indonesia, namun juga terkenal di dunia lho.

Seperti apa keindahan yang ditawarkan oleh Kawah Putih sehingga banyak orang berkunjung ke sini walaupun jaraknya cukup jauh? Sesuai dengan sebutannya, tanah yang ada di Kawah Putih ini memiliki warna putih karena adanya kandungan belerang yang kuat. Warna air di kawasan wisata ini juga tidak kalah unik, warnanya adalah putih kehijauan dan dapat berubah tergantung cuaca, suhu, dan tingkat campuran belerang.

Bila kamu ingin menikmati suasana mistis di Kawah Putih Ciwidey, ada baiknya kamu membawa jaket untuk menangkal udara yang dingin, dan masker untuk menangkal bau belerang.

4. Floating Market Lembang

Floating Market Lembang
Floating Market Lembang

Floating Market Lembang adalah tempat wisata di sekitar Bandung yang bisa dibilang masih relatif baru. Tempat wisata ini baru dibuka untuk umum pada tahun 2012 dan langsung dipadati pengunjung, bahkan telah menjadi salah satu penyebab kemacetan di daerah Lembang lho.

Iklan

Apa yang membuat Floating Market unik dan diminati para turis? Kawasan wisata ini menawarkan suasana pedesaan asri dengan udara yang sejuk. Apakah hanya itu saja? Tentu tidak, sesuai dengan namanya, tempat wisata ini juga menawarkan sensasi berbelanja di pasar terapung seperti di Kalimantan.

Walaupun konsep jual beli di atas perahunya sama dengan yang di Kalimantan, namun barang yang dijual di Floating Market Lembang berbeda lho. Kalau biasanya yang dijual adalah barang kebutuhan sehari-hari seperti buah, sayur, dan daging, di Floating Market Lembang yang dijual adalah berbagai macam makanan enak yang bisa langsung kamu makan!

Untuk kamu yang ingin beristirahat santai sambil wisata kuliner di Floating Market, kamu bisa menyewa gazebo di pinggir danau indah dengan harga terjangkau, hanya sekitar Rp65.000 saja. Selain itu di kawasan ini juga ditawarkan berbagai permainan luar ruangan menarik seperti kano, ATV, flying fox, sepeda air, sampan, petik strawberry, dan lain-lain.

5. Air Panas Ciater

Air Panas Ciater
Air Panas Ciater

Siapa yang tak kenal Ciater? Tempat wisata di sekitar Bandung ini sudah populer sejak jaman dahulu kala karena menawarkan wisata pemandian air panas alami yang dapat menyehatkan badan. Namun memang kawasan wisata ini sekarang lebih digemari oleh orang yang lebih tua ketimbang anak muda yang lebih memilih jenis wisata lain.

Iklan

Terletak di perbatasan Bandung dan Subang, Ciater berlokasi tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu yang merupakan sumber air panas Ciater. Dengan komposisi belerang dan mineral lain yang sempurna, kamu akan merasa lebih fresh bagai dilahirkan kembali saat kamu selesai berendam di tempat wisata ini. Selain itu, berendam di air panas Ciater juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang sulit sembuh seperti misalnya darah tinggi dan stroke.

6. Kampung Gajah

Kampung Gajah
Kampung Gajah

Wah ada kampung yang dihuni oleh banyak gajah di Bandung? Bukan, tempat ini bukanlah sebuah tempat perlindungan gajah, melainkan merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat cocok untuk wisata keluarga.

Kampung Gajah adalah sebuah kawasan wisata terpadu dengan moto “Wisata, Belanja, dan Kuliner” yang memiliki banyak wahana seru, factory outlet, dan juga tempat wisata kuliner di Bandung. Tempat wisata di Bandung ini tidak mempunyai gajah hidup sebagai atraksi, hanya ada patung gajah yang bisa kamu jadikan lokasi foto-foto.

Tempat wisata di Bandung ini menawarkan lebih dari 20 wahana seru, plus water boom dengan banyak fasilitas permainan air. Untuk dapat menikmati semuanya, kamu akan membutuhkan waktu lebih dari 1 hari atau setidaknya 1 hari penuh.

Iklan

7. De’ Ranch

De’ Ranch
De’ Ranch

De’ Ranch merupakan tempat wisata di Bandung dan sekitarnya yang unik. Apa yang membuatnya unik? Di lokasi wisata ini kamu tidak akan merasa seperti berada di Bandung, melainkan seperti ada di Amerika! Ya, tema dari tempat wisata ini adalah koboi Amerika.

Tempat wisata ini menawarkan lahan hijau yang amat luas, lengkap dengan berbagai pilihan permainan, tempat makan enak dan murah, udara sejuk, dan juga pusat oleh-oleh. Selain banyak dikunjungi oleh keluarga yang membawa anak kecil, tempat ini juga sering digunakan sebagai lokasi outbound training berbagai perusahaan dari Jakarta dan sekitarnya lho.

Sejarah tempat wisata ini cukup menarik, dulunya tempat ini adalah lokasi peternakan sapi perah dan kuda tunggang. Pada tahun 2007 tempat ini diubah menjadi sebuah lokasi wisata karena dianggap mempunyai potensi wisata edukatif yang sangat baik. Wisata edukatif? Ya, kamu bisa belajar merawat dan menunggang kuda di sini. Selain itu kamu juga bisa belajar memerah sapi dan memasak kue lho.

8. Saung Angklung Udjo

Iklan
Saung Angklung Udjo
Saung Angklung Udjo

Mungkin kamu belum pernah mendengar nama Saung Angklung Udjo, namun tempat ini sangat terkenal sampai penjuru dunia lho! Ini tempat apa sih? Saung Angklung Udjo adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang merupakan pusat kerajinan tangan, pusat kebudayaan Sunda, tempat pertunjukan seni tradisional, dan tempat pembuatan serta penjualan berbagai alat musik tradisional.

Tempat wisata di Bandung yang berdiri sejak tahun 1966 ini sering kali dikunjungi oleh berbagai sekolah untuk tujuan pembelajaran budaya tradisional lho. Selain untuk tujuan pembelajaran, turis biasa juga bisa ikut menikmati pertunjukan seni selalu dipentaskan di tempat ini. Setelah puas menonton pertunjukan, kamu bisa melihat bagaimana cara membuat angklung, belajar bermain angklung, membeli oleh-oleh, dan lain-lain. Angklung di sini memiliki kualitas kelas dunia lho, buktinya adalah dari banyaknya jumlah angklung yang dipesan dari luar negeri.

Beberapa jenis pertunjukan yang dapat kamu nikmati di sini di antaranya: orkestra angklung, wayang golek, tari topeng, helaran, dan berbagai jenis tarian tradisional.

9. Ranca Upas

Ranca Upas
Ranca Upas
Iklan

Ranca Upas adalah tempat perkemahan sekaligus tempat wisata di Bandung yang sedang naik daun. Berlokasi sekitar 50 km sebelah selatan kota Bandung, Ranca Upas mempunyai luas area lebih dari 215 hektar dengan suhu udara di bawah 20 derajat. Di sekitar kawasan Ranca Upas terdapat hutan lindung, dengan banyak sekali jenis tumbuhan dan binatang yang tidak berbahaya.

Apa aja fasilitas dan aktivitas wisata yang ada di Ranca Upas? Selain camping ground, kamar mandi, dan masjid, lokasi wisata di sekitar Bandung ini juga menawarkan berbagai aktivitas seru seperti: ATV, permainan perang-perangan, kolam air hangat, water boom, permainan outdoor, dan juga tempat penangkaran rusa. Harga tiket masuk kawasan wisata ini termasuk murah, cukup dengan membayar Rp10.000 per orang saja kamu sudah bisa menikmati kawasan hijau dan sejuk ini.

10. Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang
Danau Situ Patenggang

Tempat wisata di Bandung selanjutnya yang harus kamu kunjungi adalah Danau Situ Patenggang. Tempat wisata alam di Bandung Selatan ini memiliki luas lebih dari 45.000 hektar dan berlokasi cukup dekat dengan kawasan wisata Kawah Putih, hanya sekitar 15 menit perjalanan saja. Asal nama Danau Situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda yang mempunyai arti “saling mencari”.

Apa saja yang bisa kamu lakukan di Danau Situ Patenggang? Selain dapat menikmati keindahan danau yang dikelilingi pepohonan dan gunung, kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai sarana wisata seperti: permainan sepeda air, penyewaan perahu dayung, perahu angsa, gazebo, dan juga tempat penginapan. Selain itu kamu juga bisa memancing, piknik di pinggir danau, jalan-jalan di kebun teh, mengunjungi batu cinta, dan juga berkeliling Pulau Asmara.

Nah, itulah ulasan 10 tempat wisata di Bandung dan sekitarnya yang harus kamu kunjungi. Apakah ada tempat wisata yang sudah pernah kamu kunjungi? Atau kamu punya tempat wisata favorit lain di Bandung? Share yuk!

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan