10 Tempat Wisata di Bangkok yang Harus Kamu Kunjungi

Kuil Fajar (Wat Arun)
Share ke teman kamu

Sebagai salah satu negara tujuan para pelancong yang berasal dari Indonesia, Thailand memiliki beragam jenis destinasi wisata yang memukau dan tidak kalah cantik dengan Singapura, Malaysia, atau negara lain di dunia ini. Apalagi, Bangkok merupakan ibukota sekaligus pusat dari negara Thailand. Nah, lantaran memiliki nuansa yang tidak jauh berbeda dari Jakarta, mengunjungi Bangkok sendiri bisa dijadikan alternatif traveling yang tidak menguras kocek. Bahkan, beberapa sumber menyebutkan, biayanya pun lebih murah ketimbang hidup di Jakarta, lho!

Adapun mayoritas tempat wisata di Bangkok terdiri dari beragam kuil, patung Buddha, serta bangunan berarsitektur cantik dan mengagumkan. Penasaran apa saja tempat wisata di Bangkok yang harus kamu kunjungi? Yuk, baca lebih lanjut ulasan berikut ini!

1. Royal Grand Palace

Royal Grand Palace

Royal Grand Palace

Jangan sampai melewatkan ikon kota Bangkok yang satu ini. Dibangun pada tahun 1782, Royal Grand Palace sesungguhnya merupakan tempat tinggal para raja Thailand. Adapun di tahun-tahun selanjutnya, tempat ini sempat beralih fungsi menjadi kantor pengadilan serta administrasi pemerintahan.

Dari segi arsitektur, bangunan Royal Grand Palace ini benar-benar memikat mata. Bagaimana tidak, warna gemerlap kuning keemasan seakan memberikan kesan glamor. Pada saat yang sama, bangunan besar dan anggun ini juga terkesan penuh dengan unsur spiritual dan magis. Oh ya, di sisi lain istana ini juga terdapat Kuil Emerald Buddha (Wat Phra Kaew)–yang memuat patung Emerald Buddha kecil yang sudah ada sejak abad ke-14.

Nah, untuk berkunjung ke sana, ada beberapa aturan yang harus kamu patuhi. Ini meliputi penggunaan pakaian sopan, tidak bertelanjang kaki, serta larangan memakai celana pendek dan kaos tanpa lengan. Sebagai informasi, lantaran luas dan cenderung ramai, ada baiknya kamu tidak terpisah dari rombongan, ya!

2. Kuil Fajar (Wat Arun)

Kuil Fajar (Wat Arun)

Kuil Fajar (Wat Arun)

Dalam bahasa Indonesia, Wat Arun–singkatan dari Wat Arunratchawararam Ratchaworamahavihara–dapat diartikan sebagai “Kuil Fajar”. Sederhananya, tempat wisata di Bangkok yang satu ini merupakan sebuah candi Buddha. Letaknya sendiri ada di bagian barat Thon Buri–lebih tepatnya di hulu Sungai Chao Phraya.

Adapun keunikan kuil yang berusia lebih dari 200 tahun ini terletak pada ukiran-ukiran, serta bahan ornamennya yang terbuat dari porselen. Kamu bahkan dapat menemukan satu menara tinggi berhias potongan kecil kaca berwarna serta porselen Tiongkok. Nah, seluruh kombinasi tersebut akan menjadi sangat indah–apabila dinikmati saat senja.

3. Kuil Buddha Berbaring (Wat Pho)

Kuil Buddha Berbaring (Wat Pho)

Kuil Buddha Berbaring (Wat Pho)

Salah satu destinasi populer di Bangkok adalah Wat Phra Chetuphon Vimolmangklararm Rajwaramahaviharn–Wat Pho. Dalam bahasa Indonesia, tempat wisata di Bangkok yang satu ini dapat diterjemahkan menjadi Kuil Buddha Berbaring. Dinamakan demikian, lantaran di sana, kamu akan menemukan patung Buddha yang sedang berbaring santai.

Memiliki panjang lebih dari 45 meter dan tinggi 15 meter, tidak heran jika patung Buddha Berbaring di kuil ini jadi yang terbesar di dunia. Tidak hanya itu, patung ini juga berlapis emas serta memiliki telapak kaki penuh simbol keberuntungan berlapis mutiara. Oh ya, berdasarkan sejarah, dibangun sejak tahun 1688, Kuil Wat Pho merupakan salah satu kuil tertua dan terbesar di Bangkok, lho.

Kuil Buddha Berbaring sendiri terletak cukup dekat dengan Royal Grand Palace, tepatnya di belakang Kuil Emerald Buddha. Lantaran tempat beribadah, disarankan untuk tetap menggunakan pakaian yang sopan, ya.

4. Chatuchak Weekend Market

Chatuchak Weekend Market

Chatuchak Weekend Market

Kendati Chatuchak Weekend Market hanya buka untuk umum pada akhir pekan, lokasi wisata belanja yang satu ini tidak pernah sepi peminat, lho. Bahkan, beberapa sumber menyebutkan, ini adalah salah satu tempat wisata belanja terbesar di Asia Tenggara!

Nah, bagi kamu yang gemar wisata belanja, disarankan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, ya. Pasalnya, Chatuchak Weekend Market memuat lebih dari 10 ribu gerai penjual barang, mulai dari produk fashion, barang antik, buku, benda seni, furnitur, perhiasan, kuliner, tanaman, hingga binatang peliharaan!

Adapun waktu yang tepat untuk mengunjungi Chatuchak Weekend Market adalah pukul sembilan pagi. Pada saat itu, dapat dipastikan seluruh toko mulai buka, sementara pengunjung yang datang belum terlalu ramai.

5. Khao San Road

Khao San Road

Khao San Road

Ingin wisata hemat a la backpacker? Khao San Road adalah solusinya.

Di sana, kamu akan menemukan beragam penginapan, kuliner, bar, tempat pijat, toko suvenir, penjual pakaian, aksesori, jasa tur, dan masih banyak lagi. Menariknya, seluruhnya ditawarkan dengan harga murah dan hemat!

Lokasi wisata yang ada di daerah Banglamphu, Bangkok ini memang telah lama dikenal sebagai “surganya” para backpacker. Di sepanjang jalan, mudah bagi kamu untuk menemukan banyak tipe penginapan, jajanan kaki lima, hingga aktivitas seru seperti pertunjukan musik, pelukis jalanan, demo masak, hingga Muai Thai yang mendunia. Apalagi, lokasi ini memang dirancang “ramah pejalan kaki”–salah satunya dengan melarang mobil masuk ke sana. Adapun untuk perjalanan yang lebih berkesan, disarankan untuk mengunjungi Khao San Road pada malam hari.

6. Museum Lilin Madame Tussauds

Madame Tussauds

Madame Tussauds

Inilah salah satu destinasi wajib yang harus kamu kunjungi saat berada di Bangkok. Nikmati serunya melihat “replika” para tokoh dunia–bahkan dengan tingkat kemiripan menyerupai manusia aslinya. Belum pernah melihat David Beckham, Barack Obama, Justin Bieber, atau justru Einstein secara langsung? Yuk, perkenalan dengan replikanya terlebih dulu…

Nah, untuk tokoh dari Indonesia sendiri, setidaknya ada dua figur yang diabadikan di sana, seperti misalnya patung lilin Presiden Indonesia dan Anggun C. Sasmi. Patungnya sendiri benar-benar mendekati sempurna, meliputi rambut, kerutan bibir, tinggi tubuh, hingga kerutan kulit! Adapun bukan hanya sang tokoh yang “dipajang” di tempat wisata di Bangkok ini, melainkan juga beberapa atribut maupun aksesori khasnya, seperti meja dan situasi kantor, pena, alat lukis, hingga gambaran rumus Einstein!

7. Vimanmek Teak Mansion

Vimanmek Teak Mansion

Vimanmek Teak Mansion

Sesuai namanya, Vimanmek Teak Mansion merupakan sebuah istana besar, berbahan kayu jati asli berlapis emas. Dahulu, di tempat inilah para raja Thailand tinggal.

Di tempat wisata di Bangkok yang satu ini, kamu dapat melihat beragam furnitur dan pajangan antik, meliputi gelas kaca, porselen, hingga foto jadul, dan kenangan pemerintahan kerajaan. Di sisi lain, bangunan ini juga dikelilingi oleh taman luas dan cantik. Sayang, lantaran punya sejarah tinggi, tempat wisata ini sangat dijaga dengan ketat. Jangankan berpose duduk serupa raja, begitu masuk–kamera, handphone, bahkan tas kamu harus ditinggalkan dan disimpan dahulu ke dalam sebuah laci khusus!

Jangan lupakan soal peraturan yang ada di sana. Untuk dapat memasukinya, kamu memang diharuskan berpakaian sopan, melepas sepatu, dan menghindari pakaian terbuka. Kamu juga tidak boleh sembarang menyentuh atau duduk di kursi.

8. Chinatown (Yaowarat Road)

Chinatown (Yaowarat Road)

Chinatown (Yaowarat Road)

Sama seperti negara lainnya, Bangkok juga memiliki wilayah chinatown–atau pecinan. Selain wisata arsitektur dan belanja, di sanalah para pengunjung dimanjakan dengan aneka kuliner yang memanjakan lidah. Apalagi, wilayah ini semakin ramai ketika malam menjelang sehingga sangatlah cocok untuk kamu yang ingin mencari makan malam.

9. Siam Niramit Show

Siam Niramit Show

Siam Niramit Show

Siam Niramit Show amat cocok untuk kamu yang ingin mencicipi wisata pertunjukkan khas Thailand. Di sana kamu bisa melihat pertunjukan para penampil dengan pakaian tradisional Thailand–“berlaga” dengan puluhan hewan, salah satunya: gajah.

Biasanya, pertunjukkan ini bercerita tentang kehidupan masyarakat Thailand pada masa lampau. Dikemas dengan tata panggung dan efek pencahayaan yang artistik, dijamin, pertunjukkan berdurasi 1,5 jam ini tidak akan membuat kamu bosan!

10. Dream World Garden

Dream World Garden

Dream World Garden

Dapat dikatakan, di sinilah Disneyland-nya Thailand. Nah, sebagai pembanding, dari segi fasilitas, wahana, dan kapasitasnya, tempat wisata di Bangkok yang satu ini mirip “Dufan” (Dunia Fantasi) a la Jakarta.

Nah, itulah daftar tempat wisata di Bangkok yang harus kamu kunjungi dari AnekaTop10.com. Tempat wisata di Bangkok yang mana kah yang ingin kamu kunjungi? Share yuk!





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *