10 Tempat Wisata di Bogor dan Sekitarnya yang Harus Kamu Kunjungi

Gunung Pancar
Share ke teman kamu

Dengan lokasi hanya sekitar 60 km dari pusat kota Jakarta, kawasan Bogor dan sekitarnya adalah salah satu primadona wisata akhir pekan untuk warga Jakarta yang ingin liburan singkat dan hemat. Udara di daerah Bogor juga relatif lebih sejuk dan bersih bila dibandingkan dengan kota Jakarta sehingga membuatnya semakin populer untuk warga Jakarta yang sudah terlalu sering terpapar panas matahari dan polusi udara.

Nah, dengan luasnya kawasan Bogor dan sekitarnya, ditambah banyaknya pilihan tempat wisata di Bogor, mungkin kamu akan bingung ke mana harus pergi. Tidak perlu kuatir, kami punya daftar rekomendasi tempat wisata di Bogor dan sekitarnya yang harus kamu kunjungi. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari yang berlokasi di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor ini adalah pusat pelestarian buah-buahan tropika terbesar di dunia. Buah-buahan di kawasan ini berasal dari seluruh Indonesia. Selain itu, taman ini juga difungsikan sebagai tempat penelitian budidaya, pemuliaan, dan pembuatan bibit unggul untuk kemudian dibagikan kepada para petani dan masyarakat umum.

Selain untuk tujuan pengembangan pertanian dan perkebunan, Taman Wisata Mekarsari juga mempunyai banyak sarana rekreasi yang tersebar di lahan seluas 264 hektar. Apa saja sarana rekreasi yang ditawarkan Taman Wisata Mekarsari sehingga berhasil membuatnya sebagai salah satu tempat wisata di Bogor dan sekitarnya yang paling populer?

Wahana wisata yang ada di Taman Wisata Mekarsari di antaranya: family garden, danau seluas 25 hektar, baby zoo, kids fun valley, sabut kelapa outbound, bunga bangkai, rusa tutul, menara pandang, garden center, pongo show, greenhouse melon, dan bangunan air terjun (Puri Tirto Sari).

Kegiatan favorit para pengunjung tempat wisata di Bogor ini di antaranya: piknik keluarga, company gathering, wisata kebun buah, wisata kebun sayur, barbeque, senam pagi, berkuda, memandikan sapi, menanam padi, dan berbelanja bibit tanaman.

Harga tiket masuk Taman Wisata Mekarsari adalah Rp25.000 per orang, sedangkan untuk tarif kendaraan adalah Rp5.000 untuk motor, Rp15.000 untuk mobil, dan Rp35.000 untuk bus.

2. Danau Situ Gede

Danau Situ Gede

Danau Situ Gede

Dengan jarak hanya sekitar 10 km dari pusat kota Bogor, Situ Gede adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang paling populer, baik untuk warga Bogor maupun warga sekitar Bogor seperti Jakarta dan Bandung.

Danau yang memiliki luas kurang lebih 6 hektar ini merupakan tempat favorit warga Bogor dan sekitarnya untuk memancing, menaiki perahu, menaiki rakit dan berjalan-jalan di hutan yang rimbun. Tempat wisata di Bogor ini juga sering kali difungsikan sebagai tempat shooting film karena suasana tenang dan keindahan pemandangannya.

Pada mulanya, Situ Gede bukanlah dibuat sebagai tempat wisata, melainkan dibuat oleh pemerintah Hindia Belanda untuk penyeimbang ekosistem tanaman tropis dan mengairi sawah penduduk yang berada di sekitar Bogor. Pulau seluas kurang lebih 1 hektar yang ada di tengah danau sendiri sudah ada sejak jaman dahulu dan merupakan tempat dimakamkannya Eyang Prabudilaya yang merupakan seorang tokoh penting pada masa lalu.

3. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor atau terkadang disebut Kebun Botani Bogor adalah tempat wisata di Bogor yang paling terkenal, terutama bagi warga kota Bogor yang ingin bersantai sejenak bersama keluarga tanpa harus pergi jauh. Tempat wisata di Bogor ini adalah tempat wisata yang paling ramai dikunjungi di Bogor saat akhir pekan.

Sesuai dengan namanya, Kebun Raya Bogor adalah sebuah kebun besar di Bogor dengan luas mencapai 87 hektar dan memiliki koleksi tumbuhan sebanyak lebih dari 15.000 jenis. Dari sekian banyak jenis pohon yang ada di Kebun Raya Bogor, yang menjadi favorit para pengunjung adalah bunga terbesar di dunia yaitu bunga bangkai (Amorphophalus titanum) setinggi 2 meter dan Pohon kelapa sawit tertua di Asia Tenggara.

Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor adalah Rp14.000 per orang untuk warga negara Indonesia, dan Rp25.000 per orang untuk warga negara asing.

4. The Jungle Water Adventure

The Jungle Water Adventure

The Jungle Water Adventure

The Jungle Water Adventure adalah sebuah tempat wisata di Bogor yang berlokasi di area Perumahan Bogor Nirwana Residence. Tempat wisata yang cocok untuk liburan keluarga ini memiliki latar belakang pemandangan Gunung Salak sehingga memberikan sensasi berbeda bila dibandingkan dengan taman wisata air sejenis.

Selain bisa bermain air dan basah-basahan di aneka jenis wahana air, di tempat wisata ini kamu juga bisa menikmati sarana rekreasi yang kering lho. Wahana yang tidak akan membuat kamu basah di antaranya: taman burung, flying fox, club permainan anak, rumah hantu, trampolin, go kart, 4D cinema, dan paint ball. Sarana penunjang di The Jungle Water Adventure di antaranya: gazebo peristirahatan di pinggir kolam, tenda untuk acara gathering, saung, panggung acara, food court, toilet, tempat parkir, dan tempat beribadah.

Tempat wisata di Bogor ini buka dari jam 9 pagi dan tutup pada jam 5 sore pada hari biasa. Setiap akhir pekan dan hari libur nasional, waktu operasional tempat wisata keluarga ini lebih panjang, yaitu buka dari jam 8 pagi dan tutup pada jam setengah 6 sore.

Harga tiket masuk The Jungle Water Adventure adalah Rp80.000 pada hari biasa, Rp95.000 pada akhir pekan, dan Rp120.000 pada hari libur nasional. Kalau kamu membutuhkan pelampung untuk bermain di sini, terdapat penyewaan pelampung dengan harga Rp20.000 (single) dan Rp30.000 (double). Kalau kamu ingin datang bersama rombongan minimal 25 orang, kamu bisa mendapatkan diskon spesial dengan cara menghubungi pihak The Jungle Water Adventure paling lambat 7 hari sebelum tanggal kedatangan.

5. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Berlokasi di area gunung kapur, desa Ciseeng, Parung, Bogor, tempat wisata ini adalah sebuah pemandian air panas alami seperti Ciater yang sudah terkenal di daerah Subang – Bandung.

Seperti tempat pemandian air panas alami pada umumnya, atraksi utama dari tempat ini adalah air panas alami yang bisa memberikan relaksasi saat berendam dan penyembuhan berbagai macam penyakit. Namun, khusus untuk pemandian air panas ini, kamu akan disuguhkan panorama eksotis khas pedesaan yang tiada duanya.

Selain menikmati udara sejuk pegunungan dan berendam di air panas alami yang mengandung belerang dari gunung kapur, kamu juga bisa menikmati aktifitas seru lainnya seperti outbound, flying fox, ATV, rumah boneka, dan perahu bebek. Setelah puas bermain, kamu juga bisa menikmati berbagai macam hidangan di warung makan sambil menikmati berbagai pertunjukan musik yang biasanya tampil setiap akhir pekan.

Masuk kawasan pemandian, kamu cukup membayar Rp10.000 pada hari biasa, dan Rp12.000 per orang pada akhir pekan. Harga tiket masuk untuk anak-anak lebih murah, yaitu hanya Rp8.000 per anak. Harga tersebut belum termasuk biaya untuk berendam sebesar Rp5.000 untuk kolam standar, dan Rp15.000 untuk kolam tertutup. Kalau kamu ingin berendam secara privat, kamu bisa membayar tambahan Rp10.000 per 20 menit untuk berendam di bak mandi dalam ruangan VIP. Hati-hati dengan penjual tiket tak resmi yang berusaha menjual tiket dengan harga jauh lebih mahal ya!

6. Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang berlokasi di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, kurang lebih 5 km dari kota Bogor. Tempat wisata di Bogor ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mempelajari kesenian dan kebudayaan Sunda dengan cara yang menyenangkan, yaitu terjun langsung ke kehidupan Sunda tradisional yang sesungguhnya.

Fasilitas yang dapat digunakan di kawasan wisata ini di antaranya: alun-alun untuk aktivitas luar ruangan, jalur trekking dengan suasana pedesaan, perpustakaan yang berisi buku tentang seni dan budaya Sunda, sanggar seni untuk belajar tarian tradisional, gamelan, dan penginapan khas Sunda tradisional.

7. Warso Farm

Warso Farm

Warso Farm

Warso Farm adalah sebuah tempat wista di Bogor yang unik. Kawasan yang pertama kali dirintis oleh mantan anggota TNI ini biaya masuknya gratis sehingga dapat dengan mudah menarik minat wisatawan untuk datang.

Luas wilayah Warso Farm hampir mencapai 9 hektar. Di area seluas itu, sekitar setengahnya ditanami berbagai jenis durian. Katanya, jumlah pohon durian yang ditanam di sini mencapai lebih dari 900 pohon dari 19 jenis yang berbeda. Setengah sisa lahan yang ada difungsikan sebagai area persawahan dan ditanami aneka buah-buahan seperti nangka, buah naga, dan jambu monyet.

Di tempat wisata yang berlokasi di Desa Cihedeung ini, kamu bisa membeli durian dengan harga yang terjangkau. Atau, kamu bisa membeli hasil olahan durian seperti misalnya es durian dan jus durian. Untuk dapat menikmati durian sepenuhnya, disarankan untuk datang ke Warso Farm saat masa panen durian tiba, biasanya pada bulan Desember sampai dengan bulan Mei dan pelajarilah terlebih dahulu bagaimana cara memilih durian yang manis dan enak.

8. Gunung Pancar

Gunung Pancar

Gunung Pancar

Gunung Pancar berlokasi di Kecamatan Citeureup, Bogor. Gunung Pancar adalah magnet wisata dengan potensi yang sangat besar. Kegiatan wisata yang bisa kamu lakukan antara lain: hiking, berkemah, bersepeda, tenis, berkuda, berenang, berendam air panas, lintas alam, berwisata sambil seminar, rapat, atau konferensi, dan juga menikmati pertunjukan seni tradisional serta ziarah ke makam keramat di puncak Gunung Pancar.

Karena berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, Gunung Pancar mempunyai curah hujan yang lumayan tinggi dan udara yang cukup dingin yaitu sekitar 24 derajat Celsius. Jangan lupa membawa payung dan jaket ya!

9. Pemandian Air Panas Ciparay

Pemandian Air Panas Ciparay

Pemandian Air Panas Ciparay

Satu lagi pemandian air panas di daerah Bogor, Pemandian Air Panas Ciparay. Berlokasi di Kampung Ciparay, tempat wisata di Bogor ini ramai dikunjungi wisatawan karena letaknya yang strategis dan pemandangan alamnya yang indah. Untuk mencapai tempat wisata ini dari Bogor, kamu bisa mengambil arah timur menuju Jasinga, lokasinya berjarak kurang lebih 5 km dari Gunung Salak Endah.

Untuk dapat masuk ke kawasan pemandian, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp4.000. Kalau kamu ingin menyewa saung, harganya adalah Rp30.000 untuk saung terbuka dan Rp50.000 untuk saung tertutup. Harga penginapan per malam di sini berkisar antara Rp100.000 sampai dengan Rp300.000.

10. Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor berlokasi di sebelah pintu masuk Kebun Raya Bogor. Museum yang menempati gedung peninggalan Belanda seluas kurang lebih 1000 meter persegi ini mempunyai koleksi dunia hewan, misalnya fosil dan hewan yang diawetkan yang terbagi menjadi 7 ruangan pamer.

Koleksi paling menarik dan terkenal di Museum Zoologi Bogor adalah fosil kerangka paus biru. Dulunya, paus ini ditemukan pada tahun 1916 di pesisir Pameungpeuk, Garut. Perjalanan dari tempat penemuan sampai ke kota Bogor memakan waktu sekitar 44 hari, namun sekarang terbukti bahwa usaha tersebut tidak sia-sia dan paus tersebut telah berhasil menjadi ikon Museum Zoologi Bogor hingga saat ini.

Selain kerangka paus, kamu juga bisa melihat badak Tasik, aneka ikan besar dari Teluk Jakarta, kelelawar penghisap darah, aneka burung, aneka mamalia, aneka reptil, aneka amphibi, aneka serangga, dan lain-lain.

Tempat wisata di Bogor ini buka dari jam setengah 8 pagi sampai dengan jam 4 sore setiap harinya. Setiap akhir pekan, museum ini buka lebih lama yaitu dari jam setengah 8 pagi sampai dengan jam 5 sore. Harga tiket masuk Museum Zoologi Bogor adalah Rp14.000.

Nah, itulah daftar rekomendasi tempat wisata di Bogor dan sekitarnya dari anekatop10.com. Apakah kamu sudah pernah datang ke tempat wisata tersebut? Atau kamu punya rekomendasi tempat wisata di Bogor dan sekitarnya yang lain? Share yuk!





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *